Apa sih jahitan KELIMAN dan KAMPUH?

Apa sih jahitan KELIMAN dan KAMPUH?

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Apa sih jahitan KELIMAN dan KAMPUH?

makalah kampuh dan kelim - Pernah gak ngerasa bingung bedain jahitan keliman dan kampuh?  apalagi untuk pemula yang baru belajar jahit. Sama aja kok ama aku ..  pernah banget ngalamin bingung ngebedain si Keliman and si kampuh ^^.  apalagi klo pas baca buku, trus di dalemnya ada kata2 itu .. waaah.. jadi puziiiing. belum lagi nih klo Mertua jelasin .. suka kebalik aku ngartiinnya..

Karena sekarang aku udah ngerti n nyambung banget ama keliman n kampuh. .. aku mo berbagi sama pembaca semua … dan mudah2an  pada nyambung juga ya..

Aku akan mengartikan satu persatu tentang keliman dan kampuh beserta gambar2 yang udah kubikin. Yang pastinya bikin kamu lebih mengerti and tidak bingung lagi.  penjelasan dan gambar di bawah ini adalah pemikiran dan kesimpulan yang ku ambil  dari buku2, ibu mertua, temen2 dan juga karena sering ngebiasaiin pake istilah2 menjahit ^^

—————————————-

1. KELIMAN 
keliman
Adalah proses finishing jahitan yang digunakan untuk merapikan kain dibagian bawah ( bagian tepinya ), bisa dengan cara melipat, menggunakan obras, jahitan dengan potongan zig zag, ataupun dengan bantuan bias tape (bisban), dan renda-renda.
— untuk project pakaian contohnya nih ya  :
Bagian bawah rok, pinggiran bawah kemeja, lengan baju , dan bagian bawah celana .. nah disitu bisa dilihat bagian bawahnya bagaimana finishingnya.
— Untuk jahitan craft, ku pake juga nama keliman misalnya untuk project :
Pinggiran telapak meja, project quilting, korden , sarung bantal and macem2 lainnya.
Memang sih aku hanya sering denger kata keliman itu biasanya digunakan untuk project pakaian. Tapi terserah kita aja kok … this just “ word “ so feel free if we use for craft project.
Macam – macam jahitan keliman ( ini yang kuketahui dan sering aku pake ) :
a). Keliman obras 
keliman1
Ini yang paling umum, menggunakan obras sebagai finishingnya. terkadang aku juga menggunakan cara ini… kalo biasanya obras hanya menggunakan 1 warna benang.. obrasan yang kupakai menggunakan 3 warna benang ^^ . dan gambar yang terlihat .. pake warna merah, kuning and putih. kamu bisa aja mix sendiri…
b). keliman Single
keliman2
keliman5
Klo pengen nyembunyiin hasil obrasan … kamu bisa ngelipatanya 1 kali aja.. soal ukuran ini up to u aja … karena setiap orang pasti beda maunya hehehe ..atau klo belum ada mesin obras… pake cara potong zig-zag lalu lipat sekali n jahit.
c). keliman double
keliman3
gak semuanya pake obras loh … klo temen2 ada yang belum punya mesin obras.. Dont be upset,  cara ini paling mantep dipake…dan sering banget di pake. ngelipat kainnya dua kali. misalnya lipat kain 1 cm … lalu lipat lagi 1 cm … trus jahit.
d). Keliman twin needle
keliman4
jahitan ini sama aja dengan keliman double … hanya saja jahitannya ada 2.  kamu bisa pake twin needle atau dengan menjahitnya 2 kali.
e). keliman Bias tape
keliman6
cara ini menggunakan bantuan bias tape / bisban sebagai finishingnya. untuk hasil lainnya kamu bisa lihat di free tutorialku tentang menjahit rok anak .
Apa kamu mulai paham arti keliman setelah melihat gambar2  yang kubuat diatas ?
So … berkreasilah semaumu untuk merapikan  bagian bawah atau pinggiran kain ini jadi cantik dan rapi ^^. Dan itu bisa kamu lakukan sendiri dengan cara berbeda …tidak harus ngikutin aturan yang ada. Mungkin kamu bisa pake cara lain. Misalnya dengan model rumbai-rumbai,  menggunakan jahitan zig zag ataupun jenis jahitan lain.
Dan tentang ukuran-ukuran keliman ini juga terserah kitanya aja… mulai 2 cm sampai 8 centimeter pun no problem.. no big deal.. yang penting hasilnya bikin kita puas and happy.
Sebenernya banyak macam dan nama untuk jahitan keliman ini… kamu bisa ngelihat di buku2 tentang menjahit ataupun project2 orang lain… dan juga bisa  dilihat klo pas kamu jalan2 di toko baju … sempetin aja lihat bagian kelimannya hehhehe … ( aku juga sering banget ngelakuin loh klo pas ke mall ^^ )…
——————————–
2).  KAMPUH 
kampuh
Adalah bagian pinggiran kain yang merupakan tempat untuk menggabungkan dua kain atau lebih , lalu dijahit dengan ukuran yang bermacam-macam ( ngikutin pola yang ada atau semaunya kita )… pokoknya UP TO US …
dan cara menggabungkan ke dua kain ini biasanya kain bagus ketemu kain bagus…Nah, kampuh itu adalah bagian biasanya posisinya ada dibagian di dalam ( tidak kelihatan ). Tapi perlu membuatnya tampak rapi agar benang atau kain tidak mudah terburai.
setiap project yang mo kita bikin pasti akan ada si kampuh … asalkan project itu ada penggabungan antar 1 kain dengan kain lainnya.
Oke, biar lebih paham dengan maksud tulisanku … bagusnya kamu lihat gambar di bawah ini.. karena biasanya bisa lebih sreg klo ada gambarnya hehehe …
Untuk membuatnya rapi, perlu beberapa cara untuk penyelesaiannya agar hasil kampuh ini lebih kuat dan jahitan tidak lepas. Intinya sich klo masalah gimana finishingnya.. sama aja kok ama jahitan keliman.
a). Kampuh basic 
kampuh2
Kampuh basic, maksudnya klo kamu belum punya mesin obras.. atau males pake obras… jangan lupa untuk mematikan jahitan.
biasanya pake langkah maju mudurin jahitan 2 atau lebih untuk mematikan jahitan. ini fungsinya biar kain gak terlepas atau terburai. dan gamba diatas aku pake guntingan zig-zag… gak pake jg gpp. yang penting ..pastiin jahitan kuat ya.
b). Kampuh prancis 
kampuh4
Ini sich kampuh yang paling famous … tapi aku jarang pake ^^
c) jahitan obras
kampuh1
untuk kampuh menggunakan obras ini, mungkin tak pelu penjelasan banyak … hanya dengan melakukan obras di kedua kain satu persatu ataupun obras menjadi satu sekaligus.
d). kampuh bias
kampuh3
kelihatan rapi kan ^^ … aku suka kampuh bias ini … karena hasil jahitan yang didalam menjadi rapi dan bersih hehehe …
Banyak banget cara untuk melakukan jahitan kampuh, mo ngikutin cara yang sudah ada ataupun mo pake cara sendiri.. sah-sah aja kok. yang penting kita suka and happy ngejahitnya…kan gak seru klo ngejahit pake bingung hehehe …
Oke temen2 semua … aku berharap bisa ngebantu kalian untuk bisa lebih paham tentang keliman dan kampuh. semoga bermanfaat ya!







