Bahan Pelapis Busana: Underlining (Lapisan Bawah)


baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Bahan Pelapis Busana: Underlining (Lapisan Bawah)

Bahan Pelapis Busana: Underlining (Lapisan Bawah)



jelaskan fungsi dari bahan pelapis - Bahan pelapis yang digunakan sebagai salah satu material atau bahan pembuatan pakaian berpengaruh terhadap pembentukan pakaian yang berkualitas. Bahan pelapis dapat didefinisikan sebagai bahan tambahan yang terletak di bawah bahan utama yang berfungsi sebagai pembentuk, penopang kain, menjaga kekuatan kain dari gesekan, lipatan, tekanan, dan tahanan rendaman. Bahan pelapis juga dapat berfungsi sebagai pemberi rasa nyaman saat pemakaian (rasa sejuk, hangat, dan menghindari dari rasa gatal).

Underlining
 Underlining

Setiap bahan lapisan pada busana memiliki fungsi khusus yang mempengaruhi penampilan sebuah pakaian. Salah satunya lapisan bawah atau underlining, merupakan bahan pelapis yang terletak di bagian bawah (bagian buruk) bahan utama pakaian (Garment Fabrics). Bahan pelapis ini juga disebut dengan lapisan pertama. Lapisan bawah berfungsi untuk menguatkan bahan utama pakaian dan keseluruhan desain.

Penempatan Bahan Pelapis Pada Busana

Penempatan Bahan Pelapis Pada Busana
Keterangan gambar :

a. Bahan utama

b. Interlining

c. Interfacing

d. Underlining

e. Lining

Konstruksi bahan pelapis lapisan bawah (underlining) memiliki ciri-ciri bobot yang relatif stabil dan ringan sampai yang sedang, dengan penyempurnaan yang lembut, sedang, dan gemersik (crisp). Contoh bahan underlining yaitu sutra cina, organdi, organza, muslin, batiste, tula, rayon, tricot ringan (untuk rajutan), dan sebagainya.

Bahan Underlining
 Bahan Underlining

Fungsi dari bahan pelapis underlining adalah memperkuat bahan utama busana secara keseluruhan, memperkuat kelim dan bagian-bagian busana, mencegah bahan tipis agar tidak tembus pandang, menjadikan sambungan bagian-bagian pakaian atau kampuh tidak kelihatan dari luar.

Underlining
 Underlining

Penggunaan dan penempatan bahan pelapis underlining dipasang pada bagian-bagian tertentu pada busana, misalnya bahan organdi atau organza dapat digunakan sebagai bahan penegak kerah. Underlining digunakan untuk menyelesaikan lapisan menurut bentuk dan belahan tengah muka. Underlining dapat dipasang di seluruh bagian busana.

Underlining
 Underlining

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  jelaskan fungsi dari bahan pelapis

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Apakah fungsi bahan pelengkap pada pembuatan produk kerajinan tekstil  

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/bahan-pelapis-busana-underlining-lapisan-bawah/
Info Kursus Menarik

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.