PROLISAN (PRODUK LIMBAH SANDAL) PEMANFAATAN LIMBAH PABRIK SANDAL SEBAGAI KERAJINAN YANG MEMILIKI NILAI JUAL

PROLISAN  (PRODUK LIMBAH SANDAL) PEMANFAATAN LIMBAH PABRIK SANDAL SEBAGAI KERAJINAN YANG MEMILIKI NILAI JUAL

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
PROLISAN  (PRODUK LIMBAH SANDAL) PEMANFAATAN LIMBAH PABRIK SANDAL SEBAGAI KERAJINAN YANG MEMILIKI NILAI JUAL


produk limbah - Ringkasan

Prolisan  merupakan suatu hasil pemanfaatan limbah sandal dari pabrik yang diolah menjadi hasil karya tangan yang memiliki nilai jual. Karya yang dapat dibuat dari limbah sandal antara lain gantungan kunci dari spons sandal yang berbentuk replika sandal kecil, gantungan karakter kartun, pas foto. Selain ramah lingkungan, Prolisanik  akan sangat bermanfaat bagi berbagai pihak diantaranya yaitu menguntungkan produsen sandal karena dapat mengurangi limbah sandal yang tidak terpakai, mahasiswa yang memanfaatkan limbah sandal  untuk dijadikan prolisan akan mendapatkan penghasilan tambahan dan dapat dapat  mengisi waktu luangnya dengan kegiatan positif dan produktif, prolisan juga dapat dijadikan alternatif baru di pasar untuk dipilih pembeli karena belum banyak produk-produk souvenir berupa  gantungan atau pas foto yang terbuat dari bahan dasar sandal. Keunggulan produk Prolisan diantaranya ramah lingkungan karena merupakan produk pemanfaatan limbah, unik, dan dapat dibuat sesuai dengan keinginan dari pemesan.
Target yang diharapkan dengan adanya Prolisan yaitu berdirinya unit usaha kecil rumahan yang dikelola mahasiswa dengan memproduksi bermacam-macam hasil karya tangan dengan bahan dasar limbah sandal, yang nantinya usaha tersebut akan berkembang dan menjadi tambahan uang saku untuk mupun untuk dijadikan usaha mahasiswa kedepannya. Untuk mencapainya, diperlukan kretivitas dalam pembuatan Prolisan, Promosi dan pemasaran produk. Pemasaran dilakukan melalui penitipan ditoko-toko accesories maupun secara langsung. Pemasaran akan dilakukan memasang spanduk secara permanen di lokasi produksi dan dikoperasi mahasiswa Universitan Negeri Semarang yang akan dijadikan sasaran tempat penjualan. Selain itu juga ditawarkan secara langsung kepada konsumen dalam jumlah sedikit maupun banyak.

Keywords : Prolisan, unik, mahasiswa, pemasaran.




