Cara Menggunakan Mesin Jahit untuk Pemula

 Cara Menggunakan Mesin Jahit untuk Pemula

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Cara Menggunakan Mesin Jahit untuk Pemula




cara menggunakan mesin jahit tradisional - Assalamu'alaykum Wr Wb ukhtunnaa..senyum dulu dunk :) hehehe

      Kali ini saya mau membagi bagaimana cara menggunakan mesin jahit mulai dari awal hingga akhir hehehe.Tapi saya cuma share doang loo yaa belum praktek, coz videonya dapet di youtube. Nah mungkin video ini sangat berguna buat para sohiber yang pengen belajar jahit from the beginner. Kalo saya sendiri sih pengen belajar jahit coz di daerah saya nyari tukang jahit susaaaaaah banget udah gitu mahal, kalo uda dapet jadinya bakal lamaaaaa banget. Hehehe jadi curcol :D. Ok yuk kita intip yuuuk....


Atau biar lebih terang ini nih ada video lainnya:
1. Cara memasang benang atas:



2. Cara memasang benang bawah:

 


Sebelum praktek, kita siapkan dulu alat dan bahannya :

    Siapkan kain, motif dan ukuran terserah selera masing-masing. Tidak usah menggunakan kain yang baru, jika ada bahan yang tidak dipakai bisa kita gunakan.
    Sediakan gunting, kalau bisa 2 pasang, gunting kecil satu pasang dan gunting besar 1 pasang.
    Siapkan jarum mesin no. 11 atau no. 12, usahakan kain yang dipakai praktek jangan terlalu tebal. Jadi, kita sesuaikan dengan jarum mesin yang kita gunakan.
     Benang, warna sesuai selera, jika bisa samakan dengan warna bahan/kain.

Ok, jika sudah kita pasang dulu jarum mesin dan benangnya, jangan lupa mengisi benang sekoci dan pasang pada rumahnya dengan tepat, untuk cara pemasangan bisa dilihat di bawah.
Cara memasang jarum mesin :

    Ambil jarum mesin yang akan dipasang.
    Buka pengunci jarum mesin pada mesin jahit.
    Masukkan jarum mesin pada tangkai jarum pada mesin jahit.
    Masukkan pengunci jarum lewat bawah, dan pasang kemudian rapatkan baut penguncinya.

Selanjutnya, kita akan langsung praktek menjahit pada kain, dengan mengikuti lagkah-langkah di bawah ini :

    Siapkan kain, potong menjadi bentuk kotak atau persegi panjang, atau lebih baik lagi persegi. Usahakan memotong kain serapi mungkin.
    Siapkan gunting untuk keperluan memotong benang, letakkan dekat dengan posisi kita menjahit.
    Periksa kelengkapan mesin jahit sebelum digunakan, pastikan semuanya sudah terpasang dengan baik. Mulai dari benang, jarum mesin, sekoci, sambungan listrik, jika menggunakan mesin jahit portable, dan pedal jika menggunakan mesin jahit kayuh.
    Letakkan kain yang akan dijahit di bawah tangkai mesin dan turunkan tangkai mesin untuk menjepit kain pada meja mesin.
    Jalankan mesin perlahan-lahan, sambil memegangi kain. Lakukan jahitan lurus terlebih dahulu. Ulangi lagkah ini sampai kita bisa menjahit lurus pada kain.
    Jika sudah terbiasa, kita bisa berlatih menjahit kurva, lingkaran, segitiga, berbelok, dan lain-lain. Latihan dapat kita lakukan sendiri sesuai dengan keinginan kita, dan harus kita lakukan sampai kita benar-benar bisa.

Nah itu dia caranya sobat, trus gimana sobat mau nyoba ga?? kalo tertarik sepertinya punya mesin jahitnya dulu ya sobaaat hehehe kalo ga ada mesin jahit susah ni prakteknya. Oci oci?? Good Luck ^_^


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara menggunakan mesin jahit tradisional

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang      10+ Karya Seni Kreatif dari Barang Bekas

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://moniceoktavina.blogspot.com/2014/02/cara-menggunakan-mesin-jahit-untuk.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.