, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pecah pola - 1 Tunik

 Pecah pola - 1 Tunik

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Pecah pola - 1 Tunik

pecah pola adalah - BSD City - Serpong


I love mondaaayy ...


Waahh ga terasa udah Senin lagi ya
dan sudah melewati separuh bulan Ramadhan

Pastinya sudah banyak yang siap siap
untuk menyambut hari yang Fitri nanti yaaa ..

Buat sewing lover yang super kreatif
kali ini kita akan bersama sama
membahas cara pecah pola untuk membuat tunik

Tunik yang akan kita buat  modelnya simple
tapi dengan sedikit sentuhan ide ide cemerlang sewing lovers ...
pasti hasilnya akan berbeda satu sama lain

Dengan bahan putih bersih
tunik ini pasti cantik untuk sholat Ied n
anti
atau dengan bahan warna cerah ditambah renda
tunik ini akan kelihatan anggun untuk bersilaturahmi

yuukk ... sama sama berkreasi ...

Hasil gambar untuk pecah pola adalah
Hasil gambar untuk pecah pola adalah
Hasil gambar untuk pecah pola adalah
Hasil gambar untuk pecah pola adalah
Hasil gambar untuk pecah pola adalah
Hasil gambar untuk pecah pola adalah
Hasil gambar untuk pecah pola adalahGambar lainnya untuk pecah pola adalah

Pertama kita harus membuat pola dasarnya terlebih dahulu

Untuk tunik kali ini saya akan memakai pola dari
buku Little Black Dress karangan saya ya ...







Untuk pecah pola kali ini
saya akan pakai ukuran saya sendiri ....
hihihi...... soalnya saya juga mau buat baju baru
buat silaturahmi kerumah saudara dan teman teman saya

Ukuran saya :
Lda / lingkar dada       84 cm
Lpi / lingkar pinggang 72 cm
Lpa /  lingkar panggul  96 cm

waahh ... ga standard banget yaaa ..
ga apa apa nanti bisa kita rubah polanya
supaya sesuai dengan ukuran kita masing masing

Untuk menentukan pola size berapa
yang akan kita buat 

pertama yang harus dilihat adalah L da nya
Usahakan bahwa lingkar dada tidak di rubah,
jadi kita ambil size yang Lda nya masuk
dengan ukuran L da  kita

Contohnya saya, karena L da saya 84 cm

jadi size yang saya ambil adalah size S
karena memang pas ukuran L da nya
sedangkan Lpi dan Lpa bisa di sesuaikan

Misalnya untuk L da 90 cm musti ambil M atau L ya ?
Sebaiknya ambil size L saja
karena kalau pakai size M
nanti dadanya ga muat yaaa ..




Langkah selanjutnya adalah membuat pola badan depan ukuran S
ikuti langkah langkahnya pada buku LBD

Kemudian pola standar tadi akan kita rubah
sesuai dengan model yang kita inginkan



Kita akan rubah pola depannya dulu

Untuk tunik depan saya tidak mau pakai kupnat
supaya agak longgar,
jadi kupnatnya saya buang
Tapi bentuk pinggang masih tetap
jadi ga terlalu longgar juga sih ..

Kemudian panjang nya tunik kira kira sampai diatas lutut
saya ukur sekitar 30 cm dari pinggang,  bikin garisnya
Dari batas bawah tunik saya tambah 3 cm
supaya tidak terlalu sempit, tarik garis sampai pinggang

Untuk lehernya saya turunkan 5 cm dan
kekiri 3 cm perhatikan pola di atas

Anda bisa merubah ukuran diatas
sesuai dengan keinginan dan model yang Anda punya

Bagian yang jangan di rubah adalah kerung lengannya yaa



Setelah selesai merubah pola,
gunting pola pada spunbond

 Hasilnya akan seperti foto diatas

Seperti biasa jangan lupa memberi nama pada polanya yaa ...


Untuk pola tunik bagian belakang
sama tetap akan memakai kupnat,
jadi kupnat ga di buang
panjangnya harus sama 30 cm dari lingkar pinggang
pakai retsleting belakang

Panjang pendek pola bisa disesuaikan

Bagian yang jangan di rubah adalah kerung lengannya




gunting pola pada spunbond
 Hasilnya akan seperti foto diatas



Untuk lengannya saya bikin 3/4 saja
sedangkan lebar bawah lengan saya akan lebarkan sedikit
yaitu 3 cm ke kiri dan ke kanan

Panjang pendak lengan dan lebar bawah lengan
bisa di rubah sesuai dengan model
tapi kerung lengan jangan di rubah ya ..

Langkah selanjutnya adalah
menggunting bahan sesuai dengan pola


1. badan depan tunik
2. badan belakang ( 2 lembar )
3. lengan ( 2 lembar )




Jahit retsleting pada badan belakang tunik



Jahit badan depan dan badan belakang pada bahu
Pasang lengan
Pasang lapisannya

Perhatikan lapisannya





Setelah hampir selesai,
ternyata tunik saya agak kurang panjang

Waahhhh sewing lovers pantang panik niihh ...
cari cari bahan buat nambahin panjangnya
saya pilih polkadot kecil warna merah

Panjangg blus saya tambah 12 cm lagi
untuk lengannya saya tambah juga  2 cm supaya lebih manis



Jadi lebih manis ya tuniknya
Besok mau di pakai niih buat ngajaaar  ..




Mulai sekarang Vito udah ga mau diantar sekolah lagi

Udah kelasa 2 SMA maaa ..
aku mau naik motor sendiri

Oke laaahh deee... asal hati hati ya

Yeeeyyyy punya waktu luang lebih lama lagi di pagi hari

semoga tutorial2nya makin cepet selesai yaa


 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pecah pola adalah

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang LANGKAH-LANGKAH MEMAYET KEBAYA 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://tatianavidi.blogspot.co.id/2014/07/pecah-pola-1-tunik.html

0 komentar:

Post a Comment