, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jenis Lubang Kancing: Lubang Kancing Biasa


Jenis Lubang Kancing: Lubang Kancing Biasa

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit

Jenis Lubang Kancing: Lubang Kancing Biasa

button hole itu apa - Lubang kancing pada pakaian digunakan sebagai tempat memasukkan kancing. Lubang kancing biasanya ada yang menyebutnya rumah kancing. Kancing dan rumah kancing dipakai untuk menutup belahan yang terdiri atas 2 lapis yang bertumpukan yaitu pada bagian kiri dan bagian kanan busana. Untuk busana wanita letak belahan yang bagian kanan diatas dan bagian kiri dibawah atau lubang kancing terletak sebelah kanan dan kancing baju terletah disebelah kiri. Sedangkan untuk pria belahan bagian kiri diatas dan belahan bagian kanan dibawah (kebalikan dari letak belahan pakaian wanita).

Lubang Kancing

 Lubang Kancing
Posisi lubang kancing ada yang memanjang dan ada melebar atau membujur, tergantung jenis belahannya. Belahan yang pelapisnya mengarah kedalam, rumah kancingnya dibuat melebar, sedangkan belahan yang pelapisnya mengarah keluar, atau belahan yang memakai serip, letak lubang kancing membujur.

Teknik membuat lubang kancing yaitu pertama jelujur garis tengah muka dan tentukan jarak atau tempat lobang kancing. Memberi tanda pada tempat yang akan dilobangi, ukurannya dilebihkan 0,5 mm dari garis tengah kancing, agar kancing leluasa keluar masuk. Kemudian tanda tadi dilobangi dengan gunting yang tajam dengan pendedel, lalu dijelujur rapat disekeliling lobang kancing untuk penahan. Kemudian lobang kancing dijahit dengan tusuk rumah kancing.

Lubang kancing umumnya terdapat 3 macam yaitu lubang kancing biasa, lubang kancing possepoile (paspoal) dan lubang kancing sengkelit.

Lubang kancing biasa dapat dibuat dengan tangan yaitu dengan menggunakan teknik lubang kancing atau dengan tusuk festoon, biasanya digunakan untuk blus wanita, kemeja, atau busana anak-anak. Langkah kerja membuat lubang kancing dengan tangan yaitu mengukur besar kancing yang akan dipasang. Menentukan tempat letak lubang kancing, diukur dari tengah muka (TM) keluar 2–3 mm, untuk lubang kancing melintang. Lubang kancing membujur garis tengah lubang tepat pada garis tengah muka(TM). Membuat rentangan benang atau jelujuran pada sekeliling lubang kancing dengan jarak 6 mm dari garis tengah lubang. Memotong atau menggunting lubang tepat pada garis tengah lubang, menggunakan gunting atau pembuka jahitan kemudian selesaikan dengan tusuk balut. Menyelesaikan dengan tusuk lubang kancing pada sekeliling lubang dan diberi trens pada ujung lubang kancing sebagai penguat. Lubang kancing membujur trens pada dua ujung, sedangkan pada lubang kancing melintang trens pada satu ujung.

Lubang Kancing yang Dibuat dengan Tangan

 Lubang Kancing yang Dibuat dengan Tangan

Lubang kancing biasa yang dibuat dengan mesin caranya yaitu menggunakan mesin biasa dengan tusukan lurus, caranya dengan memasangkan alat pada mesin yang membuat tusuk zig-zag adalah gerakan alat yang bergerak kearah kiri dan kanan. Sementara tusukan mesin tetap lurus sehingga hasilnya menjadi zig-zag. Bisa juga menggunakan mesin jahit khusus, lobang kancing ini banyak dipergunakan untuk membuat rumah kancing pada industri pakaian jadi (garmen). Menggunakan mesin serbaguna, bila memakai mesin serbaguna dengan cara menyetel setikan pada setikan zig-zag atau memasangkan alat (suku cadang khusus) atau mengikuti teknik dari mesin tersebut, karena mesin serbaguna banyak sekali merek dan spesifikasinya. Untuk melobanginya dengan bantuan tusukan jarum pentul pada kedua ujung lubang kancing, lalu digunting dengan ujung gunting atau pendedel sampai batas ukuran lubang kancing. Fungsi jarum pentul disini agar tidak robek melebihi ukuran lubang kancing.
Lubang Kancing Menggunaan MesinLubang Kancing Menggunaan Mesin

buka mesin jahit : http://fitinline.com/article/read/jenis-lubang-kancing-lubang-kancing-biasa/

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang button hole itu apa

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     Cara Merawat Kain Sulaman Agar Tidak Mudah Rusak

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment