Jenis-Jenis Mesin Jahit Dan Fungsinya


Jenis-Jenis Mesin Jahit Dan Fungsinya

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Jenis-Jenis Mesin Jahit Dan Fungsinya


jenis jenis jahitan dan fungsinya – Jenis-Jenis Mesin Jahit Dan Fungsinya. Dulu kita hanya mengenal jenis mesin jahit manual atau mesin jahit tradisional. Akan tetapi sekarang sudah banyak jenis mesin jahit modern, mulai dari mesin jahit listrik hingga mesin jahit komputer. Jenis-jenis mesin jahit yang berkembang sekarang ini tak lain karena kemajuan teknologi yang luar biasa.

Apabila Anda berencana untuk membeli mesin jahit, maka Anda perlu mengetahui jenis-jenis mesin jahit terlebih dahulu. agar Anda bisa mementukan pilihan dengan tepat. Terlebih lagi jika ingin membuka usaha konveksi, Anda wajib mengetahuinya. Sekedar pendapat saja kalau menurut admin menggeluti usaha konveksi memang masih sangat terbuka lebar. Banyak yang berhasil setelah mengembangkan usaha dibidang ini. Mengingat jumlah penduduk Indonesia yang telah mencapai 250 juta jiwa. Secara tidak langsung kebutuhan akan sandang akan semakin melonjak tiap tahunnya.

Namun dizaman yang serba maju ini masih ada tukang jahit yang masih menggunakan jenis mesin jahit tradisional. Salah satu penyebabnya mungkin karenba penjahit tersebut ingin menjaga warisan orang tuanya atau memang tidak mampu untuk membeli mesin jahit modern.

Dilihat dari cara pengoprasiannya, terdapat tiga jenis mesin jahit yaitu:

1. Jenis Mesin Jahit Tradisional
Awalnya mesin jahit ini hanya dapat dimanfaatkan untuk menjahit jahitan rantai. Disatu sisi jahitan rantai memang mudah lepas sehingga kurang bagus untuk menjaga keawtan pakaian. Namun penjahit tidak kehabisan akal, disini mereka membuat jahitan kunci dengan menggunakan dua benang yang sejajar. Akhirnya mesin jahit manual inipun bisa digunakan untuk menjahit jahitan dekoratif dan zigzag. Merk yang terkenal adalah Butterfly dan Singer.
mesin jahit
mesin jahit
mesin jahit singer klasik

2. Jenis Mesin Jahit Listrik
Seperti namanya mesin jahit ini dioperasikan dengan tenaga listrik. Gerakan ritmik jarum yang dihasilkan oleh impulse listrik lalu diimbangi dengan dorongan kain saat dijahit. Tentu saja proktivitas dan efisiensi lebih tinggi jika kita memakai mesin jahit listrik ini. Merk terkenalnya msih didominasi oleh Singer.
singer listrik
singer listrik
mesin jahit singer listrik

3. Jenis Mesin Jahit Komputer
Mesin jahit ini adalah yang paling canggih karena pengoprasiannya sudah menggunakan operasi komputer. Mesin jahit komputer bekerja secara otomatis mengikuti pola yang telah dibuat dengan komputer dan berhenti secara otomatis pula. Mikroprosesor pada komputer lah yang membuat mesin jahit bekerja dengan kemampuan yang paling tinggi. Merk Brother adalah salah satu jenis yang cukup terkenal.
brother mesin jahit

msein jahit brother

brother mesin jahit




 JENIS JENIS MESIN JAHIT

Dalam usaha konveksi sangatlah dibutuhkan mesin jahit dan itu adalah kebutuhan pokok dalam usaha konveksi dan berikut ini adalah beberapa jenis mesin jahit beserta fungsinya:

1. Mesin Obras (Overlock)












mesin jahit ini biasanya untuk finising pinggir tepi kain supaya jahitan tdak mudah terurai senhingga jaitan lebih tahan lama ini contoh hasil obras;













2.Mesin Jahit Single Needle (Jarum 1)

 Mesin jahit single stitch merupakan mesin jahit yang paling umum dipakai. Mesin jahit ini dipakai untuk segala jenis pakaian yang membutuhkan jahitan 1 jarum saja, seperti untuk menjahit kerah kemeja, jahitan dasar, dll. Mesin ini menghasilkan jahitan dengan tipe jeratan kunci (lockstitch). 
beriku ini adalah gambar nya:













dan hasil dari jahitan mesin ini;













3.Mesin Jahit Double Needle (Jarum 2)













Mesin jahit double needle (Jarum 2) ini biasanya diperlukan untuk menjahit kaos , celana atau kemeja berupa jahitan double stittch. Fungsi dari mesin jarum 2 digunakan untuk memperkuat jahitan dan untuk lebih mempercantik tampilan jahitan, karena pola jahitannya yang rapih dan sejajar antara satu jahitan dengan jahitan yang lain.

Jenis mesin jahit jarum 2 ada dua jenis, mesin jarum 2 manual dan mesin jarum 2 otomatis. Yang membedakan keduanya adalah mesin jarum 2 otomatis terdapat fungsi untuk menggunakan satu jarum saja, sedangkan untuk mesin jarum 2 manual tidak.
dan berikut adalah hasil dari mesin dua jarum untuk kaos;
tampak depan:

 
tampak belakang; 
   












4.Mesin jahit rantai ;

Mesin ini biasa digunakan untuk menjahit kaos-kaos distro. Mesin ini menghasilkan jahitan rantai dua baris. Kualitas jahitan yang dihasilkan sangat bagus dan halus. Jahitan dua rantai ini merapikan bagian bahu atas, yang menghubungkan krah dengan lengan kaos.

Selain keempat mesin di atas, ada juga mesin pendukung, seperti mesin jahit lubang kancing untuk membuat lubang kancing pada polo shirt dan mesin jahit pasang kancing yang bisa secara otomatis memasang kancing.

Mesin jahit konveksi kaos memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Hasil jahitan yang dihasilkan pun berfungsi untuk merapikan bagian-bagian tertentu. Untuk itu, pemilihan penggunaan mesin jahit konveksi kaos haruslah memperhatikan kegunaan dan fungsi tersebut. Untuk kualitas yang  maksimal, sebuah konveksi kaos yang bagus biasanya memiliki mesin jahit konveksi kaos yang lengkap.
dan berikui ini contoh nya;













tampak depan

dan yang bawah tampak belakang















Itu lah beberapa ulasan tentang mesin jahit kaos dan kemeja semoga dapat menambah wawasaan tntang mesin jahit.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  jenis jenis jahitan dan fungsinya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  13 Gaun terbuat dari tas plastik yang tidak kalah elegan

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.bisniskonfeksi.com/jenis-jenis-mesin-jahit/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.