, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bab 2 Landasan Teori Fashion

Bab 2 Landasan Teori Fashion

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Bab 2 Landasan Teori Fashion

pola kemeja sekolah anak - 2.1. Fashion
    2.1.1 Konsep Fashion
    Seperti yang ditulis oleh Kawamura (2004), pakaian dan fashion merupakan konsep yang terpisah meskipun keduanya sering digunakan dan ditukar-tukar. Keduanya memiliki efek kemasyarakatan yang berbeda. Meskipun begitu, sebuah mode pakaian yang spesifik sering menjadi fokus dalam analisa fashion. Kawamura mengutip tulisan Rouse (1989) mengenai fashion yang mengemukakan bahwa sebuah model pakaian tertentu akan menjadi fashion, di mana model pakaian tersebut harus digunakan oleh beberapa orang serta diakui sebagai fashion. Dalam buku yang ditulis oleh Kawamura disebutkan bahwa fashion memiliki keterkaitan yang sangat kecil dengan pakaian. Pakaian atau kostum merupakan benda material hasil produksi, sedangkan fashion adalah symbol dari suatu hasil produksi. Pakaian adalah sesuatu yang nyata dan konkrit serta merupakan suatu kebutuhan, dan fashion adalah sesuatu yang tidak nyata serta merupaka suatu tambahan yang tidak selalu dibutuhkan.



    Kawamura mengatakan fashion dapat diberlakukan sebagai objek hasil dari kebudayaan hasil organisasi sosial masyarakat. Objek hasil kebudayaan masyarakat sendiri dapat dianalisa dan dipelajari melalui perspektif konsumsi dan/atau produksinya.  Fashion juga dapat menjadi topik analisa yang berkaitan dengan identitas dan hal-hal mengenai konsumsi pribadi, serta hal yang berkaitan dengan produksi dan distribusi. Fashion yang merupakan symbol hasil kebudayaan tidak memiliki wujud dan tidak dapat dilihat oleh mata menggunakan pakaian sebagai simbol konkritnya.
2.1.2. Sejarah fashion
    . Pada kenyataannya, fashion bertindak sebagai termometer tanpa batas mengenai cita rasa yang beragam setiap hari, yang dipengaruhi oleh berbagai macam hal dari luar. Riyanto (2005) menulis bahwa perkembangan mode busana sejalan dengan perkembangan peradaban manusia yang terkait dengan manusia sebagai makhluk yang berbudaya, yang realitanya selalu berkembang dari suatu periode ke periode berikutnya.
Dalam tulisannya, Riyanto juga menuliskan kutipan dari Zaman (2001) bahwa pada dasarnya perkembangan fashion di seluruh dunia didasari oleh bentuk fashion atau mode busana dari negara-negara Barat. Namun dasar dari fashion negara Barat juga muncul melalui ide-ide pakaian dari Yunani Kuno, Romawi, dan dunia Nasrani. Busana Barat tersebut pada batas-batas tertentu menyebar ke seluruh masyarakat dunia, yang tingkat penyerapannya dari setiap masyarakat berbeda-beda atau bervariasi, ada yang menyerap secara penuh, sedang, dan sedikit (Riyanto, 2005: 3).
Menurut Russel (1983), pakaian atau fashion dibagi ke dalam beberapa era:
1.    Pra-Sejarah (600.000 hingga 50 sebelum Masehi)
Terdapat beberapa tahapan dalam masa Pra-Sejarah yaitu Paleolitikum, Mesolitikum, Neolitikum, Bronze Age, dan Iron Age. Pakaian yang ada masih sangat sederhana yaitu berupa bulu hewan seperti mammoth dan rusa yang mereka buru, dibentuk menjadi ikatan di pinggang, syal, dan cawat. Terdapat pula  penggunaan bahan kulit hewan. Kemudian pada masa yang lebih maju, penggunaan kain tenun diberi dekorasi serta aksesoris juga terlihat. Begitu juga dengan bahan wool. Pakaian sudah menjadi lebih mendetil, yaitu terdiri atas kaus, rok, korset, topi, sepatu untuk wanita, mantel, dan jubah panjang. Ornamen-ornamen menggunakan besi dan logam lainnya mulai berkembang, seperti gelang, kalung, dan hiasan-hiasan kepala lainnya.

Gambar 2.1 Pakaian Masa Pra-Sejarah
Sumber : www.google.com
2.    Mesir Kuno (3100 hingga 30 Sebelum Masehi)
Dapat dilihat dalam Palet Narmer dan ilustasi dari Narmer sang Penguasa yang terukir di palet tersebut. Pakaian yang digunakan berupa kain selutut yang dilingkarkan di tubuh melalui bawah lengan kanan dan dikencangkan dengan cara diikatkan di atas bahu kiri. Kemudian di pinggangnya terapat ikat pinggang dengan beberapa ornamen simbol dewa-dewi yang digantungkan. Hiasan kepala yang digunakan tinggi dan berbentuk hampir kerucut. Untuk para pekerja, biasanya kain dililitkan membentuk cawat yang panjangnya bervariasi.

Gambar 2.2 Menkaure and His Queen
Sumber : Costume History and Style
3.    Mesopotamia (5000 hingga 333 Sebelum Masehi)
Pada masa ini, pria memakai rok sepanjang mata kaki yang dililitkan di pinggang mereka dan mengunakan hiasan-hiasan kepala yang dekoratif. Wanita mengenakan pakaian serupa dengan pria, dengan tambahan syal yang menutupi sebelah lengan mereka, dipadankan dengan rambut yang dikepang dihiasi dedaunan dan aksesoris buatan. Dikatakan pada masa Sumeria bahan wool dan linen sudah ada.

