6 Langkah Mengoperasikan Mesin Obras


6 Langkah Mengoperasikan Mesin Obras

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 6 Langkah Mengoperasikan Mesin Obras

cara menggunakan memakai mesin obras - Mesin obras merupakan mesin berkecepatan tinggi yang berfungsi untuk merapihkan tepi busana dengan cara mengobras (overlock) dalam satu operasi. Mesin ini mempunyai pisau bagian bawah yang diam, dan pisau atas yang bergerak. Ketika mesin dalam keadaan bergerak kedua pisau ini bekerja layaknya gunting yang memotong pinggiran kain sehingga menghasilkan sisi kain yang rapi dan bersih. Selain itu mesin overlock ini juga dapat dimanipulasi menjadi kombinasi safetystitch/obras (overlock) yang menghasilkan jahitan rantai, hiasan sekaligus jahitan obras dalam satu kali kerja.


Memasang Jarum Obras

Cara pemasangan jarum mesin obras yang berbentuk bulat pada bagian atasnya hampir sama dengan cara memasang jarum mesin jahit biasa. Yaitu dengan melonggarkan sekrup tiang jarum, kemudian memasukkan jarum sampai keatas dengan bantuan penjepit (tang). Hal yang harus diperhatikan adalah posisikan jarum dengan bagian cembung berada dibagian belakang. Setelah jarum terpasang dengan benar selanjutnya pasang kembali skrup penguat jarum dan kencangkan.


Memasang Benang Mesin Obras

Untuk mengganti benang pada overlock machine, maka benang dicabut dari jarum kemudian diganti dengan warna yang diinginkan. Longgarkan bagian tension agar benang dapat lepas tanpa hambatan. Pastikan bahwa benang telah aman dan mempunyai simpul-simpul yang cukup kecil sehingga dapat melewati looper. Pada mesin obras benang tiga, benang yang akan digunakan juga berjumlah tiga. Benang pertama terletak dibagian bawah depan mesin obras, benang kedua merupakan benang atas yang dimasukkan pada jarum atas, sedangkan benang ketiga terletak di bagian samping kiri mesin.


Mengatur Tegangan Benang

Jika hasil obrasan kurang rapi atau kurang bagus maka bagian tegangan benangnya harus diubah. Untuk melonggarkan benang bagian tegangan benang harus diputar kearah kiri sedangkan untuk mengencangkan benang tegangan benang harus diputar kerarah berlawanan yaitu ke kanan. Namun jika hasil obrasan benang bagian depan terlalu pendek, maka tegangan benang pada bagian depan harus dilonggarkan dengan cara memutarnya kearah kiri.

Mengganti Pisau Mesin Obras

Seperti halnya gunting tajam yang berfungsi untuk memotong kain, pisau yang terdapat pada mesin obras juga harus tajam. Penggantian pisau mesin obras yang sudah tumpul merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merawat mesin obras supaya bekerja dengan baik dan menghasilkan jahitan yang optimal.


Mengobras Kain

Selanjutnya letakkan bahan yang akan diobras dengan cara memasukan pinggiran bahan melalui bawah sepatu obras sampai kira-kira pinggiran kain bisa terpotong sedikit oleh pisau yang terdapat pada mesin obras. Injak bagian pedalnya dengan perlahan, gunakan tangan kiri untuk memegang kain yang belum diobras dan tangan kanan memegang kain yang telah diobras.


Membersihkan Mesin Obras

Bila kegiatan mengobras sudah selesai selanjutnya sisa hasil obrasan dibagian pinggir bahan dipotong. Cabut kabel dynamo dan segera bersihkan sisa-sisa benang atau potongan kain menggunakan kuas kecil atau vacuum cleaner untuk menyedot sisa-sisa kain yang masuk kedalam sela-sela meja mesin jahit kemudian minyaki mesin dengan minyak mesin obras lalu letakkan kain perca dibawah sepatu mesin obras.


Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian




Cara Menggunakan Mesin Obras Pemula


Mesin obras ialah mesin berkecepatan tinggi yg berfungsi buat merapihkan pinggir busana secara mengobras (overlock) dalam satu operasi.
Menggunakan Mesin Jahit Obras

Mesin obras ialah mesin berkecepatan tinggi yg berfungsi buat merapihkan pinggir busana secara mengobras (overlock) dalam satu operasi. Mesin ini memiliki pisau bidang bawah yg
diam, & pisau atas yg bergerak. Kala mesin dalam keadaan bergerak ke-2 pisau ini bekerja layaknya gunting yg memotong pinggiran kain maka membuahkan sudut kain yg rapi & bersih. Terkecuali itu mesin overlock ini bisa pula dimanipulasi jadi kombinasi safetystitch/obras (overlock) yg membuahkan jahitan rantai, hiasan sekaligus jahitan obras dalam satu kali kerja.

Memasang Jarum Obras

Kiat pemasangan jarum mesin obras yg berbentuk bulat terhadap bidang atasnya nyaris sama secara memasang jarum mesin jahit biasa. Merupakan dgn melonggarkan sekrup tiang jarum, seterusnya memasukkan jarum hingga keatas bersama pertolongan penjepit (tang). Elemen yg mesti diperhatikan yakni posisikan jarum dgn bidang cembung berada dibagian belakang. Sesudah jarum terpasang dgn benar kemudian pasang kembali skrup penguat jarum serta kencangkan.

Memasang Benang Mesin Obras

Buat ubah benang kepada overlock machine, sehingga benang dicabut dari jarum selanjutnya ditukar dgn warna yg diharapkan. Longgarkan bidang tension biar benang bakal lepas tidak dengan gangguan. Pastikan bahwa benang sudah aman & memiliki simpul-simpul yg pass mungil maka mampu melintasi looper. Terhadap mesin obras benang tiga, benang yg dapat difungsikan pun berjumlah tiga. Benang mula-mula terletak dibagian bawah depan mesin obras, benang ke-2 ialah benang atas yg dimasukkan kepada jarum atas, sedangkan benang ke-3 terletak di bidang samping kiri mesin.

Mengatur Tegangan Benang

Bila hasil obrasan kurang rapi atau kurang bagus sehingga sektor tegangan benangnya mesti diubah. Utk melonggarkan benang sektor tegangan benang mesti diputar kearah kiri sedangkan buat mengencangkan benang tegangan benang mesti diputar kerarah berlawanan adalah ke kanan. Tapi jikalau hasil obrasan benang bidang depan terlampaui pendek, sehingga tegangan benang terhadap bidang depan mesti dilonggarkan bersama trik memutarnya kearah kiri.

Pindai Pisau Mesin Obras

Sama Seperti halnya gunting tajam yg berfungsi buat memotong kain, pisau yg terdapat kepada mesin obras pula mesti tajam. Penggantian pisau mesin obras yg udah tumpul ialah salah satu kiat yg mampu dilakukan utk merawat mesin obras agar bekerja bersama baik & membuahkan jahitan yg optimal.

Mengobras Kain

Seterusnya letakkan bahan yg bakal diobras secara memasukan pinggiran bahan lewat bawah sepatu obras hingga kira-kira pinggiran kain dapat terpotong sedikit oleh pisau yg terdapat terhadap mesin obras. Injak bidang pedalnya dgn perlahan, pakai tangan kiri utk memegang kain yg belum diobras & tangan kanan memegang kain yg sudah diobras.


Jikalau aktivitas mengobras telah selesai setelah itu sisa hasil obrasan dibagian tepi bahan dipotong. Cabut kabel dynamo & serentak bersihkan sisa-sisa benang atau potongan kain memakai kuas mungil atau vacuum cleaner utk menyedot sisa-sisa kain yg masuk kedalam sela-sela meja mesin jahit seterusnya minyaki mesin bersama minyak mesin obras dulu letakkan kain perca di bawah sepatu mesin obras.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara menggunakan memakai mesin obras

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang tips menjahit untuk pemula tanpa kursus

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://konveksi-depok-fristian.blogspot.co.id/2014/12/cara-menggunakan-mesin-obras-pemula.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.