, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Perangkat Lunak (Software) pada Proses Pembuatan Desain Busana

Perangkat Lunak (Software) pada Proses Pembuatan Desain Busana 

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Perangkat Lunak (Software) pada Proses Pembuatan Desain Busana
Perangkat lunak yang dapat digunakan pada proses pendesainan busana sangatlah luas dan beragam, karena komputer desain menyediakan berbagai macam program pengolahan gambar dan tata letak. Software-software tersebut mengalami perkembangan yang sangat pesat, hingga dalam hitungan bulan terjadi peningkatan versi dari seri yang telah ada, ataupun muncul seri yang baru. Saat ini jenis-jenis software yang sering digunakan pada proses pendesainan busana adalah :

a. Product Data Management (PDM)


Software untuk meng-organisasi informasi yang berkaitan dengan suatu desain, digunakan sebagai alat komunikasi antara buyer dengan fihak industri. Sistem ini dilengkapi dengan laporan standar, dimana costumization tersedia sesuai dengan permintaan. Selain dari itu program ini berfungsi juga untuk mengarsipkan data produk dengan berbagai informasi yang berkaitan dengan produk tersebut. Keunggulan dari perangkat lunak ini adalah kemampuannya untuk mengurangi siklus waktu pengembangan produk, sehingga produk dapat dipasarkan lebih cepat. Selain dari itu sistem ini dapat di-link dengan MS-Project, peralatan gambar melalui OLE, MS-Video untuk menampilkan gambar yang bergerak.

b. Artworks

Software untuk desain mode, terdiri dari software gambar populer yang dilengkapi dengan fungsi tambahan tekstil yang spesifik seperti Fractal Design Pointer, Adobe Photoshop dan MS-Publisher. Program ini dilengkapi dengan fungsi-fungsi untuk meniru/menjiplak gambar, pemisahan sederhana, serta pengulangan. Kelengkapan lainnya adalah fasilitas untuk menciptakan style dan detail, kreasi pembuatan kain, colorways, serta merchandising materials.
Fasilitas Style & Detail
Color ways
Modified FabricDesigns Merchandising Materials

c. Color Matter

Jenis software ini memiliki fasilitas yang hampir sama dengan Atrworks, perbedaannya adalah pada software ini tidak terdapat fasilitas kreasi pembuatan kain. Selain dari itu tampilan visual dari outputnya cenderung menghasilkan karakter gambar dan warna yang soft (lembut).

Fashion Studio
Software desain mode yang dilengkapi dengan fasilitas Assembly Room Automation yang dapat membuat layout sistem unit produksi dan corner display (Visual Merchandising). Program ini memberikan berbagai keuntungan dari segi peningkatan produktifitas melalui pengefisienan penggunaan waktu, sebagai metoda kerja yang lebih efisien dan meningkatkan kontrol managemen.
Assembly Room Automation

e. Pattern Aided Design (PAD)

Sistem PAD yang terdiri dari program Style Design dan Pattern Design adalah software dalam desain mode yang dapat dioperasikan dalam format 3 Dimensi dan animasi, sehingga memungkinkan untuk membuat desain dalam berbagai ukuran tubuh, serta dapat menampilkan visualisasi busana yang mendekati kondisi busana yang telah jadi. Selain dari itu dengan menambahkan perangkat khusus secara paralel pada jaringan komputernya, maka sistem ini dapat diproses lebih lanjut untuk memformat pola (pattern) busana dan membuat susunan/tata letaknya (Lay planning) secara otomatis. Software jenis ini merupakan perangkat yang komprehensif dalam menunjang secara keseluruhan proses produksi di industri garmen.

Fasilitas 3 Dimensi dan Animasi

Pattern Design 2000 (Proffesional Edition) Program pemolaan (pattern making) yang secara otomatis dapat menterjemahkan desain ke dalam bentuk/ format pola (pattern/marking) bagian-bagian busana
Accumark Fasilitas penggandaan pola yang disusun sebagai dasar dalam proses Layplanning (peletakan pola pada kain)

f. PDS (Pattern Design System)


PDS sebagai software yang digunakan untuk mendesain dan mengembangkan pola ini memiliki keunggulan dalam pembuatan nya, dimana pola dapat dengan mudah dirancang dari coretan atau dengan merubah/memodifikasi style yang telah ada sebelumnya.


Made-to-Measure MtM adalah software untuk meng-customize pola, untuk memenuhi permintaan yang spesifik tanpa membuat pola baru, dengan menspesifikasikan perubahan pada pola yang telah ada.

h. Accumark


Program ini mengoperasikan sistem Grading atau pembuatan, pengem-bangan serta modifikasi pola dalam berbagai jenis dan ukuran. Dengan fasilitas digital yang dimilikinya, akurasi ukuran per point dari pola yang dibuat dapat diperoleh dan distorsi ukuran dapat dikurangi semak-simal mungkin.
i. Niebuhr Synchron Sistem pengoperasian grading (proses memperbesar atau memperkecil ukuran pola) yang dioperasikan secara otomatis dan akurat.)

0 komentar:

Post a Comment