Pendekatan Strategis |
Pendekatan Strategis
Dari pemaparan di atas, dapat diketahui bahwa kesempatan usaha sangat beragam dan terbuka. Dari banyak kesempatan yang ada, kita tidak bisa melaksanakan semuanya bahkan sebagiannya. Pendekatan strategi dapat digunakan sebagai alat untuk identifikasi dan berfokus pada yang terbaik. Model ini dirancang untuk memungkinkan bagi fleksibilitas dan para pengguna didorong untuk mengadaptasikannya sesuai kebutuhan khusus mereka. Adapun langkah-langkah pendekatan strategis ini meliputi lima hal yaitu: analisis situasi, pembangkitan ide, identifikasi kesempatan, evaluasi kesempatan, dan strategi kesempatan berusaha.ANALISIS SITUASI
Entrepreneurship is the practice of starting new organizations, particularly new businesses generally in response to identified opportunities (wikipedia.org).Analisis situasi berisi analisis keseluruhan tentang konteks lokal untuk kesempatan usaha yang dipadukan dengan analisis faktor-faktor pribadi. Analisis situasi membantu menetapkan konteks ketika kesempatan usaha akan dicari, dievaluasi dan akhirnya dikembangkan. Analisis situasi meliputi dua komponen berikut.
1. Kondisi dan karakteristik setempat
Cara terbaik dalam pencarian kesempatan usaha adalah penilian situasi saat ini di dalam masyarakat atau daerah usaha, termasuk beberapa faktor penting yang mempengaruhi rentang kesempatan yang tersedia. Hal ini bisa dilakukan memalui analisis statistik, tetapi jika kita cukup mengenal wilayah usaha tersebut maka dapat menganalisis situasi dengan menjawab pertanyaan, seperti: bagaimana ekonomi berjalan? Industri apa yang sedang tumbuh? Industri dan sumber daya apa yang kita miliki yang bisa kita bangun? Apa yang kita miliki yang mungkin diinginkan oleh orang lain? Apa kebutuhan orang-orang setempat yang mungkin tidak dipenuhi? Apa hambatan-hambatan untuk keberhasilan yang ada di daerah setempat? Atau dengan menggunakan kategori-kategori dasar berikut untuk mempertimbangkan kondisi dan karakteristik setempat.
Kategori dasar Uraian
Kondisi ekonomi- pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan
- industri utama di wilayah
- sumber daya dan komoditas yang diproduksi di wilayah
- industri atau sektor yang sedang tumbuh
- produk ekspor utama
- ketrampilan atau keahlian yang tersebar luas di wilayah
- prasarana transportasi, komunikasi, energi
Karakteristik budaya
- seni dan kerajinan tradisional
- tempat-tempat kebudayaan atau bersejarah yang menarik
- kebutuhan/produk kelompok etnik setempat
Karakteristik fisik
- iklim dan lingkungan
- lokasi relatif terhadap pasar
- keistimewaan geografis
- sumber daya alam
- penduduk
Parameter-parameter pribadi
Parameter-parameter pribadi merupakan pertimbangan tujuan-tujuan pribadi dan keadaan-keadaan yang mempengaruhi jenis-jenis kesempatan yang cocok maupun layak untuk dilaksanakan. Untuk memaksimalkan peluang keberhasilan, usaha yang kita mulai harus didasarkan sebanyak mungkin pada parameter pribadi berikut.
Parameter pribadi Parameter Pribadi Contoh/Uraian
Tujuan akhir usaha- besarnya pendapatan yang ingin didapat
- jumlah waktu yang digunakan untuk usaha
- imbal hasil investasi
- penciptaan kesempatan kerja bagi anggota keluarga
- kemandirian
Sumber daya untuk memulai usaha
- uang
- waktu yang dapat diberikan untuk usaha
- aset-aset fisik, seperti alat dan perlengkapan
- calon karyawan
Keterampilan dan Pengetahuan
- pendidikan dan pelatihan
- pengalaman kerja
- pengalaman lain yang terkait dengan usaha
Kondisi kerja yang lebih disukai
- lokasi
- jam kerja harian/mingguan
- sifat musiman
- masalah kesehatan dan keselamatan
- jumlah tenaga kerja fisik
Prioritas Minat
- tingkat risiko yang akan diambil
- minat prosesional
- hoby
- pencarian rekreasi
- sebab-sebab sosial
0 komentar:
Post a Comment