Taplak Meja Dari Kain Perca, Ide Kreatif yang Mengaggumkan

Taplak Meja Dari Kain Perca, Ide Kreatif yang Mengaggumkan

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Taplak Meja Dari Kain Perca, Ide Kreatif yang Mengaggumkan


cara membuat taplak meja dari kain perca – Taplak meja dari kain perca adalah suatu ide bisnis kreatif yang cukup diminati pasaran sehingga mendatangkan keuntungan yang terbilang cukup banyak. Jika dahulu taplak meja hanya terbuat dari kain dengan desain batik cap ataupun batik tulis, sekarang industri taplak meja sudah lebih berkembang dengan adanya berbagai ide bahan dan desain.
Selain terbuat dari kain perca, taplak meja saat ini juga bisa dibuat dari kain flanel atau bahkan sedotan. Namun dibandingkan kedua bahan tersebut kain perca memiliki nilai efisiensi yang lebih besar. Apa sajakah keuntungan berbisnis taplak meja dari kain perca? Artikel ini akan membahas tentang berbagai keuntungan yang bisa didapat dari bisnis ini.
Taplak Meja Dari Kain Perca, Ide Kreatif yang Mengaggumkan

Kain Perca Untuk Taplak
Keuntungan menggunakan kain perca sebagai bahan produksi taplak meja adalah kita dapat mengurangi limbah kain yang tidak digunakan untuk industri lain. Karena kain perca adalah kain yang tidak digunakan maka harga bahan produksi ini akan lebih murah jika dibandingkan dengan kain yang masih utuh. Selain itu desain taplak meja akan berbeda satu sama salin karena masing-masing terbuat dari jenis kain yang berbeda.

Taplak Meja Dari Kain Flanel
Hal ini akan memberikan kesan eksklusif bagi pemilik taplak meja dari kain perca karena tidak ada desain yang menyamainya. Karena desain yang selalu berbeda inilah yang membuat harga jualnya menjadi mahal. Bisa dibayangkan berapa keuntungan yang bisa didapat dari setiap penjualan taplak meja ini karena biaya produksi yang dibutuhkan cukup sedikit dan harga jualnya bisa dipatok mahal.

Koleksi Taplak Meja Dari Kain Perca
Namun selain beberapa keuntungan tersebut ada juga tantangan dalam proses produksi. Untuk membuat taplak meja dari kain perca terbaik maka dibutuhkan bahan produksi yang berkualitas. Memilih bahan ini merupakan suatu proses yang cukup sulit karena harus cermat untuk menghindari bahan yang rusak. Setelah mendapatkan bahan-bahan pilihan langkah menantang selanjutnya adalah menentukan desain yang bagus dengan berbagai macam desain dasar. Selanjutnya bisa Anda pasangkan pada salah satu meja diruangan misalnya saja meja makan jati.

Desain Taplak Meja Makan Kain Perca
Kain perca ini tidak secara sembarangan dibuat menjadi taplak meja tapi harus disesuaikan perpaduan satu potong dengan potongan lainnya. Walaupun begitu tantangan yang ada bisa terbayar dengan keuntungan yang didapat. Demikianlah artikel tentang taplak meja dari kain perca, semoga menjadi inspirasi untuk ide bisnis Anda.

 Cara Membuat Kerajinan Taplak Meja dari Kain Perca

Kain perca dapat anda gunakan untuk menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat untuk tampilan rumah anda. Kain perca tersebut bisa anda kreasikan untuk membuat taplak meja sebagai alas meja di ruang tamu anda. Selain terkesan menarik, hal tersebut juga dapat menghemat pengeluaran anda. Caranya mudah dan dapat anda kerjakan sendiri di rumah, siapkan alat dan bahan di bawah ini untuk membuat taplak meja dari kain perca.

Alat dan Bahan
1. Kain Perca
Gunakan kain perca dengan motif yang beragam agar tampilan taplak meja anda semakin cantik dan menarik
2. Mesin jahit
Untuk menjahit taplak meja anda agar lebih rapi, namun jika anda tidak memiliki mesin jahit. Anda bisa menjahit dengan cara manual
3. Busa angin
Untuk pelapis bagian bawah taplak meja anda agar lebih tebal
4. Renda
Sebagai penghias dari taplak meja anda agar terkesan lebih rapi dan menarik. Untuk motif dan warna renda sesuaikan dengan selera anda. Sebaiknya anda gunakan benang jahit dengan warna netral (putih atau hitam).

Setelah semua alat dan bahan di atas telah tersedia, barulah kita memulai langkah-langkah untuk membuat taplak meja dari kain perca.

Langkah – Langkah Pembuatan

1. Langkah pertama gunting kain perca (gunakan motif yang berbeda-beda) berbentuk persegi. Pastikan ukurannya sama untuk masing-masing potongan kain perca.
2. Setelah itu, sambung dengan menjahit potongan-potongan kain perca tersebut satu persatu hingga membentuk persegi panjang (ukurannya sesuaikan dengan taplak meja yang ingin anda buat)
3. Setelah semua potongan kain peca dijahit hingga membentuk taplak meja, anda rapikan ujung-ujung kain dengan memotong bagian ujung yang tidak sama.
4. Setelah itu, jahit keliling taplak meja tersebut agar lebih kencang dan rapi.
5. Potong busa angin dengan ukuran yang sama panjang dengan taplak meja tersebut
6. Letakkan busa angin di bagian bawah taplak meja dan jahit keliling busa angin tersebut pada taplak meja.
7. Kemudian untuk memperindah taplak meja buatan anda, tambahkan renda di sekeliling taplak meja tersebut. Jahit renda di sekeliling taplak meja.
8. Taplak meja dari kain perca buatan anda pun sudah selesai dibuat.



Untuk hasil yang lebih baik dapat anda tambahkan aksesoris lain pada taplak meja, seperti tempelan kain berbentuk boneka atau buah-buahan di empat ujung sisi taplak meja anda. Anda juga dapat membuat taplak meja dengan bentuk lain menggunakan kain perca sesuaikan dengan kreasi dan panjangnya meja di rumah anda. Selain bermanfaat sebagai penghias tampilan meja di rumah anda, langkah-langkah pembuatan taplak meja dari kain perca di atas juga dapat anda ajarkan kepada teman-teman anda.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat taplak meja dari kain perca

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Carilah berbagai gambar kerajinan dari berbagai daerah di indonesia

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://mejaminimalis.net/taplak-meja-dari-kain-perca/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.