Gambar 2.3 Mesopotamian Female Suppliant Mari
Sumber : Costume History and Style
4.    Gothic Akhir dan Renaissance Itali Awal (1422 hingga 1485 Masehi)
Pada masa ini, para pria menggunakan pakaian dalam tanpa lengan, yang dapat didekorasikan dengan pita atau points. Biasanya dijahit menjadi satu pada bagian atasnya, membedakannya dengan doublet atau luaran yang biasanya dibiarkan terpisah. Pakaian tersebut disebutkan lebih pendek dari garis selangkangan dan tidak berkerah. Terkadang digunakan juga jubah longgar atau yang memiliki ikat pinggang, dengan lengan yang menjuntai. Kepala para pria didekorasi dengan topi bulu besar, atau topi- topi lembek. Untuk para wanita sendiri, gaun yang dibuat ketat dengan mulusnya dari atas ke bawah, dengan garis pinggang yang agak lebih tinggi dibanding garis pinggang biasa. Untuk memamerkan lengan gaun tersebut, biasanya digunakan luaran tanpa lengan, dan bagian bawah lengan gaunnya dibiarkan terbuka. Bagian lehernya biasanya berbentuk V dan rendah. Rambutnya dibentuk sedemikan rupa dengan kepangan atau dibiarkan menjuntai ke bawah. Terkadang digunakan pula escoffions.

Gambar 2.4 Giovanni and Giovanna Arnolfini by Jan van Eyck
Sumber: Costume History and Style

5.    Mannerist Renaissance Awal (1520 hingga 1560 Masehi)
Renaissance adalah gaya yang muncul di Italia. Pria pada masa ini menggunakan pakaian dengan bagian leher yang terkesan ketat karena bordir, garis- garis, dan kerut- kerut kecil. Rompi kaku yang digunakan juga biasanya ‘terbelah’ di bagian depannya, untuk memamerkan dalaman yang mewah. Lengan di bawah chamarre atau luaran dengan lengan seperti kebesaran dihiasi penjepit kaku atau bros, dan pinggirannya dihiasi bordir emas. Bahkan seiring berjalannya waktu, lengan- lengan pakaian pria menjadi sangat puffy. Wajah pria pada masa itu pun dihiasi jenggot dan kumis yang puffy pula, tak lupa kepalanya dihiasi topi yang cenderung rata.
    Pada wanita, gaun- gaun yang dikenakan terlihat lebih berat, dengan garis yang kaku, dan lebih tertutup dibanding masa lainnya. Petticoat pada masa ini disebut farthingale yang berbentuk kerucut. Lengan pada masa ini berbentuk seberti bel yang dilipat ke belakang menuju siku, dan tentunya besar atau puffy seperti lengan pakaian yang ada pada pria di masa ini. Kerahnya cenderung berbentuk agak persegi atau trapezium. Bahan semacam brocade juga ditemukan pada masa ini. Para wanita biasa mengenakan perhiasan- perhiasan dengan bros- bros. Rambut para wanita dihiasi dengan kepangan dan headdress yang berbentuk sabit.

Gambar 2.5 Lady Jane Dudley (Grey)
Sumber: Costume History and Style
6.    Elizabethan-Jacobean (Mannerist Renaissance Akhir) (1558 hingga 1625 Masehi)
Periode ini mengacu pada pakaian model Spanyol dalam segi warna, dan kurangnya bentuk serta garis- garis jelas. Maksudnya, bentuk pakaian pada masa ini cenderung bervariasi, sehingga tampak tidak natural. Pakaian pada masa ini memiliki garis vertikal dan perluasan tumpul yang terkesan berlebihan. Tentu saja masih ada bentuk- bentuk bulat dan puffy seperti pada lengan. Dekorasi pada pakaian yang digunakan adalah bordir metalik dengan permata dan mutiara. Semua bahan yang digunakan diberi kesan kaku dengan dekorasi garis, benang metalik, atau bentuk- bentuk jalinan. Lapisan pada pakaian dibuat lebih ketat dan kaku sehingga mengubah bentuk tubuh pemakainya. Pemakaian sutra, mutiara, emas, dan benda berharga lainnya sebagai benda dekoratif juga sering ditemukan. Yang sangat berbeda pada pakaian wanita adalah bagian pinggang, dimana bagian tersebut berbentuk panjang secara vertikal, karena menggunakan farthingale pada bagian garis pinggang yang terkadang berbentuk seperti donat, sehingga membentuk pinggang yang lebar.

Gambar 2.6 Queen Elizabeth I
Sumber: Costume History and Style

7.    Baroque Awal (Cavalier) (1618 hingga 1660 Masehi)
Dalam masa ini terjadi beberapa perubahan yang membuat pakaian terlihat lebih ‘santai’ dibanding pakaian pada masa Elizabethan-Jacobean. Kerah pakaian yang digunakan pada pakaian, terutama pada pakaian pria, tidak lagi menggunakan kerah keras dan besar yang hampir menutupi wajah seperti pada masa Elizabethan, tetapi diganti dengan kerah lunak atau kerah yang rata dengan bahu sehingga tidak mengganjal leher pemakainya. Sedangkan pada pakaian wanita, kerah kaku Elizabethan masih ditemukan, meskipun hanya di antara wanita- wanita bangsawan saja, meskipun lama kelamaan menghilang dengan sendirinya. Untuk rambut pria sendiri dibiarkan memanjang sebatas bahu, dan doublet atau baju luaran yang biasanya kaku di bagian pinggangnya dibuat lebih lembut dan terbuka di bagian bawahnya sehingga memperlihatkan kemeja di dalamnya. Celana pada masa itu disebut breeches yang lebih ketat dibanding breeches di masa sebelumnya dan memiliki panjang hingga lutut serta di bagian paling bawahnya dikencangkan dengan pita.
Perkembangan bentuk rambut wanita mirip dengan pria, dengan dibiarkan menjuntai ke bahu dengan model gelombang atau keriting. Lengan gaun wanita pada masa ini juga menjadi lebih pendek dan menggantung di pertengahan lengan, kadang disertai model mengembang yang dihias pita. Topi biasanya digunakan hanya ketika berpergian, sedangan untuk keseharian digunakan topi kecil atau hiasan berkilau untuk dekorasi rambut.

