5 Langkah Aman Bertransaksi Online Agar Terhindar dari Kerugian

5 Langkah Aman Bertransaksi Online Agar Terhindar dari Kerugian

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
5 Langkah Aman Bertransaksi Online Agar Terhindar dari Kerugian

Beli cara mencegah kecelakaan  online - Ketakutan apa yang sering Anda rasakan ketika bertransaksi online? Takut gagal transfer? Takut transfer ke rekening yang salah? Atau khawatir informasi data Anda dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Jika semua kekhawatiran tersebut yang Anda rasakan, sepertinya Anda perlu mengetahui langkah aman bertransaksi online agar terhindar dari kerugian.

Untuk memastikan keamanan transaksi online memang tidak mudah dan butuh usaha lebih. Tetapi lebih baik daripada harus membuang banyak uang dan waktu karena tertipu. Karena itu ikuti langkah-langkah aman bertransaksi online berikut ini:

1. Ketahui terlebih dahulu reputasi penjual


 Ikon gembok yang terdapat pada alamat web menandakan bahwa situs yang Anda kunjungi aman

Mengetahui reputasi penjual bisa dilakukan dengan meninjau beberapa aspek yaitu keamanan arus informasi pada situs web tersebut, keamanan data transaksi yang biasa terjamin oleh jasa payment gateway, dan testimoni dari pembeli.

Salah satu ciri situs dengan sistem keamanan yang tinggi adalah memiliki tanda berupa gembok di address bar atau kolom alamat situs web. Selain itu, sudah menggunakan jaringan privat berupa HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Protokol komunikasi internet yang melindungi kerahasiaan informasi pengguna.

HTTPS memiliki tiga lapisan perlindungan, mulai dari proses enkripsi atau pembuatan kode rahasia atas semua informasi. Tujuannya untuk meminimalisir penyadapan, menjaga agar integritas data yang memungkinkan data tidak dapat dimodifikasi, dan authentication yang memastikan bahwa hanya pengguna dan situs yang ada di koneksi tersebut.

Khusus bagi Anda pengguna kartu kredit, beberapa situs penyedia layanan barang dan jasa telah menggandeng payment gateway demi melindungi seluruh transaksi. Seperti Traveloka, yang telah bekerja sama dengan CyberSource, anak perusahaan Visa Inc. Data kartu kredit Anda dijamin rahasia dan aman. Ini karena setiap kali Anda menggunakannya, data tersebut dienkripsi dan terisolir dalam bentuk token di server CyberSource. Untuk meyakinkan Anda, Traveloka bahkan memberikan jaminan 100% uang kembali apabila terjadi transaksi yang tidak Anda kenali.

Cara lain untuk mengetahui keamanan transaksi perusahaan penyedia barang atau jasa melalui online adalah dengan melihat testimoni pembeli. Salah satu caranya melalui media sosial, seperti Twitter. Cukup ketik akun atau hashtag situs, Anda akan mendapatkan hasil pencarian berupa testimoni pembeli ketika bertransaksi di situs tersebut. Dengan begitu, Anda akan tahu apakah perusahaan tersebut memiliki kredibilitas yang dapat diandalkan atau tidak.

2. Waspada dengan penawaran melalui SMS, BBM, dan telepon

Apakah Anda pernah mendapatkan penawaran menarik yang dikirim melalui email, SMS, BBM, atau telepon? Jika pernah, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu kebenaran promosi dengan mengunjungi situs resmi tersebut.

Anda dapat mengetahui segala informasi seputar perusahaan tersebut, termasuk bagaimana cara transaksi yang bisa dilakukan di situs resmi brand yang menawarkan. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari penipuan yang mengatasnamakan brand populer dan menawarkan pembelian barang atau jasa lewat SMS, layanan BBM, hingga telepon.

