, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

busana muslim

busana muslim

Berbagai usaha dagang yang tumbuh khususnya yang bergerak dalam busana muslim pada dekade lima tahun terakhir ini, telah memunculkan kondisi peningkatan permintaan akan produk busana muslim dan sekaligus munculnya banyak usaha dagang yang bergerak dalam bisnis busana muslim. Masyarakat konsumen saat ini diberikan kemudahan cukup luas untuk memilih busana muslim yang disukainya karena banyaknya pusat penawaran busana muslim yang sudah lama ada maupun usaha yang benar-benar baru mencoba menjalankan bisnis ini. Munculnya berbagai pusat penjualan busana muslim mengakibatkan konsumen



diberikan banyak pilihan jenis produk yang akan mereka gunakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Pengusaha tentunya akan berusaha dengan segala kemampuan yang ada untuk mencoba menawarkan kepada konsumen produk-produknya agar dapat memberikan tingkat kepuasan terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen.
Salah satu cara untuk dapat merebut hati konsumen agar membeli produk yang ditawarkan adalah dengan cara menerapkan strategi pemasaran yang salah satu elemennya adalah dengan bauran pemasaran (marketing mix).Menurut Supranto (2007:6), bauran pemasaran (marketing mix) yaitu mencakup penentuan fitur produk, harga, komunikasi, distribusi, dan pelayanan yang akan memberikan konsumen suatu nilai lebih. Unsur bauran pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk (product), harga (pricing), promosi (promotion), lokasi (place), orang (people) dan layanan konsumen (customer service).
Menurut Setiadi (2003:25), konsumen adalah raja. Konsumen adalah individu konsumen dan pembeli berbentuk organisasi yang menukarkan sumber daya untuk berbagai macam barang dan jasa. Sedangkan minat adalah keinginan, kehendak, dan kesukaan seseorang. Untuk mengetahui apakah perusahaan dapat menarik minat seseorang terhadap suatu produk baik barang maupun jasa, maka terlebih dahulu suatu perusahaan harus mengadakan penentuan pasar supaya apa yang diinginkan oleh konsumen sesuai dengan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Toko Navita merupakan salah satu usaha yang khusus menjual pakaian muslim secara grosir ataupun eceran. Usaha dagang ini menjual aneka produk busana muslim yang terdiri dari busana muslim stelan pakaian jadi yaitu busana blus dan celana panjang, busana muslim jenis gamis/abaya, blus muslim, dan juga ada bahan untuk busana muslim. Usaha dagang ini juga dilengkapi berbagai barang kebutuhan wanita muslim antara lain Assesoris, Tas, Jilbab tetapi dalam porsi yang sedikit dibandingkan bisnis utama yaitu Busana Muslim Wanita.
Dalam menjalankan usaha dagangnya Toko Navita menjalankan strategi pemasaran yang khusus/spesifik dalam rangka menarik pelanggan atau calon pelanggan dan mempertahankan pelanggan setia sehingga dalam kurun waktu 11 tahun, usaha ini tetap bertahan dan terjadi peningkatan yang signifikan dalam volume penjualan.

0 komentar:

Post a Comment