, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pengembangan Materi Pembelajaran

Pengembangan Materi Pembelajaran

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Pengembangan Materi Pembelajaran


Komponen materi merupakan salah satu komponen penting di dalam kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Dalam
penyusunan RPP materi pembelajaran harus direncanakan dan harus dikembangkan
oleh guru pada implementasi di kelas pada proses belajar mengajar. Faktor-faktor yang
harus diperhatikan dalam menetapkan materi pembelajaran yaitu :
1. Materi pembelajaran hendaknya menunjang tercapainya tujuan pembelajaran dari
masing-masing mata pelajaran pada setiap kompetensi dasar yang harus dikuasai
peserta didik.
2. Materi pembelajaran haendaknya ditetapkan dengan mempertimbangkan
kemampuan peserta didik.
3. Materi pembelajaran hendaknya diorganisasikan secara sistematis dan berkesinambungan
antara bahan yang satu dengan bahan berikutnya artinya harus ada
hubungan fungsional, di mana bahan yang satu menjdi dasar untuk bahan
berikutnya.
4. Materi pembelajaran hendaknya mencakup hal-hal yang faktual sifatnya kongkrit
dan mudah diingat.


Kriteria Pemilihan Materi Pembelajaran



1. Kriteria tujuan pembelajaran, materi yang dipilih dimaksudkan untuk mencapai
tujuan pembelajaran.
2. Materi pembelajaran supaya terjabar, berarti ada keterkaitan erat antara spesifikasi
tujuan dan spesifikasi materi pembelajaran.
3. Relevan dengan kebutuhan peserta didik, mendukung keinginan peserta didik untuk
berkembang berdasarkan potensi yang dimilikinya.
4. Kesesuaian dengan kondisi masyarakat, untuk mempersiapkan pesrta didik menjadi
warga masyarakat yang berguna dan mampu hidup mandiri
5. Materi pembelajaran mengandumg segi-segi etik yaitu mempertimbangkan segi
perkembangan moral peserta didik kelak.
6. materi pembelajaran tersusun dalam ruang lingkup dan urutan yang sistematik dan
logis, sehingga disusun secara menyeluruh, terbatas ruang lingkupnya dan terpusat
pada satu topik masalah tertentu dan mempertimbangkan segi psikologis anak didik.
7. Materi pembelajaran menggunakan buku sumber yang baku yang disusun oleh ahli
dalam bidangnya dan guru harus dapat mengkaji buku sumber, dan masyarakat
merupakan sumber belajar yang luas bagi peserta didik.


Metode Pembelajaran




Metode adalah berkenaan dengan cara yang digunakan untuk menyampaikan materi
pembelajaran kepada siswa. Pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran harus
disesuaikan dengan tujuan yang harus dicapai, serta karakteristik materi yang
disampaikan. Dalam satu kali pembelajaran disarankan menggunakan beberapa metode
(multi metode), karena setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Penggunaan
metode yang bervariasi akan mendukung proses pembelajaran yang berkualitas
sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai.

Media dan Sumber Pembelajaran



Media pembelajaran merupakan alat bantu pembelajaran yang digunakan untuk
menyampaikan materi pembelajaran agar memudahkan dalam pencapaian tujuan yang
ditetapkan. Penggunaan media pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan
pembelajaran dan karakteristik materi pembelajaran. Penggunaan media yang bervariasi
akan mendukung terjadinya pembelajaran yang optimal, setiap media memiliki
kekurangan dan kelebihan, sehingga menggunakan media bervariasi menjadi alternatif
dalam mendukung terjadinya proses belajar mengajar yang optimal.

 Evaluasi



Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran menggunakan evaluasi, oleh
karena itu untuk kegiatan evaluasi baik prosedur, jenis, bentuk dan alat evaluasi yang
digunakan harus memenuhi unsur validitas dan reliabilitas, sehingga benar-benar dapat
menggambarkan hasil belajar yang dapat dipertanggung jawabkan.


0 komentar:

Post a Comment