Mencari Gaya Baru Bordir Kudus

 Mencari Gaya Baru Bordir Kudus

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Mencari Gaya Baru Bordir Kudus


bordir kudus - Kudus, kabupaten di jalur pantai timur laut Jawa Tengah, bukan cuma terkenal soal kretek dan batik ataupun jenang, melainkan juga teknik bordir.

Bila biasanya bordir Kudus dikenal untuk kebaya dan mukena, empat desainer Jakarta mencoba mencari gaya baru bagi bordir tradisional ini.

Hasil gambar untuk bordir kudus
Hasil gambar untuk bordir kudus
Hasil gambar untuk bordir kudus
Hasil gambar untuk bordir kudus
Hasil gambar untuk bordir kudus
Hasil gambar untuk bordir kudusEmpat desainer tersebut adalah Rudy Chandra, Ariy Arka, Defrico Audy, serta Ivan Gunawan. Keempatnya direkrut Pemerintah Kabupaten Kudus untuk memberikan angin segar bagi industri kerajinan bordir yang ada sejak 1970-an itu.

Keempat desainer itu pun mengeluarkan koleksi hasil 'merombak' bordir Kudus dalam tema Savana Muria di malam penutupan Indonesia Fashon Week (IFW) 2017, Minggu (5/2), di Jakarta Convention Center (JCC).
Salah satu koleksi Defrico Audy yang menggunakan bordir Kudus dan bertema alam kabupaten tersebut. Salah satu koleksi Defrico Audy yang menggunakan bordir Kudus dan bertema alam kabupaten tersebut. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
"Kami diutus bapak Bupati Kudus (Musthofa) untuk menggarap bordir Kudus ini, masing-masing dari kami berkolaborasi dengan pengrajin bordir di Kudus selama dua bulan," kata Ivan saat ditemui di arena IFW.

"Kami ingin bordir ini jadi berbeda, bukan sekadar kebaya encim, tutup gelas, dan lain yang sederhana,"

Selain Tasikmalaya, industri kerajinan bordir juga marak di Kudus, bah
kan sejak 40 tahun lalu. Kebanyakan pengrajin bordir di Kudus menggunakan teknik manual.
Koleksi Ivan Gunawan yang juga menggunakan bordir Kudus dalam tema Savana Muria di IFW 2017..Koleksi Ivan Gunawan yang juga menggunakan bordir Kudus dalam tema Savana Muria di IFW 2017. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Teknik manual tersebut membuat upaya pembuatan produk menjadi lama, sekitar dua hingga beberapa bulan. Dan biasanya, bordir ini ditemukan untuk kebaya encim, mukena atau pakaian salat, hingga aksesori rumah tangga seperti tutup dan alas gelas.

Namun dalam gubahan empat desainer pria ini, bordir Kudus bukan hanya terlihat 'terlepas' dari kesan bordiran mukena dan alat rumah tangga, namun berkesan modern dengan sentuhan cita rasa ala metropolitan



 Dari bunga hingga Dior
Desainer Rudy Chandra mengeluarkan koleksi terinspirasi dari bunga seruni yang banyak ditemukan di Kudus dan dikombinasikan dengan kupu-kupu, serta motif ranting yang keseluruhannya dibuat dari bordiran.

Rudy menggukan teknik bordir dua dimensi untuk membentuk pola bunga yang kemudian diolah kembali hingga menjadi tiga dimensi.

Dengan nuansa putih dan persik, Rudy mencoba menempatkan bordir dalam gaun malam dan cocktail berbahan sifon, sutera, tafetta, satin silk, serta organdi di 16 tampilan. 
Koleksi Savana Muria oleh Ariy Arka di Indonesia Fashion Week (IFW) 2017, Minggu (5/2)..Koleksi Savana Muria oleh Ariy Arka di Indonesia Fashion Week (IFW) 2017, Minggu (5/2). (CNN Indonesia/Endro Priherdityo)
Bordir Kudus tampil berbeda di tangan Ariy Arka. Desainer berkaca mata ini membawakan teknik bordir yang diterapkan semaksimal mungkin dalam luasan kain linen serta mikado.

Dalam 16 koleksi busana pria yang ia tampilkan, Ariy membawa beberapa unsur khas Kudus seperti buah parijoto yang kemudian dikombinasikan dengan ayam dan flaminggo, ciri khas Ariy.

Ariy masih mengandalkan tampilan gaya Jepang untuk pengaplikasian teknik bordir dari Kudus tersebut. Beberapa detil seperti peniti sebagai pengganti kancing pun membawa kesan edgy yang digandrungi banyak anak muda.

Defrico Audy mencoba mengangkat bordir Kudus dalam 20 tampilan bertema dedaunan, terutama cengkeh, bakau, tembakau, dan kakao yang banyak tumbuh di Kota Kretek itu. Ia menampilkan kesan 'liar' dan lebih maskulin dalam pakaian perempuan.
Defrico Audy mempersembahkan koleksi terbarunya di Indonesia fashion Week 2017, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center. Jakarta. Minggu, 5 Februari 2017. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)Defrico Audy mempersembahkan koleksi terbarunya di Indonesia fashion Week 2017, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center. Jakarta. Min
ggu, 5 Februari 2017. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Defrico menggunakan motif bordir yang biasa digunakan oleh pengrajin asli Kudus kemudian mengganti ukuran, warna, serta susunannya. Ia menerapkan hal tersebut dalam cropped jacket, rok lurus, gaun panjang, dan sheath dress.

Desainer Ivan Gunawan punya fantasi tersendiri akan bordir Kudus. Ia menggunakan teknik kerancang gunting dalam bordir Kudus dalam 16 gaun high-fashion.

Ivan, dengan gaun yang banyak terinspirasi ala Dior berupa rok lebar menggembung dan pinggang ramping, menggunakan motif yang mengadopsi anggrek bulan, bulu ayam, dan tegel antik.

Keponakan Adjie Notonegoro itu memilih warna yang sedikit di luar dugaan, yaitu shocking pink dan kuning lemon, serta diselipkan dalam koleksi berwarna pastel.
Salah satu tampilan koleksi Ivan Gunawan dengan paduan bordir Kudus dan motif anggrek bulan, bulu ayam, serta tegel antik. Salah satu tampilan koleksi Ivan Gunawan dengan paduan bordir Kudus dan motif anggrek bulan, bulu ayam, serta tegel antik. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

"Saya ingin kerancang kudus bisa jadi gaun malam yang biasanya dari acara kawinan sekarang bisa jadi red carpet, sesuatu yang kedaerahan tidak harus melulu dengan tampilan daerah," kata Ivan.

Ivan mengatakan koleksi kali ini adalah uji coba mereka mengenalkan dan mengangkat kekayaan busana daerah Kudus. Ia dan desainer lainnya menyerahkan kepada masyarakat akankah diterima atau tidak.

"Kami akan coba terus hingga nanti berhasil, bordir ini baru langkah awal dan kami belum mengetahui reaksi (masyarakat) seperti apa." kata Ivan




Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  bordir kudus

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang How to Pull Off the Blazer with T-shirt Look 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170206140617-277-191596/mencari-gaya-baru-bordir-kudus/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.