, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

LIMBAH PLASTIK MENJADI LILIN UNIK BERAROMATERAPI

  

LIMBAH PLASTIK MENJADI LILIN UNIK BERAROMATERAPI

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 LIMBAH PLASTIK MENJADI LILIN UNIK BERAROMATERAPI
fungsi hias kerajinan limbah dan contoh - BidangKegiatan :
PKM – Teknologi


DiusulkanOleh :
Yunan Gumara Yudhistira                    4311413057/2013


UniversitasNegeri Semarang
Semarang
2014

Pengesahan PKM – Teknologi
1.    Judul kegiatan            :  Limbah Plastik Menjadi Lilin
Unik Beraromaterapi
2.    Bidang kegiatan            :  PKM – Teknologi
3.    Ketua pelaksana kegiatan
a.    Nama lengkap        :  Yunan Gumara Yudhistira
b.    NIM                :  4311413057
c.    Jurusan            :  Kimia
d.    Universitas            :  Universitas Negeri Semarang
e.    Alamat rumah/ no. HP    :  jalan manggar no. 182 RT/RW 04/02 Wanarejan utara
Taman, Pemalang. / 08984222264
f.    Alamat email            :  yudhistira5268@gmail.com
4.    Anggota pelaksana kegiatan/penulis :  1 orang
5.    Dosen Pendamping
a.    Namalengkapdangelar    :
b.    NIDN                :
c.    Alamatrumah/no. tel.    :
d.    Biayakegiatan total
a.    Dikti                :  -
b.    Sumber lain            :  -
6.    Jangkawaktupelaksanaan    :  - bulan

Semarang, 20 Mei 2015

Menyetujui                   
KetuaJurusan Kimia                                               KetuaPelaksana


Dra.WoroSumarni, M. Si                             Yunan Gumara Yudhistira
NIP 196507231993032001                       NIM 4311413057



PembantuRektor III                             DosenPendamping
BidangKemahasiswaan


Prof. Dr. Masrukhi, M. Pd               
NIP 19620508198831002                    NIP
DAFTAR ISI

Halaman Sampul.....................................................................................................i
HalamanPengesahan…………………………………………………………….ii
Daftar Isi………………………………………………………………………....iii
Ringkasan…………………………………………………………………………
Pendahuluan
Latar Belakang………………………………………………………………….....
Perumusan Masalah……………………………………………………………….
Tujuan……………………………………………………………………………..
Luaran yang Diharapkan…………………………………………………………..
Manfaat……………………………………………………………………………
Gambaran Umum Rencana Usaha
Karakteristik Bahan Baku…………………………………….…………………...
Kelebihan Produk…………….…………………………………………………...
Perolehan Bahan Baku…………………………………….………………………
Peluang Pasar……………………………………………...………………………
Strategi Pemasaran yang Akan Dilakukan…………………………………..…….
Analisis Pendapatan dan Keuangan……………………………………………….
Uji Kelayakan Produksi…………………………………………………………...
Metode Pelaksanaan Program
Tahap Perencanaan…...……………………………………………………………
Produksi…………………………………………………………………………...
Pasca Produksi…………………………………………………………………...
Biaya dan Jadwal Kegiatan
Rancangan Biaya…………………………………………………………………
Jadwal Pelaksanaan Kegiatan……………………………………………………
DaftarPustaka…………………………………………………………………..
Lampiran……………………………………………………………………….
RINGKASAN
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelahberakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung. Akan tetapi karena dalam kehidupan manusia didefinisikan konsep lingkungan maka sampah dapat dibagi menurut jenis-jenisnya.
Sampah-sampah yang sudah dibuang dianggap sudah tidak berfungsi lagi namun ada banyak cara untuk memanfaatkan limbah sampah-sampah tersebut menjadi sebuah karya manusia yang bisa berfungsi dan bermanfaat.Mengingat banyak manfaat yang akan diperoleh dari pengolahan sampah. Hal inilah yang mendasari pengolahan sampah plastik menjadi paraffin yaitu bahan baku pembuatan lilin. Alat dan bahan yang digunakan dalam pengolahan sampah plastik ini merupakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita dan dapat diambil dari bahan yang sudah tidak terpakai lagi namun masih dapat kita manfaatkan kembali.
Permasalahan yang menjadi prioritas pada program ini adalah: 1. Banyaknya sampah yang dibiarkan menumpuk yang dapat menyebabkan global warming 2. Kurangnya inisiatif untuk mendaur ulang limbah sampah yang menumpuk 3. Banyaknya gangguan kesehatan yang diakibatkan dari limbah plastik yang tidak terurus.
Program ini adalah dapat mengurangi limbah plastik yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan. Dapat menjadikan suatu produk untuk dapat dijadikan sebagai kosumsi publik. Dapat menaikkan nilai ekonomis sampah plastik menjadi nilai ekonomis yang tinggi.











