VIII. SEKS BEBAS

VIII.    SEKS BEBAS

Hubungan seks pranikah bahkan berganti-ganti pasangan (seksbebas) mengakibatkan aib dan ketentraman hidup selanjutnya.Untuk itu sebaiknyapara remaja mengenal bahaya akibat hubungan pranikah dan seks bebas sebelum telanjur. Prilaku seks pranikah dan seks bebas terutama dikalangan remaja sangat berbahaya bagi perkembangan mental (psikis),fisik dan masa depan seseorang. Dengan demikian memberikan bimbingan dan penerangan seks kepada para kaum remaja merupakan suatu yang sangat penting dan perlu.
Pentingnya pendidikan seks diajarkan kepada para remaja :
a.    Dapat mencegah penyimpangan  dan kelainan seksual.
b.    Dapat memelihara tegaknya nilai-nilai norma.
c.    Dapat mengatasi gangguan psikis.
d.    Dapat memberi pengetahuan dalam menghadapi perkembangan anak.

BAHAYA SEKS BEBAS :
a.    Menciptakan kenangan buruk. Apabila seseorang terbukti melakukan seks pranikah  atau sek bebas maka secara moral pelaku dihantui rasa bersalah yang berlarut-larut, bukan hanya pelaku yang merasa malu tapi keluarga besar juga merasakanya.
b.    Mengakibatkan kehamilan. Kehamilan yang terjadi akibat seks bebas atau seks bebas dapat menjadi beban mental yang luar biasa hebat.Biasanya kehamilan ini tidak diharapkan ”orang tuanya” sehingga muncul istilah hamil di luar nikah sebagai suatu ”kecelakaan”. Keadaan semakin berat ketika keluarga atau bahkan masyarakat mempertanyakan kehamilan itu.
c.    Menggugurkan kandungan (aborsi) dan pembunuhan bayi. Banyak kehamilan yang terjadi akibat prilaku seks bebas merupakan kehamilan yang tidak diharapkan .Untuk itu ,sebisa mungkin orang tuanya  menggugurkan kehamilanya karena mereka belum siap untuk menjadi ayah atau ibu dari bayi yang akan dilahirkanya itu.
d.    Penyebaran penyakit. Perilaku seks bebas dengan berganti-ganti pasangan sangat berpotensi pada penyebaran penyakit kelamin.Penyakit kelamin ini tidak hanya menular kepada pasangannya melainkan akan menular pada keturunanya. Banyak kasus bayi lahir cacat akibat orang tuanya terjangkit penyakit kelamin.
e.    Timbul rasa ketagian. Seks bebas mengandung rasa ketagihan bagi para pelakunya.Sekali melakukan maka akan dapat melakukan terus menerus perbuatan tersebut.

MENGHINDARI SEKS BEBAS :
Prilaku seks bebas sangat berdaampak bagi perkembangan jiwa seseorang. Prilaku seks bebas sangat berbahaya sehingga patut kita hindari. Untuk menghindari seks bebas,perlu dilakukan pendidikan seks kepada semua anggota keluarga.Salah satu bentuk pendidikan seks keluarga di antarnya adalah :
1.    Pencegahan menurut agama
a.    Memisahkan tempat tidur anak.Memisahkan tempat tidur anak-anak ketika mereka memasuki minimal usia tujuh tahun.
b.    Meminta izin ketika akan memasuki kamar orang tua.sejak dini anak-anak suadah diajarkan untuk minta izin ketika memasuki kamar orang tuanya pada saat tertentu.
c.    Mengajarkan adab memandang lawan jenis.Berilah pengertian mengenai adab dalam memandang lawan jenis sehingga dapat mengetahui hal-hal yang baik dan buruk.
d.    Larangan menyebarkan rahasia suami istri. Hubungan seksual merupakan merupakan hubungan sangat khusus diantara suami istri,Karena itu kerahasianya pantas dijaga.

2.    Pencegahan seks dalam keluarga. 
a.    Keluarga harus mengerti tentang permasalahan seks.
b.    Seorang ayah mengarahkan anak laki-laki,dan seorang ibu mengarahkan anak perempuan.
c.    Jangan  menjelaskan masalah seks pada anak-anak laki-laki dan perempuan pada waktu dan ruangan yang sama.
d.    Hindari hal-hal yang berbahu porno saat menjelaskan masalah seks.
e.    Penting bagi kedua orang tua meyakinkan bahwa teman-teman putra-putri mereka adalah anak-anak yang baik.
f.    Memberikan perhatian terhadap kemampuan anak di bidang olahraga dan menyibukan mereka pada aktivitas yang bermanfaat.
g.    Tanamkan etika memelihara diri dari perbuatan –perbuatan maksiat karena itu merupakan sesuatu yang paling berharga.
h.    Membangun sikap saling percaya antara orang tua dan anak.

