7 Langkah Menekuni Dunia Jahit-menjahit; From Zero to Hero

7 Langkah Menekuni Dunia Jahit-menjahit; From Zero to Hero

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
7 Langkah Menekuni Dunia Jahit-menjahit; From Zero to Hero


dunia jahit - Anda ingin belajar menjahit, tapi tidak tahu harus mulai darimana? Ssst… jangan buru-buru malas, merasa tidak berbakat, akhirnya mundur teratur. Setiap orang bisa menjahit asalkan punya niat dan pantang menyerah. Nah, supaya tidak bingung lagi, yuk simak langkah-langkah menekuni jahit-menjahit from zero to hero!
Jahit dengan Passion

Langkah pertama adalah memiliki passion agar semua proses panjang terasa menyenangkan. Jika sejak awal tidak terlalu tertarik, Anda akan melakukannya dengan setengah-setengah sehingga hasilnya tidak maksimal. Jadi, jatuh cinta dengan jahit-menjahit dulu, ya!
Beli Mesin Jahit

Mesin jahit terbagi menjadi tipe tradisional dan modern. Mereknya bermacam-macam, mulai dari Singer, Brother, Janome, Juki, dan Butterfly.

Sebagai pemula, pilihlah mesin jahit yang sederhana dan mudah dioperasikan. Selain itu, cari yang spare part dan aksesorisnya gampang ditemukan di kota Anda. Jika memiliki dana lebih, sekalian saja beli mesin jahit yang memiliki fitur one step button hole dan yang mampu mengubah posisi jarum.
Alat-Alat Jahit yang Wajib Dibeli

Percuma, dong, punya mesin jahit tapi tidak ada yang bisa dijahit. Tentu saja Anda harus membeli kain. Pemula tidak perlu membeli kain Jepang yang mahal. Beli saja kain lokal atau kain blacu yang relatif murah.

Alat penunjang yang harus dimiliki antara lain gunting kain dan gunting benang, penggaris, pendedel benang, jarum jahit tangan, karbon kain dan rader, pensil kain atau kapur kain, meteran jahit, benang, jarum pentul.
Pelajari Macam-Macam Teknik Menjahit

Sebenarnya ada banyak teknik menjahit, namun pemula perlu mempelajari teknik-teknik dasar dulu, hitung-hitung sebagai pemanasan. Pertama, jahitan lurus yang nantinya paling sering digunakan. Meskipun kedengarannya gampang, tapi biasanya pemula masih kaku mengarahkan kain agar jahitannya tidak berbelok-belok. Jadi, harus sering-sering latihan.

Kedua, teknik jelujur yang biasanya dilakukan dengan jarum jahit tangan. Jahitan tersebut sekadar bantuan sementara saja sebelum dijahit dengan mesin. Teknik lainnya adalah jahitan zig zag, jahitan mati, dan jahitan quilt.
Belajar Menjahit dari Tutorial atau Kursus?

Nah, perlengkapan sudah siap, teknik dasar juga sudah dikuasai, berarti sekarang giliran menghasilkan karya jahitan. Eh, tapi… belajarnya dari tutorial atau kursus, ya? Kalau Anda merasa cukup menyerap ilmu dari tutorial, ya oke-oke saja. Banyak juga yang berhasil belajar secara otodidak.

Kendati begitu, kursus menjahit sebenarnya memberikan ilmu dan pengalaman praktik yang tidak bisa didapatkan dari video tutorial. Kabar gembira bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, setiap pembelian mesin jahit di jahitmenjahit.com akan memperoleh kursus jahit gratis selama setahun. Jadi, kalau ditanya pilih tutorial atau kursus, jawabannya keduanya, dong.
Mulai dari Proyek Kecil

Sebagai latihan, awali dari proyek-proyek kecil. Anda bisa membuat tote bag, make up bag, drawstring bag, cell phone pouch, cord keeper, softcase laptop, dompet, kotak pensil, sarung bantal, wadah benang, dan masih banyak lagi.
Saatnya Membuat Proyek Besar!

Kalau sudah semakin mahir, buatlah proyek besar dengan menghasilkan karya jahitan celana, rok, sweater, gaun, piama, dan lain-lain. Jangan berkecil hati jika hasil pertama belum sempurna. Ingat, practice makes perfect!


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  dunia jahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Cara menggambar pola desain baju

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://jahitmenjahit.com/2016/07/01/7-langkah-menekuni-dunia-jahit-menjahit-from-zero-to-hero/


Comments