Kreasi Kain Flannel dan Sulaman


Kreasi Kain Flannel dan Sulaman

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Kreasi Kain Flannel dan Sulaman

buat kerajinan tangan nenyulam - Penggabungan berbagai kerajinan tangan dapat diartikan sebagai kreasi. Tidak seperti biasanya kreasi menggabungkan kain flannel dan sulaman juga dapat dilakukan. Namun ada baiknya kita mengetahui lebih jelas mengenai kain flannel dan sulaman terlebih dahulu.

Kain Flanel adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis. Proses inilah yang membuat karakteristik flanel menjadi berbeda dengan kain lainnya. Kalau di Indonesia banyak yang menyebutnya dengan kain Flanel, sedangkan di luar negeri disebut dengan FELT atau kain Flannel.

Saat ini kain flanel menjadi salah satu kain yang sangat digemari oleh para wanita khususnya, mulai anak kecil, remaja, dewasa, bahkan ibu-ibu. Tapi tidak dipungkiri bahwa pria juga tidak sedikit yang menggemari kain ini. Karena kain flanel mudah dikreasikan menjadi barang-barang atau kreasi yang UNIK, LUCU & Menyenangkan. Kain Flanel juga bisa di kombinasikan dengan bahan lainnya.

Sedangkan dalam pengertian sulaman, sulaman merupakan kegiatan memberikan hiasan diatas kain, kulit, dan kertas . Menyulam dapat dikerjakan dengan mesin ataupun tangan. Biasanya sulam diterapkan pada bagian – bagian tertentu, seperti pinggiran, sambungan, dan sudut – sudut yang dianggap perlu.

Dari kamus bahasa sunda sendiri pengertian dari  Menyulam adalah sebuah karya seni yg dibuat oleh tangan manusia. Menyulam juga sudah dikenal baik didalam negeri maupun diluar negeri. Contohnya negara jepang. Menyulam juga mampunyai beberapa teknik yaitu, teknik jelujur,teknik rantai,teknik tangkai,teknik silang, dsb. Menyulam juga mempunyai bentuk seperti daun,bunga,tangkai dan lain lain .Untuk membuat sulaman kita memerlukan bahan yaitu,jarum sulam,benang sulam,gunting,kain strimin/ kain. Cara membuat : pertama masukan benang kedalam jarum,buat pola,jahit dengan berbagai teknik dengan teliti dan rapih.
PhotoGrid_1448086113453
Langkah-langkah mengkreasikan kain flannel dengan sulaman :
  1. Pastikan Anda sudah mengerti langkah-langkah dalam sulam-menyulam.
  2. Pastikan bahwa semua kebutuhan Anda untuk mengerjakan suatu karya sudah terpenuhi semua, seperti jarum sulam, gunting, benang, kain flannel, wadah sulaman dan sebagainya.
  3. Ciptakan suatu ide. Apakah karya kita itu untuk kado buat sahabat kita atau pacar atau keluarga. Jika untuk ulangtahun bisa dibuat kata-kata “HBD” atau Happy Birthday seperti yang tertera pada gambar diatas.
  4. Jika Anda kurang ahli dalam feeling ,Anda dapat membeli buku panduan sulam-menyulam ditoko tekstil yang dapat membantu Anda dalam mengerjakan karya tersebut.
  5. Mulailah mengerjakan sulaman dengan pola yang Anda ketahui dengan sabar dan teliti.
  6. Ukurlah kain flannel yang akan Anda gunakan. Gunting sesuai dengan ukuran sulaman Anda atau jika Anda ingin menjadikannya dalam bingkai, Anda dapat menggunting sesuai ukuran bingkai foto Anda.
  7. Satukan kain dan sulaman sesuai ukuran bingkai foto dan pajangkan.
Adapun manfaat dan kelebihan dari kerajinan tangan ini adalah :
  1. Merupakan suatu kerajinan tangan yang unik dimana kita dapat mengkreasikan suatu karya sesuai keinginan kita. Kita dapat membuat karya kita untuk tujuan kado ulangtahun teman, sahabat, pacar, atau hiasan kamar/rumah kita sendiri.Kita juga dapat mengkreasikannya sebagai gantungan kunci, atau dipajang dalam bingkai foto. Dan lebih menyenangkannya, kerajinan tangan ini dapat dikreasikan juga khusus untuk kekasih kita atau sesuatu yang kita dambakan seperti Paris yaitu gambar Paris dan sebagainya dengan paduan warna yang menarik.
  2. Tidak mengeluarkan banyak biaya. Dengan biaya yang sedikit kita dapat menghasilkan suatu karya yang dapat kita banggakan, dan dapat berpeluang bisnis jika kita ingin mengembangkannya dalam dunia bisnis.
Namun bukan berarti dalam mengerjakan suatu kerajinan tangan dari kain flannel dan sulaman ini tidak mempunyai kelemahan. Adapun kelemahan dalam kerajinan tangan ini adalah Prosesnya yang lama dan butuh kesabaran serta ketelitian. Namun ini tentu bukanlah suatu kelemahan bagi seseorang yang mempunyai bakat dalam hal seni dan kerajinan tangan
Aneka Kreasi Sulaman


Sulaman merupakan kegiatan memberikan hiasan diatas kain, kulit, dan kertas . Menyulam dapat dikerjakan dengan mesin ataupun tangan. Piasanya sulam diterapkan pada bagian – bagian tertentu, seperti pinggiran, sambungan, dan sudut – sudut yang dianggap perlu.

Dari kamus bahasa sunda sendiri pengertian dari  Menyulam adalah sebuah karya seni yg dibuat oleh tangan manusia. Menyulam juga sudah dikenal baik didalam negeri maupun diluar negeri. Contohnya negara jepang. Menyulam juga mampunyai beberapa teknik yaitu, teknik jelujur,teknik rantai,teknik tangkai,teknik silang, dsb. Menyulam juga mempunyai bentuk seperti daun,bunga,tangkai dan lain lain .Untuk membuat sulaman kita memerlukan bahan yaitu,jarum sulam,benang sulam,gunting,kain strimin/ kain. Cara membuat : pertama masukan benang kedalam jarum,buat pola,jahit dengan berbagai teknik dengan teliti dan rapih.

MACAM-MACAM SULAMAN 
Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk menghias kain polos maupun kain bercorak adalah dengan teknik sulaman. Jenis sulaman yang dapat digunakan untuk menghias busana sendiri memiliki beragam variasi mulai dari sulaman yang dibuat dengan tangan sampai jenis sulaman yang dihasilkan mengunakan bantuan mesin. Pengunaan mesin sulam komputer yang dijalankan oleh satu operator mampu menghasilkan jumlah sulaman yang lebih banyak dalam waktu yang relatif lebih singkat. Namun sampai saat ini jenis sulaman yang dikerjakan dengan tangan lebih dihargai dengan harga yang relatif tinggi.
  • Sulaman Fantasi
Gambar Sulaman Fantasi
Sulaman Fantasi adalah sulaman yang menerapkan bermacam-macam tusuk hias dengan aneka warna benang. Motif hias yang akan dibuat dikerjakan dengan bermacam-macam tusuk hias paling sedikit tiga macam tusuk hias. Pemakaian tusuk hias harus sesuai dengan bentuk ragam hias. Motif hias dapat berbentuk bunga, pemandangan atau geometris. Biasanya sulaman fantasi ini dikerjakan pada kain polos misalnya : kain tetoron, poplin, berkolin, mori, harmonis dan kontras, sehingga sulaman atau hiasan terlihat lebih menonjol, menarik dan rapi.
  • Sulaman Perancis
Gambar Sulaman Prancis
Sulaman Perancis merupakan sulaman yang timbul (relief) karena motif-motif diisi dengan tusuk rantai sebagai pengisi atau penebal. Tepi motif dijelujur halus dua kali penyelesaian motif dengan tusuk pipih. Untuk membuat garis yang merupakan tangkai daun digunakan tusuk jelujur yang diselesaikan dengan tusuk balut. Sulaman ini banyak dipergunakan untuk monogram ataupun simbol-simbol, selain itu juga dapat diterapkan pada blus, kemeja maupun pakaian anak-anak.
  • Sulaman Bayangan
Gambar Sulaman Bayang
Disebut sulaman bayangan karena yang berfungsi sebagai hiasan adalah bayangannya saja, karena bayangannya yang kita manfaatkan maka kain yang kita gunakan adalah kain yang tembus terang seperti paris dan sifon. Motif-motifnya tidak boleh terlalu besar, kalau terlalu lebar supaya dibagi untuk memperoleh hasil yang baik
  • Sulaman Richeulieu
Sulaman Richeulieu disebut juga dengan sulaman terbuka karena efeknya terbuka (seperti renda). Motif dari sulaman ini berlubang-lubang. Lubang tersebut diberi beberapa rentangan benang yang difeston (brides). Dengan demikian lubang- lubang pada sulaman Richeulieu harus lebar (lebih besar dari pada sulaman inggris). Diluar lubang masih ada garis motif yang mengelilinginya yang harus diselesaikan dengan tusuk feston yang kaki festonnya menghadap kedalam sedangkan bagian lubang kakinya menghadap keluar. Sulaman Richeulieu ini dapat digunakan untuk menghiasi berbagai macam pakaian atau lenan rumah tangga.