BAB I
PENDAHULUAN


1.1 LATAR BELAKANG

    Di Indonesia limbah merupakan momok yang sangat besar terutama limbah yang tidak dapat diuraikan oleh mikro organisme yang dalam penguraiaannya membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan, contohnya pencemaran lingkungan terutama pencemaran pada air yang pada akhirnya menyebabkan banjir disaat musim penghujan tiba. Limbah yang tidak dapat diuraikan tersebut antara lain: limbah plastik,limbah kaleng, dan akhir-akhir ini muncul limbah sandal yang berasal dari bahan dasar karet.
    Semakin banyak jumlah pengangguran masyarakat di Indonesia maka semakin banyak pula muncul berbagai industri-industri rumah tangga yang dapat menyerap banyak penganguran yang mewabah di Indonesia. Misalkan limbah sandal,limbah pabrik sandal  dipandang oleh masyarakat sebagai bahan yang sudah tidak bisa dimanfaatkan, sehingga untuk memaksimalkan pemanfaatan yang memiliki nilai jual tinggi, diperlukan kreatifitas dalam membentuk kerajinan tangan tersebut. Atas dasar hal tersebut, maka muncullah gagasan untuk memanfaatkan limbah sandal yang tidak dimanfaatkan menjadi lebih bermanfaat.   
    Dalam proses pembuatan kerajinan tangan berbahan limbah pabrik sandal sangatlah mudah dan sederhana, sehingga dapat dengan mudah diproduksi dalam jumlah yang banyak. Selama ini limbah pabrik sandal hanya dibuang atau dibakar karena dianggap sudah tidak bermanfaat,padahal limbah pabrik sandal mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi seperti souvenir, bingkai foto, dan lain - lain.
 Salah satu upaya untuk mencapai hal tersebut ialah dengan memberikan sentuhan pada sisi bentuk (form),penampilan(style), dan promosi (promotion).
    Mahasiswa merupakan  insan yang telah dibekali dengan ilmu pengetahuan dan kreatifitas yang tinggi untuk menciptakan sesuatu. Selama menjalankan studi di universitas, perlu dikembangkan jiwa kreatif dan produktif untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan. Orientasi pekerjaan yang akan dituju mahasiswa setelah lulus kuliah tidak hanya menjadi pegawai negeri sipil atau pegawai swasta namun bagaimana menciptakan peluang usaha untuk membuka lapangan pekerjaan. Dalam melakukan usaha, perlu dirintis mulai dari sekarang supaya setelah lulus tidak menjadi pengangguran. Sebagai insan akademis, mahasiswa masih mempunyai semangat yang besar dalam mengembangkan dirinya khususnya dalam berwirausaha. Sehingga kegiatan berwirausaha mampu menjadikan mahasiswa peka dalam menaggapi peluang usaha yang ada serta meningkatkan ketrampilan dan kemampuan mereka dalam berwirausaha, dalam hal ini usaha pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar limbah pabrik sandal.

1.2RUMUSAN MASALAH

    Masalah yang muncul adalah sebagai berikut:
1.     “Apakah usaha limbah sandal dapat menjadi peluang usaha yang baik?”
2.    “Apakah usaha limbah sandal mampu menghasilkan tambahan kepada mahasiswa dengan memanfaatkan potensi yang ada di luar daerah?”

1.3 TUJUAN

Tujuan dari program ini antara lain:
1.    Untuk mewujudkan peningkatan derajat limbah pabrik sandal serta terwujudnya mitra usaha dalam pengembangan produk ”kerajinan tangan berbasis limbah pabrik sandal”.
2.    Mengingat masih minimnya kerajinan dengan bahan dasar limbah sandal merupakan alternatif yang mudah dalam pemasaran dan menguntungkan untuk menambah penghasilan bagi mahasiswa dan masyarakat.

1.4 LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran yang diharapkan dari program ini adalah :
1.     Produk kerajinan tangan berbahan dasar limbah pabrik sandal beraneka ragam.
2.     Unit usaha pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar limbah pabrik sandal.

1.5 KEGUNAAN
Kegunaan dari program penelitian ini antara lain :
1.    Melatih jiwa kewirausahaan mahasiswa secara profesional.
2.    Meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam menghadapi masalah yang ada dan pemberian solusi didalam berwirausaha.  
3.    Mengasah mahasiswa untuk mencari peluang berwirausaha.
4.    Menambah penghasilan mahasiswa melalui unit usaha yang dikelolanya.
5.    Meningkatkan derajat limbah pabrik sandal sebagai bahan yang bermanfaat sehingga mempunyai nilai jual tinggi.



BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

2.1    Gambaran Umum Rencana Usaha

    Tempat disekitar pabrik limbah sandal merupakan tempat yang mudah untuk memperoleh limbah sandal, karena setiap harinya pabrik tersebut selalu membuang limbah sandalnya dalam jumlah yang banyak, maka dari itu untuk membantu proses pemusnahan limbah sandal yang hanya akan di bakar maka limbah tersebut dapat di olah untuk di jadikan sebuah barang yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Selain itu juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan baik pada tanh maupun air.
    Proses pemanfaatan limbah sandal ini sangatlah mudah baik dari segi pengumpulan bahan, peralatan–peralatan yang digunakan, hingga pada proses pembuatannya. Dalam pengumpulan bahan di golongkan masih dapat di golongkan mudah karena limbah ini masih jarang di manfaatkan oleh masyarakat, peralatan–peralatan yang digunakan dapat dijumpai di toko– toko terdekat, sedangkan untuk proses pembuatannya dari awal hingga akhir hanya membutuhkan ketelitian  saat  proses pengeleman dan pemotongannya.
    Kini limbah sandal yang berbahan dasar karet tidak akan lagi berada di tempat sampah untuk di bakar, melainkan akan dijadikan sebuah hiasan di rumah-rumah, sehingga rumah akan terlihat menjadi lebih baik.
    Bahan yang digunakan dalam pembuatan souvenir antara lain:
a.    Limbah pabrik sandal (Spon sandal)    e. Manik-manik
b.    Lem spon                     f. Selang ukuran kecil
c.    Tali pelangi                g. Bensin
d.    Rantai ukuran kecil
Alat yang digunakan antara lain:
a.    Gunting                d. Silet
b.    Pena                    e. Kuas
c.    Penggaris                    f. Mesin penghalus spon
    Bahan yang digunakan dalam pembuatan bingkai foto antara lain:
a.    Limbah pabrik sandal(Spon sandal)
b.    Lem spon
c.    Tali pelangi
d.    Manik-manik
e.    Kaca
Alat yang digunakan antara lain:
a.    Gunting                    d. Penggaris
b.    Silet                    e. Kuas
c.    Pena                    f. Mesin penghalus spons
BAB III
METODE PELAKSANAAN

3.1    Persiapan Peralatan dan bahan
Bahan baku yang di ambil dari pabrik sandal berupa sisa pembuatan sandal yaitu potongan–potongan spon yang sudah tidak terpakai lagi. Potongan–potongan spon dibeli dengan harga yang relatif murah dari pabrik sandal di daerah Purwodadi Grobogan, Jawa Tengah. Untuk tali pelangi, manik–manik, rantai ukuran kecil, kawat gantungan kunci dapat dibeli di pasar sedangkan  lem, spon,bensin, selang ukuran kecil dapat dibeli ditoko terdekat dan Semua peralatan dapat dibeli di pasar.

3.2    Proses Produksi
Proses pembuatan souvenir (gantungan kunci berupa replika sandal):
    Pemotongan dan membuat pola
Potongan spon di beri pola sesuai dengan keinginan dalam hal ini yaitu replika sandal. Potongan spon yang sudah berpola dipotong sesuai pola yang diinginkan (replika sandal). Untuk tali replika sandal potong spon dengan panjang 10 cm dan lebar 5 mm.gunting potongan–potongan  lembaran sol sandal sesuai pola (sol ini sebagai lapisan bawah).
    Pengeleman
Ambil 2 spon yang sudah berpola kemudian di lem menggunakan lem spon (2 spon ini berfungsi sebagai lapisan atas).
Masukkan 2 tali berukuran 10 cm x 5 mm kedalam selang pendek dan sisakan tali di setiap ujungnya. Setiap ujung tali replika sandal di masukkan pada pola replika sandal yang sudah di beri lubang kemudian di lem dengan lem spon,selanjutnya sol sandal yang telah di potong sesuai pola kita lekatkan dengan lapisan atas tadi.
    Penghalusan
    Replika sandal yang sudah jadi dihaluskan dengan menggunakan mesin penghalus spon, pada bagian yang ingin dihaluskan.
    Penghiasan
        Replika sandal yang sudah di haluskan agar lebih menarik  di beri manik – manik sesuai selera dan kreatifitas.
    Pemberian Gantungan Kunci
    Pada pangkal sandal dilubangi untuk di beri benang, rantai, dan kawat.


    Pembersihan
    Jika sudah selesai pemberian hiasan dan tempat gantungan kuncinya kemudian dibersihkan menggunakan bensin.
    Pengemasan
Setelah proses pembersihan dilanjutkan proses pengemasan. Dalam proses ini produk yang telah jadi kita kemas kedalam plastik kemudian kita beri label kertas pada bagian atas kemasan sebagai promosi produk.
Proses pembuatan bingkai foto:
    Pemotongan dan membuat pola
Potong spon sandal dengan ukuran 15cm x 3cm sebanyak 2 buah dan 13cm x 3cm sebanyak 2 buah, lalu buat potongan spon yang berukuran 19cm x 15cm kemudian  potong tiga sisi yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran 9cm x 13cm untuk memasukkan foto.
    Pengeleman
Lekatkan setiap dua ujung spon yang berukuran 15cmx3cm dan 13cmx3cm sehingga membentuk persegi panjang dengan lubang persegi panjang di tengahnya, kemudian lekatkan ke spon yang berukuran 19cm x 15cm dengan diberi kaca yang ukurannya disesuaikan bentuk lubangnya.
    Penghiasan
Dalam pembuatan bingkai foto ini dapat kita hias dengan menggunakan spon tipis yang berwarna-warni, tali pelangi, manik-manik yaitu dengan cara menempelkan sesuai dengan yang kita inginkan.

