PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

 

 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
   PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)


pengertian ragam hias murni - DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs...........
Mata Pelajaran     : Seni Budaya
Kelas / Semester    : VII (1) / 1
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar*    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
SENI RUPA
1.    Mengapresiasi Karya Seni Rupa
  
1.1. Mengindentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat









       
•    Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setepat
•    Mengidentifikasi beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat.
   
SENI RUPA     
2.     Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
    2.1.    Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat



        •    Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis
•    Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat   
    2.2.    Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
        •    Membuat disain benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
•    Menentukan ukuran, bahan dan teknik pembuatan benda pakai
   
    2.3.    Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat        •    Membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik  seni kriya daerah setempat.
•    Membuat  hiasan pada benda pakai dengan  corak seni rupa daerah setempat
   
SENI MUSIK      
3.Mengapresiasi karya seni musik
    3.1 Mengindentifikasi jenis lagu daerah setempat





        •    Mengidentifikasi jenis lagu   daerah setempat
•    Menyebutkan jenis alat musik yang diperdengarkan
•    Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama,tempo nada dan dinamika lagu daerah setempat
   
    3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat
        •    Mampu menyebutkan keunikan yang ada pada lagu  daerah setempat
•    Membedakan keunikan lagu etnik daerah dan  lagu POP daerah setempat
   
SENI MUSIK     
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
    4.1.    Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat










        •     menyanyikan lagu daerah setempat
•    Menjelaskan prosedur mengaransir lagu
•     mengaransir secara sederhana dengan memperhatikan elemen-elemen musik pada lagu
•    Mengaransir lagu etnik daerah setempat dalam dua suara
•    Mendemonstrasikan alat musik ritmis dengan lagu yang telah diaransir
   
    4.2.    Menampilkan hasil aranse men karya lagu daerah setempat
        •    menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat  secara perorangan atau kelompok
•    Menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat dengan menggunakan berbagai alat musik
   
SENI TARI
5.  Mengapresiasi karya seni tari   
5.1    Mengindentifi-kasi jenis karya seni tari tunggal daerah setempat







        •    Mengidentifikasikan jenis karya seni tari tunggal daerah setempat
•    Mengungkapkan kesan secara lisan tentang keuni
•    kan seni  tari tunggal daerah setempat
•    Menyebutkan fungsi tari tunggal dalam masyarakat daerah setempat
•    Membuat tanggapan tertulis tentang jenis karya seni tari tunggal daerah setempat
   
    5.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal daerah setempat
        •    Mendeskripsikan beragam bentuk Tari Tunggal daerah setempat
•    Menyebutkan nama-nama tari tunggal daerah setempat
•    Menyebutkan unsur-unsur Tari Tunggal daerah setempat
   
SENI TARI
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari   
6.1.    Mengeksplorasi pola lantai gerak dari tari tunggal daerah setempat


       
•    Mencari bentuk pola lantai Tari Tunggal daerah setempat
•    Menemukan pola lantai gerak berdasarkan ragam gerak tari tunggal  daerah setempat
   
    6.2.    Memeragakan tari tunggal daerah setempat
        •    Menyajikan bentukTari Tunggal daerah setempat sesuai dengan iringannya
   
SENI TEATER
7. Mengapresiasi karya seni teater   
1.1.    Mengidentifikasi jenis karya seni teater dae- ah setempat
       
•    Menyebutkan unsur-unsur seni pertunjukan
•    Mendeskripsikan karya seni teater daerah setempat sesuai dengan fungsinya
   
    1.2.    Menampil kan sikap apre- siatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setem pat        •    Membuat sinopsis dari karya seni teater daerah setempat yang dilihat
•    Menyebutkan keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat
   
SENI TEATER
8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater   
8.1.    Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara
       
•    Melakukan teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara
   

    8.2.    Merancang pertunjukan teater daerah setempat
        •    Membuat rencana pertunjukan teater daerah setempat
   
    8.3.    Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater
        •    Melakukan prinsip kerjasama dalam berteater
•    Menampilkan karya  teater dari daerah setempat di kelas
   
Jumlah   

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs……………



(__________________________)
NIP/NIK : .................................        ………..,………………  20 …….
Guru Mapel Seni Budaya



(_______________________)
NIP/NIK : .................................




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs...........
Mata Pelajaran     : Seni Budaya
Kelas / Semester    : VII (1) / 2
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar*    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
SENI RUPA                                            9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa    
9.1    Mengindetifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
       
•    Mengidentifikasi  karya seni rupa terapan daerah setempat.
•    Mendiskripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasarkan teknik pembuatannya
   
    9.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
        •    Membuat tanggapan tertulis dalam bentuk kliping tentang keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
   
SENI RUPA     
   10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa   
10.1.    Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
       
•    Membuat sketsa gambar topeng
•    Menggambar bentuk topeng dari daerah setempat
   
    10.2.    Membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat
        •    Membuat topeng dengan teknik dan corak daerah setempat
   
    10.3.    Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
        •    Merancang pameran karya seni rupa buatan sendiri di kelas
   
    10.4.    Menata karya seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
        •    Melaksanakan pameran karya seni rupa dua dan tiga dimensi buatan sendiri maupun orang lain di kelas atau sekolah
   
SENI MUSIK
   11. Mengapresiasi karya seni musik    11.1.    Mengindentifikasi ragam jenis musik daerah





        •    mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik dari tokoh daerah setempat
•     menyebutkan nama alat musik pengiring
   
    11.2.    Menunjukan  sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat
        •    Mempresentasikan keunikan lagu daerah setempat
•    Mengidentifikasi ciri-ciri lagu daerah setempat
   
SENI MUSIK    
 12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik    12.1.    1 Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat





        •    menyanyikan lagu daerah setempat
•     mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
•    Mengaransir lagu yang berbeda secara kelompok
   
    12.2.    Menyajikan karya seni musik daerah setem pat secara perseo- rangan dan berkelompok di kelas
        •     menyajikan hasil aransemen karya musik daerah setempat
•    Menyajikan hasil aransemen secara kelompok  dan perorangan
   
SENI TARI
 13.  Mengapresiasi karya seni tari    13.1.    Mengindentifi- kasi jenis karya seni tari berpasangan/ kelompok daerah setempat









        •    Menyebutkan nama berbagai tari berpasangan/kelompok daerah setempat
•    Mengelompokkan ragam gerak seni tari berpasangan/kelompok daerah setempat
•    Menjelaskan ragam  tari berpasangan/ kelompok dari daerah setempat
   
    13.2.    menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari berpasangan/ kelompok daerah setempat
        •    Mengungkapkan rasa/kesan tentang tari berpasangan/kelompok daerah setempat
•    Membuat catatan keunikan tari berpasangan/kelompok daerah setempat   
SENI TARI
14.   Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
   