  • Sulaman Inggris
Sulaman Inggris dikenal pada bentuk motif hias yang terdiri dari lubang-lubang bundar, lonjong atau berbentuk tetes air yang diselesaikan dengan tusuk feston atau tusuk cordon, dirangkai dengan tusuk pipih dan tusuk tangkai. Tepi sulaman diberi pinggiran yang berbentuk lengkungan yang disebut bentuk ringgitan. Untuk membuat lubang, digunakan alat pelubang yang disebut priem. Untuk membuat lubang yang besar dan bentuk yang lonjong, keliling lubang dijelujur dua kali kemudian lubang dibuat dengan menggunakan gunting kecil.
  • Merubah Corak
Gambar Merubah Corak
Teknik menyulam dengan merubah corak kain dapat diterapkan pada kain bermotif kotak-kotak, kain bergaris, maupun kain bermotif bintik-bintik. Jenis tusuk hias yang dapat digunakan diantaranya berupa tusuk jelujur, tusuk silang, tusuk rantai terbuka, dan tusuk biku. Untuk mendapatkan hiasan variasi yang indah dapat ditambahkan jahitan menggunakan benang pada jarak tertentu yang berwarna sama atau menyerupai warna corak kain yang dihias.
  • Sulaman Hongkong
Gambar Sulaman Hongkong
Sulaman hongkong merupakan jenis sulaman yang dijahit bolak-balik dengan variasi tusuk pipih menggunakan kombinasi warna bertingkat pada seluruh permukaan motifnya. Ragam hias yang digunakan untuk sulaman hongkong diantaranya berupa ragam hias naturalis atau ragam dekoratif berupa tumbuhan maupun hewan. Penerapan warna bertingkat dapat diperoleh dari campuran warna hitam dan putih (value), campuran warna lain dengan warna hitam (shade), serta campuran warna lain dengan warna putih (tint).
  • Sulaman Terawang
Gambar Melekatkan Benang
Sulaman terawang merupakan jenis sulaman dengan ragam hias geometris berbentuk empat persegi berlubang yang dihiasi dengan trens atau rentangan benang dan dapat juga dihias dengan teknik sisipan. Dengan menarik satu helai benang atau lebih dari tenunan, maka akan terdapat benang lepas, benang yang lepas itulah yang kemudian diikat dengan tusuk terawang sehingga terdapat hiasan terawang. Sulaman terawang sendiri terdiri atas berbagai variasi mulai dari terawang hardanger, terawang inggris, terawang richeliu, terawang putih, terawang fillet, sampai terawang persia. Jenis sulaman ini diperoleh dari benang sulam kasar yang ditempelkan pada permukaan kain dengan mengunakan tusuk hias. Ragam hias yang digunakan pada sulaman melekatkan benang yaitu berupa ragam hias geometris berbentuk garis-garis lengkung. Untuk mendapatkan desain yang seimbang dapat digunakan benang berwarna tunggal atau berwarna kontras dengan kain yang akan dihias.
  • Sulaman dengan menggunakan Tusuk Silang:
Gambar Sulaman Kristik
Teknik tusuk silang dikenal pada sulaman dengan cara mengisi kotak tenunan dengan tusuk silang. Sulaman tusuk silang harus dikerjakan pada kain yang jelas tenunannya, dimana tenunan itu membentuk kotak-kotak kecil seperti pada kain striminANEKA KREASI KAIN FLANNEL
   

Kain Flanel adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis. Proses inilah yang membuat karakteristik flanel menjadi berbeda dengan kain lainnya. Kalau di Indonesia banyak yang menyebutnya dengan kain Flanel, sedangkan di luar negeri disebut dengan FELT atau kain Flannel.

