, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Apa saja alat-alat untuk jahit aplikasi?

Apa saja alat-alat untuk jahit aplikasi?

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Apa saja alat-alat untuk jahit aplikasi?

jelaskan 5 alat dan bahan jahit aplikasi  - Dalam pembuatan jahit aplikasi, alat yang dibutuhkan hampir sama dengan jahit pada  umumnya. Alat tersebut di antaranya adalah jarum jahit tangan, gunting, jarum pentul, bantalan jarum,  tudung jari, alat pemasuk benang, pemidangan, pensil/kapur jahit, cukil/pendedel, dan setrika.
a). Jarum jahit tangan dan jarum sulam


Jarum sulam berfungsi untuk membuat berbagai macam tusuk hias yang dikerjakan dengan tangan. Besar kecilnya jarum bergantung pada benang yang digunakan untuk menyulam. Jika menyulam menggunakan benang halus, jarum yang digunakan adalah jarum yang kecil. Jika menggunakan benang yang besar, maka jarum yang digunakan adalah jarum yang berukuran lubang besar.

b). Gunting


Gunting yang dibutuhkan untuk membuat sulam adalah: (1) gunting kain, (2) gunting kertas, (3) gunting benang, (4) gunting bordir/ sulam.

c). Jarum pentul dan bantalan jarum

Jarum pentul digunakan untuk membantu menggabungkan kain satu dengan lainnya agar tidak bergeser pada tempatnya. Bantalan jarum memudahkan kita untuk menempatkan jarum agar rapi dan tidak berserakan

d). Tudung jari dan alat pemasuk benang


Tudung jari digunakan untuk melindungi jari dari tertusuknya jarum. Alat pemasuk benang atau biasa disebut sayang nenek berfungsi untuk membantu memasukkan benang pada  lubang jarum.

e). Pemidangan


Midangan digunakan untuk meregangkan kain agar permukaan kain menjadi rata dan licin sehingga memudahkan pada saat menyulam.

f). Pensil/kapur jahit


Pensil atau kapur jahit dibutuhkan untuk menggambar pola-pola yang akan dijadikan aplikasi pada kertas dan kain

g). Cukil/pendedel jahitan


Cukil/pendedel digunakan untuk membongkar jahitan yang salah.


h). Setrika
Seterika digunakan untuk menghaluskan pola-pola aplikasi agar lebih mudah dijahit



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  jelaskan 5 alat dan bahan jahit aplikasi

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Service Mesin Jahit 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://pelajaransekolahsmpsma.blogspot.co.id/2015/11/apa-saja-alat-alat-untuk-jahit-aplikasi.html

0 komentar:

Post a Comment