14.1.    Mengeksplorasi pola lantai gerak dari tari berpasangan/ kelompok daerah setempat
       
•    Mencari pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok dari daerah setempat
•    Menuliskan pola lantai gerak tari
•    berpasangan/kelompok daerah setempat
•    Memeragakan pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok dari daerah
   
               
    14.2.    Memeragakan tari tunggal dan berpasangan/ kelompok daerah setempat        •    Menarikan tari berpasangan/kelompok dari daerah sesuai dengan iringan
   
SENI TEATER
15.  Mengapresiasi karya seni teater
   
15.1.    Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat



       
•    Menyebutkan beragam jenis karya seni teater daerah setempat
•    Menunjukan beragam gaya seni teater daerah setempat
   
    15.2.    Menunjukkan  sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat
       
•    Menyebutkan bentuk penyajian karya seni teater daerah setempat
•    Mengungkapkan tanggapan terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat
   
SENI TEATER
16.  Mengekspresikan diri melalui karya seni teater
   
16.1.    Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara
       
•    Melakukan teknik olah tubuh, olah pikir dan olah suara
   
    16.2.    Merancang pertunjukan teater daerah setempat        •    Membuat rencana pertunjukan teater daerah setempat
   
    16.3.    Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
        •    Melakukan latihan teater sesuai dengan tema dan peran masing-masing
   
    16.4.    Menyiapkan pertunjukan teater daerah setempat di sekolah        •    Melakukan persiapan untuk pertunjukan teater daerah setempat di sekolah
   
    16.5.    Menggelar pertunjukan teater daerah setempat di sekolah        •    Menampilkan karya  teater dari daerah setempat.
   
Jumlah           

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…………………



(__________________________)
NIP/NIK : .................................        …….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Seni Budaya



(_______________________)
NIP/NIK : .................................




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs...........
Mata Pelajaran     : Seni Budaya.
Kelas / Semester    : VIII (2) / 1
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar*    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
SENI RUPA
1. Mengapresiasi  karya seni rupa   
1.1.    Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara




        •    Menunjukkan keanekaragaman jenis, bahan dan teknik pembuatan tekstil nusantara,
•    Mampu mendeskripsikan makna dan fungsi Tekstils  nusantara
   
    1.2.    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
        •    Membuat kliping tentang karya seni tekstil Nusantara
•    Membuat  tanggapan tertulis tentang keunikan  gagasan, corak ragam hias, bahan dasar dan teknik karya seni Tekstil nusantara
   
SENI RUPA   
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa    2.1    Merancang karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara



        •    Membuat bentuk-bentuk ragam hias dan corak karya tekstil Nusantara
•    Membuat rancangan karya seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara
   
    2.2    Membuat karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara



        •    Menhayati proses penataan pola ragam hias tekstil
•    Mampu berkreasi dalam menata pola ragam hias tekstil pada permukaan kain.
   
    2.3    Mengekspresikan diri melalui  karya seni lukis/gambar
        •    Membuat gambar ilustrasi
   
SENI MUSIK
3 Mengapresiasi karya seni musik
    3.1    Mengidentifikasi  jenis lagu Nusantara







        •    Mmenyebutkan jenis lagu daerah Nusantara / lagu wajib Nasional
•    Mengidentifikasi ciri dari lagu Nusantara beserta tokohnya
•    Mendiskripsikan fungsi sosial lagu daerah Nusantara
   
    3.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu Nusantara
        •    Menuliskan/mengutarakan keunikan /keindahan dan pesan dari lagu  yang didengar
   
SENI MUSIK
  4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik    4.1    Mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel

        •    Menyusun melodi dari alat musik pengiring dalam aransemen lagu
•    Menyusun interval, akor pada sangkar nada
   
    4.2    Menampilkan hasil aransemen lagu etnik Nusantara dalam bentuk ansambel        •    Mampu mengaransir lagu etnik nusantara dalam bentuk ansambe
•    Memainkan hasik aransemen lagu etnik Nusantaral
•    Menampilkan hasil aransemen dalam bentuk ansambel
   
SENI TARI
5.  Mengapresiasikan karya seni tari    5.1 Mengidentifi kasi  jenis karya seni tari tunggal  Nusantara









        •    Mengidentifikasi beragam jenis karya seni tari tunggal nusantara
•    Mengidentifikasi bentuk, tema, fungsi dan makna karya seni tari nusantara
•    Mengungkapkan kesan dan pesan secara lisan tentang tari tunggal Nusantara
   
    5.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal Nusantara        •    Mendiskripsikan tentang beragam jenis, bentuk,tema, fungsi dan makna seni tari tunggal nusantara
•    Menyebutkan fungsi tari tunggal Nusantara dalam masyarakat
   
SENI TARI                                       6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari




    6.1    Mengeksplorasi pola lantai gerak tari tunggal Nusantara





   







    •    Mencari pola lantai  tari Nusantara
•    Menuliskan pola lantai tari tunggal Nusantara
•    Memeragakan pola lantai tari ntunggal Nusantara
•    Memilih salah satu tari tunggal Nusantara
•    Menarikan tari tunggal Nusantara sesuai dengan iringan.
    








    6.2    Memeragakan tari tunggal Nusantara
        •    Menyajikan bentukTari Tunggal daerah nusantara sesuai dengan iringannya
   

SENI TEATER
7. Mengapresiasi karya seni teater    7.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni teater Nusantara








        •    Menyebutkan        beragam pertunjukan seni teater Nusantara
•    Menunjukan beragam ciri khas teater dari beberapa daerah di Nusantara
•    Mengindetifikasi unsur dan ciri khas berdasarkan  teater  Nusantara yang ditonton
   
    7.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater Nusantara
        •    Memberikan penilaian terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater Nusantara   
SENI TEATER                                    8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater    8.1    Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
        •    Menemukan teknik lanjutan  olah tubuh, suara dan olah pikir   
    8.2    Merancang pertunjukan teater Nusantara
        •    Membuat rancangan naskah teater Nusantara   
    8.3    Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater


        •    Melakukan casting/pe milihan peran sesuai karakter peran
•    Melakukan latihan teater berdasarkan kelompok
   
    8.4    Menggelar pertunjukan teater Nusantara        •    Mempergelarkan karya teater Nusantara yang telah disiapkan
   
Jumlah           


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…………………



(__________________________)
NIP/NIK : .................................        …….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Seni Budaya



(_______________________)
NIP/NIK : .................................






PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs...........
Mata Pelajaran     : Seni Budaya
Kelas / Semester    : VIII (2) / 2
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar*    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
SENI RUPA
9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa   
9.1Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara









       
•    Mengidentifikasi beragam jenis karya seni rupa terapan Nusantara.
•    Mengidentifikasi bentuk dan teknik pembuatan beragam karya seni rupa terapan Nusantara.
   