Saat ini kain flanel menjadi salah satu kain yang sangat digemari oleh para wanita khususnya, mulai anak kecil, remaja, dewasa, bahkan ibu-ibu. Tapi tidak dipungkiri bahwa pria juga tidak sedikit yang menggemari kain ini. Karena kain flanel mudah dikreasikan menjadi barang-barang atau kreasi yang UNIK, LUCU & Menyenangkan. Kain Flanel juga bisa di kombinasikan dengan bahan lainnya.

Nah sekarang sudah tau kan apa itu kain flanel? Dalam hati pasti ada yang tanya “Lalu jenis kain flanel yang mana yang cocok untuk membuat kreasi kain flanel?” jenis kain flanel atau kain felt yang cocok untuk membuat kerajinan adalah kain flanel yang berwarna polos dengan ketebalan sekitar 0,2 mm. mengapa memilih yang ketebalan HANYA 0,2 mm? Sebab dengan ketebalan 0,2 mm membuat kain flanel lebih mudah digunting dan di bentuk sesuai pola, sesuai tema dan keinginan. Kreasi Kain Flanel

Berikut berbagai macam bentuk aneka kreasi dari kain flannel :
  1. Bunga dari Kain Flanel
Bunga hias dari kain flanel paling banyak diminati masyarakat. Beberapa pengrajin juga ada yang menjual hasil karyanya secara online. Selain dari tekturnya yang lembut serta warnanya yang lengkap, bunga dari kain flanel memang terlihat cantik. Pantaslah kalau bentuk kerajinan tangan yang satu ini menjadi salah satu favorit peminatnya.
  1. Donat Imitasi
Mungkin di antara para pembaca yang baru pertama kali melihat gambar ini akan mengira kalau gambar di atas adalah gambar donat asli. Memang dari penampakannya sangat mirip sekali dengan donat asli. Mungkin dari warnanya yang 90% mirip dengan warna donat pada umumnya. Donat-donat di atas bukan lah gambar donat asli yang bisa dimakan. Jangan ngiler ya. Donat-donat ini ternyata bukan donat kentang atau donat yang bisa kita santap. Benda bulat yang berlubang di tengahnya ini asli terbuat dari kain flanel yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya.
Salah satu contoh gantungan kunci dari kain flanel yaitu gantungan kunci donat imitasi. Donat dari kain flanel ini juga bisa dijadikan sebagai gantungan kunci yang unik dan menarik. Selain bisa dibuat sebagai donat imitasi yang bisa dijadikan sebagai hiasan, kerajinan tangan dari kain flanel yang satu ini juga gantungan kunci.
  1. Tempat Pensil atau Kacamata
Salah satu contoh gantungan kunci dari kain flanel yaitu gantungan kunci donat imitasi. Donat dari kain flanel ini juga bisa dijadikan sebagai gantungan kunci yang unik dan menarik.Selain bisa dibuat sebagai donat imitasi yang bisa dijadikan sebagai hiasan, kerajinan tangan dari kain flanel yang satu ini juga gantungan kunci. Caranya tinggal ditambahkan gantungan pada sisinya. Tambahan gantungan kunci ini bisa kamu dapatkan di toko-toko terdekat. Buat kamu yang hobi membuat kerajinan dan mau menghasilkan pundi-pundi rupiah, membuat wadah kacamata atau pensil dari kain flanel merupakan ide yang menarik lho.
Produk seperti ini jika dipasarkan kepada temen-temen sekolah atau temen sekampus terutama yang cewek, mereka pasti akan tertarik untuk membelinya dari kamu. Dengan bandrol harga yang cukup terjangkau dijamin pasti bakal laris manis deh.
Oh iya, jangan lupa sebelumnya untuk memberi merek dagang atal label yang menjadikan ciri khas produk yang kamu buat sehingga hasil karyamu akan lebih dikenal karena ciri khasnya atau dari merk-nya
  1. Amplop dari Kain Flanel
