Sharing seputar dunia jahit menjahit (pertanyaan pembaca) 2

Sharing seputar dunia jahit menjahit (pertanyaan pembaca) 2

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Sharing seputar dunia jahit menjahit (pertanyaan pembaca) 2

masalah ketika menjahit kebaya - 1. Sejak kapan mulai menjalankan bisnis jahit secara online?

Jawab:

Sejak 3 tahun lalu

Kalau jadi penjahit/mulai terima order jahit sih sdh sekitar 5 tahun lalu, kalau online baru 2 tahunan (tepatnya 2 tahun 3 bulan)

2. Apa alasannya? (kok kepikir sih untuk berbisnis jahit online)

Jawab:

–  pengguna internet di Indonesia yang cukup besar , pasarnya sangat potensial

–  untuk menjangkau pasar yang lebih luas, jadi bukan hanya pelanggan dari wilayah terdekat (Graha Raya Bintaro) saja yg bisa dilayani, tapi juga bisa melayani pelanggan dari luar daerah se Indonesia, bahkan dari luar negeri







– bisa dikerjakan dari rumah, tidak perlu sewa tempat strategis di pinggir jalan, sehingga modal yang dikeluarkan lebih kecil

– pemain masih sedikit, krn kalau diperhatikan hampir semua toko online busana yang ada hanya sekedar penjual, bukan penjahit atau produsen, seandainya produsenpun, mereka hanya mencari reseller (grosir) tidak melayani pembeli retail apalagi yang personal.

3. Apa saja yang menjadi pertimbangan Ibu saat kali pertama berbisnis?

Jawab:

– Pertimbangan pertama adalah keluarga. Saya ingin membantu perekonomian keluarga, dan suami juga ingin saya menjadi wanita yang mandiri yang kuat dan siap seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan menimpa sang kepala keluarga. Namun demikian saya juga tidak mau meninggalkan anak-anak saya, oleh karena itulah daripada bekerja untuk orang lain saya lebih memilih untuk mebuka usaha sendiri yang bisa dikerjakan dirumah tanpa meninggalkan anak-anak dan lebih fleksibel waktunya.

– Pertimbangan kedua adalah keahlian dan minat. Berhubung saya memiliki hobi dan sedikit keahlian tentang jahit, maka saya memilih bisnis ini sesuai dengan keahlian dan hobi tersebut.

– Petimbangan ketiga adalah modal, berhubung modal yang saya punya kecil, maka saya memilih untuk berbisnis secara online melalui internet, karena lebih murah (tidak perlu menyewa tempat) dan bisa dilakukan dirumah.

4. Hambatan apa saja yang sering dihadapi?

Jawab:

– Perbedaan ukuran badan, meskipun RJH sudah memberikan cara panduan mengukur badan sendiri  atau mengukur dari baju jadi, kadang-kadang baju jahitan masih kurang pas dimata pelanggan. Untuk masalah ini kami memberikan solusi dengan cara di kirim balik untuk di resize sampai ukuran baju benar-benar sesuai (gratis).Pelanggan juga bisa mengirimkan baju contoh yang ukurannya dianggap paling pas oleh costumer.

– SDM, saat ini saya masih kesulitan untuk mencari asisten yang selain paham dengan masalah jahitan juga harus paham soal IT/internet. Sehingga tingkat ketergantungan terhadap saya masih tinggi, untuk pelanggan yang datang langsung (offline) hal ini tidak terjadi, karena SDM yang ada sudah bisa diandalkan.

– Pembayaran, karena transaksi tdk terjadi secara langsung (online – transfer bank), jadi setelah ada konfirmasi pembayaran dari pelanggan, RJH baru bisa mengirim barang yang dipesan, ada kalanya pelanggan tidak langsung mengkonfirmasi setelah melakukan transfer, baik nama bank, nama pengirim/yang transfer ataupun jumlah nominal yang ditranfer, sehingga pengiriman menjadi tertunda ( tidak terjadi untuk pelanggan yang datang langsung)

5. Strategi apa saja yang Ibu terapkan demi kesuksesan bisnis online Ibu?

Jawab:

Untuk strategi yang saya terapkan, semua mengacu pada prinsip customer life cycle yang digunakan oleh RJH, yaitu : Know, Like, Trust, Buy, Repeat, Refer intinya adalah bagaimana calon pelanggan bisa mengenal RJH, menyukai RJH, mempercayai RJH, kemudian menjahitkan di RJH, menjahitkan lagi karena puas kemudian mereferensikan ke orang lain tentang RJH.

Strategi:

– membuat blog yang selalu di update, seputar dunia jahitan. Dengan blog ini, RJH mencoba  sharing tentang usaha maupun teknik jahitan yang baik, tidak ada yang disembunyikan atau dirahasiakan sehingga calon pelanggan bisa lebih mengenal (Know), menyukai (Like) dan percaya (Trust) kepada RJH.