Gambar 2.7 William II of Orange and His Wife Mary Stuart
Sumber: Costume History and Style
8.    Rococo (1715 hingga 1775 Masehi)
Pada masa Rococo ini, vest yang digunakan pria bertambah panjang hingga di atas lutut. Jaket luaran biasa dibiarkan terbuka dan tidak dipasang kancingnya. Breeches yang dikenakan menjadi sangat ketat dan dari betis ke bawah dilapisi stocking. Rambut palsu yang dikenakan pada masa ini diberi bubuk berwarna putih dan dibentuk agar tidak terlalu bervolume, dan bagian belakangnya diikat dengan pita warna hitam.

Gambar 2.8 Gersaint's Signboard by Antoine Watteau
Sumber: Costume History and Style
9.    Victoria dan Empire Kedua (1848 hingga 1870 Masehi)
Pakaian pada masa ini berkesan berat, meskipun terdapat pula jenis pakaian yang lebih ‘ringan’ untuk musim panas dan acara- acara lain. Pada masa ini penggunaan petticoat berlapis yang dikakukan digantikan dengan kerangka berbentuk sangkar atau disebut crinoline sehingga gaun yang dikenakan oleh para wanita bisa dengan mudah berbentuk seperti bel, yang tentunya tidak natural seperti bentuk tubuh.
Pakaian pria pada masa ini memiliki warna- warna gelap dan garis- garis yang lebih lurus dibanding masa lain. Topi yang dikenakan menggunakan bahan sutra, dan lurus dan cenderung digunakan top hat. Pada masa ini pria mengenakan pakaian sehari hari yang terdiri atas waistcoat, celana panjang yang agak longgar tanpa bagian ketat di kaki, dan vest. Kesatuan pakaian ini disebut a suit of clothes. Kerah yang berdiri serta penggunaan cravat pun tergantikan dengan kerah lurus dan bow tie. Mantel luaran dikenakan saat para pria tersebut bepergian.


Gambar 2.9 Grand Reception of the Notabilities of the Nation at the White House dalam Leslie Magazine, 1885
Sumber: Costume History and Style

10.    Kontemporer (1963 hingga 1980 Masehi)

Gambar 2.10 Fashion pada pertengahan 1970
Sumber: Costume History and Style

2.1.3 Fashion Jepang
    Pada fashion Jepang, Nurhayati (2012) menuliskan bahwa anak muda Jepang pelaku fashion Jepang, khususnya street fashion, menggambarkan inspirasi mereka yang berasal dari desainer Timur dan Barat dan melebur kedua budaya tersebut dengan gaya individu mereka masing- masing. Nurhayati juga mengemukakan bahwa dengan begitu, anak- anak muda tersebutlah yang secara tidak langsung mengajarkan kepada masyarakat dan toko- toko penjual pakaian, pakaian seperti apa yang harus dikenakan. Anak- anak muda Jepang memiliki keberanian yang tinggi dalam hal fashion sehingga tidak ragu- ragu dalam membuat dan menghias pakaian mereka dengan hal yang cenderung ekstrim atau gila. Hal ini membuat fashion Jepang populer dan Jepang dikenal sebagai salah satu ‘kiblat fashion’ dunia.
    Dikatakan oleh Nurhayati, tingkah laku fashion di Jepang dan di Amerika memiliki perbedaan yang jelas. Dikuatkan dengan kutipan dari Macias & Evers yang mengatakan :
    “…in America…if you and your pals decided to dress up like a bunch of Gothic vampires and sit around in the town square, it won’t be long before a security guard would show up and tell everyone to get move on. But in Tokyo, if one’s attire is really outstanding, they might have their picture taken as sterling example of ‘street fashion’ for magazines like FRUiTS or KERA…”
    Keberadaan majalah seperti yang ada dalam kutipan Mars & Evers, FRUiTS, KERA, dan majalah-majalah lain seperti COSMODE, Popteen, Gothic & Lolita Bible, ViVi, CanCam, Men’s Knuckle, dan Cosnap menimbulkan keinginan anak- anak muda Jepang pelaku fashion untuk lebih menonjolkan eksistensi diri agar dapat difoto dan dicantumkan dalam majalah- majalah tersebut. Para fotografer majalah pun memburu pada pelaku fashion Jepang dan kreasi fashion baru mereka untuk difoto dan ditampilkan dalam majalah. (Nurhayati, 2012)
    Nurhayati menuliskan bahwa aliran fashion di Jepang dibagi ke dalam tiga kategori yaitu :
1.    Harajuku Style
Harajuku Style adalah jenis fashion yang muncul di kalangan anak muda di daerah Harajuku, Tokyo, Jepang di tahun 1960-an. Ada beberapa ciri yang mencitrakan Harajuku Style, di antaranya mix and match atau memadu madankan beberapa aliran fashion, dress in layers atau pakaian berlapis- lapis, customized clothes atau pakaian yang dimodifikasi sesuai keinginan, dan ‘bermain’ dengan aksesoris yang menarik perhatian.
Ada beberapa jenis Harajuku Style, yaitu :
a.    Takenoko-zoku (1979- 1980)
Takenoko-zoku adalah sekumpulan anak muda street performers yang pakaiannya terinspirasi dari pakaian zaman Heian, di mana budaya pada zaman Heian masih sangat dipengaruhi oleh China. Oleh sebab itu penampilan para Takenoko-zoku ada yang memiliki unsur kung-fu, dengan celana baggy dan jaket model happi. Pada awal kemunculannya Takenoko-zoku sangat populer dan sering melakukan street perform dengan lagu disko di Harajuku. Di Takeshita-dori pun ada toko bernama Takenoko yang awalnya khusus menjual pernak-pernik yang berbau style Takenoko. Namun sekarang seiring menghilangnya Takenoko-zoku, toko tersebut mulai beralih menjual pakaian ala Barat.

