CARA MEMBUAT ROK ANAK UMUR 1 TAHUN

 CARA MEMBUAT ROK ANAK UMUR 1 TAHUN

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 CARA MEMBUAT ROK ANAK UMUR 1 TAHUN

pola rok anak perempuan - Halo ibu-ibu, mas tailor dan mbak tailor hebat.... Kali ini Nju Umey akan bagi-bagi cara membuat rok anak perempuan umur 1 tahun. Rok yang akan saya buat adalah rok model susun 2.

Susunannya tidak memotong di tengah pinggul melainkan ditumpuk di bagian pinggang. Bagi ibu-ibu dan kang mas mbak yu yang punya mesin jahit, yuk siap-siap bikin roknya.

Pada dasarnya ada 3 cara membuat pola rok. Pertama adalah pola kotak. Pola kotak ini menyesuaikan bentuk tubuh anak dengan panjang lingkar pinggang dilebihkan.

Kedua, pola huruf A. Pola ini mirip huruf A. Bagian atas dan bawahnya melengkung sedikit.
Ketiga adalah pola rok payung lingkaran. Kurang lebih gambarnya seperti di bawah ini.
sumber : adabitaylor.com
Untuk kali ini saya memilih pola kotak atau pola pertama. Karena pola ini bagus untuk pemula yang sedang belajar. Kekurangan dari pola ini adalah hasilnya akan menggelembung di bagian tengah rok. Yuk kita mulai saja ya.
Pertama-tama siapkan kain Panjang 73 cm lebar 27 cm untuk bagian dalam rok. Ukuran panjang tersebut aslinya 52 cm + 21 cm. Kain ini bisa menggunakan kain katun, rayon, furing dan satin. Saya menggunakan katun karena di rumah saya ada persediaan katun sisa jahitan yang sudah-sudah.
Siapkan kain bagian band pinggang. Panjang 73cm lebar 6,5 cm.
 Karet pinggang. Panjang 36 cm lebar 1,25 cm. Karet pinggang ini aslinya adalah ukuran lebar 2,5cm. Karetnya saya bagi dua dengan memotong bagian tengah dan memanjang.
Sambung karetnya dengan cara dijahit bolak-balik membentuk lingkaran. 
Siapkan dua kain tile dengan ukuran panjang 120 cm lebar 27 cm dan panjang 120 cm lebar19 cm. Kebetulan saya akan membuat dua rok sehingga saya menyiapkan 2 warna yaitu pink dan biru.

Pita satin warna pink magenta, putih dan biru ukuran 1 inch.
sumber : www.tokopedia.com
Benang putih, biru dan pink.
sumber : www.ilmumesinjahit.com
Jika alat-alatnya sudah siap, langsung saja kita beraksi. Ambil kain untuk bagian dalam tadi, kita satukan ujungnya dan jahit dengan mesin jahit.

Kemudian kita balik / Sentik balik dan dijahit lagi. Untuk sentik balik ini sebenarnya tidak wajib karena saya menghindari obras. Teman-teman bisa menggantinya dengan obras jika hanya dijahit 1 kali.
Hasilnya seperti ini.
Kita ambil salah satu sisi, dilipat dua kali sekitar 1/2 cm. Nama lainnya adalah diplipit. 
Hasilnya seperti ini. Seperti sarung.

 Kita tandai sisi yang tidak dijahit bagian tengahnya dengan menggunakan pensil, kapur warna atau guntingan kecil. Saya memilih guntingan kecil karena ribet mau nyari pensil. : D. 
Lebih jelasnya lihat gambar berikut.
Hasilnya seperti ini.


Untun kain tile caranya juga sama seperti di atas. Bedanya untuk kain tile tidak diplipit, melainkan di jahit dengan pita sebagai pemanis. Posisinya jahitan seperti di bawah ini.
Hasilnya seperti ini.
Bagian belakang seperti ini.
Posisi pita putih menyesuaikan tempat. Usahakan diletakkan berjejer dengan pita pink atau biru. Jangan sampai pita putih menumpuk pita sebelahnya.
Kalau sudah lengkap semua nanti jadinya seperti ini. Bagian kain tile ini ada dua ukuran, jadi nanti posisinya adalah kain tile ukuran kecil berada di atas kain tile ukuran besar, sehingga ketika pemasangan terkesan menyusun atas dan bawah.
Langkah berikutnya adalah pemasangan kain tile di atas kain bagian dalam. Caranya yaitu temukan tanda guntingan kecil tadi dan paskan dengan bagian yang dijahit sentik balik atau obras.

Jangan lupa kain tile diploi karena kain tilenya lebih panjang daripada kain dalaman. Usahakan pemasangan ini lebih hati-hati karena yang kita pasang ada kain tile yang numpuk. Untuk pemula sebaiknya kain tile dijelujur dan dikerut terlebih dahulu untuk mempermudah pemasangan. Akan tetapi saya lebih suka model langsung ploi di atas mesin jahit karena model yang saya jahit bukan model jahitan haluuuuussss. Jahitan saya adalah jahitan model konveksi. 


Langkah berikutnya adalah pemasangan band dan karet pinggang. Untuk kain bagian band, kita sambungkan dulu agar hasilnya seperti sarung. 
Kemudian kita pasangkan dan jahit di bagian atas rok secara melingkar.
Hasilnya seperti ini.
Siapkan karetnya.
Tutup karet dengan kain band. Lipat kain band sedikit ke dalam untuk bagian jahitan. Geser karet hingga menepi ke kanan.
Jahit kain band hingga melingkar. Usahakan jahitan tidak mengenai karet.
 
Ketika mendekati akhir jahitan, tarik karet agar jahitan rata.
Hasilnya nanti seperti ini.
Tengah band pinggang di jahit agar karet tidak geser atau memilin.

 Untuk menjahit karet pinggang ada triknya, yaitu pegang bagian tengan sisi yang lain, tarik dan mulai jahit.

 Horeee sudah jadi
Selamat mencoba teman-teman



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pola rok anak perempuan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Pengertian dan macam-macam model baju sarimbit terbaru

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://umikhamdanah.blogspot.co.id/2016/10/cara-membuat-rok-anak-umur-1-tahun.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.