BAB I PENDAHULUAN

Salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup yang sampai saat ini masih tetap menjadi “PR” besar bagi bangsa Indonesia adalah faktor pembuangan limbah sampah plastik. Kantong plastik telah menjadi sampah yang berbahaya dan sulit dikelola.
Diperlukan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk membuat sampah bekas kantong plastik itu benar-benar terurai. Namun yang menjadi persoalan adalah dampak negatif sampah plastik ternyata sebesar fungsinya juga.
Dibutuhkan waktu 1000 tahun agar plastik dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi atau terurai dengan sempurna. Ini adalah sebuah waktu yang sangat lama. Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah.Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi. Kantong plastik juga penyebab banjir, karena menyumbat saluran-saluran air, tanggul. Sehingga mengakibatkan banjir bahkan yang terparah merusak turbin waduk.
Diperkirakan, 500 juta hingga satu miliar kantong plastik digunakan di dunia tiap tahunnya. Jika sampah-sampah ini dibentangkan maka, dapat membukus permukaan bumi setidaknya hingga 10 kali lipat. Begitu fantastisnya sampah plastik yang sudah terlampau menggunung di bumi kita ini. Setiap tahun, sekitar 500 milyar – 1 triliyun kantong plastik digunakan di seluruh dunia.
Diperkirakan setiap orang menghabiskan 170 kantong plastik setiap tahunnya. Lebih dari 17 milyar kantong plastik dibagikan secara gratis oleh supermarket di seluruh dunia setiap tahunnya. Kantong plastik mulai marak digunakan sejak masuknya supermarket di kota-kota besar.
Sejak proses produksi hingga tahap pembuangan, sampah plastik mengemisikan gas rumah kaca ke atmosfer. Kegiatan produksi plastik membutuhkan sekitar 12 juta barel minyak dan 14 juta pohon setiap tahunnya. Proses produksinya sangat tidak hemat energi. Pada tahap pembuangan di lahan penimbunan sampah sampah plastik mengeluarkan gas rumah kaca.(http://bplh.bekasikota.go.id/.2012)
Permasalahan yang menjadi prioritas program ini adalah :
1.    Banyaknya sampah yang dibiarkan menumpuk yang dapat menyebabkan global warming
Sejak proses produksi hingga tahap pembuangan, sampah plastik mengemisikan gas rumah kaca ke atmosfer. Kegiatan produksi plastik membutuhkan sekitar 12 juta barel minyak dan 14 juta pohon setiap tahunnya. Proses produksinya sangat tidak hemat energi. Pada tahap pembuangan di lahan penimbunan sampah sampah plastik mengeluarkan gas rumah kaca. (http://bplh.bekasikota.go.id/.2012)
2.    Kurangnya inisiatif untuk mendaur ulang limbah sampah yang menumpuk
3.    Banyaknya gangguan kesehatan yang diakibatkan dari limbah plastik yang tidak terurus
Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi. (http://bplh.bekasikota.go.id/.2012)
Sampah-sampah yang sudah dibuang dianggap sudah tidak berfungsi lagi namun ada banyak cara untuk memanfaatkan limbah sampah-sampah tersebut menjadi sebuah karya manusia yang bisa berfungsi dan bermanfaat.Mengingat banyak manfaat yang akan diperoleh dari pengolahan sampah. Hal inilah yang mendasari pengolahan sampah plastik menjadi paraffin yaitu bahan baku pembuatan lilin. Alat dan bahan yang digunakan dalam pengolahan sampah plastik ini merupakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita dan dapat diambil dari bahan yang sudah tidak terpakai lagi namun masih dapat kita manfaatkan kembali.

