![]() |
Jadikan Pekerjaan Lebih Menyenangkan |
Jadikan Pekerjaan Lebih Menyenangkan
Selalu mengeluh tentang pekerjaan
dan ketidakpuasan terhadap pekerjaan,
merupakan salah satu sumber
stres terbesar. Berbagai ketidakpuasan
berasal dari konflik dengan rekan
kerja atau atasan, gaji yang tidak
sesuai, beban pekerjaan yang seabrek-
abrek, tidak memiliki perangkat
yang memadai, tidak mendapat kesempatan
promosi, takut kehilangan
pekerjaan, dan sebagainya.
Ada beberapa cara yang bisa Anda
lakukan untuk meningkatkan kepuasan
Anda terhadap pekerjaan. Lalu,
bagaimana caranya agar kita bekerja
bisa lebih menyenangkan, simak
berikut ini.
Tantangan Baru
Yang pertama adalah, menciptakan
tantangan baru. Saat Anda terjebak
dalam sebuah pekerjaan karena
kurang pendidikan atau penciutan
perusahaan, sebenarnya tidak selalu
berarti pekerjaan itu membosankan.
Berikan sedikit imajinasi dan ciptakan
tantangan baru serta lakukan yang
terbaik untuk pekerjaan Anda.
Perbaiki Ketrampilan
Perbaiki ketrampilan Anda, Anda bisa
membayangkan Anda sudah memiliki
pekerjaan impian, dan lihatlah
diri Anda saat ini. Bila Anda percaya
diri dan sangat terorganisasi, maka
Anda akan menemukan kesenangan
dalam karir Anda saat ini.
Cari Proyek
Buat proyek sendiri untuk memotivasi
dan memberi Anda perasaan
yang terkontrol. Cobalah Anda mulai
mengatur perayaan ulang tahun di
kantor lalu membuat proyek yang
lebih besar. Dengan begitu rasa percaya
diri Anda akan semakin meningkat.
Bantu Rekan Baru
Bantulah karyawan baru. Setelah
menguasai sebuah pekerjaan, pasti
Anda akan mendapati pekerjaan itu
sebagai rutinitas. Sudah mengerti
seluk beluk pekerjaan Anda. Jadi,
tidak ada salahnya Anda membantu
rekan kerja Anda yang baru untuk
meningkatkan keterampilan mereka.
Hal ini bisa memperbarui tantangan
dan kepuasan yang Anda inginkan,
Anda pun akan mendapat poin lebih
dimata rekan Anda dan atasan.
Ubah Hal Monoton
Anda bisa mengalahkan kebosanan
Anda sendiri. Caranya, cobalah
ubah hal yang terlalu monoton. Jika
memang pikiran Anda sudah penat,
kenapa tidak Anda mengambil cuti
untuk melakukan kegiatan yang Anda
sukai, seperti jalan-jalan, mendengarkan
musik atau berkumpul dengan
sahabat.
Minta Penugasan Baru
Mintalah penugasan baru untuk Anda, dan bicarakan hal tersebut kepada atasan Anda. Jelaskan kepada atasan Anda
bahwa hal ini Anda lakukan untuk mengatasi kejenuhan. Setelah Anda selesai mengerjakannya, maka Anda bisa kembali
ke tugas awal Anda.
Tugas Sukarelawan
Lakukan tugas sukarelawan. Apabila Anda mendengar perusahaan akan membuat proyek baru, kenapa Anda tidak menawarkan
diri untuk menjadi sukarela. Hal ini dilakukan agar Anda tidak merasa jenuh dengan rutinitas pekerjaan Anda. Anda
pun mendapat poin lebih dari atasan.
Tantangan Baru
Mintalah tantangan baru. Jika atasan Anda sangat senang berkompromi, maka Anda bisa katakan bahwa Anda sudah
merasa sedikit bosan dengan pekerjaan saat ini, dan Anda ingin sebuah tantangan baru untuk menghilangkan kejenuhan
Anda.
Berpikir Positif
Langkah terakhir adalah berpikir positif. Memang mengubah sikap tentang pekerjaan tidak semudah yang Anda bayangkan.
Tapi Anda harus berhenti berpikir negatif. Perhatikan pesan-pesan dari otak untuk diri sendiri. Saat mendapati diri
sendiri berpikir bahwa pekerjaan sekarang membosankan, segera hentikan pikiran itu.
Kembalikan pada perspektif yang benar. Yang harus Anda ingat adalah, semua orang pernah mengalami hari baik dan
buruk di tempat kerjanya.
Cari hikmahnya, pada saat Anda menerima penilaian yang buruk dari atasan dan dia minta Anda untuk memperbaiki kinerja.
Sebaiknya Anda jangan langsung mengambil hati, dan mencari pekerjaan yang baru.
yang harus Anda lakukan adalah mengambil kesempatan dengan mengikuti pelatihan baru dan mendapat ilmu baru serta
menunjukkan kepada atasan bahwa Anda mampu berubah, lalu perbaiki kinerja Anda.
Belajar dari Kesalahan
Belajarlah dari kesalahan. Kegagalan adalah alat pembelajaran yang paling hebat, tetapi banyak orang membiarkan kegagalan
itu mengalahkan mereka. Saat Anda mengalami kegagalan di pekerjaan, belajarlah dan coba lagi.
Bersyukur
Mulailah Anda belajar bersyukur, karena rasa ini akan membantu Anda fokus pada hal-hal baik yang Ada di perusahaan
Anda. Masih banyak orang di luar sana yang tidak seberuntung Anda dalam bekerja. Ingatlah selalu pada hal-hal positif
yang ada di perusahaan Anda.
0 komentar:
Post a Comment