Rose Felt Tutorial


Rose Felt Tutorial

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Rose Felt Tutorial


Halo, manteman…. :cutesmile:

Hari Minggu ini saya udah berencana untuk ngambil foto tutorial membuat “Rose Felt”. Saya udah pernah bikin tutorial ini sebelumnya dan ada di blog saya yang lama. Sekarang blog-nya udah dihapus dan saya pun pindahan ke blog ini. Tutorial ini saya tulis ulang. Fotonya pun saya ambil ulang karena di tutorial yang lama, fotonya masih kurang bagus dan kurang jelas.

Baiklah.

Ini yang harus disiapkan:

Ini yang harus disiapkan:
IMG_2918edit
BAHAN DAN ALAT:
1. Kain flanel (felt) dengan warna kesukaan kamu untuk bunganya. Saya suka warna pink, jadi saya pakai warna pink yang agak terang.
2. Kain flanel hijau lumut untuk membungkus jepitan tik-tok dan juga untuk daun.
3. Benang sewarna kain flanel yang digunakan.
4. Jarum jahit.
5. Pensil.
6. Gunting.
7. Jepitan tik-tok.
8. Lem tembak (glue gun).
CARA MEMBUAT:
LANGKAH 1
IMG_2921edit
Buat lingkaran dengan diameter 7-8 cm di atas kain flanel. Saya menggunakan pudding cup plastik untuk membuat lingkarannya. Buat empat buah lingkaran.
IMG_2926edit
Setelah itu, gunting dan belah potong menjadi dua bagian.
LANGKAH 2
IMG_2928edit
Jahit jelujur sisi yang lurus. Pastikan benang yang digunakan warnanya sama agar kelihatan rapi.
IMG_2930edit
Setelah selesai, jangan matikan jahitan. Tarik perlahan benang untuk membuat kerutan. Setelah itu baru matikan benang dan gunting.
IMG_2940edit
Kelopaknya akan tampak seperti gambar di atas. Kita akan membuat satu buah mawar yang memiliki delapan kelopak.
LANGKAH 3
IMG_2944edit
Ambil satu kelopak, gulung dan pastikan gulungannya padat.
IMG_2946edit
Bagian ini akan kita gunakan untuk bagian tengah bunga mawarnya. Pastikan bagian bawah kelopaknya rapi agar mudah menjahitnya nanti.
IMG_2951edit
Tusuk bagian bawah kelopaknya, seperti gambar di atas…
IMG_2953edit
…lalu buat simpul mati. Pastikan simpulnya kuat.
IMG_2955edit
Ambil satu kelopak lagi, letakkan menyelubungi kelopak yang pertama.
IMG_2957edit
Tusuk bagian bawah kelopak, satukan dengan simpul mati.
IMG_2958edit
Pastikan juga kelopak yang pertama ikut ditusuk.
IMG_2961edit
Ambil satu kelopak lagi dan lakukan hal yang sama.
IMG_2963edit
Buat simpul mati di bagian ujung-ujung kelopaknya.
IMG_2966edit
Kalau sudah, kuncup mawar ini akan kelihatan seperti gambar di atas.
IMG_2969edit
Ambil satu kelopak lagi, lakukan hal yang sama. Ketika meletakkan kelopaknya, atur agar terlihat seimbang dan cantik. Pastikan setiap ujung bawah disatukan dengan simpul mati yang kuat.
IMG_2972edit
Selama proses ini, tidak perlu memotong benangnya. Kalau sudah selesai, bagian bawah bunga mawarnya akan kelihatan seperti gambar di atas. Agak berantakan emang…. :D
IMG_2975edit
Bagian atas bunga mawarnya akan kelihatan seperti gambar di atas.
Bisa gak sih kita menggantikan jahitan dan simpul mati itu dengan lem tembak?
Jawab:
Selama ini, saya belum pernah membuat mawar ini dengan menggunakan lem tembak. Selalu dengan cara dijahit seperti ini. Tapi manteman bisa mencoba membuatnya dengan lem tembak. Mungkin hasilnya akan sama saja.
LANGKAH 4
IMG_2980edit
Sekarang kita akan membuat jepitannya. Ambil jepitan tik-tok dan jiplak pinggirannya di kertas tebal.
IMG_2982edit
Setelah itu potong tapi sisakan sedikit bagian untuk jahitannya nanti.
IMG_2984edit
Tempelkan pola tadi di atas kain flanel, lalu gunting. Buat dua buah.
LANGKAH 5
IMG_2986edit
Manteman lihat kan, kain flanelnya lebih besar daripada jepitannya. Tandai ujung dalam jepitan, lalu gunting sedikit.
IMG_2988edit
Masukkan bagian jepitan tik-tok yang kecil, seperti terlihat pada gambar di atas.
IMG_2989edit
Kalau dari depan, kelihatannya seperti gambar di atas.
IMG_2992edit
Ambil satu kain flanel hijau lagi, lalu tempelkan dan mulailah menyatukannya dengan tusuk feston.
IMG_2994edit
Kalau sudah selesai, akan terlihat seperti gambar di atas.
LANGKAH 6
IMG_3000edit
Buat satu buah daun dari kain flanel hijau, lalu satukan dengan mawar dan jepitannya. Urutannya seperti gambar di atas. Saya menggunakan lem tembak untuk menyatukannya.
IMG_2998edit


Selesai deh jepitan tik-tok mawar yang cantik ini.

Selain untuk jepitan rambut, mawar flanel ini bisa untuk banyak hal lain: bros, gantungan kunci, aplikasi di kerajinan flanel yang kamu buat.

Gampang kan, membuatnya? :cutesmile:

Semoga bermanfaat ya, manteman.


buka mesin jahit : http://deliciouscraft.com/2013/08/rose-felt-tutorial/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.