, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Menjahit Baju

Cara Menjahit Baju

Cara Menjahit Baju
 
Cara menjahit baju merupakan keterampilan yang bisa dipelajari oleh seseorang. Dengan menjahit baju sendiri, Anda akan lebih hemat untuk pengeluaran busana. Anda bisa membuat baju tidur, baju santai, baju kerja, bahkan membuat baju pesta sendiri bagi semua keluarga.
Keahlian menjahit juga sangat menguntungkan bagi Anda, khususnya bagi para ibu rumah tangga. Saat menunggu suami pulang kerja dan usai membereskan segala pekerjaan rumah, Anda bisa meluangkan waktu menekuni kegiatan menjahit. Tak hanya hemat dalam pengeluaran kebutuhan pakaian, tetapi Anda pun bisa saja menerima pesanan jahitan dari para tetangga. Kualitas jahitan yang rapi dan harga yang murah akan membuat Anda kebanjiran pesanan.
Jika Anda belum ahli dalam menjahit baju, Anda bisa mengikuti kursus menjahit atau belajar sendiri melalui tutorial yang banyak di internet. Anda hanya perlu menyediakan mesin jahit dan perlengkapan menjahit untuk memulai belajar menjahit.
Membuat Trend Fashion
Dengan kemampuan menjahit baju yang Anda miliki, Anda bisa menciptakan tren fashion. Misalnya, Anda menciptakan busana muslim yang trendi, tetapi tetap sesuai dengan syariat. Tujuannya agar banyak wanita yang tertarik untuk menutup auratnya mengenakan busana muslimah.
Kewajiban berbusana muslim bagi semua wanita harus sesuai dengan perintah Allah. Namun, banyak wanita yang merasa risi berpakaian muslimah karena model baju yang terlihat kuno dan klasik. Peluang ini bisa Anda lirik untuk menciptakan model busana muslim yang keren.
Peralatan Menjahit
Sebaiknya Anda memiliki perlengkapan menjahit yang komplet untuk memulai menjahit baju. Beberapa peralatannya adalah jarum pentul (panjang atau berkepala), alat pengukur seperti mistar, gunting yang tajam (bentuk panjang dengan pegangan yang bengkok), gunting bergerigi, gunting bordir, rader atau karbon yang bekasnya bisa hilang ketika dicuci, pensil jahit, dan kapur jahit.
Penggunaan jarum pentul berguna untuk bahan yang tebal. Anda akan membutuhkannya saat menggunting pola. Alat pengukur digunakan untuk menandai keliman atau ketika membuat lubang kancing. Gunting yang tajam tentu saja untuk menggunting bahan yang halus dan rata. Gunting bergerigi digunakan untuk menggunting perekat lapisan singkap dalam (biasanya membuat baju jas memerlukan kain pelapis), rader berguna untuk memberi tanda jahitan, sedangkan pensil jahit dan kapur jahit untuk memberi tanda jahitan.
Membuat baju sendiri akan membuat Anda merasa puas dibanding membeli langsung. Anda bisa mulai mempraktikkan cara menjahit baju. Terpenting, Anda harus tetap semangat dan tidak putus asa untuk belajar menjahit hingga mahir.

0 komentar:

Post a Comment