Gambar 2.11 Takenoko-zoku
Sumber: www.google.com
b.    Visual Kei (1989- sekarang)
Visual Kei memiliki keterkaitan kuat dengan J-Rock atau Japanese Rock, yang berarti musik aliran Rock Jepang. Banyak band rock Jepang yang menganut jenis fashion ini, misalnya Moi Dix Mois, Malice Mizer, The GazettE, D=OUT, L'Arc En Ciel, dan lain sebagainya. Visual Kei dapat dicirikan dengan dandanan yang terkesan androgini dan eksentrik. Bukan suatu hal yang aneh apabila anggota band J-Rock pria mengenakan pakaian wanita dan merias wajahnya secantik wanita. Hal ini juga dilakukan oleh para fans band-band J-Rock dan penganut fashion Visual-Kei, di mana yang pria menjadi secantik wanita, dan sebalikny wanita berubah menjadi pria cantik. Pakaian ala Visual Kei ini memiliki unsur pakaian masa Baroque, Renaisance, Victoria, atau juga Elizabethan.

Gambar 2.12 Visual Kei pada band Versailles
Sumber: www.google.com
c.    Lolita, Goth-Loli, dan mix-Lolita lainnya (1990-an - sekarang)
Lolita adalah gaya yang inspirasinya diambil dari gaya berpakaian era Victoria di Barat. Fashion yang satu ini dapat dikenali dengan gaun yang memiliki banyak renda dan pita serta rok yang diberi petti coat sehingga mengembang dan memberi kesan manis dan inosen.
Tak jarang mereka menggunakan aksesoris seperti headdress renda, tas-tas kecil, dan membawa payung renda atau boneka untuk mendukung gaya mereka. Lolita sendiri dapat digabungkan dengan style fashion lain, misalnya Lolita yang terkesan lebih elegan dan terdiri atas warna hitam atau warna gelap disebut Gothic Lolita; Lolita yang menggunakan warna- warna pastel dan aksesoris manis seperti sayap atau miniatur kue disebut Ama-Loli (Sweet Lolita); Lolita yang digabungkan dengan unsur punk disebut Punk-Loli; dan Lolita yang dipadukan dengan pakaian tradisional Jepang disebut Wa-Loli.

Gambar 2.13 Gothic, Lolita, dan Gothic Lolita
Sumber: www.tenkai-japan.com
d.    Decora (mid- 1990 - sekarang)
Decora berasal dari kata bahasa Inggris decoration atau dekorasi. Gaya ini sendiri sangat menonjol karena dilakukan dengan cara mendekorasi diri sendiri dengan pernak-pernik yang sangat menonjol cenderung berlebihan. Pecinta Decora biasanya menggunakan boneka dan pita serta aksesoris warna warni berbagai ukuran untuk menghias diri mereka. Dan banyak di antara mereka yang mengenakan piyama karakter, seperti Stitch dan Pikachu.

Gambar 2.14 Decora
Sumber: www.flickr.com
e.    Fairy Kei (1996- sekarang)
Fairy Kei, seperti namanya, merupakan gaya yang terinspirasi dari Peri dan dunia-dunia hayalan seperti Disney Princess atau Barbie. Gaya ini terkesan sangat kekanakkan layaknya Decora dan Lolita namun lebih sederhana karena tidak banyak menggunakan aksesoris. Fairy Kei biasanya menggunakan kombinasi warna cerah dan lembut dalam pakaian serta aksesorisnya seperti ungu dan merah muda. Riasan wajah yang digunakan pun lebih sederhana dibanding Lolita. Aksesoris yang sering digunakan adalah boneka kecil, tas boneka yang kawaii, hingga keranjang piknik anyaman dengan renda.

Gambar 2.15 Fairy Kei
Sumber: www.tokyofashion.com
f.    Ura-Hara Kei (1997 - sekarang)
Ura-Harajuku Kei atau Ura-Hara Kei adalah gaya yang berkembang di antara anak-anak muda yang berkumpul di daerah belakang Harajuku, karena itu dinamai Ura-Hara Kei. Gaya fashion Ura-Hara mencerminkan kesan kasual, santai, dan nyaman. Warna yang sering digunakan pada gaya ini adalah warna natural seperti hijau, coklat, abu-abu, hitam, krem, dan navy. Ura-Hara Kei dapat dikombinasikan dengan gaya etnik seperti Bohemian. Para penganut style ini sering menggunakan apapun yang berbahan denim, dan sepatu bersol rendah seperti sneakers.
 pola baju koko anak
Gambar 2.16 Ura-harajuku Kei
Sumber: www.tokyofashion.com
g.    Mori Kei (2008 - sekarang)
Mori kei merupakan gaya street fashion yang memberikan kesan natural dan lebih dekat dengan alam dengan menggunakan warna-warna yang mengingatkan kita pada suasana  hutan yang teduh dan nyaman. “Mori” (森) sendiri dalam bahasa Jepang berarti “hutan”. Sedangkan para pecinta gaya ini disebut “Mori Girl” atau “Gadis Hutan”. Tidak hanya menggunakan warna-warna yang “membumi” seperti warna cokelat tanah, hijau daun, warna kuning jerami, ataupun warna abu-abu; namun bahan yang mereka gunakan sebagai aksesoris maupun pakaian juga bahan-bahan yang bernuansa alam seperti wol, katun, bulu-bulu sintetis, serta bahan anyaman daun-daun, ataupun akar kering untuk topi atau tas. Nyaman, longgar, rajutan, dan berlapis-lapis juga menjadi ciri khas gaya Mori ini. Sebelum Mori Kei populer, di tahun 1970-an di Jepang sebenarnya sudah muncul gaya sejenis yang terinspirasi oleh film-film klasik Barat pada masa itu seperti Anne of Green Gables, The Secret Garden, Rebecca of Sunnybrook Farm, dan Little House on the Prairie; gaya trsebut dikenal denga nama Natural Kei. Unsur vintage pada gaya Natural Kei sangat kenal dan akan langsung mengingatkan kita pada gaya busana orang-orang di pedesaan dan peternakan Amerika. Walaupun cenderung sulit dibedakan dengan Mori Kei, namun jika dibandingkan tetap akan terlihat sedikit perbedaannya. Gaya Mori Kei tetap memadukan unsur modern yang belum ada di tahun 1970-an contohnya ear-muff, boots beludru dan legging, makeup yang digunakan juga lebih terlihat dibandingkan dengan Natural Kei yang seakan tanpa makeup.

