, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

langkah-langkah membuat gamis

 langkah-langkah membuat gamis

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 langkah-langkah membuat gamis

cara membuat gamis - Membuat Gamis
Model gamis yang dibuat sekarang ini sederhana hanya menggunakan dua macam bahan polos dan corak bunga, tetapi perpaduan ini menghasilkan model yang cantik.
Saya menggunakan bahan non katun dan sifatnya 'jatuh', tidak mudah kusut dan awet warnanya. Keperluan bahan untuk gamis ini pastinya lebih banyak ketimbang untuk tunik atau baju lainnya yang pendek asalkan modelnya sederhana, sesuaikan dengan ukuran dan tinggi badan. Dalam proyek ini saya menggunakan 2 meter bahan bercorak bunga dan 1 meter bahan polos lebar bahan masing-masing 115 cm, juga siapkan risleting untuk bukaan belakang panjangnya 25 cm. Bahan polos dialokasikan untuk badan bagian atas dan lengan sedangkan bahan corak bunga untuk bagian bawahnya.
Pertama gunting bahan-bahan sesuai pola lalu anda boleh mengobras pinggirannya terlebih dahulu atau nanti saat pengerjaan dan berikutnya adalah menjahit.....yuk! mari! kamon! lihat tutornya!


Ambil bahan polos badan atas bagian belakang (kiri dan kanan), tumpukkan keduanya lalu jahit tengah belakangnya.


Siapkan bahan coraknya untuk badan bawah


Pasang risleting pada bukaan belakang yang tadi dijahit, untuk lihat cara membuatnya klik saja di sini


Badan atas dan badan bawah digabung lalu dijahit


Ambil pula bahan polos untuk badan depan atas dan bahan corak badan bawah, terlihat di gambar bahan corak lebih lebar dari badan atasnya, kelebihan ini dimaksudkan untuk rempel (lipatan).


Dengan bantuan jarum pentul kelebihan bahan tersebut dibuat lipatan-lipatan kecil (saya buat 2 lipatan kanan dan kiri) sehingga berjumlah 4 buah (hanya bagian depan saja)


Untuk lebih jelasnya seperti ini


Badan atas dan bawah digabung lalu dijahit


Bila sudah selesai keduanya, kini saatnya menggabungkan badan depan dan belakang, caranya tumpukkan dan jahit dahulu bahu-bahunya lalu kemudian sisi-sisi badannya, bila selesai sisihkan dahulu.
Selanjutnya tahap mengerjakan lengan....
Model yang dibuat menggunakan aksen rempel di bagian pergelangannya, gunakan bahan corak untuk bagian ini (bahan lengannya polos)


Potong bahan bercorak kira-kira panjangnya1.75 dari lingkar lubang lengan bawah baju dan lebarnya 7 cm.


Lipat dua lalu pipihkan dengan setrikaan


Jahit kira-kira 1 cm dari tiras


Lalu buat lipatan-lipatan seperti di atas secara langsung dengan mesin jahit (bila sudah mahir) atau untuk memudahkan pengerjaan semat tiap lipatan dengan jarum pentul lalu dijelujur, setelah itu lepas jarumnya baru dijahit


Sesuaikan panjang rempel dengan lubang lengan (pola lengan dibuka) dan apabila rempelnya kepanjangan boleh dipotong


Pasang dan letakkan rempel di atas lubang bawah lengah semat dengan jarum


Jahit keduanya


Lalu jahit 'tindas' di atas sambungan seperti ini


Kampuh lengan dijahit, balikkan, hasilnya seperti ini



Pasang lengan pada badan


Hasilnya seperti ini


Buatkan pula untuk lubang leher, seperti biasanya saya selalu menggunakan kain serong untuk model kerah gamis yang saya pakai, lebarnya 4 cm dan panjangnya sesuaikan dengan lingkar leher bajunya (bukan ukuran leher asli). Cara buatnya? ada di sini nih!

Dan terkhir, buat keliman bagian bawah baju caranya dijahit atau di'som' (jahit tangan), kalau saran saya gunakan jahitan mesin untuk bagian ini bila bajunya gamis (longdress) karena akan mudah terinjak oleh alas kaki kita sehingga jahitannya tidak mudah putus.
Selesai sudah pengerjaan gamis ini! sebelum dipakai press dahulu dengan setrikaan (disetrika menggunakan air) lalu cuci dan....ola...la...siap bergaya!



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat gamis

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Gambar Dan Nama Pakaian Adat Tradisional Dari 33 Provinsi di Indonesia

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://lindawulandari3ak1.blogspot.co.id/2013/11/langkah-langkah-membuat-gamis.html

0 komentar:

Post a Comment