IX.    POLA HIDUP SEHAT
MAKANAN SEHAT
Makanan merupakan salah satu faktor yang menentukan kondisi kesehatan seseorang. Kekurangan makanan atau kelebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Makanan sehat adalah makanan yang seimbang,makanan harus mengandung zat-zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Makanan sehat adalah makanan yang bersih dan terbebas dari berbagai penyakit.
Beberapa zat gizi dan kegunaannya :
1.    Zat tenaga         : Hidrat arang, lemak, protein.
3.    Zat pembangun     : Protein,mineral.
4.    Zat pengatur         : Vitamin, mineral, protein, dan air.
Beberapa zat gizi mempunyai fungsi lebih dari satu,misalnya protein selain menjadi zat pembangun juga berfungsi sebagai zat tenaga dan pengatur. Kebutuhan makanan yang bergizi harus seimbang. Kelebihan zat-zat gizi dalam tubuh akan ditimbun dalam jaringan tubuh dalam batas waktu tertentu. Tubuh yang kekurangan atau kelebihan gizi disebut gizi salah. Seseorang yang mengalami kekurangan gizi biasanya mudah terserang penyakit. Kekurangan gizi dapat mempengaruhi keadaan kesehatan jasmani maupun mental. Banyak anak yang mengalami kekurangan gizi berdampak pada terganggunya pertumbuhan badan dan tingkat intelegensia. Pertumbuhan badan tidak normal dan perkembangan mental juga ikut terganggu juga pertumbuhan jaringan otaknya juga tidak berkembang sebagaimana mestinya. Hal ini juga akan mempengaruhi kecerdasan seseorang.

KESEGARAN JASMANI
Latihan kondisi fisik memegang peranan penting dalam mempertahankan atau meningkatkan derajat kesegaran jasmani. Proses latihan kebugaran jasmani yang dilakukan secara cermat berulang-ulang dan dengan kian hari meningkatkan beban latihan akan meningkatkan kebugaran jasmani. Unsur-unsur latihan kebugarn jasmani adalah : kekuatan,kecepatan, daya tahan jantung dan paru, kelincahan, daya ledak (power), dan kelentukan. Contoh latihan kekuatan adalah dengan melakukan circuit training dengan menggunakan beberapa pos dengan latihan yang berbeda. Latihan kecepatan dapat diberikan dengan bentuk lari cepat dan reaksi. Latihan untuk dayatahan otot jantung dan paru dapat diberikan dengan latihan aerobic, cross country, fartlek, interval training. Biasanya latihan ini dilakukan dalam tempo lambat ke sedang dengan jarak yang panjang atau waktu yang lama, minimal 12 menit. Latihan kelentukan ( peregangan ) dibagi dalam 2 bentuk, peregangan statis dan dinamis. Peregangan statis dilakukan dengan cara memperpanjang otot sampai titik maksimal dalam posisi diam sedangkan peregangan dinamis dilakukan dengan cara menggerak-gerakkan anggota tubuh secara berirama atau dengan memantul-mantulkan (bounching) sehingga otot terasa terulur. Latihan peregangan harus dilakukan setiap hari agar kelentukan tubuh tetap terjaga