 TEKNOLOGI BUSANA

Pengertian Teknologi Busana
Teknologi Busana berasal dari kata Teknos dan Logos. Teknos berarti teknik, cara, metode, sedangkan logos berarti ilmu, pengetahuan. Jadi, yang dimaksud teknologi busana adalah suatu ilmu ketrampilan yang mempelajari cara atau teknik, metode pembuatan atau penyelesaian busana.
Tujuan
Ø  Untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan pada mahasiswa dalam menempuh mata kuliah teknologi busana.
Ø  Mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan mengoperasikan alat jahit besar dan kecil.
Sistem menjahit atau Jenis Usaha Menjahit

    Perseorangan

Pembuatan busana dengan pola konstruksi.
Menerima jasa, tidak memproduksi atau tidak dijual dalam jumlah besar.
Teknik penyelesaian sebagian menggunakan tangan dan sebagian menggunakan mesin
a.       Thailor
Terdiri dari semi thailoring, thailoring penuh dan tanpa furing. Peralatan yang digunakan lebih sederhana yaitu dengan tangan dan mesin. Penyelesaiannya lebih banyak menggunakan tangan. Contohnya pembuatan jas.
b.      Modiste
Penyelesaiannya baik tanpa furing maupun semi thailoring. Sebagian besar penyelesaiannya menggunakan mesin.
c.       Butiq atau Adi Busana
Penyelesaiannya dengan thailoring penuh dan semi thailoring. Banyak diselesaikan dengan tangan dan produk yang dijual hanya dalam jumlah terbatas.