1.    Perumusan Masalah
1.    Bagaiamna cara pemanfaatan sampah menjadi barang yang lebih bernilai ekonomis?
2.    Bagaimana produksi lilin dapat diterima oleh masyarakat?
3.    Bagaimana pola pemasaran hasil produksi?
BAB II TINJAUAN PUSTAKA

1.    Karakteristik bahan baku
Plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Mereka terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan performa atau ekonomi. Ada beberapa polimer alami yang termasuk plastik. Plastik dapat dibentuk menjadi film atau fiber sintetik. Nama ini berasal dari fakta bahwa banyak dari mereka "malleable", memiliki properti keplastikan. Plastik didesain dengan variasi yang sangat banyak dalam properti yang dapat menoleransi panas, keras, "reliency" dan lain-lain. Digabungkan dengan kemampuan adaptasinya, komposisi yang umum dan beratnya yang ringan memastikan plastik digunakan hampir di seluruh bidang industri.
Plastik digolongkan menjadi dua jenis berdasarkan kemudahannya untuk dibentuk ulang, yaitu: Plastik Thermoset (Thermosetting Plastic) dan plastik Thermoplas (Thermoplastic Plastic). Plastik Thermoset biasanya lebih keras, lebih kuat dan tidak mudah larut dalam cairan larut daripada plastik Thermoplas. Contoh plastik yang termasuk Thermoset antara lain adalah Phenolic,Melamine, Epoxy. Sementara contoh plastik Thermoplas antara lain adalah Polietilena, Vynil, Polipropilena, Polikarbonat, Polistyrine, Acrylics, dan Nylon. Di antara jenis-jenis tersebut, plastik jenis Thermoset-lah yang digunakan sebagai bahan pembuat peralatan-peralatan manusia, seperti wadah nasi, peralatan dapur, sendok, dan temasuk wadah kosmetik. Lebih khusus lagi, plastik dengan kode PET (Polyethylene Terephthalate) yang digunakan sebagai bahan pembuatan botol/wadah kosmetik dan sebagainya.(Hamonangan, 2009)
PET (Polyethylene Terephthalate) biasa dipakai untuk botol plastik yang jernih/transparan/tembus pandang seperti botol air kemasan, botol jus, botol minyak goreng, botol kecap, botol sambal, botol obat, botol kosmetik dan gelas plastik (Machfudi, 2010). Mayoritas bahan plastik PET di dunia untuk serat sintetis (sekitar 60%), dalam pertekstilan PET biasa disebut dengan polyester (bahan dasar botol kemasan 30%). Kemasan plastik dengan kode 1-PET direkomendasikan “hanya untuk sekali pakai”. Bila dipakai berulang-ulang, apalagi untuk menyimpan air hangat atau air panas, akan mengakibatkan lapisan polimernya meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Bahan ini juga tidak baik untuk menyimpan makanan serta minuman panas. Panas akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol bermigrasi ke makanan atau minuman. Tingkat daur ulangnya 23%. Contoh lain rantang makanan dan wadah kosmetik (Machfudi, 2010). PETE atau PET (polyethylene terephthalate) biasa dipakai untuk botol plastik tembus pandang/transparan seperti botol air mineral, botol minuman, botol jus, botol minyak goreng, botol kecap, botol sambal, botol obat, dan botol kosmetik dan hampir semua botol minuman lainnya. Untuk pertekstilan, PET digunakan untuk bahan serat sintetis atau lebih dikenal dengan polyester (Anam,dkk, 2011)
Plastik PET (Polyethylene Terephthalate) yang digunakan untuk botol dan kemasan tersebut jika dilelehkan dapat digunakan untuk membuat lilin. Digunakannya plastik PET (Polyethylene Terephthalate) sebagai bahan baku pembuatan lilin, diharapkan dapat mengurangi limbah plastik yang kini diabaikan oleh masyarakat. Dengan mengurangi volume limbah plastik, maka plastik-plastik yang dibuang itu akan menurunkan polusi lingkungan. Di samping itu, pihak produksi plastik jenis PET(Polyethylene Terephthalate) akan dapat mengembangkan produksinya selain mendaur ulang plastik tersebut menjadi kemasan baru, juga dapat memproduksi plastik menjadi lilin.
2.    Kelebihan produk
Saat ini kerajinan dari sampah plastik telah menjadi produk fashion tersendiri yang berasal dari barang daur ulang atau bisa disebut trashion. Trashion ini artinya fashion dari sampah. Dengan menjadi trashion nanti, produk kerajinan daur ulang sampah kering akan bisa dinikmati tidak saja kalangan masyarakat menengah ke bawah tapi juga kalangan menengah atas yang biasanya sangat memperhatikan kualitas produk kerajinan yang akan dibeli.
Produk ini merupakan pengembangan dari pengolahan limbah sampah plastik sebagai produk yang lebih bermanfaat. Keunggulan yang dimiliki produk ini adalah memanfaatkan limbah sampah sebagai sesuatu yang diolah menjadi barang yang bisa dikonsumsi dan dimanfaatkan. Produk utama yang diprodusi adalah lilin berbahan baku dasar sampah plastik. Lilin ini juga memiliki bentuk yang variatif sehingga dapat lebih meningkatkan harga ekonomis.
3.    Perolehan bahan baku
Bahan baku atau bahan dasar dari produk ini diperoleh dari para pemulung sampah plastik dari berbagai daerah di sekitar tempat produksi.