– membuat fan page facebook untuk saluran diskusi (komunikasi dua arah) dengan calon pelanggan maupun pelanggan eksisting, sehingga bisa lebih dekat dengan pelanggan

– buat sistem atau kebijakan yang menguntungkan pelanggan (bukan hanya untuk kemudahan RJH saja), misal : bisa retur atau vermak baju gratis, tidak ada minimal order, bisa membantu mencarikan bahan atau aksesoris tambahan dll.

– memberikan bonus atau hadiah untuk pelanggan loyal, dan membuat event berhadiah seperti kontes photo sarimbit keluarga dll

– selalu menginformasikan kepada pelanggan status jahitan dan mengirimkan photo baju sebelum dikirim

– menggunakan teknik SEO (online dan offline) supaya website RJH bisa muncul diurutan teratas mesin pencari serpti google dan yahoo.

6. Tips untuk meraih kesuksesan berbisnis jahit online

Jawab :

-Berikan standar kualitas terbaik dan pertahankan/konsisten terhadap komitmen mengenai kualitas tsb

– selalu update perkembangan kondisi pasar usaha jahitan dan tren busana terbaru, baik secara online maupun offline

– ngeblog ! tunjukkan bahwa anda memang benar-benar bisa menjahit atau paham dengan dunia jahitan dengan menulis artikel seputar jahitan, ingat ! jangan copy paste artikel orang lain, mungkin menurut pakar marketing ini disebut personal branding (i-brand)

– berikanlah jaminan vermak/revisi jahitan (gratis), karena masalah yang sering terjadi dengan online adalah ukuran yang kurang pas

– bisnis online, bukan berarti kita bersembunyi dibelakang computer/laptop, kita harus lebih mengenal profile pelanggan, karena masing-masing orang memiliki “kepribadian” yang berbeda, satu model atau motif baju belum tentu cocok satu sama lain. Intinya kenalilah pelanggan anda

– bangun “loyalitas” pelanggan anda, bisa dengan memberikan diskon atau hadiah-hadiah yang tidak terduga oleh mereka

– gunakan teknik SEO untuk website, sebagus apapun jahitan kita,kalau tidak ada yang tahu keberadaan kita, percuma saja.

– response setiap pertanyaan atau orderan pelanggan dengan cepat, sopan dan jelas

7. Boleh tahu modal awalnya berapa?

Jawab:

modal awal usaha jahit : 1 mesin jahit tradisional (kayuh) yang sudah saya beli tahun 1997 seharga 250.000, 1 mesin obras dinamo kecil (second) yang saya beli tahun 2004 seharga 250.000 dan 1 mesin jahit portable (baru) untuk lobang kancing yang saya beli tahun 2005 seharga 1.900.000

Sedangkan memulai bisnis OL 2 tahun lalu (feb 2009), beli peralatan kamera seharga 5.000.000, seperangkat laptop (second) + modem seharga 3.000.000 dan sewa hosting 30



Tambahan info seputar kebaya 2


Dapat  diartikan bahwa untuk baju dengan  pola yang berkualitas, juga akan menghasilkan busana yang enak, dan nyaman  dipakai, indah dipandang serta bernilai tinggi, sehingga akan memberikan kepuasan bagi tersendiri bagi  sipemakainya. Ada bermacam-macam pola yang begitu rumit dalam Belajar menjahit baju kebaya dan juga memerlukan waktu lama dalam pembuatannya. Dan cara yang termudah yakni  membuat pola dengan cara menjiplak baju yang ada atau yang sudah jadi. Bagi anda, jika baru mulai untuk belajar menjahit, alangkah mudahnya jika anda cari baju blus yang modelnya sederhana atau yang simple dulu.
Sebagai proses awal belajar menjahit baju kebaya, jangan yang memakai bermacam-macam kerah dulu. Anda bisa memulainya dengan cara : melipat baju menjadi dua, kemudian
Kebaya modern merupakan pengembangan dari bentuk kebaya klasik. Supaya lebih bisa mengikuti tuntutan jaman, maka dibuatlah beberapa modifikasi dari yang paling sederhana sampai yang sangat berani. Seperti misalnya bentuk kerah asimetris, bagian belakang kebaya yang dipanjangkan, lengan kebaya yang biasanya panjang dibuat transparan, pendek atau malah kutung.



Namun kenyataannya, beberapa modifikasi justru membuat kebaya terlihat lebih mewah dan elegan. Bahan yang digunakannya pun lebih bervariasi. Dengan berbagai aplikasi seperti bordir, payet, Kristal Swarovski, dan berbagai mutu manikam Nusantara, membuat penampilan si pemakai bertambah glamour.

Pakaian atasan yang biasa dipakai dengan kain tradisional ini, sekarang sering dipadupadankan dengan berbagai jenis bawahan. Malah, kalangan selebritis muda ada yang berani mengkombinasikannya dengan bawahan berupa rok pendek atau celana jeans. Busana santai tapi tetap memancarkan kecantikan dan pesona seorang perempuan.

