MESIN JAHIT PORTABLE MINI S2 BERMASALAH? PERBAIKI SENDIRI YUK

MESIN JAHIT PORTABLE MINI S2 BERMASALAH? PERBAIKI SENDIRI YUK

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
MESIN JAHIT PORTABLE MINI S2 BERMASALAH? PERBAIKI SENDIRI YUK
cara memasang sekoci mesin jahit portable - Setahun lalu saya membeli mesin jahit portable mini tipe S2 seperti ini..


 ga ada merknya, cuma berhubung harganya relatif murah sekitar 200rb an. saya beli online. saya pikir kepake ga kepake sih ini mesin jahit maksudnya biar ga repot kalau ada yg robek2. setidaknya buat jahit2 dasar bisa kan. ga niat bikin baju heboh juga soalnya.
nah pertama dateng barangnya kelengkapannya seperti ini. mesin jahitnya mini banget. gampang dibawa kemana2. ada pedal kakinya. ada adaptornya jadi bisa dipakai dengan listrik atau batere. berhubung dari sananya udah disetting benang dan lain2 jadi saya tinggal pake.. lumayaannn simple banget cara pakenya.. bahkan saya yg amatir aja bisa pakenya.

daannn masalah datang waktu bocah2 tiba2 rusuh, dan tu mesin jahit dibongkar2. benang dikeluarin. settingan diputer2. wasaallamm.. saya coba liat panduan di internet cara pasang benang dan settingan lainnya dan hasilnya adalah mesin jahitnya ga bisa dipake lagi! sebenernya bukan rusak ya... mesin berjalan sebagaimana mestinya tapi benang atas dan benang bawah tidak mau mengikat. yg hasilnya ada kain saya bolong2 tapi tidak ada benang yg mengikat. kalaupun ada cuma dikit dan lompat2.

saya utak atik beberapa hari. dari mulai penasaran sampe bosen sendiri. menyerah. semua tutorial sudah saya coba tidak ada yg berhasil. saya bawa ke tukang jahit mereka tidak familiar dengan mesin jahit portable. putus asa saya taruh di gudang bersama onggokan barang tak terpakai lainnya. sampai kemaren saya menang arisan mesin jahit singer. nah teringat lah dengan ni mesin jahit mini. mulai saya utak atik lagi. sampai akhirnya saya berhasil menemukan settingan yg benernya!! hahaha..
emang musti pegang mesin jahit yg agak bagusan dulu kali ya :p

nah yg punya masalah yg sama tenang aja mesin jahitmu tidak rusak. cuma salah setting. ternyata settingan mesin jahit mini ini beda dengan settingan mesin jahit pada umumnya.. makanya ga bisa2 kalau terapin settingan mesin jahit umum. jadi kita urutin settingannya ya :
1. Settingan awal benang atas masih settingan standar. alurnya seperti di foto dibawah. ini ada di buku panduannya

 untuk settingan tension dikira2 saja agak longgar seperti ini

2. nah mulai ke bawah baru perlu settingan khusus. setting posisi jarum dulu. kalau dilihat ada bagian sisi jarum yg rata. ada yg melengkung. sisi jarum yg rata disebelah kanan karena akan berhubungan dengan mur pengganjalnya. posisi sisi jarum melengkung sebelah kiri. posisi lubang jarum menghadap samping. artinya kalau kita lihat dari depan tidak akan terlihat lubang jarumnya. nah lalu jarum juga harus naik keatas sampe mentok. jarum yg terlalu kebawah akan membuat kain tidak terikat baik. 

3. masukkan benang atas dari kiri ke kanan jarum. lalu selipkan dibawah sepatu kanan dan diatas kain seperti ini
4. benang bawah di dalam sekoci. pastikan putaran kumparannya berlawanan arah jarum jam seperti ini. jangan terbalik.
5. tutup sekoci. tarik benang bawah keluar. lalu posisikan ke arah kiri dibawah kain seperti ini.
5. setelah itu angkat bagian belakang sepatu ke arah atas
6. silahkan mulai menjahit..hasillnya


saya ga tau kenapa settingannya seperti ini. tapi salah satu settingan tidak diikuti satuuu aja bisa ga ngejait tu mesin. hahaha.. pernah saya coba settingan sudah benar tapi sepatu tidak saya naikkan.. dan hasilnya tetep ga bisa menjahit. atau misal benangnya tidak saya taruh dibawah sepatu, sama ga bisa jahit juga.. aneh ya... jadi tiap mau mulai menjahit pastikan settingannya persis seperti ini. yg penting posisi benang atas, benang bawah dan naikkan sepatu belakang. itu aja sih..


selamat mencoba yaaa.. jangan buru2 dijual mesinnya heheehe... saya perlu setahun baru bisa dapet settingan yg pas kayak gini hahahaa...







Mesin Jahit Mini Portabel



Mini Portable Sewing Machine "KRIS", adalah mesin jahit mini yang bisa kita pindah kemana-mana dengan mudah. Kita bisa menjahit dimanapun, asal dekat dengan colokan listrik. "Tapi di tempat saya belum ada listrik PLN masuk..." Oh, tak masalah. Bisa memakai 4 baterai alkalin AA. Tampilannya seperti ini. Panjang 25 cm, tinggi 24 cm, lebar 8 cm.


 Apa saja fiturnya? Ada 8 fitur yang diunggulkan.

1. Lima pola jahitan. Lurus dan zigzag


2. Tiga jenis panjang jahitan
3. Memiliki 2 kecepatan, kecepatan tinggi dan kecepatan normal
4. Bisa menggulung benang sekoci
5. Pengoperasian bisa menggunakan tombol otomatis, bisa juga menggunakan pengendali/pedal kaki
6. Memiliki lampu kerja
7. Kita bisa mengoperasikan menggunakan baterai AA atau listrik
8. Ringan dan mudah dipindah

Fitur yang lumayan untuk level mesin jahit mini kan? ^^ Tapi, ini hanya bisa kita gunakan untuk menjahit barang-barang "kecil" saja. Terutama celana jeans, jelas tidak mungkin bisa dijahit menggunakan mesin jahit mini ini. Tidak harus kecil ukurannya, tapi penggunaan kain yang ketebalannya wajar. Seperti kain katun, kain flanel dan kain bulu, bisa menggunakan mesin jahit mini ini. Intinya, mesin jahit ini cocok untuk craft. Membuat baju-baju boneka, dompet, goodie bag, dan lain-lain yang tidak terlalu besar/tebal :) 
Ada buku panduan berbahasa indonesia yang sangat jelas dan mudah dipahami. Jadi, jangan khawatir setelah membeli bingung penggunaanya ^^








 Cara memasang benang :








 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara memasang sekoci mesin jahit portable

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang (Update Materi Menyambut Ramadhan) Cara Menjahit Jilbab Khimar Salimah

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit :  http://www.nupinupi.com/2014/01/mesin-jahit-mini-portabel.html   http://www.emakceriwis.com/2016/05/mesin-jahit-portable-mini-s2-bermasalah.html


Comments