Misalnya saja Traveloka yang menyediakan halaman khusus di website-nya untuk informasi-informasi tersebut. Ada informasi seputar perusahaan, mulai dari cara pemesanan hingga jalur komunikasi resmi yang bisa dihubungi. Anda juga bisa mengetahui bahwa agen perjalanan online ini hanya melayani transaksi secara online, baik melalui website juga aplikasi mobile-nya.

3. Perhatikan kembali detail pemesanan


 Sebelum bertransaksi, periksa kembali detail/review pemesanan Anda


Memang benar bahwa transaksi online memberikan kemudahan bagi Anda. Namun, jangan sampai kemudahan ini malah membuat Anda terlena. Sebagai contoh, tidak mau mengecek kembali detail pemesanan. Bagaimana jadinya jika barang atau jasa yang sudah Anda beli ternyata tidak sesuai dengan keinginan? Tentunya Anda akan rugi.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pembayaran Anda harus mengecek kembali apakah barang dan jasa yang dipesan sudah sesuai. Pastikan juga Anda telah memasukkan seluruh data, termasuk alamat email dan nomor telepon yang benar. Terakhir, perhatikan berapa jumlah biaya yang harus Anda bayar hingga tiga digit terakhir pada harga. Tiga digit ini merupakan kode unik transaksi dan diperlukan oleh situs online tersebut untuk proses verifikasi.

4. Ikuti petunjuk pembayaran yang tersedia di situs web

Setelah melihat detail pemesanan, langkah selanjutnya adalah memilih metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi Anda. Ragam metode pembayaran yang biasa disediakan meliputi transfer via ATM, internet banking, atau kartu kredit.

Untuk mempermudah Anda dalam bertransaksi, ada baiknya Anda mengikuti petunjuk pembayaran yang disediakan situs tersebut. Perhatikan mulai dari jumlah biaya yang harus ditransfer, nomor rekening yang dituju, hingga batas waktu pembayaran yang sudah ditentukan.

Beberapa situs jual beli online tidak akan mengirim barang atau jasa yang Anda pesan bila jumlah pembayaran tidak sesuai. Ini karena sistem tidak akan dapat memverifikasi dana masuk sesuai dengan nomor pemesanan. Hal ini menjadi alasan Anda harus mengirimkan dana persis sejumlah harga yang tertera pada petunjuk pembayaran, termasuk kode unik pada tiga digit terakhir harga.

Bila memilih metode transfer, jangan lupa perhatikan nama dan nomor rekening yang dituju. Hindari transfer dana ke nomor rekening yang tidak sesuai dengan nama pada petunjuk pembayaran. Misal, saat melakukan pembelian tiket pesawat dan voucher hotel melalui Traveloka, pastikan dana yang Anda transfer ditujukan ke rekening atas nama PT. Trinusa Travelindo. Jika ragu dengan petunjuk pembayaran yang sudah diberikan, jangan sungkan bertanya kepada customer service resmi situs tersebut.

5. Simpan bukti transaksi sebagai "senjata" Anda bila terjadi hal yang tak mengenakkan

Simpan bukti transaksi Anda untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Baik bukti pembayaran berupa resi transfer, atau screen capture bukti pembayaran bila melakukan transaksi online melalui laptop atau smartphone. Apabila nantinya terjadi kesalahan, Anda bisa menunjukkan bukti-bukti tersebut untuk memperkuat laporan Anda.

Lima langkah di atas dapat Anda terapkan saat hendak berbelanja online. Anda dapat terhindar dari kerugian yang mungkin terjadi akibat kesalahan sendiri atau pun penipu yang mengatasnamakan brand populer dengan mengaplikasikan langkah-langkah tersebut,. Jika Anda ingin membeli tiket pesawat dan voucher hotel, pastikan pesan melalui situs resmi dan aplikasi yang terpercaya serta dapat diandalkan.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  Beli cara mencegah kecelakaan  online

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Tas Bahan Jeans Kualitas Terbaik

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://news.detik.com/advertorial-news-block/3047841/5-langkah-aman-bertransaksi-online-agar-terhindar-dari-kerugian
Info Kursus Menarik

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.