    9.2Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
        •    Mendiskripsikan beragam jenis,bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan Nusantara dalam bentuk kliping
   
SENI RUPA       
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa    10.1  Membuat  karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara



        •    Membuat benda pakai dan  dengan teknik celup- rintang ( batik jumputan atau tutup celup) dengan mengambil unsur-unsur seni rupa Nusantara
   
    10.2    Mengekspresi-kan diri melalui karya seni grafis




        •    Membuat benda pakai dan atau benda hias dengan teknik sablon  mengambil corak seni rupa terapan Nusantara 
   
    10.3  Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah

        •    Membuat rancangan pameran meliputi jadwal, tempat, perlengkapan dan jumlah karya hasil karya sendiri
   
    10.4  Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah        •    Memamerkan hasil karya sendiri di kelas
   
SENI MUSIK
11.  Mengapresiasi karya seni musik
    11.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni musik tradisional Nusantara











        •    Mampu menyebutkan beragam karya musik Nusantara sesuai dengan intrumen musik yang digunakan
•    Mengidentifikasi jenis alat musik nusantara
•    Mendiskripsikan sumber bunyi dari jenis alat musi
•    Menyanyikan 1 lagu nusantara
   
    11.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni musik tradisional Nusantara
        •    Mampu mengungkapkan rasa/kesan dalam bentuk lisan dan tulisan terhadap seniman/penulis lagu berdasarkan karya musik yang diperdengarkan
•    Mengidentifikasi keunikan dari fungsi sosial musik etnik Nusantara
   
SENI MUSIK
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik    12.1 Mengaransir secara sederhana lagu tradisi Nusantara








12.2 Menyiapkan seni musik tradisional Nusantara  untukdisajikan secara perseorangan dan kelompok di kelas atau sekolah

12.3 Menyajikan karya seni musik tradisional Nusantara  secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau sekolah        •    Mampu mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara
•    Mampu menyusun seni pergelaran kelas
•    Mengaransir lagu tradisional Nusantara lengkap dengan elemen dan alat yang digunakan
•    Mampu membuat perencanaan pementasan di dalam kelas dengan uraian tugas yang tepat
•    Memainkan hasil aransemen

•    Mampu menyajikan karya musik  secara perorangan dan kelompok dikelas atau sekolah
   
SENI TARI
14.   Mengekspresikan diri melalui karya seni tari   
14.1 Mengeksplora- si pola lantai gerak tari berpasangan/ kelompok Nusantara


       
•    Mendiskusikan hasil penemuan pola lantai berpasangan/ berkelompok
•    Melakukan uji coba penemuan pola lantai
   
    14.2 Menyiapkan pementasan tari berpasangan/ kelompok Nusantara

        •    Merencanakan penampilan tari dalam kelas/ sekolah secara berpasangan/kelompok.
   
    14.3 Mementaskan tari berpasangan/ kelompok Nusantara
        •    Menampilakan karya tari dengan tata rias,  properti dan busana sesuai dengan iringan.
   
SENI TEATER
15. Mengapresiasi karya seni tater   
15.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni teater Nusantara
       
•    Menunjukan unsur tema, isi dan struktur cerita untuk lakon drama.
   
    15.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara setempat
        •    Menyebutkan peran penyutradaraan dalam menciptakan struktur penyajian teater.
•    Menentukan unsur-unsur dramatis dalm lakon yang disusun
•    Menyebutkan hal-hal positif yang dapat dijadikan contoh kehidupan dari keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
   
SENI TEATER
16.Mengekspresikan diri melalui karya seni teater    16.1 Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
16.2  Merancang pertunjukan teater Nusantara
16.3  Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
16.4  Menyiapkan pertunjukan teater Nusantara di sekolah
16.5  Menggelar pertunjukan  teater Nusantara di sekolah        •    Melakukan teknik lanjutan olah tubuh, olah pikir dan olah suara
•    Menetukan lakon/cerita sederhana yang sesuai
•    Menyusun sebuah rencana pertunjukan teater Nusantara
•    Menentukan pilihan peran (casting) sesuai lakon yang dipilih
•    Mengadaptasi karakter sesuai peran yang dipilih
•    Melakukan latihan sesuai lakon/peran
•    Mempergelarkan secara sederhana permainan peran sesuai konteks cerita.
   
Jumlah           



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…………………



(__________________________)
NIP/NIK : .................................        …….…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Seni Budaya



(_______________________)
NIP/NIK : .................................




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs...........
Mata Pelajaran     : Seni Budaya
Kelas / Semester    : IX (3) / 1
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar*    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
SENI RUPA
   1. Mengapresiasi karya seni rupa    1.1    Mengidentifikasi seni rupa murni yang diciptakan di daerah setempat



        •    Mengidentifikasi beragam  karya seni rupa murni daerah setempat
•    Mengkaji perkembangan seni rupa murni daerah setempat.
   
    1.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah setempat

        •    Mendeskripsikan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa murni daerah setempat
•    Membuat tanggap an  tentang karya seni rupa murni  daerah setempat   
SENI RUPA
   2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa   
2.1    Memilih unsur seni rupa Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni

       
•    Membuat rancangan/ gambar desain  karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara.
   
    2.2    Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembang kan dari unsur seni rupa Nusantara
        •    Membuat  karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara
    
SENI MUSIK
3. Mengapresiasi  karya seni musik    3.1. Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia










        •    Menyebutkan jenis  musik mancanegara yang diperdengarkan
•    Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur dari musik mancanegara
•    Menyimpulkan fungsi sosial , sejarah musik mancanegara
   
    3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia.
        •    Menemukan informasi tentang komponis mancanegara di Asia
•    Menyebutkan karya komponis dan aliran musiknya
•    Menuliskan keunikan  dan pesan dari musik
•    Menuliskan keistimewaan dari komponis mancanegara di Asia
   
SENI MUSIK
   4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik    4.1 Mengaransir lagu mancanegara di Asia







        •    menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu dalam aransemen lagu
•     menentukan alat musik pengiring dari musik mancanegara
•     mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara   
    4.2 Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia
        •    memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia   
SENI TARI
5. Mengapresiasi karya seni tari    5.1    Mengidentifikasi karya seni tari mancanegara di Asia












        •    Mengidentifikasi tentang karya tari mancanegara di Asia
•    Menuliskan unsur budaya khas dari tari asia.
•    Mengkaji perkembangan seni tari mancanegara di Asia
•    Menuliskan keunikan/keindahan dan pesan dari pertunjukan tari yang ditonton   
    5.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari Mancanegara di Asia

        •    Mendeskripsikan keunikan gagasan dari karya seni tari mancanegara di Asia
•    Membuat tanggapan tentang karya seni tari mancanegara di Asia   
SENI TARI
6. Mengekspresikani diri melalui karya seni tari    6.1    Mengeksplorasi gerak tari kreasi berdasarkan tari mancanegara di Asia