Gambar 2.17 Mori-kei
Sumber: www.pinterest.com
2.    Shibuya Style
        Shibuya Style muncul di daerah Shibuya yang berdekatan dengan Harajuku. Shibuya didominasi oleh muda- mudi berusia 20-an. Wanita yang eksis di Shibuya disebut Gals atau Gyaru (ギャル) sedangkan prianya disebut Gyaruo (ギャル男) singkatan dari Gyaru Otoko (Gyaru laki- laki). Shibuya Style memiliki ciri full make-up atau tata rias wajah sempurna, fake for perfect atau menggunakan benda- benda ‘palsu’ seperti wig atau kuku palsu untuk gaya yang sempurna, dan tak ketinggalan barang- barang bermerk terkenal serta gemerlap. Beberapa jenis fashion dalam Shibuya Style, di antaranya :
a.    Kogal (pertengahan hingga akhir 1990-an)
Gaya Kogal umumnya merupakan gaya “anak sekolah” yang terlihat lugu dan manis sekaligus seksi di dalam balutan seragam sekolah yang modis. Sekilas gaya berbusana Kogal mirip dengan Cosplayer Uni-Cos yang memakai seragam sekolah. Namun sebenarnya ada hal yang cukup membedakan, misalnya kaus kaki putih yang longgar atau disebut loose socks, sehingga terkesan kedodoran dan membuat betis mereka terlihat lebih ramping. Warna rambut dan kulit yang kebanyakan sudah “tidak orisinal”, begitu pula dengan mata yang menggunakan lensa kontak berwarna cokelat atau biru (meniru orang barat) dan terkadang juga ditambah dengan bulu mata palsu dan nail art yang girlie. Kogal juga suka dengan barang-barang bermerek impor, seperti tas Louis Vuitton atau Gucci, begitu pula dengan kosmetiknya. Jika kebanyakan anak muda tidak suka berlama-lama dengan seragam sekolahnnya, Kogal justru betah bergaya dengan seragam sekolahnya, hal ini dikearenakan sejak tahun 1980-an hingga puncaknya 1990-an hampir semua sekolah menengan swasta berlomba-lomba membuat seragam paling modis sebagai salah satu daya tarik sekolah mereka.

Gambar 2.18 Kogal
Sumber: www.google.com
b.    Ganguro, Yamanba, dan Sentaa Guy (akhir 1990 an  - sekarang)
Ganguro Gyaru banyak ditemui di Shibuya, mereka bergaya seperti orang Afro-Amerika, dengan kulit yang sangat gelap sdan rambut yang di-bleaching, mereka tampil nyentrik dan selalu tertawa ceria seceria warna-warni elektrik dan perhiasan berwarna emas yang dikenakannya, mereka benar-benar ingin melawan konsep “wanita cantik” yang ada di masyarakatnya. Gaya Ganguro kemudian berevolusi menjadi Manba atau Yamanba. Masih dengan kulit gelapnya, hanya saja kulit hitam tersebut bukan karena dihitamkan di salon lagi, melainkan dengan menggunaka alas bedak warna gelap saja agar terhindar dari kanker kulit. Manba identik dengan warna pink dan eye-shadow putih di sekeliling mata yang lebih lebar bentuknya dibandingkan dengan Ganguro; dan tak ketinggalan gaya Hawaiian mereka yang suka memakai aksen bunga kembang sepatu. Mereka menyukai pria yang juga suka berdandan seperti mereka yaitu para Sentaa Guy atau Sentaa saja.
 
Gambar 2.19 Yamanba (kiri); Sentaa Guy (kanan)
Sumber: www.google.com
c.    Kigurumin (2003 - 2004)
Kigurumin berwajah seperti Manba, namun suka memakai piyama mascot yang berbentuk karakter tertentu atau hewan yang lucu seperti sapi, beruang, atau hamster dan pernak-pernik anak-anak lainnya seperti Decora di Harajuku.
  - cara membuat pola kemeja anak
Gambar 2.20 Kigurumi
Sumber: www.google.com
3.    Akihabara Style
Akihabara Style adalah jenis fashion yang muncul di daerah Akihabara atau Akiba, yang merupakan pusat elektronik, game, dan anime. Akihabara Style juga biasa disebut sebagai AKB Kei, yang mirip dengan nama grup idola Jepang AKB48 yang memang memiliki tempat pusat kegiatan di Akiba bernama AKB Gekijou (Teater AKB). Akihabara yang identik sebagai pusat kegiatan fans anime, manga, dan game pun akhirnya memunculkan beberapa jenis fashion yang menghidupkan imajinasi para fans tadi ke dunia nyata. Akihabara Style memiliki beberapa ciri seperti terinspirasi dari cerita dalam game atau anime, sangat berkarakter, dan memberikan sensasi dunia fantasi bagi pelaku dan orang yang melihat.
Beberapa jenis Akihabara Style, antara lain:
a.    Cosplay (1983 - sekarang)
Kata “Cosplay” atau yang biasanya diucap “kosupure”, merupakan singkatan dari “costume role-play”, sebuah istilah yang diciptakan untuk mengGambar 2.kan budaya yang tumbuh di kalangan anak muda urban Jepang di mana para pelaku Cosplay tersebut berdandan seperti karakter-karakter yang terdapat pada manga, anime, dan video game.