Meski sudah bukan merupakan pakaian yang kuno lagi, namun dalam membuat pakaian jenis kebaya dengan gaya modern tetap memperhatikan beberapa atauran yang diantaranya adalah :

1. Meski dikatakan sebagai kebaya dengan gaya modern, namun ketika membuatnya tetap harus mampu mempertahankan identitas utama kebaya tersebut. Misalnya pada bagian pinggang yang haus menyesuaikan bentuk pinggul sehingga karakter dari kebaya tetap terpancar kuat.

Karena memang yang dinamakan dengan kebaya yang bergaya modern ini tetap memiliki cirri khas yang dimiliki oleh kebaya tradisional. Jika cirri khas ini hilang, maka pakaian baru ini tak lagi dapat disebut dengan nama kebaya.

2. Kebaya dengan gaya modern juga harus tetap memperlihatkan ciri utama dari kebaya yang lain. Yaitu pada bagian belahan depannya. Ketika membuat belahan jangan sembarangan karena ini adalah salah satu bagian utama yang mampu menunjukan bila jenis pakaian yang kita kenakan adalah kebaya, bukan jenis pakaian yang lain.

Pembuat kebaya ini harus tetap memperhatikan detail pada bagian ini. Walau pun saat ini banyak jenis pakaian yang memiliki belahan pada bagian depan dada, namun untuk jenis kebaya memang ada detail yang berbeda dan memang hanya dimiliki oleh jenids kebaya ini. Dan pembuat kebay memang harus mengetahui tentang hal ini.

3. Perhatikan pula bahan yang digunakan. Kebanyakan dari kebaya terbuat dari kain brokat. Kain bordir, beludru dan lain lain. Namun saat ini banyak kebaya dengan gaya modern yang menggunakan bahan yang tidak biasanya dipakai. Sebenarnya hal ini bukan suatu masalah yang besar.

Namun perlu diketahui bila kebaya itu punya karakter yang sangat khusus. Jadi ketika memilih bahan perlu diperhitungkan sebelumnya, apakah bahan tersebut sesuai dengan karakter dari kebaya yang akan dibuat. Kebaya dengan gaya modern ini memang lebih menonjol dengan penggunaan brokat. Dengan ini, kebaya memang terlihat berkesan lebih mewah dan anggun. Tak lagi memliki kesan yang tradisional dan kuno.

Penggunaan brokat pada kebaya ini memang cenderung untuk menambah detail yang lebih elegan pada kebaya. Walau pun memang dengan pembuatan yang demikian lebih membutuhkan banyak waktu dibandingkan dengnan kebaya tradisional yang telah ada. Namun hal ini tidaklah menjadi penghalang untuk kebaya menjadi lebih diminati oleh anyak kalangan.

4. Penggunaan aksesoris. Demikian pula halnya dengan penggunaan aksesoris yang mau dipakai. Jangan sampai terjadi meski menggunakan kebaya dengan gaya modern namun aksesoris yang dikenakan terlalu ramai.

Karena hal ini bukan merupakan karakter dari kebaya.  Pakain jenis ini lebih mengutamakan keanggunan dan menonjolkan bentuk atau lekukan tubuh terutama pada pinggul, lengan dan bagian depan. Jadi aksesoris bukanlah hal utama yang harus ada pada kebaya. Namun memang keberadaan aksesoris ini menambah cantik dan keeleganan dari kebaya. Penambahan aksesoris pada kebaya memang harus diatur keberadaannya agar penampilan dari aksesoris ini akan menambah kesan mewah dari kebaya bukan justru mmbuat kebaya terlalu ramai dengan aksesoris tersebut.

5. Untuk bawahan. Masalah ini juga mesti diperhatikan ketika mau membuat atau mengenakan kebaya dengan gaya modern. Yang paling bagus untuk pasangan kebaya tentu saja kain terusan yang sempit sehingga mampu memperlihatkan bentuk kaki atau betis.

Saat ini memang berkembang bawahan untuk kebaya yang lebih longgar. Namun tentu saja ukuran kelonggarannya juga tidak boleh berlebihan. Dan disarankan untuk bawahan jangan menggunakan kain yang polos. Minimal harus ada garis atau motif yang lain. pemilihan jenis bawahan yang tepat akan mempengaruhi penampilan kebaya yang dikenakan. Oleh karena itu, memang harus diperhatikan dengan benar pemilihan kebaya yang benar dan tepat.

6. Bentuk lengan. Meski merupakan kebaya dengan gaya modern, namun bentuk lengan yang baik juga tetap panjang. Agar bisa menarik, lengan tersebut bisa dimodifikasi lebih modern dan tidak terlalu tertutup seperti model kebaya jaman dulu. Namun ukurannya tetap disarankan hingga sampai pada lengan tangan.
Sekian.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  masalah ketika menjahit kebaya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 10 Celengan Unik Dan Kreatif seJagad

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit :   http://rumahjahithaifa.com/2011/10/18/sharing-seputar-dunia-jahit-menjahit-pertanyaan-pembaca-2/ https://aderiakebaya.blogspot.co.id/2015/03/tambahan-info-seputar-kebaya-2.html


Comments