    Konveksi atau Sistem Menjahit Cepat

Pembuatan busana dalam jumlah besar atau banyak.
Menggunakan pola standar (S,M,L)
Menggunakan mesin jahit high speed.
a.       Industri Kecil
Home industri merupakan milik perseorangan. Proses penjahitan dan pemotongan sampai finishing atau pengespresan menggunakan mesin.
b.      Industri Besar
Dalam produksi mulai dari desaign sampai pengepakan menggunakan mesin atau komputer.

TEKNIK DASAR MENJAHIT

    PENGERTIAN

Tusuk dasar menjahit adalah tusuk-tusuk yang digunakan untuk menjahit baik dalam proses ataupun penyelesaian yang dikerjakan dengan tangan pada bagian tertentu yang tidak bis diselesaikan dengan mesin jahit.

    Kegunaan

ü  Menyelesaikan jahitan
ü  Memberi tanda
ü  Merapikan jahitan
MACAM-MACAM TUSUK DASAR

    TUSUK JELUJUR

Tusuk jelujur adalah tusuk yang digunakan untuk memberi tanda dan menyelesaikan atau menghubungkan dua helai kain yang bersifat sementara.
Tusuk Jelujur ada dua macam yaitu :

    Tusuk jelujur biasa

Digunakan untuk menjahit bagian lurus, menyambung kampuh dan melepas baju yang belum dijahit.
Cara mengerjakannya waktu mengambil jarak di mulai dari kanan ke kiri, jarak tusukannya sama.

    Tusuk Jelujur Renggang

Tusuk jelujur ini digunakan untuk memberi tanda pada potongan kain yang sudah dipola/dijahit sementara, untuk memindahkan/mengutip tanpa satu garis pada satu kain, sehingga dua helai kain dapat dipisahkan dan garis jelujur diantara kain dapat digunting.
Cara menjahitnya dimulai kiri ke kanan, tusuk pertama kencang, tusuk kedua sedikit direnggangkan pada dua helai kain.

MACAM-MACAM KAMPUH

v  PENGERTIAN KAMPUH
Kampuh adalah sambungan pada busana yang terdiri dari dua bahan yang sama ataupun berbeda, yang digunakan untuk menyambung dua kain dan menggunakan teknik penyelesaian tertentu.

1.      KAMPUH BUKA
Kampuh Buka adalah kampuh yang biasa digunakan untuk menyambung dua tepi kain dan deng n membuka kampuh itu. Biasanya untuk merapikan baju yang sifatnya resmi.
MACAM-MACAM PENYELESAIAN KAMPUH BUKA
a)      Kampuh buka dengan disetik lepas
b)      Kampuh buka dengan diobras
c)      Kampuh buka dengan dirompok
d)     Kampuh buka dengan digunting zig-zag
e)      Kampuh buka dengan ditusuk festoon
f)        Kampuh buka dengan ditusuk balut
a.      Kampuh buka dengan disetik lepas
Yaitu kampuh dengan penyelesaian kampuh buka dengan melipat kampuh dan melipat kebawah bagian tirasnya 0,5 cm, tindas/jahit pinggiran lipatannya. Biasanya digunakan untuk bahan-bahan yang tidak tebal dan mudah bertiras.
b.      Kampuh buka dengan obras
Yaitu kampuh buka yang penyelesaiannya dengan diobras, digunakan untuk merapikan bahan yang bertiras tetapi tidak mudah bertiras.
c.       Kampuh buka dengan dirompok
Yaitu kampuh buka yang penyelesaiannya dengan mengambil kain sorong/bisban dengan lebar 1-2 cm, kemudian dijahit 0,5 cm dan sisanya dilipat ke dalam dan dijahit lagi dari bagian baik sehingga mencapai hasil kampuh 0,5 cm

    Kampuh buka dengan gunting zig-zag

Yaitu kampuh buka yang penyelesaiannya dengan cara digunting dengan gunting bergigi/zig-zag. Biasanya dipergunakan untuk menyelesaikan jahitan bahan yang tebal dan tidak mudah bertiras.

    Kampuh buka dengan ditusuk festoon

Yaitu kampuh buka yang penyelesaiannya dengan cara ditusuk festoon bagian tepinya untuk pengganti obras, biasa digunakan untuk merapikan bagian tepi kain yang mudah bertiras.