        •    Mengeksplorasi gerak tari berdasarkan ide kreatif manca negara di Asia
   
    6.2    Menampilkan tari kreasi mancanegara di Asia
        •    Menyusun gerak berdasarkan ide kreatif tari manca- negara di Asia
•    Menyajikan tari kreasi manca negara secara kelompok di kelas/sekolah   
SENI TEATER
   7. Mengapresiasi karya seni teater    7.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni teater tradisional dan modern mancanegara di Asia




        •    Menyebutkan ciri-ciri teater tradisi onal dan modern mancanegara di Asia
•    Menyebutkan elemen/unsur-unsur pendukung pementasan teater tradisi nusantara dan teater modern.   
    7.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater mancanegara di mancanegar        •    Membuat catatan tertulis terhadap keunikan dan pesan moral seni teater manca negara di Asia   
SENI TEATER
 8. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater    81  Merancang pertunjukan teater kreatif dengan mengolah unsur teater daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara di Asia

8.2 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
        •    Menemukan gagasan/tema cerita
•    Menyusun naskah teater kreatif sesuai kaidah yang ada
•    Menyusun staf produksi
•    Membuat rancangan kostum
•    Membuat rancangan tata rias
•    Membuat setting panggung   
Jumlah           


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…………………



(__________________________)
NIP/NIK : .................................        …….……..,………………  20 …….
Guru Mapel Seni Budaya



(_______________________)
NIP/NIK : .................................





PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs...........
Mata Pelajaran     : Seni Budaya
Kelas / Semester    : IX (3) / 2
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar*    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
SENI RUPA
9. Mengapresiasi karya seni rupa    9.1.   Mengidentifikasi karya seni rupa murni yang dicipta- kan di Indonesia
        •    Mengidentifikasi beragam  karya seni rupa murni dua dan tiga dimensi Indonesia
   
     9.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa murni Indonesia        •    Mendeskripsikan  karya seni rupa murni Indonesia dari segi bahan, teknik dan latar belakang pembuatan, seniman penciptanya dan sebagainya
•    Menanggapi keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni Indonesia
   
SENI RUPA   
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa    10.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia
        •    Membuat karya seni rupa murni dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantra dan mancanegara di luar Asia



   
    10.2. Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau di luar sekolah

        •    Menyiapkan karya seni rupa untuk pameran




   
    10.3 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran di sekolah atau diluar sekolah        •    Mengorganisir pelaksanaan pameran karya seni rupa
•    Membuat laporan pelaksanaan pameran
   
SENI MUSIK
 11 . Mengapresiasi karya seni musik    11.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni musik mancanegara di luar Asia





        •    mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik dari tokoh mancanegara
•    Mampu menyebutkan nama alat musik pengiring
•    Mengidentifikasi alat musik berdasarkan sumber bunyinya
   
    11..2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni musik mancanegara di luar Asia
        •    Menyebutkan  keunikan lagu /musik mancanegara
•    Mengidentifikasi ciri-ciri dari jenis musik yang didengar
•    Mengidentifikasi fungsi sosial musik mancanegara
   
SENI MUSIK
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik    12.1  Mengaransir lagu mancanegara di luar Asia




        •    mengaransir lagu pop mancanegara
•    Membuat  karya aransemen berdasarkan pengembangan gagasan kreatif secara perorangan /kelompok
   
    12.2    Menyiapkan karya seni musik mancanegara untuk disajikan secara perorangan dan berkelompok di kelas atau sekolah.
        •    Membuat perencanaan pergelaran di kelas
•    Menyanyikan/menampilkan lagu pop  mancanegara



   
    12.3 Menampilkank-arya seni musik mancanegar secara perorangan dan kelompok dikelas atau di sekolah
        •    Memainkan dalam bentuk ansambel.
   
SENI TARI
13. Mengapresiasi karya seni tari    13.1  Mengidentifi-kasi jenis karya seni tari mancanegara di luat Asia

        •    Mengidentifikasi beragam tari mancanegara
•    Menuliskan unsur budaya khas dari tari di luar Asia
   
    13.2  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari mancanegara di luar Asia
        •    Membuat koleksi kliping tari manca -negara di luar Asia
•    Menuliskan keunikan/keindahan dan pesan dari tari yang dipertunjukkan
•    Menuliskan pendapat pribadi tentang tari yang dipertunjukkan   
SENI TARI
 14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari    14.1  Mengekplorasi gerak tari kreasi berdasarkan tari mancanegara


         •    Mengeksplorasi gerak tari berdasarkan ide kreatif tari manca negara
•    Menyusun gerak berdasarkan ide kreatif tari manca negara   
    14.2 Menciptakan tari kreasi berdasarkan tari mancanegara


        •    Menentukan tema
•    Menentukan jenis tari
•    Menentukan bentuk tari
•    Menyusun gerak tari
•    Mencari iringan tari   
    14.3 Menyiapkan pertunjukan tari di sekolah


        •    Membuat perencanaan pergelaran tari kelompok di dalam kelas/sekolah
•    Menyusun program dan kepanitiaan pergelaran tari
   
    14.4 Menggelar pertunujkan tari di sekolah
        •    Menyajikan tari kreasi mancane  gara secara kelompok di kelas/ sekolah   
SENI TEATER
   15. Mengapresiasi karya seni teater    15.1 Mengidentifikasi  jenis karya seni teater tradisional dan  modern mancanegara di luar Asia



        •    Mengidentifikasi jenisi teater mancanegara di luar Asia
•    Membandingkan ciri-ciri teater tradisional dan modern mancanegara di luar Asia
   
    15.2  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  dan pesan moral seni teater mancanegara di luar Asia        •    Mempresentasikan keunikan dan pesan moral  dari pertunjukan teater mancanegara di luar Asia   
SENI TEATER
16. Mengekspresikan diri melalui karya seni teater    16.11 Merancang pertunjukan  teater kreatif dengan mengolah unsur teater daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara di luar Asia
16.2  Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
16.3  Menyiapkan pertunjukan karya teater kreatif di sekolah
16.4  Menggelar pertunjukan karya teater kreatif yang diciptakan di sekolah        •    Membuat disaian pertunjukan teater
•    Memerankan karakter sesuai peran.
•    Mengadakan latihan bersama
•    Melakukan persiapan untuk pertunjukan teater
•    Mementaskan teater nusantara.
•    Menilai pagelaran dari berbagai aspek setelah selesai pementasan   
Jumlah           


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…………………



(__________________________)
NIP/NIK : .................................        …….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Seni Budaya



(_______________________)
NIP/NIK : .................................









