, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Menjahit Kupnat

Cara Menjahit Kupnat

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Cara Menjahit Kupnat


cara membuat kupnat baju wanita - Kupnat atau darts merupakan lipatan pada pakaian yang dijahit membujur pada bagian dada, pinggang, bahu atau bagian lainnya dengan tujuan untuk mengepas pakaian serta memberikan efek ramping dan menyamarkan bentuk tubuh yang kurang menarik. Penambahan lipatan kupnat dalam jumlah banyak juga mampu memberikan siluet yang lebih menawan pada suatu busana. Cara termudah yang dapat diterapkan untuk pembuatan kupnat yaitu dengan meradernya sesuai dengan pola kupnat.

 Kupnat


Disamping itu terdapat pula teknik pembuatan kupnat dengan cara lain yang cukup sederhana tanpa menggunakan alat bantu berupa rader maupun karbon jahit. Pertama-tama buatlah garis pola pada kertas menggunakan pensil atau spidol. Kemudian tempelkan kertas pola diatas kain, lalu pindahkan garis pola yang terdapat pada kertas keatas media kain menggunakan kapur jahit yang berlainan warna dengan kain bahan utama.
 Kupnat

Untuk memudahkan pembuatan kupnat sematkan jarum pentul pada tiap sisi-sisi kupnat kemudian balikkan kain dan beri titik penanda sesuai posisi jarum yang menembus kain.
Kupnat
 Kupnat

Singkirkan potongan kertas pola kemudian hubungkan titik-titik penanda dengan bantuan penggaris. Jika penggunaan kapur jahit tidak begitu terlihat sahabat Fitinline bisa mensiasatinya dengan membuat jahitan jelujur mengunakan benang dan jarum jahit yang berwarna mencolok sebagai penggantinya.
 Kupnat

Lipat kain tepat pada pertengahan kupnat dan pastikan kedua garis yang terdapat masing-masing sisi berada dalam posisi sejajar lalu sematkan jarum pentul untuk menahannya agar tidak bergeser. Tandai ujung kupnat menggunakan jarum pentul dengan posisi tegak lurus.

 KupnatKupnatKupnat

Jahit kupnat dari bagian ujung atas kebawah sesuai garis tanda yang telah dibuat.

 Kupnat

Setelah bagian kupnat terjahit dengan sempurna selanjutnya setrika bagian tersebut untuk memberikan kesan lebih rapi dan menarik.

 Kupnat

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Kupnat









Teori menjahit I

hai, hai...sudah siap untuk berlatih menjahit?kalo sudah, mari siapkan buku tata busanamu (tempat untuk menulis ukuran badan, rumus, dan menempelkan kertas dorslag),pensil, penggaris, skala 1:4,penghapus, dan pena.oke, mari kita mulai.

berikut adalah daftar ukuran tubuh manusia, atau bisa dibilang tempat biasa kita mengukur tubuh seseorang guna sebagai tolak ukur dalam membuat pakaian,rok atau semacamnya.












jika semua sudah dibaca dan dipahami mari kita mulai membuat pola dasar badan:
sebagai contoh saya berikan ukuran pola dasar badan

lingkar badan : 90 cm
lingkar leher: 36 cm
lingkar pinggang: 70 cm
panj. punggung: 38 cm
leb.punggung: 36 cm
leb.muka/dada: 34 cm
leb bahu: 12 cm
panj.baju total: 70 cm
tinggi dada/kupnat: 12 cm

setelah melihat ukurannya mari mulai membuat pola dengan  menggunakan rumus berikut:
1. pola bagian depan
A-B: panjang punggung =38 cm
A-C: 1/2 panjang punggung +2 cm = 1/2 x38+2 = 21 cm
C-G : lingkar badan +4+1/4= 90+4+1/4 (cara menghitungnya tambahkan dulu 90 dengan 4 baru dibagi 4 dan ditambah 1)
A-D : 1/6 lingkar leher + 1 cm = 1/6x 36 +1
A-E : A-D + 1/2 cm
D-Y : lebar bahu
Y-I : 3 atau 3 1/2 cm ( dari Y ke I itu turun 3 atau 3 1/2)
C-F : 1/3  A-C
F-H : 1/2 lebar dada
B-K : C-G

cara menggambar untuk pola depan. selalu dahulukan dengan membuat garis bebas vertikal kemudian tentukan dua titik dimana titik pertama diberi nama A dan titik ke dua diberi nama B, dan panjang dari A-B sama dengan panjang punggung.ingat selalu keterangannya, jika anda benar-benar mengikuti rumus dan tabel ukuran, maka anda pasti bisa menggambarnya. selamat mencoba! berikut adalah rumus pola bagian belakang:
2. Pola bagian belakang
A-B : panjang punggung
A-C : 1/2 panjang punggung+2 cm
C-E: lingkar badan+4 cm-1/4
A-L : 2 cm-2 1/2 cm (untuk pola bagian belakang dinaikan 2-2 1/2 cm)
L-D : 1/6 lingkar leher +1 cm
D-Y : lebar bahu
Y-I : 3- 4 cm
C-F : 1/3 C-L
F-H : 1/2 lebar punggung
B-K : C-E

untuk memulai gambar, sama seperti membuat pola badan depan buat gari bebas vertikal terlebih dahulu, baru tentukan letak panjang punggungnya. untuk contoh gambar ada di bawah:



untuk belakang:




POLA DASAR DENGAN KUPNAT

pola depan



pola belakang



baiklah hari ini saya ingin menambahkan pola dasar di atas di tambah kupnat.. begini rumusnya.buatlah titik tengah antara b dan k dengan memulai pengukuran dari titik b ukurannya 1/10 lingkar pinggang. jika lingkar pinggang yang ada pada penjelasan di atas 70, maka 1/10 dari 70 adalah 7 cm, ukur dari B sepanjang 7 cm kemudian beri tanda dan namakan titik Q,dari Q beri jarak 3 cm dan bubuhi tanda lagi, lalu namakan tanda itu titik R antara Q dan R kita bagi dua,sehingga menghasilkan sebuah titik tengah, dari titik tengah itulah kita tarik ke atas sepanjang 12 cm garis lurus, dan jangan lupa tandai titik tempat perhentian dengan nama O, baru dari O ini kita tarik lagi garis untuk mempertemukan antara R-O dan Q-O. selanjutnya menaikan posisi siluet pinggang, dari titik K ukur sebanyak 2 cm dan beri tanda S kemudian dari titik S naik 2 cm dan beri tanda T, setelah itu pertemukan antara R-T dan G-T

untuk rumus pola dasar kupnat:

B-Q: 1/10 lingkar pinggang
Q-R: 3 cm (lebar kupnat)
R-O: 12 cm
K-S: 2 cm
S-T: naik 2 cm


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat kupnat baju wanita

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Cara Menggunakan Mesin Jahit Mini Portable S2

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit :  https://fitinline.com/article/read/cara-menjahit-kupnat/ http://modalkaya-myvoice.blogspot.co.id/2010/12/teori-menjahit-i.html

0 komentar:

Post a Comment