Solusi Mengatasi Konflik

Solusi Mengatasi Konflik

"Solusi Mengatasi Konflik"

Sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk
mengatasi konflik yang terjadi di tempat kerja.

Berikut adalah cara-cara untuk mengatasi konflik.

1)Hindari Konflik
Jika kita dapat melakukan pekerjaan tanpa harus berinteraksi dengan orang yang “dapat menimbulkan konflik”, maka kita tidak perlu menguras tenaga, pikiran, dan waktu untuk mencoba mengubah mereka atau mengubah diri kita sendiri. Kita tidak perlu bersusah payah mengatasi rasa kesal, marah yang muncul karena berurusan dengan mereka. Dengan demikian, kita dan orang tersebut dapat melakukan pekerjaan masing-masing tanpa harus dipusingkan untuk menghadapi ketidak cocokan atau perbedaan-perbedaan yang berindikasi menjadi penyebab timbulnya konflik.

2)Netralisasi Sikap
Cara lain yang dapat kita lakukan untuk mengatasi konflik adalah menetralisir sikap kita terhadap orang-orang yang berpotensi menjadi sumber konflik. Kalaupun kita tidak  bisa menghindari , maka caranya adalah dengan mengabaikan kebiasaan-kebiasaan buruk mereka yang menyebalkan. Sebaliknya kita memfokuskan perhatian pada kekuatan orang-orang tersebut dan mencari strategi ampuh untuk memanfaatkan kekuatan mereka untuk mendukung pekerjaan kita.
Sebagai contoh: bila orang-orang tersebut sering mengkritik pekerjaan kita dan merasa dapat melakukan dengan lebih baik, maka serahkan saja pekerjaan tersebut kepada mereka, dan kita memfokuskan waktu, tenaga dan pikiran untuk mengerjakan yang lain.

3)Ubah Sikap Kita
Dalam menghadapi orang-orang yang merongrong pekerjaan, maka kita harus mengendalikan reaksi kita.
Mungkin kita tidak dapat mengubah, tetapi yang kita lakukan adalah mengubah sikap kita pada pengaruh negative yang mereka timbulkan. Bila mereka berbuat ulah, kita tidak perlu merasa terusik.
Hal yang perlu dilakukan adalah menghampiri mereka, memandang mereka dengan tegas (tanpa emosi) dan berkata dengan tenang, dengan demikian menunjukkan bahwa perbedaan memang ada, kita saling menghormati perbedaan tersebut.

4)Blending
Cara lain untuk mengurangi perbedaan adalah dengan mencari persamaan, dan berangkat dari persamaan tersebut. Sedangkan cara lain lagi adalah bila kita memiliki perbedaan cara pandang, tetapi memiliki tujuan akhir yang sama, maka dengan mencari titik persamaan dari sekian perbedaan yang ada. Dalam hal ini kita dapat memfokuskan pada tujuan yang sama tersebut. Selanjutnya kita dapat menggalang koordinasi dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan agar dapat diarahkan untuk mencapai tujuan.

5)Understanding
Untuk mengatasi konflik dapat kita lakukan dengan mencari sumber masalahnya, kemudian untuk memecahkan masalah bersama-sama. Apabila kita dapat menemukan atau mencari tahu  egativ dari suatu sikap atau tindakan, tentu kita akan meahami mangapa seseorang melakukan sikap/tindakan tersebut.

Jadi jika kita menghadapi konflik, yang dapat kita lakukan adalah:
(a)Mengidentifikasi sumber penyebab konflik
(b)Memilih strategi yang tepat untuk mengatasi konflk

Dengan kerjasama diharapkan kita dapat lebih berprestasi, dan dengan memilih strategi yang tepat untuk mengatasi konflik, kita dapat mengubah konflik menjadi kerja-sama yang harmonis, dengan demikian kita dapat memperoleh banyak dukungan untuk berprestasi

0 komentar:

Post a Comment