, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

HUBUNGAN DAN JARINGAN

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
HUBUNGAN DAN JARINGAN

HUBUNGAN DAN JARINGAN


Pemasaran transaksi adalah bagian dari gagasan yang lebih
besar yang dinamakan pemasaran hubungan. Pemasaran hubungan
adalah praktik membangun hubungan jangka panjang yang
memuaskan dengan pihak-pihak kunci pelanggan, pemasok, penyalur
guna mempertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang. Pemasar
yang cerdik berusaha membangun hubungan jangka panjang yang
saling mempercayai dan saling menguntungkan dengan pelanggan,
penyalur, dealer, dan pemasok yang berharga. Pemasar dapat
mewujudkan hal ini dengan menjanjikan dan memberikan kualitas yang

tinggi, pelayanan yang baik, harga yang wajar kepada pihak lain dari
waktu ke waktu. Pemasaran hubungan menghasilkan ikatan ekonomi,
teknik, dan sosial yang kuat diantara pihak-pihak yang berkepentingan.
Dalam kejadian yang paling berhasil, transaksi berubah dari negosiasi
yang dilakukan setiap saat menjadi kegiatan rutinitas.
Hasil pemasaran hubungan yang utama adalah pengembangan
asset unik perusahaan yang disebut jaringan pemasaran. Jaringan
pemasaran terdiri dari perusahaan dan semua pihak pendukung yang
berkepentingan, yaitu pelanggan, pekerja, pemasok, penyalur,
pengecer, agen iklan, ilmuwan, dan pihak lain yang bersama-sama
dengan perusahaan telah membangun hubungan bisnis yang saling
menguntungkan.

PASAR



Konsep pertukaran mengarah pada konsep pasar. Pasar
adalah semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan
keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu
melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan
itu. Ukuran pasar tergantung pada jumlah orang yang menunjukkan
kebutuhan dan keinginan, memiliki sumber daya yang menarik pihak
lain, serta bersedia dan mampu menawarkan sumber daya ini untuk
ditukar dengan apa yang mereka diinginkan.
Awal pemikiran sebuah pasar adalah tempat di mana pembeli
dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan barang, misalnya alunalun
suatu daerah. Ekonom menggunakan istilah tersebut untuk
mengacu pada sekumpulan pembeli dan penjual yang melakukan
transaksi atas produk atau kelas produk tertentu, maka munculah
istilah pasar perumahan, pasar gabah, dan lain-lain. Namun, pemasar
memandang penjual sebagai industri dan pembeli sebagai pasar.
Gambar 2.2 menunjukkan hubungan antara industri dan pasar. Penjual
dan pembeli dihubungkan oleh empat alur. Penjual memberikan barang
atau jasa dan komunikasi (promosi) kepada pasar dan sebagai
imbalannya penjual menerima uang dan informasi (sikap, data
penjualan, dan sebagainya). Lingkaran paling dalam memperlihatkan
suatu pertukaran uang dengan barang atau jasa, sedangkan lingkaran
luar menunjukkan pertukaran informasi.
Sebagian besar orang bisnis menggunakan istilah pasar secara
informal untuk mencakup beragam pengelompokan pelanggan. Mereka
membicarakan tentang pasar kebutuhan (seperti pasar pencari diet),
pasar produk (seperti pasar sepatu), pasar demografis (seperti pasar
remaja), dan pasar geografis (seperti pasar Asia). Atau mereka
memperluas konsep tersebut agar mencakup pengelompokan nonpelanggan,
seperti pasar pemberi suara, pasar tenaga kerja, dan pasar
pemberi sumbangan.
Seluruh perekonomian modern berdesak-desakan dalam
pasar. Lima pasar dasar dan alur yang menghubungkan mereka seperti
pada gambar 2.3. Pada dasarnya, perusahaan manufaktur pergi ke
pasar sumber daya (pasar bahan baku, pasar tenaga kerja, pasar
uang, dan sebagainya), membeli sumber daya dan mengubahnya
menjadi barang dan jasa, dan menjual produk jadi tersebut kepada
para perantara, yang kemudian menjualnya kembali kepada konsumen.

Konsumen menjual tenaga mereka, dan menerima uang yang
kemudian mereka gunakan untuk membayar barang dan jasa yang
mereka beli. Pemerintah menggunakan pendapatan pajak untuk
membeli barang dari pasar sumber daya, pasar perusahaan
manufaktur, dan pasar perantara, lalu menggunakan barang dan jasa
ini untuk memberikan pelayanan pada masyarakat. Setiap
perekonomian negara dan perekonomian dunia secara keseluruhan
terdiri dari kumpulan pasar yang rumit dan saling berinteraksi yang
dihubungkan melalui proses pertukaran.

0 komentar:

Post a Comment