Tutorial – Kantong (Saku) samping dengan Paspoile


Tutorial – Kantong (Saku) samping dengan Paspoile

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Tutorial – Kantong (Saku) samping dengan Paspoile

cara membuat saku  - Assalamu’alaikum….

alhamdulillah, sempat untuk membuat sedikit tutorial ini (walaupun sedikit tapi lumayan menyita waktu rupanya). ceritanya…., sudah beberapa waktu itu diriku lulus dari tingkat dasar (maksudnya praktek di tingkat dasar sudah dilalui semua. kiss kiss aaaaahhhh).

kemudian, memasuki tingkat trampil ini, bagian pertama adalah membuat macam-macam saku. bermacam-macam deh pokoke…

sebelum membuat bermacam saku itu, tentu terlebih dahulu harus membuat persiapannya. banyak. bikin potongan kain kecil-kecil seperti ini:
bikin potongan kain, agar tidak kusut, digulung, serasa stik perca, ya....
bikin potongan kain, agar tidak kusut, digulung, serasa stik perca, ya….
agar memudahkan dan bertujuan tidak tertukar, diberi nomor. disatukannya dengan jarum pentul.
banyak sekali ya? hihihihi sampai bete bikinnya dan berujung pada malas-malasan berangkat les.
demikian itu sedikit intermezzo-nya. kali ini aku sudah menyiapkan tutorial dari salah satu saku yang aku buat. maaf, ya… skip-skip nggak apa-apa, kan? maklum, baru terlintas untuk membuat tutorialnya justru ketika sudah selesai membuat beberapa saku-nya. daripada tidak membuat tutorial sama sekali.
Juga sekalian untuk dokumentasi yang tujuannya jika suatu saat lupa cara membuatnya kan berarti mudah, tinggal buka dokumentasinya. dan…. agar ada pahala-nya, ya, di-share. setiap ada yang membuat saku dengan menggunaka tutorial ini, bebarti aku dapat pahala. YEAYYYY!!!! *loncat-loncat kegirangan.
yuk, kita mulai dari sini…. bahasa inggrisnya: let’s start here…
tapi… sebelum dimulai, yang pasti nih… kita harus siapkan kain yang dibutuhkan, yaitu kain dengan ukuran:
1. 20 x 25 cm  2 lembar
2. 15 x 8 cm  1 lembar (serong)
3. 15 x 36 cm  1 lembar
seperti foto di bawah ini, khusus untuk yang serong, sebaiknya yang motif garis (salur) agar memudahkan kita karena benar-benar yakin bahwa bentuknya benar-benar serong. Ya…., namanya juga masih amatiran, jadi harus banyak latihan sebelum terjun ke bahan dengan motif lain dan bahan jenis lain selain katun. Sekarang mah mainannya sama katun aja dulu. Biar puaaaasssss ^.^
siapkan kain dengan ukuran tertera, ya...
siapkan kain dengan ukuran tertera, ya…
—————————————————————————————————————–
———- STEP 1 ————
ambil satu lembar kain dengan ukuran 20 x 25 cm, buat garis di bagian sisi buruk kain (bagian dalam) hingga membentuk suatu ruang seperti pada gambar dengan ukuran panjang 12 cm dan lebar 2 cm.
buat gambar seperti ini, Dearssss...
buat gambar seperti ini, Dearssss…
———- STEP 2 —————
gunting garis di tengah dan garis yang membentuk segitiga sama kaki di salah satu sisi.
gunting-gunting...
gunting-gunting…
———- STEP 3 ——————
ambil kain ukuran 15 x 8 cm, buat lapisan viselin dengan ukuran yang sama. rekatkan keduanya dengan cara disetrika. ket: viselin bisa dibeli di toko alat-alat jahit. minta yang paling bagus kualitasnya, biar hasilnya kece.
kain katun motif garis/salur dan viselin
kain katun motif garis/salur dan viselin
disetrika, penampakannya jadi seperti ini:
