cara memotong gamis payung, klok atau gamis flare

cara memotong gamis payung, klok atau gamis flare

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
cara memotong gamis payung, klok atau gamis flare

cara memotong kain serong - Baju gamis dengan model melebar ke bawah termasuk populer tahun-tahun belakangan ini, gamis jenis ini biasanya terbuat dari bahan kaos, ada juga yang dari bahan katun. bagian bawah gamis ini sangat lebar karena potongan pola setengah sampai satu lingkaran penuh.
gamis model seperti ini dijual dengan harga yang lumayan mahal, karena menyesuaikan dengan kebutuhan bahan untuk membuatnya. apalagi kalau mendekati lebaran, pasti banyak yang membeli gamis seperti ini, saya sendiri banyak menerima orderan dari pelanggan untuk memotong atau mengecilkan ukurannya.

baju gamis yang melebar di bagian bawahnya ini akan memberikan kesan anggun bagi pemakainya sementara kekurangan dari gamis ini adalah karena berbentuk payung maka menjadikannya lebih berat jika di bandingkan dengan baju yang lainnya.


kemudian kekurangan lain dari gamis model payung yang di buat secara masal seperti di konveksi atau garmen adalah dari ukuran, dan panjangnya, kadang kebesaran kadang kekecilan, disinilah seorang pembeli di tuntut agar bisa membeli yang sesuai ukuran badannya.

biasanya untuk ukuran badan kebanyakan pas, tapi kalau dari panjang gamis, banyak yang tidak pas alias kepanjangan, atau yang kependekan tapi jarang terjadi, ada juga yang ukuran panjang depannya pas tapi bagian kiri dan kanannya kepanjangan, ini karena pola potongannya tidak terlalu simetris membentuk lingkaran, bisa juga karena model baju tersebut menggunakan karet hanya sebelah, seperti di depan atau di belakang saja. contohnya seperti gambar berikut ini, dia memakai karet di belakangnya




nah biasanya jika gamis model begini jika kita di pakai dia akan lebih pendek sebelah, karena ke tarik oleh karet. contohnya seperti gambar berikut, padahal jika karetnya di buang, ukurannya akan kembali menjadi sama antara depan dan belakang.

 


lalu bagaimanakah cara untuk memotong gamis dengan model payung seperti ini, berikut ini tutorialnya berdasarkan pengalaman saya menjahit, yang pertama kita harus menggantung gamis ini menggunakan gantungan dari plastik atau kayu, jangan menggunakan gantungan baju yang dari besi kecil karena mudah bengkok tidak kuat menahan beban baju. dalam tutorial ini kebetulan saya mendapatkan gamis yang tidak ada tangannya.




selanjutnya taruh ujung meteran di pundak baju pada posisi paling atas,  biasanya di ujung leher baju



ukur sampai posisi yang sesuai dengan ukuran yang di inginkan selanjutnya tandai dengan kapur jahit, jika di rasa sulit terlihat karena banyaknya corak atau gambar pada baju, maka gunakan jarum pentul.




berikan juga beberapa jarum pentul pada posisi yang lainnya sejajar dengan jarum pentul tanda ukuran tadi kemudian gunting dengan memberikan lebihan sebesar kurang lebih 5 cm untuk keliman.
 



setelah itu jahit sekelilingnya sesuai dengan ukuran yang di kehendaki




jika sudah selesai cobalah gantung kembali dan lihat hasilnya sudah sama rata apa belum jika belum maka harus di betulkan kembali. jika sudah sama rata maka tinggal di lipat atau langsung di gunakan.



gamis berukuran terlalu lebar biasanya akan terasa berat saat di gunakan, dan agak berbahaya jika mengenakannya saat berboncengan naik motor karena berpotensi kain gamis bagian bawah masuk kedalam rantai sepeda motor. karena itu banyak juga pelanggan jahit saya yang meminta untuk mengecilkan ukuran gamis payung ini agar tidak terlalu lebar.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara memotong kain serong

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Memasang Benang Atas Mesin Jahit Singer 
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://penjahitgoblog.blogspot.co.id/2016/05/cara-memotong-gamis-payung-klok.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.