Mata Pelajaran
KETERAMPILAN 


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs...........
Mata Pelajaran     : Keterampilan
Kelas / Semester    : VII (1) / 1
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar*    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
Aspek    : Kerajinan
1. Mengapresiasi Benda kerajinan    1.1.Memahami keterampilan teknis pada produk benda kerajinan

        1.Menjelaskan pengertian keterampilan kerajinan dan benda kerajinan
2.Menjelaskan fungsi kerajinan
3.Mendeskripsikan jenis kerajinan
4.Membedakan berbagai Macam teknik dalam membuat kerajinan    
    1.2.Mengapresiasi unsur esteKeterampilana pada produk benda kerajinan        1.Mendeskripsikan pengertian esteKeterampilana.
2.Menentukan nilai esteKeterampilana pada produk kerajinan.
3.Menjelaskan fungsi esteKeterampilana dalam produk kerajinan   
2. Membuat benda kerajinan    2.1.Merencana-kan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong, dan rekat.
        1. Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan untuk fungsi pakai /hias berbahan alami maupun buatan  dengan teknik lipat, potong dan rekat.
2. Menentukan alokasi   biaya produksi untuk pembuatan benda kerajinan  berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong, dan rekat
1. Merencanakan 
   pembuatan sketsa
   pra disain.
2.   PrakKeterampilan membuat pra disain    
    2.2.Mendesain benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias bahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat        1. PrakKeterampilanmembuat desain dan gambar kerja   
    2.3.Membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potog, bentuk dan rekat        1. Menjelaskan jenis peralatan dan bahan untuk pembuatan benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
2.Membuat benda \  
  kerajinan sesuai
  prosedur kerja   
    2.4.Membuat kemasan benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias dengan sentuhan esteKeterampilana sehingga siap dipamerkan atau dijual
        1.    Membuat desain kemasan
2.    Menjelskan peralatan dan bahan sesuai dengan fungsinya.
3.    Membuat kemasan karya  benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias dengan sentuhan esteKeterampilana.
4.    Memamerkan dan menjual karya benda kerajinan  berbahan lunak dengan teknik lipat, potong dan rekat   
Aspek    : teknologi
3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa    3.1.Memahami fungsi dan keterampilan teknis pada produk alat penerangan dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai)        1.    Menjelaskan pengertian peralatan yang menggunakan listrik arus lemah (baterai)
2.    Mendeskripsikan jenis dan fungsi peralatan yang menggunakan  listrik arus lemah (baterai)
3.    Menjelaskan teknik merangkai komponen pembuatan alat penerangan dengan menggunakan listrik arus lemah  (baterai)   
    3.2.Mengapresiasi keterampilan teknik pada produk alat penerangan yang manggunakan  listrik arus lemah (baterai)        1. Mendeskripsikan berbagai teknik pembuatan produk penerangan yang menggunakan listrik arus lemah (baterai)   
4. Menciptakan karya teknologi rekayasa    4.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penerangan yang menggunakan listrik arus lemah (baterai)!        1. Membuat gambar/skema  rangkaian alat penerangan yang menggunakan  listrik arus lemah (baterai)
2. Menyiapkan komponen dan alat seusai kebutuhan skema rangkaian alat penerangan yang menggunakan  listrik arus lemah (baterai)
   
    4.2.Membuat alat penerangan yang menggunakan  listrik arus lemah (baterai)!        1. Membuat/ merangkai  komponen alat penerangan yang menggunakan  listrik arus lemah (baterai) sesuai desain/skema
2. Melakukan uji coba kelayakan : rangkaian alat penerangan yang menggunakan  listrik arus lemah (baterai)   
5. Mengapresiasi karya teknologi budidaya    5.1. Mengenal produk hewan unggas petelur        1. Menjelaskan pengertian budidaya unggas petelur
2. Membedakan jenis unggas
3. Menjelaskan fungsi budidaya hewan unggas petelur   
    5.2. Mengapresi-asi produk hewan uggas petelur        1. Mendeskripsikan berbagai teknik pembudidayaan unggas petelur   
6. Menyusun rencana pemeliharaan dan perawatan hewan unggas petelur    6.1 Menyusun rencana pemeliharaan dan perawatan hewan unggas petelur
        1.  Membuat perencanaan pemeliharaan unggas petelur
2.  Memilih jenis unggas yang unggul
3.  Menyiapkan tempat dan perawatan unggas yang baik   
    6.2 Memelihara dan merawat hewan unggas petelur.        4. PrakKeterampilan pemeli haraan dan perawatan   
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan    7.1. Mengenal produk manisan buah basah dan kemasannya dari segi cita rasa, esteKeterampilana, dan keterampilan teknik baik lisan maupun tertulis        1. Menjelaskan pengertian pembuatan manisan basah
2. Menjelaskan fungsi pengawetan manisan basah
3. Mendeskripsikan jenis peralatan pembuatan manisan buah basah
4. Mendeskripsikan berbagai teknik pembuatan produk manisan
    buah basah   
    7.2. Mengapresi-asi produk manisan buah basah dan kemasannya dari segi cita rasa, esteKeterampilana, dan fungsinya baik lisan maupun tertulis        1. Menghargai produk manisan basah dari segi esteKeterampilana dan cita rasa
2. Menjelaskan syarat syarat pembuatan kemasan yang baik   
8. Menerapkan teknologi karya pengolahan manisan basah    8.1. Merencana-kan prosedur kerja pembuatan manisan basah dari bahan nabati        1. Merencanakan pembuatan manisan basah dari bahan nabati
2. Menentukan alokasi biaya untuk produksi manisan basah bahan nabati   
    8.2. Membuat produk manisan basah dari bahan nabati sesuai dengan prosedur kerja yang disusun        1. PrakKeterampilan membuat manisan basah seusai perencanaan   
    8.3. Membuat kemasan produk manisan basah siap dipamerkan dan dijual        1. Menyajikan manisan dalam pameran dan menjualnya   
Jumlah   

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs……………



(__________________________)
NIP :        ………..,………………  20 …….
Guru Mapel Keterampilan



(_______________________)
NIP :




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs...........
Mata Pelajaran     : Keterampilan
Kelas / Semester    : VII (1) / 2
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar*    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
Aspek     : Kerajinan
9. Mengapresiasi benda kerajinan    9.1. Mengenal berbagai produk kerajinan yang menggunakan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak.
        1. Menjelaskan pengertian butsir, pijit, pilin, dan cetak.
2. Mendeskripsikan jenis dan fungsi peralatan butsir, pijit, pilin,  dan cetak.
3. Mendeskripsikan berbagai bentuk produk  kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak   
    9.2.Mengapresiasikan keterampilan teknis pada kerajinan yang menggunakan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak            Mengkritisi hasil karya teman dan membandingkan dengan karya sendiri   
10. Membuat benda kerajinan    10.1.Merencana-kan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak.
        1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan dari bahan lunak dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak.
   
    10.2. Mendesain produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak dengan ragam hias tradisional, manca negara maupun modifikasinya        2.Membuat desain dan gambar kerja kerajinan bahan lunak dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak.
   
    10.3.Membuat produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak
        1.Praktik membuat kerajinan sesuai desain yang dibuat dimulai dari penyiapan bahan sampai barang jadi.
   
