, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Panduan Tepat Pilih Tempat Pelatihan Jahit

Panduan Tepat Pilih Tempat Pelatihan Jahit

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Panduan Tepat Pilih Tempat Pelatihan Jahit


Panduan n Trik   


Tag : belajar jahit pakaian, belajar menjahit, pelatihan jahit, pelatihan menjahit, menjahit, pola pakaian 1


Dunia jahit menjahit sudah jadi sangatlah sama dengan kewanitaan, walaupun sekarang ini sudah banyak juga golongan pria menekuni usaha jahit menjahit untuk menyokong kehidupan keluarga mereka atau cuma untuk menghimpit pengeluaran. Mengingat demikian besarnya cost menjahit baju.
Menjahit adalah ketrampilan yang semestinya dipunyai oleh tiap-tiap wanita.

Kenapa?

Lantaran menjahit mempunyai sebagian keuntungan. Argumen yang paling tenar yaitu untuk menolong perekonomian keluarga. Seperti yang sudah saya singgung diatas. Mahalnya cost menjahit baju jadikan usaha ini demikian untungkan, terkecuali lantaran modal yg tidak demikian besar, keuntungan bersih yang didapat dapat hingga 70% – 90%.

Namun itu juga bergantung dari harga menjahit di tiap-tiap kota, ada yang murah, ada pula yang harga nya melangit.
Dulu sewaktu pertama kali mau belajar jahit ditempat pelatihan, saya tak pilih sembarang tempat pelatihan jahit, dengan kata lain asal dapat pelatihan, alih – alih ilmunya jadi hanya asal dapat jahit.

Terdapat banyak criteria sebagai incaran tempat pelatihan jahit saya, mungkin saja bakal berguna untuk Anda yang pemula……… criteria itu yaitu :
Apakah tempat pelatihan itu berbentuk Instansi Pendidikan Ketrampilan (LPK) atau bukanlah. Lantaran apabila sudah menyabet gelar LPK bermakna sudah berijin resmi (Legal).
Serta semakin bagus lagi apabila berupa sekolah akademi.

Lalu apakah ia dapat keluarkan ijasah Negara atau tak (sekarang ini sudah ditukar dengan sertifikat ketrampilan). Karenanya berarti mereka mengadakan ujian Negara standard Nasional, jadi seluruhnya evaluasi tentang menjahit ditempat pelatihan jahit itu ikuti standard nasional yang berlaku.

Siapa Gurunya?
Saya mencari yang sudah mempunyai gelar desainer, atau pakar mode lantaran makin tinggi ilmunya makin banyak yang dipelajari serta tentu ia lebih kuasai bagian jahit menjahit.

Hasil jahitannya bagus atau tak?

Tempat yang strategis.

Lantaran waktu itu saya kos (maklum daerah asal saya sangatlah jauh) jadi saya pilih tempat pelatihan yang dekat dengan pasar kain, supermarket, n pasar alat2 jahit. Agar mempermudah saya untuk mencari bahan – bahan praktik.
Untuk yang kos, saya sarankan untuk mencari tempat kos yang dekat dengan tempat pelatihan.

Situasi tempat belajar yang nyaman.
Untuk saya itu langkah yang pas untuk pilih tempat pelatihan menjahit. Selebihnya terantung semangat kita dalam belajar, ketelatenan, ketekunan serta kesabaran dalam belajar. Lantaran yang umum berlangsung terlebih guru menjahitnya yang lebih sabar daripada muridnya hehehe…

Tanpa ada kemauan yang kuat, motivasi yang tinggi, pelatihan apa pun dengan guru sehebat apa pun tetaplah bakal selesai dengan hasil yg tidak memuaskan, bahkan juga kegagalan.

Panduan simpel saya sepanjang belajar menjahit hanya,

“ Belajar bukanlah untuk diri sendiri, namun untuk mengajarkan orang lain” dengan demikian kita bakal terus serius belajar sesulit apa pun itu.

Sampai kini sewaktu saya mencari tempat pelatihan jahit untuk meningkatkan pengetahuan menjahit, cuma 5 persyaratan plus sebagian motivasi yang sudah saya jabarkan diatas yang saya aplikasikan, serta itu cukup membawa saya sampai dapat buka tempat pelatihan menjahit sekarang ini.

Segalanya mempunyai awal, sedang tiap-tiap awal penuh dengan kebutaan, namun seberapa “buta” kita perihal menjahit atau pengetahuan yang lain, lalu kita mengambil keputusan untuk mulai terjun pelajarinya, jadi yakinkan jawaban terakhirnya hanya “saya sudah bisa”!!!!!

Semoga berguna yaaa….. :)

salam,

0 komentar:

Post a Comment