Jika kamu ingin membuat sebuah wadah kacamata atau tempat pensil atau pulpen yang beda dari yang lain, mungkin kamu bisa mencoba membuat kreasi kain flanel yang seperti ini. Bentuknya sederhana dan lucu dengan hiasan karakter hewan yang ada di bagian bawahnya. Kerajinan tangan dari kain flanel seperti ini belum banyak yang membuatnya. Dengan kreatifitas dan seni yang kamu miliki, pastinya kamu juga bisa membuat kerajinan tangan yang seperti ini bahkan bisa lebih bagus dari ini.
Buat kamu yang hobi membuat kerajinan dan mau menghasilkan pundi-pundi rupiah, membuat wadah kacamata atau pensil dari kain flanel merupakan ide yang menarik lho. Produk seperti ini jika dipasarkan kepada temen-temen sekolah atau temen sekampus terutama yang cewek, mereka pasti akan tertarik untuk membelinya dari kamu. Dengan bandrol harga yang cukup terjangkau dijamin pasti bakal laris manis deh.
Oh iya, jangan lupa sebelumnya untuk memberi merek dagang atal label yang menjadikan ciri khas produk yang kamu buat sehingga hasil karyamu akan lebih dikenal karena ciri khasnya atau dari merk-nya
  1. Dompet dari Kain Flanel
Buat kamu yang hobi membuat kerajinan dan mau menghasilkan pundi-pundi rupiah, membuat wadah kacamata atau pensil dari kain flanel merupakan ide yang menarik lho. Produk seperti ini jika dipasarkan kepada temen-temen sekolah atau temen sekampus terutama yang cewek, mereka pasti akan tertarik untuk membelinya dari kamu. Dengan bandrol harga yang cukup terjangkau dijamin pasti bakal laris manis deh.
Oh iya, jangan lupa sebelumnya untuk memberi merek dagang atal label yang menjadikan ciri khas produk yang kamu buat sehingga hasil karyamu akan lebih dikenal karena ciri khasnya atau dari merk-nya
  1. Sepatu
Salah satu kerajinan tangan dari kain flanel berikutnya adalah sepatu anak. Dengan menggunakan bahan kain flanel yang lembut, sangat cocok untuk membuat sepatu untuk buah hati. Untuk sepatu jenis seperti ini tidak terlalu rumit, yang terpenting adalah kenyamanan buat anak kita saat memakainya. Tidak hanya itu, sepatu dari kain flanel juga memiliki kelebihan. Di antara kelebihanya yaitu bisa custom desain, nyari bahanya mudah serta cara membuatnya juga tidak sulit.
Cukup dibutuhkan kain flanel, gunting, benang dan jarum saja untuk membuatnya. Potong polanya sesuai dengan ukuran kaki anak, kemudian jahit dengan menggunakan jarum dan benang yang telah kamu siapkan. Selanjutnya tambahkanlah beberapa hiasan yang bisa mempercantik sepatu.
Terakhir, cek ulang apakah ada jahitan yang tertinggal dan kurang rapih. Setelah semuanya selesai, kerajinan tangan dari kain flanel berbentuk sepatu siap digunakan.
  1. Tempat Tisu
Kerajinan tangan dari kain flanel berikutnya adalah tempat tisu. Dengan kain flanel kita juga bisa membuat wadah tisu yang unik dan cocok buat yang sedang punya balita, karena bahannya lembut dan teksturnya tidak keras. Contoh tempat tisu di atas dibuat seperti motif kulit sapi.
Dengan media seperti ini, kamu juga bisa menggunakannya sebagai media belajar anak untuk mencontohkan inilah yang disebut sebagai kulit sapi.
  1. Dadu
wordpress
Dadu kain flanel ini dibuat untuk mainan balita. Karena teksturnya yang lembut, apalagi ketika bayi masih umur dibawah dua tahun yangsering memasukkan apa aja ke dalam mulut.
Dengan menggunakan mainan dadu yang terbuat dari kain flanel dan memiliki unturan yang cukup besar, kamu tidak perlu khawatir kalau mainan ini tertelan dan juga tidak berbahaya bagi si Kecil.
  1. Sarung Hape
Sarung hape seperti ini merupakan salah satu kerajinan tangan dari kain flanel yang cukup mudah dibuat. Hanya dengan bermodal beberapa lempar kain flanel saja, kamu sudah bisa membuat sarung hape seperti ini lho.
