Membuat Baju Anak dengan Pola Sederhana

   

Membuat Baju Anak dengan Pola Sederhana

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
    Membuat Baju Anak dengan Pola Sederhana


jual   membuat   baju anak perempuan - Memiliki anak adalah salah satu anugerah yang paling indah bagi orang tua. Tentunya orang tua sangat menyayangi anaknya. Karena itu, berbagai cara akan dilakukan orang tua untuk menunjukkan kasih sayangnya pada anak, salah satunya dengan membelikan berbagai keperluan dan perlengkapan untuk anak, misalnya saja baju, sepatu, tas, dan lain sebagainya.

Nah, berbicara tentang baju, para Ibu yang memiliki anak perempuan tentu tahu bahwa baju untuk anak perempuan yang tersedia di toko modelnya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan baju untuk anak laki-laki. Ibu bisa memilih berbagai model baju dengan berbagai motif, ditambah lagi dengan berbagai hiasan atau aksesoris yang melengkapi baju tersebut.

Akan tetapi, meskipun ada berbagai model dan motif baju yang bisa Anda pilih, bisa saja suatu saat Anda akan merasa bosan. Mungkin saja saat Anda menemukan model baju yang bagus, motifnya tidak Anda sukai. Atau sebaliknya, saat ada motif baju lucu yang Anda inginkan, modelnya tidak sesuai dengan harapan Anda. Atau bisa juga model dan motifnya sudah keren dan lucu untuk si kecil, akan tetapi bahan yang digunakan terasa panas dan tidak akan nyaman untuk si kecil yang sedang aktif bergerak.

Jika demikian, mengapa tidak mencoba untuk membuat baju untuk anak Anda sendiri, Bu? Anda bisa memilih berbagai jenis kain dengan motif sesuai keinginan Anda untuk baju si kecil. Pilihlah kain dari jenis katun yang lembut, misalnya katun Jepang, karena kain katun akan mampu menyerap keringat dengan baik, dan terasa tidak panas di badan. Buatlah baju dengan ukuran yang agak longgar sehingga tidak menghalangi anak untuk bergerak dan membuatnya nyaman.

Menjahit baju sendiri memang tidak mudah jika kita tidak memiliki keterampilan dasar yang cukup di bidang jahit menjahit. Akan tetapi jangan berkecil hati, Bu. Keterampilan menjahit ini bisa kita dapatkan dengan kursus, atau dengan otodidak. Bukankah sekarang kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk mendapat banyak informasi dari internet? Ibu bisa mencari tutorial menjahit, baik itu berupa teks ataupun video tutorial yang bisa dilihat di Youtube.

Ada berbagai manfaat yang bisa kita amil jika bisa membuat baju anak sendiri. Sudah tentu, pengeluaran kita untuk membeli baju bagi si kecil akan jauh berkurang. Selain itu, kita bisa berkreasi dengan banyak variasi model dan motif, yang bisa kita dapatkan dengan mencari di majalah atau menggunakan mesin pencari Google. Akan ada kebanggaan sendiri jika bisa membuat baju untuk si kecil. Tentunya akan sangat senang melihat si kecil melenggang dengan baju “limited edition” buatan sendiri. Bahkan jika lebih dikembangkan lagi, kemampuan Ibu untuk membuat baju bagi anak-anak mungkin bisa dijadikan salah satu lahan mencari tambahan nafkah.
Di bawah ini adalah salah satu contoh baju untuk anak perempuan yang bisa Anda buat sendiri, Bu.



Cantik bukan? Baju seperti ini juga bisa Anda buat sendiri dengan kesabaran dan ketelatenan lho.
Untuk membuat baju anak seperti diatas yang sesuai dengan tubuh anak Anda, tentu diperlukan pengukuran yang tepat. Atau jika Anda tidak ingin kesulitan mengukur tubuh si kecil, Anda bisa juga menjiplak ukuran dari baju si kecil yang sudah jadi. Kemudian untuk memudahkan proses menjahitnya, Anda perlu membuat polanya terlebih dahulu. Di bawah ini aka kami berikan contoh pola yang bisa digunakan untuk anak dengan usia satu sampai dengan tiga tahun.

