Perbedaan Alat Jahit Pokok dan Alat Jahit Tambahan


Perbedaan Alat Jahit Pokok dan Alat Jahit Tambahan



Seperti kita ketahui, dalam melakukan kegiatan menjahit setidaknya dibutuhkan berbagai macam alat yang berfungsi untuk menunjang kelancaran proses menjahit. Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya secara garis besar alat jahit tersebut dapat diklasifikasikan kedalam dua kategori, alat jahit pokok dan alat jahit tambahan.


Lantas apa yang membedakan keduanya?. Yang dimaksud dengan alat jahit pokok adalah alat jahit yang sangat penting dan harus ada dalam kegiatan jahit menjahit, sedangkan alat jahit tambahan adalah alat yang dipergunakan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan menjahit.


Alat Jahit Pokok

Alat jahit pokok adalah alat jahit yang memiliki fungsi sangat penting dan harus ada dalam kegiatan jahit menjahit. Alat jahit pokok pada prinsipnya terdiri dari mesin jahit ditambah dan alat-alat jahit lain yang dipergunakan untuk menjahit sederhana.


Alat Jahit Tambahan

Alat menjahit tambahan adalah alat jahit yang dibutuhkan untuk menunjang alat jahit pokok (berbagai mesin jahit) dalam menyelesaikan berbagai macam jahitan. Tergantung pada model busana dan banyaknya jahitan yang dikerjakan, alat-alat menjahit tambahan yang diperlukan dalam kegiatan menjahit umumnya sangat bervariasi.


Selain menghemat waktu menjahit, alat tambahan ini juga dapat difungsikan sebagai sarana untuk menghasilkan pakaian yang lebih baik. Sahabat Fitinline juga bisa menggunakan alat tersebut untuk menghias pakaian maupun lenan rumah tangga.


Beberapa jenis alat jahit tambahan yang diperlukan dalam kegiatan jahit menjahit diantaranya berupa:

    Alat untuk mengukur : veterban, pita ukuran dan alat tulis.
    Alat untuk membuat pola : skala, buku kostum, penggaris pembentuk, pensil merah biru, kertas kopi/koran, kertas dorslag merah biru dan boneka jahit.
    Alat-alat untuk memindahkan tanda-tanda pola : rader dan karbon jahit.
    Alat-alat menggunting : terdiri dari berbagai macam gunting.
    Alat-alat menjahit : spul, sekoci, sepatu mesin, jarum, bidal, pendedel dan mata nenek.
    Alat-alat finishing : setrika, papan setrika dan bantalan setrika.


Semoga bermanfaat.


 sumber :  https://fitinline.com/article/read/perbedaan-alat-jahit-pokok-dan-alat-jahit-tambahan/


Comments