, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

7 macam rok pias

 7 macam rok pias

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 7 macam rok pias
 cara menjahit rok panjang pias 6 - Pembahasan tentang rok dan cara membuat pola-nya sebenarnya sudah pernah dibahas di blog ini. Dan bahasan kali ini adalah tentang 7 macam rok pias, untuk lebih mengenal lagi macam rok yang ada dan belajar mempraktekkannya.

Artikel kali ini mengusung bahasan tentang rok pias, dimana rok ini memiliki banyak macam dan variasi model berdasarkan dengan jumlah pias-nya.

Tanpa panjang lebar lagi, ayo simak cara membuat pola dan menyiapkan 7 macam rok pias pada kain sebelum dipotong.

Untuk contoh ukuran akan kita pakai ukuran di bawah ini.
Ukuran :

    Lingkar pinggang 68 cm.
    Lingkar pinggul 92 cm.
    Tinggi pinggul 18 cm.
    Panjang rok muka 60 cm.

Yang belum paham dengan cara pengambilan ukuran untuk rok , silahkan baca artikel Teori dan Pola Rok.

1. Rok Pias Dua.
Digambar sekaligus dengan cara meletakkan pola pada kain tekstil. Pada gambar lebar kain 90 cm, dilipat dua menjadi 45 cm.


2. Rok Pias Tiga.
Menyiapkan pola seperti rok pias dua. Meletakkan pola bagian muka sama dengan rok pias dua. Meletakkan pola belakang, tengah belakang pada tepi kain. Semua garis sisi rok diluruskan untuk memudahkan menjahitnya, tetapi beberapa centimeter yang hilang pada panggul karena meluruskan garis sisi ini harus terganti dengan tambahan yang terjadi, pada pinggul disebabkan oleh pengembangan bawah rok.



3. Rok Pias Empat.
Rok muka dan belakang disiapkan seperti rok pias dua. Meletakkan pola pada kain : lebar kain dibuka dan tengah tiap pola harus jatuh pada lurus benang panjang, supaya jatuhnya kembang baik.



4. Rok Pias Lima.
Pola rok muka disiapkan seperti rok pias enam , begitu pun cara meletakkan pola pada kain. Pola rok belakang disiapkan seperti rok pias empat, dan meletakkan pada kain pun sama, tengah pias harus lurus benang.



5. Rok Pias Enam.
Tarik garis sejajar Tengah Muka (T.M) dengan jarak seperti tempat lipit kup pada badan. Beri tanda lingkaran kecil pada garis ini sebelum pola digunting menjadi dua. Tiap bagian dikembangkan.



6. Rok Pias tujuh
Pola digunting seperti rok pias enam, hanya meletakkan pola pada kaindari rok bagian belakang lain dari rok pias enam. Tengah belakang diletakkan pada tepi kain.



7. Rok Pias Delapan.
Pola rok muka dan belakang dibagi dua, pinggang dan bawah rok dibagi dua. Setelah garis pembagian diberi tanda, kemudian gunting. Tiap bagian digunting dua lagi untuk mengembangkan bawah rok. Tengah-tengah tiap pias harus jatuh lurus pada benang panjang.






Seperti tampak pada contoh lebar kain dibuka dan keperluan panjang kain dilipat dua dari atas ke bawah. Rok pias lebih dari delapan, disebut rok pias banyak digunting seperti rok pias delapan, hanya pola digambar dengan satu macam pola (satu pias) yang diulang menurut banyaknya pias. Misalnya, pinggang 1/16 lingkar pinggang, pada pinggul 1/16 lebar pinggul.

Itu tadi adalah penjelasan singkat disertai gambar tentang 7 macam rok pias yang bisa kita pakai sebagai bahan praktek menjahit.





 ROK PIAS/Rok Belah 4


Rok pias adalah rok yang pas di bagian pinggul dan melebar pada bagian bawahnya dan terdiri dari beberapa bagian. Rok pias kali ini yang My hobbi muat adalah pias 4. Bagaimana cara membuatnya silahkan sista ikuti langkah di bawah ini.




Langkah :
  1. Pola depan,  Hitung lingkar Hip(panggul)/4 + 1, setelah itu buat kotak dengan lebar Lingkar hip/4 + 1 dan panjang adalah panjang rok.
  2. Bagi kotak menjadi dua bagian sama besar memanjang dan tarik garis ke bawah tinggi pinggul.
  3. Hitung Lingkar pinggang/4 + 1
  4. Pada garis pinggang beri tanda LP/4 +1, sisanya di bagi 4 sama besar.
  5. Bentuk sisi masing-masing dengan jarak satu seperti hasil hitungan no.4
  6. Selanjutnya lihat gambar untuk membentuk bagian pinggang
  7. Pada bagian yang mekar, tarik garis miring dengan lebar 9. Beri tanda pada 20 cm ukur 3 cm , lalu bentuk sisi lengkung, juga  bagian bawahnya. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah
  8. Lakukan yang sama untuk pola belakang hanya untuk hitungan nya dikurang 1.

Hasil pola setelah di bentuk. Pola di jiplak masing-masing dan di dapat 2 bagian pola depan dan 2 bagian pola belakang. Selamat mencoba...!!























Hasil pola yang di jiplak.






 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara menjahit rok panjang pias 6

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Tips pecah pola dress / rok pias

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.belajarbusana.com/2016/10/7-macam-rok-pias.html

0 komentar:

Post a Comment