4.    Peluang pasar
Dengan berbagai macam bentuk dan wangi dari lilin ini maka lilin dapat dijadikan sebagai alat penerang maupun hanya sebagai hiasan. Selain itu lilin ini juga dapat  dijadikan sebagai buah tangan. Sehingga lilin ini bisa menarik perhatian masyarakat dan bisa membuka peluang pasar yang cukup besar.

5.    Strategi pemasaran yang akan dilakukan
    Strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk produk lilin ini adalah dengan strategi harga, proses promosi, dan cara distribusi.
1.    Kebijakan Produk
Usaha ini bergerak dalam bidang pembuatan dan penjualan.Jenis produk berupa lilin yang berbahan dasar limbah plastik.
2.    Kebijakan harga
Kami menjual produk dengan harga Rp 30.000 per bungkus yang berisi 7 batang dan jika eceran harganya Rp 5.000 per batang.

3.    Promosi
Secara umum, dalam memasarkan produk yang baru, maka sektor promosi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk yaitu: 
1.    Penyebaran Informasi secara langsung
Penyebaran informasi secara langsung dilakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut. Cara promosi demikian dimulai pada teman-teman kami. Dengan begitu, diharapkan dapat memberi kejelasan produk yang lebih efektif dan setelah itu, diharapkan konsumen akan dapat menyebarkan keunggulan produk kami kepada lebih banyak orang.
2.    Pemberian Informasi secara tidak langsung
Pemberian informasi secara tidak langsung dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan, diantaranya penyebaran brosur dan leaflet, penempelan poster, pemasangan spanduk, dan pemasangan banner produk yang menggambarkan keunggulan produk kami dalam media promosi tersebut secara otomatis juga akan menyertakan nomor telepon untuk memudahkan konsumen yang akan meminta pesanan
3.    Melalui sarana teknologi dan informasi
Semakin berkembangnya teknologi, fasilitas internet semakin mudah didapatkan. Jadi sudah hal yang biasa jika memanfaatkan internet sebagai media promosi. Promosi dapat dilakukan melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Selain itu promosi juga dapat dilakukan melalui broadcast melalui Blackberry Messanger (BBM).
4. Kebijakan distribusi
Cara distribusi yang dapat dilakukan adalah dengan menjualnya secara langsung kepada konsumen. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak seperti toko, pusat oleh-oleh, minimarket juga perlu agar dapat menitipkan produk pada tempat tersebut.

