    10.4. Membuat kemasan produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin, dan cetak sehinggga siap dipamerkan dan dijual.            Membuat kemasan produk yang sesuai desain dan indah
    Memamerkan dan menjual produk kerajinan dengan teknik butsir, pijit, pilin dan cetak dengan kemasan yang layak jual   
Aspek     : teknologi
11. Mengapresiasi benda karya teknologi rekayasa    11.1.Mengenal alat/produk yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai)        1. Menuliskan pengertian jenis, dan fungsi produk teknologi rekayasa dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai).
2. Mengidentifi-kasi alat dan komponen alat yang dapat menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai).
3. Membedakan jenis dan fungsi komponen alat yang dapat menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai).   
12. Menciptakan benda karya teknologi rekayasa    12.1. Merenca-nakan prosedur kerja pembuatan alat yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai).
            Membuat perenencanaan karya dalam bentuk skema rangkaian produk alat yang dapat menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai).
    Merangkai produk sesuai skema rangkaian dengan tenaga baterai   
    12.2.Membuat alat yang menimbulkan suara dengan menggunakan listrik arus lemah (baterai)            Melakukan uji kelayakan produk.
    Membuat kemasan produk yang aman dan menarik   
13. Mengapresiasi karya teknologi budidaya pembibitan hewan unggas    13.1. Mengenal bibit hewan unggas
            Mendeskripsikan pengertian, jenis, fungsi pembibitan hewan unggas
    Memilih jenis      unggas yang bermutu
    Mengamati dan mendeskripsikan kandang pembibitan hewan unggas.   
    13.2. Mengapresiasi keterampilan teknis pembibitan hewan unggas            Mendeskripsikan cara pembibitan dan pemeliharaan  unggas   
14. Menerapkan teknologi budidaya pembibitan unggas    14.1. Menyusun perencanaan pemeliharaan bibit hewan unggas.
            Membuat perencaan pemeliharaan dan pembibitan unggas.
    Praktik kelompok membuat tempat pembibitan hewan unggas.
    Praktik pembibitan hewan unggas   
    14.2. Memelihara bibit hewan unggas            Praktik pemeliharaan dan perawatan bibit hewan unggas   
15. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan manisan kering    15.1.Mengenal manisan kering dan kemasannya
            Menjelaskan  pengertian manisan kering.
    Menjelaskan jenis peralatan dan bahan pembuatan manisan kering.
    Menjelaskan fungsi pembuatan manisan kering   
    15.2.Mengapresiasikan keterampilan teknis pembuatan manisan kering.            Mendeskripsikan pembuatan manisan kering untuk menentukan kualitas dan rasanya.   
16. Menerapkan teknologi pengolahan bahan nabati      16.1. Merencana-kan prosedur kerja pembuatan manisan kering dari bahan nabati..

16. 2. Membuatan manisan kering dari bahan nabati.



16.3. Membuat kemasan untuk manisan kering yang siap dipamerkan dan dijual.
        1. Merencanakan pembuatan manisan kering dari bahan nabati.


2. Membuat manisan kering dari bahan nabati sesuai pilihan siswa secara kelompok.

3. Membuat kemasan manisan kering  yang layak, higenis, dan menarik.
   
Jumlah           


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…………………



(__________________________)
NIP :        …..,……………………  20 …….
Guru Mapel Keterampilan.



(_______________________)
NIP :



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs...........
Mata Pelajaran     : Keterampilan.
Kelas / Semester    : VIII (2) / 1
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar*    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
Aspek     : Kerajinan
1. Mengapresiasi kerajinan jahit dan sulam    1.1.Mengenal berbagai produk kerajinan jahit dan sulam












1.2.Mengapresiasikan produk kerajinan jahit dan sulam        1. Menjelaskan perbedaan pengertian jahit dan sulam.
2. Mendeskrip-sikan jenis peralatan dan produk  jahit dan sulam.
3. Mendeskrip-sikan fungsi peralatan dan bahan untuk jahit dan sulam
4, Mendeskripsikan berbagai macam produk kerajinan.


1.Menghargai produk kerajinan jahitdan sulam dari segi orisinal disain, teknik pembuatan, kegunaan dan estetika .   
2. Membuat produk kerajinan jahit dan sulam    2.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan jahit dan sulam.

2.2. Mendesain kerajinan jahit dan sulam dengan ragam hias tradisional dan manca negara dan modifikasinya.


2.3. Membuat produk kerajinan jahit dan sulam dengan ragam hias tradisional, mancanegara, maupun modifikasi nya

2.4. Membuat kemasan produk kerajinan jahit dan sulam sehingga siap dipamerkan dan dijual.        1.Merencanakan desain dan biaya untuk membuat kerajinan teknik jahit dan sulam.

2.Mendesain kerajinan jahit dan sulam yang indah dan fungsional






3.Memilih bahan dan peralatan yang tepat sesuai desain.






4.    Membuat produk kerajinan dengan teknik jahit dan sulam.
5.    Membuat kemasan produk yang indah dan menarik.
6.    Memamerkan dan menjual hasil karya produk kerajinan jahit dan sulam dengan kemasan yang menarik, unik, memiliki manfaat dan layak jual
   
Aspek     : Teknologi
3. Mengapresiasi karya karya teknologi rekayasa penjernihan air    3.1. Mengenal alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.





3.2.Mengapresiasi keterampilan teknik pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.         1. Mendeskripsikan pengertian alat penjernihan air.
2. Menuliskan jenis peralatan dan bahan penjernihan air dengan teknologi mekanis.

1. Mengidentifikasi fungsi alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.
 2.Mendeskripsikan prosedur pembuatan alat pejernihan air secara mekanis.   
4. Menerapkan teknologi rekayasa penjernihan air    4.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.

4.2. Membuat  alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.         1. Membuat rancangan alat penjernihan air secara mekanik.




2. Praktik membuat alat penjernihan air  secara kelompok dimulai dari penyiapan bahan dan alat sampai menghasilkan karya yang layak pakai   
5. Mengapresiasi hasil teknologi budidaya    5.1.Mengenal berbagai tanaman obat











5.2.Mengapresiasi fungsi budidaya tanaman obat        1. Mendeskripsikan pengertian berbagai tanaman obat
2. Membedakan jenis tanaman  obat yang baik.
 3. Mengidentifikasi alat dan media tanam.
4. Mendeskripsikan teknik penanaman tanaman obat.

1. Mendeskripsikan fungsi budi daya tanaman obat   
6. Menerapkan teknologi budidaya tanaman obat    6.1.Menyusun rencana penanaman dan perawatan tanaman obat





6.2. Menanam dan merawat  tanaman obat
        1. Membuat perencanaan tanaman obat dan cara perawatannya.
2. Praktik kelompok membuat tempat penanaman tanaman obat

1. Praktik menanam tanaman obat sesuai perencanaan
2. Praktik  merawat
     tanaman obat
   
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan    7.1.Mengenal produk pengawetan bahan nabati yang diasinkan.








