Cara Membuat Pola Pakaian Pria

 Cara Membuat Pola Pakaian Pria

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Cara Membuat Pola Pakaian Pria


 cara mengukur badan pria untuk dibuat baju - Cara Membuat Pola Pakaian Pria.Pola pakaian pria dewasa pasti nya sudah memiliki ukuran target yang akan kita jahit sebuah baju/pakaian pria dewasa.Nah untuk membuat pola pakaian pria dewasa ini kita nantinya membutuhkan empat jenis ukuran yaitu lingkar dada,lingkar leher,panjang bahu dan panjang punggung.Untuk mengerjakan sebuah jahitan yang pertama sekali disiapkan tentunya alat dan bahan.Dan saya kira bahan dan alat sudah and miliki sebelumnya,jadi ketika melihat tutorial ini langsung ke bentuk pengerjaan saja.Nah ingat untuk menjahit sebua project yang pertama sekali dikerjakan ialah membuat pola untuk jahitan tersebut.Jadi kalai mau menjahit kemeja pria maka silahkan buat polanya dulu seperti yang akan wahyuni jelaskan berikut ini.Apa itu pola? Pola adalah suatu bentuk illutrasi jahitan yang akan digambarkan diatas kertas kosong yang nantinya akan memotong kain sesuai gambar pola.Baiklah untuk detail cara membuat pola atau menggambar pola pakaian pria dewasa berikut di bawah ini langkah detailnya.

Cara Membuat Pola Pakaian Pria Dewasa.Sebelum menggambar pola dasar badan untuk pria terlebih dahulu diambil ukuran. Ukuran yang diperlukan untuk menggambar pola dasar untuk pria, hanya  membutuhkan empat jenis ukuran, yaitu lingkar badan, lingkar leher, panjang bahu dan panjang punggung.
Dibawah ini dapat dilihat cara mengambil ukuran satu persatu.
1). Bagian badan yang diukur pertama sekali yaitu Lingkar badan,Untuk mengukur lingkar badan yaitu dengan cara diukur sekeliling badan terbesar ditambah 4 cm.Ingat jangan lupa menambahkan ukuran 4cm bertujuan untuk hasil jahitan anda memuaskan nantinya.Karena pada saat menjahit ada nanti lipatan pada bagian lingkaran badan ini.Dan bisanya lingkara badan pria itu lebih kurangya dia ambil pada ukuran 4cm.Jadi tidak kebesaran dan tidak kekecilan pada saat baju sudah siap dijahit dan dipakai oleh si pria dewasa.Ini cara yang paling umum saya gunakan.Dan ini boleh juga tergantuk kreativitas anda dalam pengambilan ukuran badan.Jika ingin memiliki ukran pada lingkaran badan dengan pas boleh dikurangi ukuran tambahan mungkin dengan menambahkan 2cm saja.

2). Setelah selesai mengukur bagian lingkaran badan mala dilanjutkan untuk pengukuran Panjang bahu pria dewasa, diukur dari bahu tertinggi pada leher sampai bahu terendah.Jadi usahakan menmukan titik puncak pada bagian bahu yang tertinggi dan tarik meteran anda ke bahu terendah dan lakukan pengukuran.seperti gambar disamping itu dimulai tepat disamping pangkal leher maju sedikit ke ara samping dan teruskan ke bahu paling rendah.Jadi untuk ukur mengukur ini butuh daya tanggap dan kreatifitas yang tinggi yah.





3). Untuk ukuran yang terakhir diambil dalam menjahit pakaian pria dewasa serta penggambaran polanya yaitu pengambilan ukuran Lingkar leher,cara mengukur lingkaran leher yaitu dengan cara  diukur sekeliling pangkal leher.Jadi meteran anda kelilingkan tepat di pangkalan leher si pria dan ambil ukuran sedetail mungkin.

4). Panjang punggung, diukur dari tulang leher Belakang dalam posisi lurus sampai batas pinggang.

Berikut cara membuat polanya
Ukuran yang di butuhkan :
Lingkar badan = 86 cm
Lingkar leher = 40 cm
Panjang bahu = 17 cm
Panjang Punggung = 46 cm

Keterangan pola dasar pria
A - B = adalah ½ lingkar badan.
B - B1 = 3 cm
B1 - D = panjang punggung.
Buat garis empat persegi A – B – D – C
C - F = ½ C - D.
Hubungkan E dan F dengan garis putus-putus.
B - G = 1/6 lingkar leher ditambah 1 cm, hubungkan B1 dengan G seperti gambar.
B1 - H = ½ ukuran panjang punggung, buat garis horizontal dari H ke
J.
E - E1 = 3 cm, dibuat garis datar kekiri dan kanan.
G - I = ukur panjang bahu
H - H1 = ½ lebar punggung, dibuat garis vertikal sampai garis bahu.
Hubungkan I dengan K seperti gambar (lingkar kerung lengan pola belakang)
A - A1 = 1/6 lingkar leher ditambah 1 cm.
A - A2 = 1/6 lingkar leher ditambah 1,5 cm.
Hubungkan A1 dengan A2 seperti gambar (leher bagian muka).
A1 - d = panjang bahu.
J - J1 = ½ lebar muka, dibuat garis vertikal sampai garis bahu di namakan titik d1.
Hubungkan d dengan K seperti gambar (lingkar kerung lengan pola bagian muka).
Demikianlah cara membuat pola pakaian pria dewasa.Semoga yang mau membuat atau menjahit pakaian atau baju pria dewasa yang pastinya terbantu dengan cara yang saya buat ini.Untuk pengambilan ukuran bada secara menyeluruh seperti ukuran tinggi bada,pinggul,pinggang dan lainya anda bisa lihat caranya detailnya di cara mengambil ukuran badan dengan jelas dan mudah untuk menjahit sebuah pakaian dan penggambaran pola.

Sedikit tips dan trik buat kamu yang menjahit dengan kategori pemula.Maka untuk bisa sukses dalam menjahit maka kamu harus banyak prakteknya.Untuk bahan praktek usahakan dengan pola yang sangat - sangat sederhana dulu.Dan setelah berhasil membuat pola dan lanjutkan menjahitnya.Ingat pola adalah kunci keberhasilan sebuah jahitan dikatan bagus atau tidaknya nanti.Jadi bisa dikatakan jika anda sudah salah dalam penggambaran pola maka pas ketika menjahit project tersebut anda bisa bingung sendiri dalam pengerjaanya.Jadi usahakan dalam penggambaran pola dengan teliti yah.Demikian sedikit tips dan trik buat kamu yang mau belajar menjahit pakai atau baju anak,baju pria dewasa maupun baju wanita.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara mengukur badan pria untuk dibuat baju

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  CARA MENGAMBIL UKURAN BADAN UNTUK MEMBUAT KEMEJA PRIA

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://lailanura.blogspot.co.id/2016/11/cara-membuat-pola-pakaian-pria.html


Comments