Gambar 2.21 Cosplay Queen Esther dari Trinity Blood oleh Astarohime
Sumber: astarohime.deviantart.com
b.    Uni-cos (Schoolgirl Style, Maid Style, Butler Style)
Uni-cos atau uniform Cosplay adalah Cosplay yang menggunakan kostum seragam yang biasa ditemui di cerita manga/anime/video game (misalnya seragam maid, siswi sekolah, polisi wanita, dan suster), namun karakternya tidak spesifik-berasal dari cerita manga/anime/ video game apa dan siapa nama tokoh karakter yang ditiru tersebut.
 

Gambar 2.22 Uniform Cosplay atau Uni-Cos
Sumber: www.google.com
c.    Kigurumi/ Cosplay Doller/ Animegao
Kigurumi secara umum dapat diartikan sebagai maskot. Semua orang yang berkostum menutupi tubuhnya dari ujung rambut sampai kaki dengan kostum yang mencitrakan karakter atau tokoh-tokoh bisa disebut “kigurumi”, termasuk kelompok kigurumin gals di Shibuya yang memakai piyama berkarakter Pikachu atau Winnie the Pooh.
 - pola dasar kemeja wanita
Gambar 2.23 Kigurumi/ Cosplay Doller
Sumber: www.google.com
2. 2 Konsumerisme
    Soedjatmiko (2007) mengemukakan beberapa teori seputar konsumsi dan perbedaannya dengan konsumerisme. Konsumsi adalah sekumpulan tindakan sosial, budaya, dan ekonomi bersamaan dengan ideologi konsumerisme yang digunakan untuk melegitimasi kapitalisme di mata banyak orang, dan konsumerisme dikatakan sebagai bidang kajian sosiologis yang lebih dari pada konsumsi. Bila konsumsi merupakan sebuat tindakan, konsumerisme merupakan sebuah cara atau gaya hidup. Konsumsi merupakan cermin aksi yang tampak, sedangkan konsumerisme lebih terkait dengan motivasi yang terkandung di dalam aksi tersebut.
    Konsumerisme merupakan dampak secara sosiologis dari tindakan konsumsi. Tindakan konsumsi pada dasarnya dilakukan dengan memanfaatkan nilai guna dalam suatu benda atau jasa yang dibutuhkan. Namun saat ini manusia tidak hanya ditawari apa yang mereka butuhkan, melainkan apa yang mereka inginkan. Oleh karena itu 'keinginan' berubah menjadi 'kebutuhan', yang awalnya hanya sekedar 'ingin' menjadi 'dibutuhkan'. (Soedjatmiko, 2007)
    Masyarakat konsumeris berkembang mulai pada tahun 1980-an, yang awalnya merupakan consumer society berubah menjadi consumer culture. Consumer culture adalah sebuah kondisi di mana konsumsi massa menginfiltrasi setiap hari, tidak hanya pada proses ekonomi, aktivitas sosial, dan struktur keluarga, namun juga pada pemaknaan pengalaman psikologis seperti konstruksi identitas, pembentukan relasi, dan pengkategorisasian peristiwa. Konsumsi mulai memerankan peran sosial formatif fundamental dalam masyarakat modern, dan pada titik ini konsumerisme dapat dibicarakan sebagai gaya hidup. (Soedjatmiko, 2007) - pola baju koko pria dewasa
    Tindakan konsumeris atau konsumsi mempengaruhi konstruksi identitas dan pembentukan relasi dapat dikaitkan dengan teori dari Pierre Bordieu yang mengatakan bahwa konsumsi meliputi tanda, simbol, ide, dan nilai, yang digunakan sebagai cara memisahkan satu kelompok sosial dengan kelompok sosial yang lain. Featherstone mengatakan bahwa tindakan konsumsi secara alami telah memberikan identitas yang tidak melulu terbatas bagi kaum muda dan kaya, melainkan secara potensial berdampak bagi kehidupan setiap orang. Kita dapat menjadi siapapun yang kita inginkan sejauh kita telah siap mengkonsumsi.
    Di dalam tulisannya, Soedjatmiko juga menerjemahkan kalimat dari Baudrillard, bahwa pada masa sekarang ini konsep manusia yang berkecukupan tidak lagi dikelilingi oleh manusia- manusia lain seperti masa lampau, melainkan dikelilingi oleh objek- objek. Budaya konsumerisme membentuk orang yang tidak teratur dalam menggunakan uang, tidak produktif, dan hanya memberikan realisasi palsu pada masyarakat. (Alfitri; 2007)
Mengenai konsumerisme, Terashima (2007) menulis kutipan dari Holt yang meenjelaskan perihal konsumerisme:
消費主義(consumerism)」とは、文化、アイデンティティ、社会生活の構築において消費が中心的な位置を占めるような態度、イデオロギー、消費財との特定の関わり方である(Holt, 2005)。
Diterjemahkan sebagai berikut:
Konsumerisme (consumerism), yang ada pada budaya, identitas, pembangunan kehidupan masyarakat; (konsumerisme yang) seperti menjadi pusat dan menempati posisi utama, berhubungan secara spesifik dengan ideologi dan produk konsumen.
    Chapa (2015) mengemukakan bahwa konsumerisme muncul pertama kali di Eropa Barat sekitar 300 tahun yang lalu, di mana kemunculan gaya hidup konsumerisme ini menjelaskan bahwa meningkatnya kehidupan masyarakat memberikan cerminan betapa pentingnya menambahkan dan menampilkan benda-benda material. Meningkatnya kehidupan konsumerisme masyarakat dipengaruhi oleh hal-hal berikut:
1.    Kemajuan perekonomian
2.    Perluasan perdagangan melalui penjajah yang membawa produk-produk baru
3.    Bangkitnya toko-toko kecil dan perubahan dalam periklanan serta pemasaran seperti iklan cetak