Hiasan di bagian luar sarung hape juga bisa kamu buat sesuai dengan keinginan kamu, mau dibuat ikon kupu-kupu, bunga, apel atau ikon-ikon yang lucu juga bisa.
  1. Makanan Imitasi
photobucket-com
Makanan imitasi adalah salah satu kerajinan tangan dari kain flanel yang memiliki nilai jual yang tinggi lho. Jika kamu hobi berbisnis, ide membuat makanan imitasi seperti ini bisa kamu pakai untuk usaha kecil-kecilan yang bisa dibuat di rumah.
Sekarang sudah jaman online, untuk memasarkan produk seperti ini juga bisa dengan cara pemasaran online sehingga pemasarannya bisa sampai ke berbagai kota walaupun kamu jualan dari rumah saja.
  1. Boneka Jari
2.-Boneka-jari
Boneka jari dari kain flanel yang lucu-lucu ini bisa kamu buat dengan mudah. Seperti terlihat pada gambar di atas, karakternya juga dibuat imut dan lucu. Dengan boneka jari kain flanel ini kamu bisa menghibur anak-anak dengan memainkan peran seperti di cerita dongeng anak-anak.
Kamu bisa menceritakan dongeng si Kancil yang cerdik, Sang Raja Hutan dan berbagai cerita lainnya, bahkan kamu juga bisa mengarang cerita sendiri untuk mendongeng. Dengan kreasi kain flanel berbentuk boneka jari seperti ini kamu gak bakal kekurangan ide buat cerita pastinya.
    12.Bros Bunga
Bros bunga dari kain flanel ini juga menjadi salah satu primadona bagi para wanita berhijab. Pasalnya, dengan menambah bros bunga yang diaplikasikan pada hijab yang dipakai akan menambah keanggunan si pemakainya.
Dengan menambahkan bros bunga seperti ini juga bisa menambah sisi feminim dari si pemakai. Cara untuk membuat bros bunga dari kain flanel juga tidak terlalu sulit. Banyak tutorial cara membuat bros dari kain flanel yang bisa kamu temukan di youtube.
      13.Bros Kupu-Kupu
Kerajinan tangan dari kain flanel yang satu ini adalah salah satu favorit saya. Caa membuatnya cukup mudah dan tidak terlalu membutuhkan ketrampilan level tinggi. Hanya bermodal dua lembar kain flanel yang berbeda warna, lem dan gunting serta benang dan mata mainan saja, kamu sudah siap untuk membuat bros kupu-kupu seperti pada gambar.
Dilihat dari bentuknya saja, pasti kamu sudah tahu cara untuk membuatnya seperti apa. Kerajinan bros dari kain flanel ini juga bisa menjadi salah satu produk yang bisa kamu jual dengan nilai keuntungan yang cukup lumayan lho. Biasanya, pemesan tidak membeli satuan. Banyak yang memesan bros kupu-kupu seperti ini untuk aksesoris hadiah tamu pernikahan. Jadi pemesanan minimal bisa ratusan, bahkan bisa sampai ribuan pcs.
      14.Bros Ikon Hijab
blogspot-7
Lucu kan. Kalau kamu memakainya untuk diaplikasikan pada hijab yang kamu pakai, pastinya juga akan menambah kesan imut pada hijab yang kamu pakai itu. Kerajinan tangan dari kain flanel semacam ini memang jarang kita temui karena sedikit sekali yang mau membuatnya.
Biasanya mereka yang hobi membuat kreasi tangan dari kain flanel lah yang mau membuatnya. Detailnya yang cukup banyak ini, menuntuk si pembuat harus memiliki kertampiln yang sudah level mahir dalam dunia kerajinan tangan kain flanel.
Jika kamu tidak mau bersusah payah membuatnya, kamu juga bisa memesan kepada yang sudah ahli untuk membuatkannya. Kamu cukup membayar upahnya saja dan tunggu pesanan jadi. Setelah produknya jadi, kamu tinggal pakai deh.
Gampang kan!



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang buat kerajinan tangan nenyulam

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 4 Unsur Nilai Estetika Seni Tari 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://kerajinantanganflanneldansulaman.wordpress.com/2016/06/24/aneka-kreasi-sulaman/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.