BAB III METODE PELAKSANAAN PROGRAM

1.    Tahap Perencanaan

1.    Pra Produksi
Hal pertama yang dilakukan pada saat tahap perencanaan yaitu survey pasar yang dilakukan sebagai langkah awal dalam memulai sebuah usaha. Tujuan dilakukannya survei  adalah untuk mengetahui kondisi pasar, minat konsumen, dan perencanaan inovasi lebih lanjut.
Hal kedua yang perlu dilakukan pada saat tahap perencanaan yaitu melakukan studi kelayakan terhadap usaha yang akan dijalankan. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan ini memiliki prospek yang menguntungkan dan memiliki prospek jangka panjang.
1.    Tahap Persiapan
Persiapan yang perlu dilakukan adalah meliputi persiapan dalam pemilihan dan penyediaan tempat serta sarana dan prasarana untk menunjang proses produksi.Persiapan dan pengadaan  bahan baku serta perlengkapan alat-alat untuk langkah awal memulai suatu usaha. Persiapan bahan baku yang lengkap akan memudahkan saat proses produksi.
2.    Tahap Pengadaan Produk
Pembuatan sampel barang diperlukan sebagai langkah awal untuk mengetahui kualitas suatu produk sebelum nantinya dipasarkan dalam jumlah besar. Dalam pembuatan, hal yang perlu dilaksanakan adalah mengetahui gambaran akhir produk, pengemasan produk, keserasian produk dengan objek di lapangan, serta penampilan produk. Sampel yang telah dibuat kemudian dibuat sebagai acuan untuk mengenali selera masyarakat dan dapat dijadikan sebagai tolok ukur produk yang bagaimana yang sesuai dengan selera masyarakat.
2.    Produksi
1.    Tahap pelaksanaan kegiatan
Proses produksi merupakan kegiatan inti dari aktivitas wirausaha, kegiatan produksi memiliki beberapa tahapan, tahapan tersebut meliputi persiapan bahan baku, kegiatan pengolahan  dan pembuatan produk, pengemasan, dan juga pemasaran kepada konsumen.
Kegiatan pengolahan dan pembuatan produk.Alat dan bahan yang digunakan yaitu
1.    sampah plastik jenis PET (Polyethylene Terephthalate)
2.    gelas air mineral 220 ml 440 ml
3.    kaleng biskuit
4.    pipa besi sepanjang 3,5 m
5.    lem besi
6.    tabung gas
7.    cetakan lilin
8.    benang kasur.
Langkah – langkah membuat alat pengubah sampah plastik menjadi parafin yaitu sebagai berikut :
1.    Buatlah pipa besi sepanjang 3,5 m menjadi pipa besi destilasi sederhana.
2.    Buat lubang pada tutup kaleng biskuit dengan ukuran yang sama dengan  diameter pipa besi ± 4 cm
3.    Masukkan sampah plastik kedalam kaleng biskuit
4.    Tutup kaleng dengan tutup yang telah dimodifikasi dengan pipa besi destilasi sederhana.
5.    Alat pengubah sampah plastik menjadi minyak mentah siap digunakan.

Langkah – langkah destilasi
1.    Membersihkan limbah plastik dari kotoran yang menempel karena akan berpengaruh terhadap hasil lilin yang akan didapatkan.
2.    Masuk dan padatkan limbah plastik kedalam kaleng yang telah disiapkan untuk proses destilasi
3.    Masukkam limbah plastik ke dalam kaleng biskuit dan padatkan sehingga ruang diantara biskuit tidak ada.
4.    Panaskan selama 45 menit sehingga limbah plastik tersebut meleleh dan akan berubah menjadi gas dan akan menghasilkan minyak
5.    Setelah pemanasan tersebut akan menghasilkan zat sisa yaitu parafin yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan lilin.
6.    Tuangkan cairan parafin dan aromaterapi kedalam cetakan yang telah disiapkan, kemudian dinginkan sekitar 1 jam untuk memastikan lilin tersebut benar-benar telah kering.
Kegiatan produksi selanjutnya adalah pemasaran. Pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting karena dengan pemasaran, produk yang dihasilkan dapat dipasarkan kepada konsumen. Pemasaran dapat dikatakan berhasil ketika terdapat suatu strategi pemasaran yang efektif dan menarik konsumen, misalnya melalui mekanisme penentuan segmentasi pasar dan pemasaran melalui media-media sosial yang atraktif dan dapat menarik konsumen. Pemasaran juga harus memperhatikan segmentasi konsumen dan segmentasi lokasi pemasaran, kegiatan promosi dan kegiatan perluasan usaha atau pangsa pasar.
Promosi dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Hal ini dilakukan dengan membuat pamflet-pamflet yang di design  dengan sedemikian rupa dan berisi informasi tentang gambaran produk, penawaran barang dan harga,  cara pemesanan, diskon yang diberikan kepada pelanggan serta mengenai lokasi penjualan produk. Sasaran pamflet  ini adalah tempat-tempat umum yang potensial untuk dikunjungi banyak orang, seperti pasar, alun-alun kota, kantor-kantor pemerintah, lembaga pendidikan, dan pada tempat-tempat strategis misalnya di daerah perempatan atau pertigaan jalan raya yang sering dilalui oleh banyak orang.
3.    Pasca Produksi
Tahapan akhir yang dilakukan adalah kegiatan pelaporan yang berada pada tahap pasca produksi. Tahap pelaporan berisikan laporan data kegiatan mulai dari tahap pasca produksi dan tahap produksi dengan durasi waktu tertentu. Tahap pelaporan ditujukan untuk mengetahui rangkaian kegiatan usaha dan keuntungan yang didapat, sehingga diperoleh data yang akurat sebagai bahan evaluasi.






BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
1.    Rancangan Biaya
Rancangan biaya untuk program ini tertera pada tabel di bawah ini.
Tabel Rancangan Biaya Program
1.    Peralatan penunjang
No    Nama Barang    Harga (Rp)    Jumlah    Satuan    Total harga (Rp)
1.    gelas air mineral 220 mL    5.000    30    Buah    150.000
2.    gelas air mineral 440 mL    8.000    30    Buah    240.000
3.    Kaleng biskuit    2.000    30    Buah    60.000
4.    Pipa besi    25.000    30    Buah    750.000
5.    Kompor gas    500.000    3    Buah    1.500.000
6.    Cetakan lilin    5.000    40    Buah    200.000
7.    Gunting    5.000    15    Buah    75.000
8.    Baskom    10.000    20    Buah    200.000
TOTAL    3.175.000

2.    Bahan habis pakai
No    Nama Barang    Harga (Rp)    Jumlah    Satuan    Total Harga (Rp)
1.    Sampah plastik    5.000    100    Kg    500.000
2.    Lem besi    10.000    30    Buah    300.000
3.    Tabung gas    50.000    5    Buah    250.000
4.    Benang kasur    2.000    10    bendel    20.000
5.    Plastik    15.000    10    Pak    150.000
6.    Aromaterapi    25.000    20    botol    500.000
TOTAL    1.720.000

3.    Perjalanan
Material    Kuantitas    Biaya (Rp)    Jumlah (Rp)
Survei bahan di sekitar Semarang     Pp x 2 orang    20.000    80.000
Membeli bahan di sekitar Semarang     Pp x 2 orang    20.000    80.000
Membeli peralatan penunjang    Pp x 2 orang    20.000    80.000
TOTAL    240.000

2.     Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan  PKM ini direncanakan berlangsung 5 bulan. Rencana program ini tertera pada tabel dibawah ini :
Tabel Rencana Jadwal Pelaksanaan Program
No    Jenis Kegiatan    Bulan 1    Bulan 2    Bulan 3    Bulan 4    Bulan 5
        1    2    3    4    1    2    3    4    1    2    3    4    1    2    3    4    1    2    3    4
1.    Pengumpulan bahan baku    √    √                                                                       
2.    Pembelian alat            √    √                                                               
3.    Pembelian Bahan            √    √                                                               
4.    Riset Pasar                    √    √                                                       
5.    Proses Produksi (pembuatan bahan)                            √    √    √    √    √    √    √    √                       
6.    Pembuatan banner                                                            √    √               
7.    Promosi                                                                    √    √       
8.    Penyerahan laporan                                                                            √    √









DAFTAR PUSTAKA


http://id.wikipedia.org/wiki/Plastik 2014
http://id.wikipedia.org/wiki/Sampah 2014
http://bplh.bekasikota.go.id/read/82/bahaya-sampah-plastik-bagi-lingkungan-dan-kesehatan 2012
http://goldgenerations.blogspot.com/2013/09/pemanfaatan-limbah-plastik-di_20.html 2013
http://nikoenvironment.blogspot.com/p/toko-pemanfaatan-limbah-kertas-pkm-k.html
Anam, Khoirul, dkk. 2010 . Makalah Pengetahuan lingkungan Plastik, (online), (http://www.scribd.com/doc/31788396/makalah-fungsi-dan-tanda-pada-bahan-plastik). Diakses tanggal 10 September 2014.
 Hartanto, Frans. 2010. Kreasi Lilin Hias .(online), (http://keramik88.com/kreasi-lilin-hias/mengatasi-masalah-pembuatan-lilin-hias.html). Diakses tanggal 12 September 2014.
 Hamonangan. 2009. Jenis Plastik, Penggunaannya dalam Kehidupan, dan Penanganannya, (online), (http://www.scribd.com/doc/16150835/Karya-Tulis-Ilmiah-Monang). Diakses tanggal 9 Februari 2011.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  fungsi hias kerajinan limbah dan contoh

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Search Result for keyword rah University of Malang Digital Library 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : uap.unnes.ac.id/pkm-bidikmisi/936393241

0 komentar:

Post a Comment