penampilan kain katun dan viselin yang sudah direkatkan
penampilan kain katun dan viselin yang sudah direkatkan
bila sudah siap-sedia, letakkan kain warna kuning yang sudah digunting di atas kain yang sudah diberi viselin dengan catatan kain sisi bagus (luar) saling berhadapan.
Jahit kedua kain tersebut pada garis lurus bagian bawah.
kantongsampingdenganpaspoile-step3
———- STEP 4 ——————
Balik kain yang sudah dijahit hingga tampak bagian depan.
kantongsampingdenganpaspoile-step4a
lipat kain ber-viselin ke arah belakang selebar 2 cm, seperti pada gambar di bawah:
kantongsampingdenganpaspoile-step4b
beri pentul pada bagian bawah kain ber-viselin.
kantongsampingdenganpaspoile-step4c
jahit bagian yang sudah diberi pentul
kantongsampingdenganpaspoile-step4d
tips penting, jangan lupa bagian lebihnya (disebut kampuh) dimasukkan ke dalam bagian yang 2 cm itu. Agar hasilnya tampak bagus.
kantongsampingdenganpaspoile-step4e
———- STEP 5 ——————
Ambil kain berukuran 15 x 36 cm, satukan dengan hasil dari step 4.
kantongsampingdenganpaspoile-step5a
lipat, lalu jahit dengan garis bagian atas dari kotak yang telah dibuat di step 1:
kantongsampingdenganpaspoile-step5b
jahitnya persis dengan garis yang dibuat, ya…
kantongsampingdenganpaspoile-step5c
——– STEP 6 —————
dilanjut dengan menjahit bagian yang segitiga dari bagian dalam, seperti tampak pada gambar
kantongsampingdenganpaspoile-step6
jahit, pakai mesin dengan arah seperti di gambar, ya…
kantongsampingdenganpaspoile-step6b
Oke, sekian dulu kantong paspoile-nya. sekarang coba dicek. bener nggak jadinya seperti pada gambar di bawah ini:
kantongsampingdenganpaspoile-step6c
kalau kamu berhasil bikin seperti di gambar, berarti kamu sukses: YEAAYYYY!!!
tapi…. belum sepenuhnya selesai, Say… masih harus dilanjut seperti pada step 7 di bawah ini:
———- STEP 7 ———
ambil satu kain tersisa (kebetulan aku pakai motif polkadot), letakkan disebelah saku paspoile yang sudah setengah jadi itu. dengan posisi bagian bagus sama-sama di depan, ya.
kantongsampingdenganpaspoile-step7a
lalu ambil ujung kain polkadot, diangkat dan dibalik hingga menutupi saku paspoile setengah jadi.
kantongsampingdenganpaspoile-step7b
lalu, jahit lurus mengikuti garis merah seperti terdapat pada gambar.
kantongsampingdenganpaspoile-step7c
nah, kalau sudah dijahit, pinggirnya akan rapi seperti ini:
TARARAAAAA FINISH!!!
TARARAAAAA
FINISH!!!


YEAAAAAYYY!!!!
gimana, bisa kan? gampang kan?
kalau masih bingung ini gunanya apa? untuk apa? coba yuk kita main ibarat-ibaratan. hahahaha (bahasanya aneh) BIARIN!!! 😀
coba ya, ibaratkan kain warna kuning itu adalah baju bagian depan, sementara kain polkadot ini baju bagian belakang. dapat gambarannya kan sekarang?
yuk, dicoba, Say… bikin baju dengan aplikasi ini, atau aplikasi saku lainnya. seru deh. disamping baju jadi lebih kece, kita juga jadi lebih jago, nggak kalah deh sama penjahit profesional. dijamin. semoga bermanfaat, ya


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat saku
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Membuat Tusuk Silang

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://diantian.wordpress.com/2014/10/20/tutorial-kantong-saku-samping-dengan-paspoile/


Comments