7.2.Mengapresiasi fungsi pengawetan bahan nabati yang diasinkan.        1 Menjelaskan pengertian pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
2. Mengidentifikasi jenis peralatan dan bahan pembuatan pengawetan bahan nabati yang diasinkan.

1. Menjelaskan jenis dan fungsi pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
2. Mendeskripsikan berbagai teknik pembuatan produk pengawetan pengasinan.
   
8. Menerapkan teknologi pengolahan    8.1.Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah nabati dengan cara diasinkan.

8.2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah nabati dengan cara diasinkan.

8.3. membuat kemasan produk pengawetan bahan nabati melalui pengasinan sehingga siap dipamerkan dan dijual.
        1. Merencanakan  pengawetan bahan nabati yang diasinkan.



1. Praktik membuat pengasinan bahan nabati.



1. Membuat kemasan produkpengasinan yang higenis, aman, dan menarik.
2. Menyajikan hasil dan menjualnya.   
Jumlah           


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…………………



(__________________________)
NIP :        …….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Keterampilan.



(_______________________)
NIP :






PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs...........
Mata Pelajaran     : Keterampilan
Kelas / Semester    : VIII (2) / 2
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar*    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
Aspek     : Kerajinan
9. Mengapresiasi kerajinan anyaman dan makrame    9.1. Mengenal berbagai produk kerajinan anyaman dan makrame        1. Menjelaskan perbedaan pengertian anyaman dan makrame
2. Mendeskripsikan jenis peralatan dan bahan anyaman dan makrame
3. Menjelaskan fungsi peralatan dan bahan anyaman dan makrame
4. Mendeskripsikan berbagai macam produk kerajinan anyaman dan makrame.   
    9.2. Mengapresi-asi keterampilan teknis pembuatan kerajinan anyaman dan makrame        1. Menghargai produk kerajinan anyaman dan makrame dari segi teknis pembuatannya berbagai teknik pembuatan produk kerajinan dengan teknik anyaman dan    
10. Membuat produk kerajinan anyaman dan makrame    10.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan kerajinan anyaman dan makrame        1. Merencanakan prosedur kerja produk kerajinan  anyaman dan makrame    
    10.2. Mendesain kerajinan anyaman dan makrame        1. Praktik membuat disain kerajinan anyaman dan makrame   
    10.3. Membuat kerajinan anyaman dan makrame        1. Praktik membuat anyaman dan makrame sesuai desain   
    10.4. Membuat kemasan benda kerajinan anyaman dan makrame sehingga siap dipamerkan dan dijual        1. Praktik membuat kemasan produk kerajinan anyaman dan makrame yang sesuai dengan desain

2. Memamerkan hasil karya produk kerajinan anyaman dan makrame dengan  sentuhan estetika dan layak
     j ual   
Aspek    : Teknologi
11. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa    11.1. Mengenal alat penjernihan air dengan teknologi kimia









11.2.Mengapresiasi keterampilan teknik pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi kimia        1. Menjelaskan pengertian  penjernihan air dengan teknologi kimia
2. Menjelaskan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat alat penjernihan air dengan teknologi kimia

1. Mendeskripsikan proses dan produk alat penjernihan air dengan bahan kimia
2. Mendeskripsikan prosedur penjernihan air dengan bahan kimia
   
12. Membuat alat penjernih air    12.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi bahan kimia        1. Merencanakan pembuatan alat penjernihan air berbahan kimia
2. Menghitung biaya produksi   
    12.2. Membuat alat penjernihan air dengan teknologi bahan kimia        1. Membuat alat penjernihan air dengan teknologi bahan kimia
2. Menguji coba kelayakan produk   
13. Mengapresiasi karya teknologi budidaya tanaman hias    13.1. Mengenal tanaman hias yang ada di lingkungan sekitar menggunakan media tanah.




13.2. Mengapre-siasi keterampilan teknis pembudidayaan tanaman hias yang menggunakan media tanah.         1. Menjelaskan pengertian tanaman hias.
2. Mendeskripsikan jenis tanaman hias dengan media tanah dilingkungan sekitar.


1. Mendeskripsikan jenis alat dan media tanah yang digunakan untuk tanaman hias.
2. Mendeskripsikan cara pembudidayaan tanaman hias dengan media tanah.   
14. Menerapkan teknilogi budidaya tanaman hias    14.1.Merencana-kan penanaman dan perawatan tanaman hias yang menggunakan media tanah

14.2. Menanam tanaman hias yang menggunakan media tanah

14.3. Merawat tanaman hias yang menggunakan media tanah        1. Merencanakan penanaman dan perawatan tanaman hias dengan media tanah


1. Praktik menanam tanaman hias dengan media tanah


1. Merawat tanaman hias dengan sistem pengiran dari serangan serangga   
15. Mengapresiasikan karya teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan dikeringkan    15.1. Mengenal produk hasil pengawetan bahan hewani yang diasinkan


15.2. Mengapresiasi fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan        1. Menjelaskan pengertian pengawetan bahan hewani  yang diasinkan

1. Mendeskripsikan fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan
2. Memilih bahan dan alat pengawetan bahan hewani yang diasinkan   
16. Menerapkan teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan    16.1.Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah hewani dengan cara diasinkan        1. Merencanakan pembuatan dan biaya produksi pengawetan bahan hewani dengan diasinkan   
    16.2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah hewani dengan cara diasinkan        1. Membuat pengawetan hewani dengan cara pengasinan   
    16.3. Membuat kemasan produk hasil pengawetan bahan hewani yang diasinkan sehingga siap dipamerkan dan dijual        1. Membuat kemasan produk siap pamer dan jual
2. Menyajikan produk dalam pameran dan penjualan    
Jumlah           


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…………………



(__________________________)
NIP :        …….…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Keterampilan.



(_______________________)
NIP :




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs...........
Mata Pelajaran     : Keterampilan
Kelas / Semester    : IX (3) / 1
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar*    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
Aspek     : Kerajinan
1. Mengapresiasi kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan konstruksi    1.1. Mengenal berbagai produk kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan atau konstruksi.


















1.2.Mengapresiasi keterampilan teknik potong, sambung, dan konstruksi        1. Menjelaskan perbedaan pengertian teknik potong, sambung, dan konstruksi.
2. Menjelaskan jenis alat dan bahan teknik potong, sambung, dan kontruksi.
3. Menjelaskan  fungsi alat dan bahan pembuatan  kerajinan teknik potong, sambung, dan konstruksi.
4, Mendeskripsikan berbagai macam produk benda kerajinan dengan teknik  potong, sambung dan konstruksi.


1. Menghargai produk kerajinan  dengan teknik potong, sambung dan konstruksi  dari segi,ergonomi, keindahan, dan kelemahannya
   
2. membuat benda kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan konstruksi    2.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan atau konstruksi.


2.2. Mendesain produk kerajinan dengan menggunakan teknik teknik potong, sambung, dan konstruksi.
        1. Membuat perencanaan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik potong , sambung, atau konstruksi.