Pola dress utuh


Pola kerah

Pola yang perlu Anda buat terdiri dari pola kerah (depan dan belakang), pola dres bagian atas (depan dan belakang) serta pola dress bagian bawah. Pada gambar di atas, pola dress tersebut nantinya akan dibagi dua, atas dan bawah. Ini disebabkan karena di bagian atas belakang akan diberi ritsleting untuk memudahkan si kecil memakai bajunya. Karena itu, pola bagian belakang (dress bagian atas dan kerah) akan dipotong menjadi dua untuk memasang ritsleting nantinya.
Setelah pola jadi dan siap digunakan, Anda bisa mulai mengaplikasikan pada kain. Sediakan sebuah kapur khusus untuk menjahit. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan pensil warna.
Setelah pola selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menjiplak pola tersebut pada kain. Pertama kita akan menjiplak pola kerah. Untuk masing-masing pola kerah, kita harus memotong kain sebanyak dua helai, karena bagian kerah ini nantinya perlu dijahit dengan diisi kain keras.
Tumpuk dua kain, dengan sisi yang bagus saling berhadapan (bagian bagus di dalam, bagian jelek di luar). Letakkan pola kerah depan di atasnya. Jiplak pola kerah pada kain dengan menggunakan pensil warna atau kapur jahit. Berilah jarak 1 cm untuk keliman jahitan. Kemudian potong kain menurut pola. Potong pula kain keras sesuai dengan pola. Lakukan hal yang sama untuk kedua pola kerah belakang.
Anda perlu juga memotong kain untuk lapisan kerung leher, yang nantinya akan dipasang di bagian dalam dress. Untuk bagian depan Anda bisa langsung memotongnya melengkung, dan untuk bagian belakang Anda perlu membuat dua potongan. Lapisan ini bisa Anda buat sama dengan pola kerah.
Langkah berikutnya adalah memotong bagian atas dress.
Pola dress bagian atas depan

Bentangkanlah kain, letakkanlah pola dress bagian atas depan di atasnya. Jiplaklah pola tersebut pada kain (jiplak pada bagian kain yang jelek, supaya hasil jiplakan tidak tampak nantinya setelah dress jadi), dan beri jarak 1 cm untuk keliman. Lalu potonglah kain tersebut sesuai dengan pola.
Pola dress bagian atas belakang

Pola dress bagian atas belakang hampir sama dengan pola dress bagian atas depan. Perbedaannya adalah pada bagian kerung leher, di mana kerung leher bagian depan lebih rendah daripada kerung leher bagian belakang.
Karena akan diberi ritsleting, maka pola ini perlu dibagi menjadi dua bagian. Potonglah pola tepat di tengah, dan gunakan salah satunya untuk menjiplak pada kain.
Tumpuk dua kain dengan bagian yang bagus saling berhadapan (bagian bagus berada di dalam dan bagian jelek berada di luar). Letakkan pola bagian belakang di atasnya. Jiplak pola pada kain. Beri jarak 1 cm untuk keliman, dan jarak 2 cm di bagian yang nantinya menjadi bagian tengah untuk memasang ritsleting.
Langkah berikutnya adalah memotong dress bagian bawah. Ada dua pilihan untuk memotong pola dress bagian bawah. Jika kain yang Anda milliki cukup lebar, Anda bisa memotong kain langsung tanpa adanya sambungan kiri dan kanan, hanya menggunakan sambungan di bagian belakang. Akan tetapi jika kainnya tidak cukup panjang, Anda bisa membuat dua potongan, sehingga nanti sambungan akan berada di kanan dan kiri dress. Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan dua potongan.

Pola dress bagian bawah



Anda cukup menggunakan separuh pola bagian depan dan separuh pola bagian belakang. Lipat kain menjadi dua, dengan bagian yang bagus menjadi saling berhadapan. Letakkan pola di atas kain. Pastikan bahwa bagian pola yang nantinya akan menjadi bagian tengah rok berada persis di bagian lipatan kain tadi. Dengan demikian setelah kain dipotong, nantinya akan terbentuk satu potongan utuh bagian depan dan belakang.

