, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

MENGGAMBAR RAGAM HIAS

 MENGGAMBAR RAGAM HIAS

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 MENGGAMBAR RAGAM HIAS


     
contoh gambar ragam hias flora - A.    PENGERTIAN RAGAM HIAS

        Ragam hias disebut ornamen, ornamen dari bahasa latin ornare : menghiasi. Ensiklopedia Indonesia ornamen diartikan sebagai setiap hiasan yang bergaya geometric atau yang lain. Ornamen dibuat pada suatu bentuk dasar dari hasil kerajinan tangan. Jadi ragam hias adalah komponen produk seni yang ditambahkan atau disengaja dibuat untuk tujuan sebagai sarana memperindah atau sebagai hiasan. Fungsinya untuk menambah indahnya suatu barang agar lebih bagus dan menarik. Ragam hias juga diartikan mengubah benda naturalis/asli kebentuk dekoratif dengan cara menggayakan agar lebih indah. Ragam hias merupakan salah satu bentuk karya seni rupa yang berkembang sejak zaman prasejarah. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak ragam hias. Ragam hias di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu lingkungan alam, flora dan fauna serta manusia yang hidup di dalamnya.
          Secara umum ragam hias adalah susunan pola hias yang menggunakan motif hias dengan kaidah-kaidah tertentu pada suatu bidang atau ruang sehingga menghasilkan bentuk yang indah.
          Ragam hias Nusantara dapat ditemukan pada motif batik, tenunan, anyaman, tembikar, ukiran kayu, dan pahatan batu. Ragam hias ini muncul dalam bentuk-bentuk dasar yang sama namun dengan variasi yang khas untuk setiap daerah. Dalam karya kerajinan atau seni Nusantara tradisional, sering kali terdapat makna spiritual yang dituangkan dalam stilisasi ragam hias.
          Terdapat ragam hias asli Nusantara, yang biasanya merupakan stilisasi dari bentuk alam atau makhluk hidup (termasuk manusia), dan ada pula ragam hias adaptasi pengaruh budaya luar, seperti dari Tiongkok, India, Persia, serta Barat. Ragam hias sudah ada sejak dulu tetapi pada waktu itu masih corak geomatris dan sederhana juga belum berwarna serta bersifat magis. Contoh kendi dari tanah gayo (Sumatera).
          Ragam hias memilki corak, karakter, gaya. Corak yaitu ciri khas yang menjadi identitas dari suatu obyek. Sedangkan karakter (watak) adalah merupakan inti yang menjiwai suatu perwujudan dan merupakan tangkapan lahiriyah sebagai simbol yang lebih komunikatif. Pola dalam bahasa inggris disebut pattern. Herbert Read pola adalah penyebaran garis dan warna dalam suatu bentuk ulangan tertentu.
- ragam hias fauna (animal)
          Struktur ragam hias ada tiga yaitu  :
a.              Garis-garis yang saling berkesinambungan.
b.             Beberapa bentuk figure yang berjajar-jajar atau berkelompok.
c.              Bentuk hiasan yang utuh/menyeluruh.
- cara menggambar ragam hias flora
Ragam hias di bedakan menjadi  :
a.       Ragam hias ilmu ukur (geometris)
Dalam membuat ragam hias menggunakan alat ukur misalnya penggaris, busur, dan jangka. Ragam hias ini dibedakan menjadi dua yaitu hiasan tepi dan hiasan bidang (isi). Motif geometris cocok digunakan pada anyaman, tenun dan dalam adat Toraja untuk menghias rumah.
b.       Ragam hias tanpa memnggunakan alat ukur (bebas)
Ragam hias yang tanpa menggunakan alat ukur sehingga bebas sesuai gerakan                  tangan kita.
Ada dua jenis gambar ragam hias
a.       Bentuk simetris
          Kanan, kiri, atas, bawah sama bentuknya.
b.       Bentuk a simetris
          Kanan, kiri, atas, bawah tidak sama bentuknya.
   - ragam hias fauna yang mudah digambar
B.     MOTIF RAGAM HIAS

          Negara Indonesia memiliki beraneka ragam seni budaya. Setiap daerah memiliki              ciri khas budaya yang berbeda-beda. Motif-motif hias memiliki makna yang berbeda-beda. Kekayaan seni budaya daerah merupakan sumber kekayaan kebudayaan nasional. Salah satu bentuk karya seni budaaya tersebut adalah motif hias nusantara.
          Motif hias adalah bentuk dasar pada suatu bidang atau ruang yang membentuk                sesuatu yang indah.
ragam hias flora yang mudah digambar
Berikut ini beberapa motif hias dan maknanya :
Ø   Motif hias tumbuhan atau lung-lungan terutama motif pohon hayat dimaknai sebagai
          lambang kehidupan atau kesuburan.
Ø    Motif hias manusia merupakan lambang roh nenek moyang atau lambang kesaktian.
Ø   Motif hewan, seperti motif burung merak dan burung kakatua dimaknai sebagai lambang benua atas atau langit. Sedangkan benua bawah atau bumi dilambangkan sebagai ular, ikan, penyu atau hewan air lainnya.
- contoh ragam hias flora beserta asalnya
          Ragam hias merupakan karya seni rupa diambil dari bentuk-bentuk flora (vegetal), fauna (animal), figural (manusia), dan bentuk geometris. Ragam hias dapat diterapkan pada media dua dan tiga dimensi.



a.   Ragam Hias Flora
                
  - gambar ragam hias figuratif
Flora sebagai sumber objek motif ragam hias yang dapat kita jumpai hampir di seluruh pulau di Indonesia. Ragam hias dengan motif flora (vegetal) mudah dijumpai pada barang-barang seni, seperti batik, ukiran, kain sulam, kain tenun dan borsir.
Flora sebagai sumber objek motif ragam hias yang dapat kita jumpai hampir di seluruh pulau di Indonesia. Ragam hias dengan motif flora (vegetal) mudah dijumpai pada barang-barang seni, seperti batik, ukiran, kain sulam, kain tenun dan borsir. Ragam hias flora berbentuk gambar tumbuhan-tumbuhan.
Contoh gambar ragam hias flora :
       








 

- ragam hias fauna kupu-kupu yang mudah digambar

- ragam hias fauna kupu-kupu







 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh gambar ragam hias flora

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Membuat Dompet dari Bungkus Kopi 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://amilafitriani.blogspot.co.id/2016/02/menggambar-ragam-hias.html

0 komentar:

Post a Comment