, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kerah Kemeja Pria

Kerah Kemeja Pria

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Kerah Kemeja Pria



Fermina (2007) menyatakan kerah adalah bagian dari sebuah pakaian, yaitu bentuk bagian terpisah untuk menyelesaikan garis leher.Bentuk kerah ada bermacam-macam, menurut bentuk dasarnya ada kerah rebah, kerah setengah berdiri dan kerah tegak atau berdiri.

Wancik (2006) mengemukakan bahwa kerah adalah bagian baju yang ada disekeliling leher.


Ernawati (2008) Kerah adalah bagian dari sebuah desain pakaian, yang terletakpada bagian atas pakaian. Selain berfungsi untuk memperindah, kerah juga berfungsimemberi kenyamanan pada pemakai seperti mempertimbangkaniklim pada suatu daerah.

Kemeja berasal dari bahasa Portugis: camisa, adalah sebuah baju atau pakaian atas, terutama untuk pria. Pakaian ini menutupi tangan, bahu, dada sampai ke perut. Pada umumnya berkerah dan berkancing depan, terbuat dari katun, linen, (ada yg berlengan panjang, ada yg berlengan pendek). Nama lain adalah, kamisa, yang masih dekat dengan bentuk aslinya, blusdari bahasa Perancis terutama untuk wanita dan hem dari bahasa
Belanda.

Masinar (2006) mengemukakan bahwa kemeja adalah pakaian yang dikenakan oleh
kaum pria umumnya, dan biasanya bentuknya longgar, mempunyai kerah kemeja, memakai lengan panjang atau pendek.Kemeja pria adalah pokok umum dari pakaian pria, dan dapat ditemukan di mana-mana dari Gedung Putih ke Wall Street untuk Main Street. Mereka dapat elegan, kasual, formal atau diberi gaya pribadi.

Fermina (2007) menyatakan kemeja yaitu busana luar bagian atas untuk pria dengan kerah boord berlengan panjang dengan manset, dan ada pula dengan kerah sport berlengan pendek disebut sporthem. Kemeja berlengan panjang warna polos, bergaris, berkotak umumnya dipergunakan dengan cara dimasukkan kedalam pantaloon, sedangkan yang dikenakan diluar pantaloon biasanya berlengan pendek atau bercorak/batik.


Maka dapat disimpulkan berdasarkan uraian diatas bahwa kerah kemeja adalah kerah pada kemeja dengan tambahan kaki kerah yang menghubungkan kerah dengan badan kemeja.


Ujung kerah kemeja bervariasi yaitu kedua ujungnyalancip dan berdekatan letaknya satu sama yang lain (klasik), dan ujung kemeja agak berjauhan.


Menurut Astuti (2010),Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kerah adalah:

a. Kerah jangan sampai membuat sipemakainya merasa tercekik
b. Harus ada ruang antara leher dan kerah kemeja yaitu 2 jari diantara kerah dan dasi agar lega bernafas

0 komentar:

Post a Comment