Jiplak pola pada kain. Tambahkan 10 cm untuk membuat kerutan rok nantinya. Tambahkan pula 1 cm untuk keliman. Lakukan hal yang sama pada pola bagian belakang. Dengan demikian, total tambahan untuk kerutan adalah 20 cm untuk bagian depan dan 20 cm untuk bagian belakang. Maka jika Anda memotong langsung tanpa ada sambungan kanan dan kiri, tambahkan 40 cm untuk kerutan, ditambah 1 cm di masing-masing ujung potongan untuk keliman.

Setelah persiapan berupa memotong semua bahan kain yang dibutuhkan sudah selesai, kini saatnya Ibu menjahit. Pertama kita akan menjahit baju bagian atas, depan dan belakang. Jahit bagian bahu dan bawah lengan. Kemudian jahit obras sisa keliman pada jahitan agar benang tidak terurai. Kemudian pada dress bagian atas belakang, pasang ritsleting di bagian 2 cm tadi. Dengan demikian, ritsleting akan tertutup kain selebar 2 cm dari luar dan dalam. Jangan lupa untuk mengelim kain, atau mengobras.
Berikutnya kita akan menggarap bagian bawah dress. Buat kerut pada dress bagian bawah dengan cara dijahit panjang-panjang. Atur langkah benang pada mesin jahit menjadi panjang-panjang dan agak kendur. Selanjutnya tarik benang sampai lingkar kerutan dress bagian bawah sama dengan lingkar dress bagian atas. Kembalikan pengaturan mesin jahit ke kondisi normal, kemudian jahit tindas kerutan tadi. Jika kerutan sudah selesai dibuat, Anda bisa menyambungkan rok bagian depan dan belakang (jika dibuat dua potongan) di kanan kiri, kemudian jahit obras bagian jahitan tersebut. Atau sambungkan rok di bagian belakang, dan jahit obras.

Langkah berikutnya adalah menggabungkan dress bagian bawah dan atas. Setelah dijahit, jahit obras agar serat kainnya tidak terlepas. Kemudian pasang kerah baju yang sudah dijahit dan dilapisi kain keras. Pasang juga lapisan dalam kerung leher. Jika dirasa perlu, Anda juga bisa membuat lapisan untuk kerung lengan. Caranya adalah dengan memotong kain agak melengkung mengikuti lengkungan kerung lengan, kemudian dijahit di bagian dalam kerung lengan. Langkah terakhir adalah menjahit kelim bagian bawah dress.



Tidak terlalu sulit bukan Bu, membuat baju untuk si kecil dengan pola sederhana seperti ini? Tentunya si kecil akan dengan gembira menerima baju barunya. Mungkin si kecil malah bisa memamerkannya ke teman-temannya, betapa ibunya yang serba bisa telah membuatkan baju khusus untuknya. Pasti bangga sekali rasanya ya, Bu?

Jangan lupa untuk mengabadikan proses membuat baju untuk si kecil ini, Bu. Anda bisa memotret pola yang Anda buat, kain utuh dan potongan kain sesuai pola, proses menjahit dan baju setelah jadi. Lebih keren lagi kalau Anda juga memotret si kecil yang mengenakan gaun tersebut. Benar-benar akan mengabadikan suatu proses dalam memberikan yang terbaik untuk si kecil.

Lalu foto-foto yang telah Anda ambil jangan hanya disimpan di dalam memory card atau di komputer Anda, Bu. Bagaimana jika komputer Anda rusak? Atau bagaimana jika memory card Anda hilang? Tentunya kenangan-kenangan berharga Ibu akan hilang begitu saja. Sayang sekali jika sampai demikian yang terjadi.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  jual   membuat   baju anak perempuan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Jual Bahan Kain Seragam Sekolah dan Kantor Meteran atau Gulungan untuk TK, SD, SMP, SMA, dan PNS

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://blog.idphotobook.com/membuat-baju-anak-dengan-pola-sederhana/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.