, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

menjahit, sekedar hobby atau bisnis ?

menjahit, sekedar hobby atau bisnis ?

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
menjahit, sekedar hobby atau bisnis ?


membuat gamis pakai furing - Pada gambar sebelah ini, anda bisa lihat isi SMS yang saya terima, yaitu : “assalamualaikm…mbak haifa yg baik…sy penjahit kt orang jahitn sy halus jd banyak yg jht ke sy tp kok sy srg tdk dpt apa2 ya dr jhtn sy,kl ongkos jahit gamis 50rb mnrt mbak trll murah tdk?,maaf ya mbak sy pengen dr ketrampiln sy bs bantu /ekonmian kel…mohon pencerahan sbg penjahit besar,jazakillah“
Hasil gambar untuk membuat gamis pakai furing
Hasil gambar untuk membuat gamis pakai furing
Hasil gambar untuk membuat gamis pakai furing
Hasil gambar untuk membuat gamis pakai furing
Hasil gambar untuk membuat gamis pakai furing
Hasil gambar untuk membuat gamis pakai furing
Hasil gambar untuk membuat gamis pakai furing
Hasil gambar untuk membuat gamis pakai furing
Pertama, saya ucapakan waalaikumsalam, kedua, saya ucapkan terimakasih karena mengizinkan SMS ini dibuat artikel di blog ini, ketiga, aamiin…semoga RJH bisa jadi besar.

Untuk menjawab SMS pertanyaan ini saya akan sedikit fl
ash back, menceritakan kembali awal RJH berdiri, dan awal saya menjadikan jahitan menjadi bisnis

Gambar lainnya untuk membuat gamis pakai furing

furing,vooring,puring, apaan tuh ?


Furing,vooring atau puring, entah yang mana yang benar tulisannya. Tapi di RJH sering ditulis dengan furing.

Apa itu furing ?

Furing adalah lapisan baju bagian dalam yang menjadi satu kesatuan dengan baju, artinya dijahit menjadi satu bagian antara baju dan kain furing, sehingga tidak bisa dilepas. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

furingGamis sifone ini menggunakan kain furing untuk dalamannya (warna putih), tapi tidak bisa dilepas, bedakan dengan gamis dua lapis seperti gamis milik ibu Rita ini.

Furing biasanya digunakan untuk baju yang :

1. berbahan tipis, supaya baju atau gamis (pada umumnya gamis lebih sering memakai furing daripada blus) yang berbahan tipis/transparan tidak berbayang sewaktu dipakai. Namun demikian, ada beberapa jenis bahan yang meskipun sudah dilapisi furing, tetap harus menggunakan rok dalam/legging misalnya : bahan sifone, bahan yang berwarna soft (krem, putih dan warna terang lainnya).

2. berbahan agak panas, untuk baju yang dibuat dari bahan yang kurang menyerap keringat, misal : bahan shantung korea dan tafeta, sebaiknya dilapisi furing, supaya ada media penyerap keringat dan lebih nyaman digunakan.

3. berbahan yang “nempel” dibody, misal baju yang dibuat dari bahan satin silk. Biasanya bahan satin silk dan sejenisnya jika tidak dilapisi furing akan nempel di kulit (njiplak dibody), nah sebaiknya sih dilapisi furing, kecuali jika bahan satin dipakai untuk dalaman kebaya atau dalaman gamis brokat.

4. meskipun gamis dibuat dari bahan katun (tidak terlalu tipis) tapi sang pemakai lebih merasa nyaman jika dilapisi furing. Jadi penggunaan furing tergantung dengan selera masing-masing.


yang masih tersimpan dari Juliana …… ;)


entu saja selain ilmu/ketrampilan yang masih tersimpan di otak ini, masih ada beberapa item yang masih aku simpan. Salah satunya adalah buku praktik ini. Keliatan jadul ya :), norak atau malah kampungan ? well…..it all start here….and i’m very proud of it, i’m proud to be Juliana student.

custom-bookSetiap peserta kursus pasti memiliki buku ini, disinilah praktik, hitung-hitungan dan PR kita kerjakan.

buku-kursus-smallSeperti yang anda tahu, membuat pola jahitan itu ada hitung-hitungannya, tidak plek langsung jadi.


bikin kancing bungkus sendiri [1 of 2]


Di artikel ini, aku akan sharing cara membuat kancing bungkus, artikel ini akan aku bagi menjadi dua bagian. Artikel pertama adalah alat-alat atau bahan yang kita perlukan untuk membuat kancing bungkus dan artikel kedua tentang cara pembuatan kancing bungkus (tunggu ya 🙂 ).

BTW, anda tau kan yang dimaksud dengan kancing bungkus itu 🙂 ….. hehehe paling gampang liat deh kancing yang dipakai di kebaya, pasti kancing bungkus, bukan kancing biasa seperti kancing kemeja atau kancing variasi lainnya. Selain kebaya, model pakaian lain juga banyak yang menggunakan kancing bungkus, termasuk produk-produk pakaian rumahjahithaifa, kenapa ? karena terlihat lebih indah, cantik, pas, enak, dll …. 🙂 iya soalnya kain yang kita gunakan untuk kancing bungkus itu kita ambil dari kain bajunya kan, jadi antara kain baju dan kancing jadi klop.

Kembali ke topik utama, alat – alat yang kita perlukan untuk membuat kancing bungkus antara lain adalah :

1. Mesin press. Mesin press kancing bungkus bisa anda lihat pada gambar di sebelah kanan ini. Mesin press ini bisa anda beli di pasar Tanah Abang Blok F lt.2 atau di tempat langganan anda.


2. Kepala/head atau dudukan kancing.Setelah membeli mesin pressnya, anda juga perlu membeli head/kepala/dudukan kancingnya (lihat gambar dibawah ini). Kepala/Head kancing bungk
us memiliki beberapa ukuran yaitu 18,22,24,26……dll. Makin besar headnya makin mahal harganya. Yang paling sering aku buat adalah ukuran 18,22 dan 24. Karena harganya yang lumayan mahal, tidak perlu membeli semua ukuran, cukup beli yang paling kita gunakan saja. O iya, kancing bungkus itu memiliki 3 varian, yaitu gepeng, bulat dan lancip (sudah tersedia dalam satu kotak/set). Nah, didalam satu kotak kepala/head kancing bungkus terdiri dari beberapa alat. Untuk penggunaannya tunggu artikel selajutnya ya


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  membuat gamis pakai furing

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang jahitan mesin longgar? 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://rumahjahithaifa.com/tag/menjahit/

0 komentar:

Post a Comment