4.    Penolakan doktrin-doktrin keagamaan yang menahan keinginan mengejar kesenangan material
5.    Meningkatnya rasa individualitas
6.    Berkembangnya kota - pola dasar kemeja pria
7.    Hancurnya batas-batas tradisi
Kegiatan konsumerisme ini menjadi ‘sasaran’ kritikan bagi beberapa ahli perekonomian, salah satunya Thorstein Veblen. Veblen dalam Trigg (2001) terlihat mengkritik gaya hidup konsumerisme masyarakat yang mulai marak di masanya. Ia mengatakan bahwa konsumen menghabiskan uangnya bukan untuk memperoleh kegunaan benda pada umumnya, tetapi untuk menciptakan perbandingan karena iri hati dengan tetangga mereka dan untuk menampilkan status melalui perilaku konsumsi yang menonjol. Lagi, Veblen mengemukakan bahwa manusia cenderung bergaya untuk memamerkan dirinya pada publik sekitarnya.
Dalam tulisannya, Veblen juga mengatakan bahwa kegunaan kegiatan konsumsi sebagai bukti dari kekayaan adalah perkembangan yang palsu. Konsumsi yang berlebihan sangat dapat dialami oleh seseorang yang kaya raya. Semakin kaya seseorang, maka pola hidup mewahnya akan semakin terlihat. Seseorang yang kaya dengan memiliki usaha sendiri, tentunya akan mengeluarkan biaya yang lebih besar agar dapat tetap meneruskan usahanya seperti menjamu klien makan makanan mewah di restoran untuk mengambil hati sang klien dan menjauhkannya dari saingan. Namun bukan berarti masyarakat ‘biasa’ kelas menengah tidak melakukan kegiatan konsumerisme. Dalam tulisan yang sama, Veblen mengemukakan istri dari kelas menengah melakukan kegiatan yang bersifat konsumsi, yang terkadang berlebihan, dalam segi barang-barang rumah tangga untuk menjaga nama baik keluarga, meskipun kehidupan keluarganya termasuk ‘tidak kaya’ karena hidup dari pekerjaan industri.
Dandapat (2014) menulis beberapa alasan yang terletak pada benda atau jasa sehingga seseorang mengkonsumsi benda-benda material dan jasa tersebut. Alasannya adalah sebagai berikut :
1.    Penggunaan sehari-hari untuk kelangsungan hidup, contohnya bahan makanan dan peralatan mandi, cuci, dan kakus. Konsumen akan membeli produk yang mereka ‘percaya’, yang telah disahkan mereknya dan efektif dalam segi harga (harga sebanding dengan kuantitas, dan kualitas ada pada tingkatan yang optimal.)
2.    Sebagai kemewahan atau rekreasi, contohnya alat-alat teknis seperti radio dan televisi, kosmetik, gaun, dan sepatu. Konsumen umumnya membeli produk-produk yang mewah (kata mewah bersifat subjektif tergantung kemampuan membeli). Umumnya merupakan pembelian sekali waktu. Konsumen lebih memilih sesuatu yang memiliki nilai yang dirasa tinggi.- pola baju koko anak2 
3.    Untuk menjaga atau meningkatkan standar dalam masyarakat, misalnya mobil, telepon, jam, perhiasan, rumah, furnitur, barang untuk dipamerkan, dan gaun-gaun mahal yang digunakan dalam perkumpulan sosial. Konsumen membeli benda sesuai dengan tren yang ada. Mereka tidak membedakan kegunaan produk yang ada, jika mereka bisa membeli telepon yang mewah (sedang tren) maka mereka akan membelinya, dan mereka juga tidak akan segan mengeluarkan uang untuk membeli mobil mewah yang mahal, karena keduanya adalah barang mewah. Bisa dikatakan bahwa konsumen mencari nilai keindahan estetika dalam barang-barang di atas.
4.    Untuk kepentingan darurat, contohnya obat-obatan dan produk bayi. Konsumen yang membeli produk ini tidak melakukan uji coba (untuk fungsinya) dan sangat dipengaruhi oleh komunikasi dari mulut ke mulut karena mereka percaya bahwa media komunikasi ini memberikan tinjauan produk yang sebenarnya. Untuk segmen ini, khususnya, konsumen berpikir semakin mahal sebuah produk maka kualitasnya akan semakin tinggi.- pola kerah kemeja
    Hal yang dikemukakan oleh Dandapat pada poin nomor 3 (tiga) dapat dikaitkan dengan pernyataan Veblen yang telah ditulis sebelumnya. Dandapat mengatakan seseorang akan tanpa segan-segan membeli sesuatu yang sedang tren dan mewah dengan harga yang mahal untuk meningkatkan standar atau posisi dalam masyarakat. Veblen juga mengemukakan hal yang serupa, di mana seseorang dari kelas menengah biasa melakukan kegiatan yang bersifat konsumerisme untuk menjaga nama baik, baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarganya. Dapat dikatakan bahwa seseorang melakukan tindakan konsumerisme semata untuk menunjang diri mereka dalam hidup bermasyarakat, agar dipandang sejajar atau lebih tinggi posisinya dibanding orang lain.
    Perihal konsumerisme, Stavrakakis (2006) dalam jurnalnya menulis :
“…consumerism is founded on the distortion of real/natural human needs and on the creation and proliferation of ‘false desires.’… that these false desires are stimulated and disseminated through advertising discourse, which sustains the false consciousness required for their acceptance.”