3.3    Pemasaran
Pemasaran dilakukan melalui penitipan ditoko-toko accesories maupun secara langsung. Pemasaran juga direncanakan akan dilakukan di koperasi mahasiswa di Universitas Negeri Semarang.
Promosi dilakukan dengan memasang spanduk secara permanen di lokasi produksi dan dikoperasi mahasiswa yang akan dijadikan sasaran tempat penjualan. Selain itu juga ditawarkan secara langsung.










BAB IV
JADWAL KEGIATAN


4.1  JADWAL KEGIATAN

No.    Kegiatan    Bulan
        1    2    3    4
1    Survei serta persiapan peralatan dan bahan                                                               
2    Proses Produksi                                                               
3    Promosi                                                               
4    Pemasaran                                                               
5    Penyusunan Laporan                                                               

4.2     RANCANGAN BIAYA
4.2.1 Biaya habis pakai


JADWAL KEGIATAN

No.
Kegiatan
Bulan
1
2
3
4
1
Survei serta persiapan peralatan dan bahan
















2
Proses Produksi
















3
Promosi
















4
Pemasaran
















5
Penyusunan Laporan

















4.2   RANCANGAN BIAYA
4.2.1 Biaya habis pakai
No
Nama Barang
Satuan
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Jumlah
(Rp)
1
Spon sandal
Kg
100
10.000
1.000.000
2
Spon sandal warna - warni
Lembar
50
20.000
1.000.000
3
Tali Pelangi
Meter
30
1.000
30.000
4
Kaca
Meter
10
11.000
110.000
5
Manik – manik
Pack
10
10.000
100.000
6
Kawat
Biji
500
200
100.000
7
Rantai
Meter
10
3.000
30.000
8
Selang Kecil
Meter
10
600
6.000
9
Plastik pembungkus
pack
10
5.000
50.000
10
Kertas pengepak
Lembar
60
300
18.000
11
Lem
Gram
1000
100
100.000
12
Bensin
Liter
10
4.500
45.000
13
Sewa tempat
bulan
4
200.000
800.000
14
Pajak listrik perbulan
bulan
4
30.000
120.000
Total biaya
3.337.000






No
Nama Barang
Satuan
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Jumlah
(Rp)
1
Gunting
Unit
3
5.000
25.000
2
Penggaris
Unit
3
4.000
12.000
3
Cutter
Unit
3
10.000
30.000
4
Kuas
Unit
3
5.000
15.000
5
Etalase penjualan
Unit
20
100.000
400.000
6
Mesin Penghalus
Unit
2
2.000.000
4.000.000
7
Staples
Unit
3
7.000
21.000
8
Meja kerja
Unit
2
200.000
400.000
9
Kursi
Unit
2
50.000
100.000
10
Tikar
Lembar
4
100.000
400.000
Total biaya
5.403.000

4.3

Lain-lain




No
Keterangan
Satuan
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Jumlah
(Rp)
1
Evaluasi & laporan
1 kali
1
500.000
500.000
2
Promosi
1 kali
1
400.000
400.000
3
Dokumentasi
1 kali
1
100.000
100.000
Total biaya
1.000.000











Total biaya PKM
No
Keterangan
Jumlah
(Rp)
1
Biaya habis pakai
3.337.000
2
Peralatan penunjang PKM
5.403.000
3
Lain-lain
1.000.000
Total biaya
9.740.000





 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  produk limbah

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang new gear : mesin neci highspeed typical 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : uap.unnes.ac.id/pkm-bidikmisi/527877675

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.