MEMANFAATKAN WAKTU LUANG
Definisi waktu luang adalah:waktu yang tersisa setiap harinya dalam hidup kita.
Walaupun begitu tidak berarti pengertian waktu luang diasosiasikan dengan tidak melakukan apa-apa dan juga bermalas-malasan.
Waktu luang dapat dilihat dari 3 dimensi
1.    Dimensi waktu:
waktu luang dilihat sebagai waktu yang tidak digunakan untuk “bekerja”mencari nafkah,melaksanakan kewajiban dan mempertahankan hidup.
2.    Dimensi cara pengisian:
waktu luang adalah waktu yang dapat diisi dengan kegiatan pilihan sendiri atau waktu yang digunakan dan dimanfaatkan sesuka hati.
3.    Dimensi fungsi:
waktu luang adalah waktu yang dimanfaatkan sebagai sarana mengembangkan potensi, mutu pribadi,kegiatan terapeutik bagi yang mengalami gangguan emosi,sebagai selingan atau hiburan,sarana rekreasi.
Pertimbangan pengisian waktu luang
Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan pengisian waktu luang,yaitu :
•    Banyaknya waktu yang dapat anda luangkan
•    Budaya tempat kita akan melaksanakan kegiatan
•    Keinginan keluarga,rekan,atau lingkungan
•    Biaya yang dimiliki
•    Pengalaman mengisi waktu luang yang terdahulu
•    Ketersediaan pilihan kegiatan
•    Kebutuhan pribadi
Manfaat mengisi waktu luang:
•    Meningkatkan kesegaran jasmani,mental dan emosi
•    Membuat kita mengenali diri sendiri
•    Sarana belajar dan pengembangan kemampuan
•    Mendukung konsep diri dan harga diri
•    Pelampiasan ekspresi dan keseimbangan jasmani,mental, intelektual, spiritual dan estetika



X.    PERILAKU HIDUP SEHAT
Dalam menjalani hidup sehari-hari sebaiknya selalu mengedepankan kesehatan tubuh dan jiwa.
Berikut beberapa contoh kegiatan yang dapat kita jalani dalam kegiatan sehari-hari dalam penerapan perilaku hidup sehat:
1.    Menghindari dari kebiasaan yang buruk, seperti merokok,minum-minuman keras,menggunakan obat terlarang
2.    Menghindari melakukan hubungan seks bebas diluar nikah
Dampak dan akibat dari pergaulan bebas melakukan seks pra nikah adalah:
•    Hamil diluar nikah
•    Terkena penyakit menular
•    Merasa diri kotor/berdosa
3.    Makan makanan yang sehat dan bergizi
•    Konsumsi makanan yang kaya nutrisi
•    Konsumsi padi-padian penuh, buah dan sayur
•    Atur berat badan seimbang
•    Makan dalam ukuran yang layak
•    Makan secara teratur

4.    Menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar kita.
Kebersihan diri perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik karena terkait dengan penampilan kita di masyarakat umum. Kebersihan dan kerapihan badan seperti rambut, kuku, wajah, mata,telinga, kulit,tangan, gigi, dll dapat memberi efek pada kesehatan tubuh secara keseluruhan
5.    Berolahraga dan memeriksakan diri ke dokter secara berkala.
Biasakan berolahraga secara teratur dengan kegiatan yang ringan seperti : berjalan kaki,senam,fitness,jogging,bersepeda, atau melakukan olah raga yang lebih berat seperti: badminton, sepakbola, lari marathon, tennis, basket,dll.
Selain berolahraga yang tidak kalah penting adalah periksa berkala secara teratur ke dokter.Pemeriksaan terprogram penting bagi kita agar penyakit atau kelainan yang timbul dapat terdeteksi dengan cepat sehingga pengobatan pun akan dilakukan lebih dini hingga akan lebih cepat sembuh dan dengan biaya yang lebih murah.
Sehat secara rohani
Sebagai seorang penganut kristiani, ada beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan agar menjadi sehat secara rohani.
1.    Membaca Alkitab
Kita tidak perlu dianggap sok suci oleh orang lain hanya karena kita membaca firman Tuhan setiap hari
“Seluruh kitab suci diberikan kepada kita melalui ilham Allah dan berguna untuk mengajarkan kebenaran kepada kita akan apa yang salah dalam hidup kita; Kitab suci meluruskan dan menolong kita melakukan hal-hal yang benar. Itulah cara Allah  menjadikan kita siap dalam segala segi, diperlengkapi dengan sempurna untuk berbuat baik kepada semua orang” ( 2 Timutius 3: 16-17)



2.    Berkomunikasi dengan Tuhan melalui doa.
Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa jawaban dari hidup ini adalah doa dan iman.
“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur” (Filipi 4 : 6)
Ciri orang yang memiliki mental yang sehat
1.    Bertanggung jawab: berani menghadapi segala hal yang dilakukannya.
2.    Dewasa : memiliki sikap dan perilaku tidaka manja dan kekanak-kanakan
3.    Menghormat dan menghargai orang lain
4.    Optimis
5.    Beriman dan bertaqwa
6.    Disiplin.


Comments