    Diterjemahkan sebagai berikut :
    “…konsumerisme ditemukan dalam penyimpangan kebutuhan-kebutuhan sebenarnya/alami manusia dan dalam pembentukan serta penggandaan dari ‘keinginan palsu’… di mana ‘keinginan palsu’ itu distimulasi dan disebarkan melalui pecakapan (dalam) iklan, membenarkan kesadaran yang salah yang dibutuhkan untuk sambutan mereka.” - cara membuat pola kemeja pria pdf
    Dalam jurnalnya, Stavrakakis menonjolkan bahwa dunia periklanan sangat mempengaruhi perilaku konsumerisme masyarakat saat ini. Stavrakakis juga mengemukakan bahwa sikap konsumerisme membuat masyarakat mengabaikan kebutuhan dasar dan membentuk keinginan palsu atau hasrat sementara.
    McGregor (2003) menjabarkan masyarakat yang bersikap konsumerisme memiliki beberapa karakteristik:
1.    Identitas sebagian besar terbentuk dari benda karena benda memiliki arti.
2.    Masyarakat mengukur kehidupan mereka dengan uang dan kepemilikan benda.
3.    Masyarakat diyakinkan bahwa kegiatan konsumsi merupakan rute yang paling pasti menuju kebahagiaan pribadi, status sosial, dan kesuksesan nasional.
4.    Periklanan, kemasan, dan pemasaran membentuk kebutuhan palsu yang dianggap nyata karena mesin ‘ekonomis’ menjadikan masyarakat merasa inferior dan tidak merasa cukup.
5.    Agar mesin ‘ekonomis’ tetap bergerak, masyarakat harus merasa tidak puas terhadap apa yang telah mereka punya, di mana memang mereka tidak puas. Akibatnya, arti kehidupan seseorang terletak pada penambahan, kepemilikan, dan konsumsi.
    Menurut McGregor, konsumerisme menjadi salah satu sumber dari pelanggaran struktural. Durning dalam McGregor (2003), yang mengatakan bahwa masyarakat yang hidup dalam budaya konsumerisme berusaha untuk memuaskan kebutuhan sosial, emosional dan spiritual dengan benda-benda materiil.
    Suyanto (2013) menuliskan bahwa masyarakat konsumen akan merasa ketinggalan zaman serta rendah diri apa bila tidak memiliki benda keluaran terbaru di masanya. Baudrillard dalam Suyanto (2013) berteori bahwa yang sesungguhnya dikonsumsi masyarakat saat ini bukanlah nilai kegunaan sesungguhnya dari suatu barang atau jasa, melainkan tanda atau citra yang dimaknai masyarakat. Terdapat alasan irasional yang menyebabkan seseorang melakukan konsumerisme, yaitu demi suatu citra yang diperoleh dalam masyarakat (Suyanto; 2013). Masyarakat konsumen cenderung bersedia mengeluarkan uang untuk membiayai penampilan, karena penampilan dapat digunakan sebagai bentuk investasi untuk membangun citra diri. Apalagi, menurut Suyanto (2013), masyarakat konsumer modern saat ini juga diberi kemudahan ketika mereka ingin mengkonsumsi benda namun tidak memiliki cukup uang dalam dompet mereka. Kemudahan tersebut bernama kartu kredit, yang bisa digunakan di mana pun, sampai- sampai di website- website interaktif di internet. Tindakan konsumeris dengan kartu kredit ini akhirnya hanya akan menghasilkan hutang- hutang yang dalam skala besar akan membawa masalah bagi pembuatnya.
    Ditulis pula oleh Suyanto (2013), bahwa masyarakat konsumer saat ini rela mengalokasikan setengah dari penghasilannya atau bahkan lebih, hanya untuk membeli berbagai produk untuk pencitraan dan status sosialnya. Suyanto (2013) mengatakan bahwa saat ini masyarakat sering mengkonsumsi benda- benda kebudayaan populer yang dibuat massal. Oleh karena itu, muncul istilah Konsumsi Sinergistik. Konsumsi Sinergistik adalah gabungan antara kegiatan ‘ketagihan’ melakukan konsumsi dan melakukan aktivitas hobi atau leisure. Kegiatan yang dilakukan antara lain membeli mainan, pakaian atau kostum, membeli dan memainkan game, dan lain sebagainya. Salah satu negara dengan budaya populer yang mempengaruhi sikap Konsumsi Sinergistik ini adalah Jepang, dengan anime, manga, dan game yang mereka pasarkan (Suyanto; 2013).
Suyanto (2013) memberikan pernyataan mengenai pebelian barang dari luar negeri, bahwa seseorang yang memutuskan membeli barang dari luar negeri cenderung bukan karena menginginkan fungsi utama dari benda tersebut, namun karena didorong tujuan- tujuan sosial lain, atau membeli kesan dan citra yang dimiliki benda tersebut yang disebut ersatz atau fungsi kedua (Adorno dalam Suyanto, 2013). Dan lagi, menurut Suyanto (2013), tindakan menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi jual beli merupakan salah satu tindakan gaya hidup konsumeris, di mana masyarakat modern saat ini dengan mudahnya membuat hutang dengan menggunakan kartu kredit untuk membeli benda- benda yang dapat menunjang kegiatan konsumsinya.

 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pola kemeja sekolah anak

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Standar Ukuran Pola Kaos Oblong 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2DOC/2014-2-01051-JP%20Bab2001

0 komentar:

Post a Comment