    Kampuh buka dengan tusuk balut

Yaitu kampuh buka yang penyelesaiannya dengan cara ditusuk balut bagian tirasnya untuk merapikan/menutup tiras kain yang tidak bisa diselesaikan dengan mesin jahit.
2.      KAMPUH BALIK
2.a Kampuh balik/setik balik biasa
Kampuh balik digunakan pada pakaian anak, kebaya dll yang terbuat dari bahan-bahan tembus terang dan gampang bertiras.
Cara menyelesaikannya : Dua bahan disambung mulai dari baik kemudian dijahit 1 cm dari tirasnya, rapikan hingga kampuh lebarnya menjadi 0,3 cm. Balik bagian buruk keluan dan jahit lagi dengan menyelipkan tirasnya kedalam sebesar 0,5 cm.
2.b. Kampuh balik semu/kampuh balik yang digeser
            Kampuh balik semu digunakan untuk menyambung dua tepi kain yang satu lurus dan yang satu berkerut, dan untuk menyambung dua garis lengkung dan biasa dipakai untuk penyelesaian kerung  lengan kemeja pria dan lengan blus wanita yang berkerut.
Cara mengerjakannya : Jahit dari tepi 0,5 cm dua kali ( atas dan bawah ) garis tepi tadi dengan jarak 0,2 cm, dengan menggunakan jahitan yang renggang kemudian benang jahitan benang tersebut ditarik sehingga membentuk kerutan sesuai dengan panjang ukuran. Kemudian disambung dengan kain yang satunya seperti menjahit kampuh balik tetapi digeser 0,5 cm ke depan dan menjahit terakhirnya ditepi jahitan yang pertama.
3.      KAMPUH TUTUP (COSTIM)
3.a. Kampuh Tutup/Costim dengan di obras
Kampuh tutup yang ditutup tirasnya diselesaikan dengan obras. Digunakan untuk busana anak dan dewasa yang tidak membutuhkan kehalusan atau kerapian, untuk busana santai, dan yang sifatnya medium.
Cara mengerjakannya : satukan dua lembar kain kemudian jahit dengan jarak 2 cm dari tepi kain lalu di obras.    
3.b Kampuh tutup disum
Kampuh tutup yang ditutup tirasnya, diselesaiakan dengan jahit tangan atau di sum,. Digunakan untuk penyelesaian pakaian luar yang tidak dilapisi, terutama pada kerung lengan pada kebaya dan kerung lengan yang memakai kerutan.
Cara pengerjaannya : Dijahit pada bagian yang buruk, tambahan kampuh diselesaikan dengan memasukkan kedua pinggir kampuh ke dalam, dirapikan dengan jahit tangan/disum.


4.      KAMPUH KONVEKSI (KAMPUH PERANCIS)
Kampuh Konveksi/Perancis digunakan untuk menghubungkan dua bagian dengan satu setikan. Kampuh ini dipakai untuk bahan-bahan yang tipis, seperti popelin dll.
Cara pengerjaannya : siapkan dua lembar kain, tiras yang pertama 1 cm dan yang 1,5 atau 2 cm dengan hasil jadi 0,5 cm. Kemudian kain yang bertiras 1 cm dilipatkan ke kain yang bertiras 0,5 cm langsung dijahit atau ditindas.
5.      KAMPUH PIPIH
Kampuh pipih digunakan untuk pakaian bayi, pakaian pria dan pada tempat-tempat yang harus pipih. Tambahan kampuh 1 cm.
Cara pengerjaannya : Sambung pada bagian yang buruk kemudian kampuhnya dirapikan dengan melipat pinggirnya kedalam dan setik satu kali 2 mm pada  tepi.
6.      KAMPUH SARUNG
Kampuh sarung digunakan untuk menyambung bahan yang bermotif kotak-kotak, pakaian yang dipakaikan bolak-balik, dan garis lengkung pada model pakaian.
Cara pengerjaannya : Bahan yang satu diletakkan pada bahan kedua, dibagian yang bagus diatur atau disamakan garis-garis/kotak-kotak, kemudian dilipat pinggirnya dan jahitlah bagian yang buruk dikerjakan dengan cara yang sama, jadi hasil jahit bagian luar sama dengan bagian dalam.   
7.      KAMPUH BUKA DENGAN TUSUK FLANEL
Yaitu kampuh buka dengan penyelesaiannya dengan cara ditusuk flanel bagian tepinya untuk pengganti obras, biasanya digunakan untuk merapukan bagian tepi kain yang mudah bertiras.
8.      KAMPUH BUKA DENGAN DIBAKAR
yaitu kampuh buka yang penyelesaiannya dengan cara dibakar pada tepi kain. Biasanya dipergunakan untuk menyelesaikan jahitan bahan yang terbuat dari bahan sintetis.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  makalah kampuh dan kelim

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Laporan Hasil Penelitian Kerajinan Bahan Keras

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://www.craftbymood.com/keliman-dan-kampuh/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.