1. Praktik membuat disain produk kerajinan dengan teknik potong, sambung, dankonstrusi menggunakan bahan lunak atau keras.
   
    2.3. membuat benda kerajinan menggunakan teknik potong, sambung, dan konstruksi.

2.4. Membuat kemasan produk kerajin sehingga siap dipamerkan dan dijual.
        1. Praktik membuat kerajinan dari bahan lunak/keras dengan teknik potong, sambung, atau konstruksi.

1. Membuat kemasan produk yang sesuai desain dengan sentuhan estetika dan layak jual
 2. Memamerkan hasil karya produk kerajinan dengan teknik potong, sambung dan konstruksi dengan kemasan sentuhan estetika dan layak jual.
   
Aspek     : teknologi
3. Mengapresiasi benda teknologi rekayasa secara mekanik    3.1. Mengenal berbagai alat yang berputar secara mekanik.









3.2.Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan alat yang berputar secara mekanik.        1. Merdeskripsikan pengertian, jenis, dan fungsi dari alat yang berputar secara mekanik.
2. Menentukan peralatan dan bahan yang  digunakan membuat alat yang berputar secara mekanik.


1. Memilih teknik yang sesuai dengan produk yang dibuat.
2. Menjelaskan cara pembuatan karya.
    
4. Membuat benda teknologi rekayasa secara mekanik    4.1.Merencana-kan prosedur  kerja pembuatan alat yang berputar secara mekanik.



4.2. Membuat alat yang berputar secara mekanik        1.    Merencanakan pembuatan alat/mainan secara mekanik.
2.    Mengidentifikasi alat dan bahan.


1.  Membuat alat / mainan yang berputar secara mekanik.
2.  Memamerkan dan menjual karya   
5. Mengapresiasi karya budidaya ikan air tawar    5.1. Mengenal berbagai jenis ikan air tawar.






5.2.Mengapresiasikan keterampilan teknis pembudidayaan ikan air tawar         1.    Menjelaskan pengertian budidaya ikan air tawar.
2.    Mengidentifikasi jenis ikan air tawar.


1. Menentukan tempat pembudidayaan ikan air tawar.
2.Menjelaskani proses dan hasil kerja pembudidayaan ikan air tawar.
   
6. Menerapkan teknologi budidaya ikan air tawar    6.1.Merencanakan pemeliharaan dan perawatan ikan air tawar






6.2. Memelihara dan merawat ikan air tawar          1. Membuat perencanaan kerja pemeliharaan dan perawatan
    ikan air tawar.
2. Membuat kolam, untuk memeli hara ikan air tawar.


1. Praktik memelihara dan merawat ikan air tawar.   
 7. Mengapresiasikan karya teknologi pengolahan dengan pengawetan    7.1.Mengenal berbagai hasil pengawetan bahan nabati yang dikeringkan.














7.2.Mengapresiasi keterampilan teknik peng-awetan bahan nabati yang dikeringkan        1. Mendeskripsikan pengertian pengawetan  dengan cara pengeringan.
 2. Memilih bahan dan alat yang digunakan dalam proses pengawetan bahan nabati yang dikeringkan
 3. Mendeskripsikan jenis pengeringan tradisional dan modern untuk pengawetan bahan nabati


1. Membedakan jenis produk nabati yang dikeringkan
   
8. Menerapkan  teknologi pengolahan dengan pengawetan      8.1.Merencanakan prosedur kerja mengawetkan bahan mentah nabati dengan cara dikeringkan.


8.2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah nabati dengan cara dikeringkan.

8.3. membuat kemasan hasil pengawetan bahan nabati yang dikeringkan sehingga siap dipamerkan dan dijual.        1.Membuat perencanaan biaya pengawetan  biaya bahan nabati dengan cara dikeringkan.


1. Melakukan pengawetan aneka makanan nabati yang dikeringkan.


1. Membuat kemasan sesuai rencana, memamerkan, dan atau menjualnya.
   
Jumlah           


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…………………



(__________________________)
NIP :        …….……..,………………  20 …….
Guru Mapel Keterampilan.



(_______________________)
NIP :





PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs...........
Mata Pelajaran     : Keterampilan
Kelas / Semester    : IX (3) / 2
Tahun Pelajaran    : 20... -20...
Standar Kompetensi    Kompetensi Dasar*    KKM    Indikator Pencapaian Kompetensi    Alokasi Waktu
Aspek     : Kerajinan
9. Mengapresiasi kerajinan dengan teknik sayat/raut, dan ukiri    9.1. Mengenal berbagai produk kerajinan dengan teknik sayat  dan ukir.















9.2. Mengapresi-asi keteram-pilan teknis pembuatan ke-rajinan dengan teknik sayat /raut dan ukir.        1. Menjelaskan pengertian, jenis, dan fungsi teknik raut dan ukir.
2. Mendeskripsikan jenis peralatan dan bahan yang digunakan.
 3. Menguraikan fungsi setiap alat yang digunakan dalam teknik raut dan ukir.
4. Mendeskripsikan berbagai macam produk benda kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir.

1. Menghargai produk benda kerajinan dari segi teknik sayat/raut dan ukir.
   
10. Membuat benda kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir    10.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik
     sayat/raut  dan ukir dengan motif tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya




10.2. Mendesain benda kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut dan ukir menggunakan motif tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya.        1. Membuat perencanaan prosedur kerja dan biaya produksi pembuatan benda

   kerajinan dengan taknik raut dan ukir dengan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.


1.  Praktik membuat disain benda kerajinan dengan teknik sayat/raut dan ukir menggunakan motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya.   
    10.3. Membuat benda kerajinan yang menggunakan teknik sayat/raut dan ukir menggunakan motif tradisional, mancanegara, maupun modifikasinya.

10.4. Membuat kemasan benda kerajinan sehingga siap dipamerkan dan dijual.
        1. Praktik membuat karya kerajinan dengan teknik raut dan ukir sesuai desain yang direncanakan.





1. Membuat kemasan sesuai produk yang unik dan menarik.   
11. Mengapresiasi benda teknologi rekayasa    11.1.Mengenal berbagai alat yang berputar dengan tenaga listrik.








11.2.Mengapre-siasi keterampilan teknis pembuatan alat yang berputar dengan tenaga listrik.        1. Merdeskripsikan pengertian alat berputar dengan tenaga listrik.
2. Menentukan peralatan dan bahan untuk membuat alat yang berputar dengan tenaga listrik .

1. Memilih teknik yang sesuai dengan produk yang dibuat.
2. Mendeskripsikan cara pembuatan alat berputar dengan tenaga listrik.
   
12. Membuat alat yang berputar digerakan dengan tenaga listrik    12.1. Merencana-kan prosedur kerja pembuatan alat yang berputar  digerakan dengan tenaga listrik.


12..2. Membuat alat yang berputar digerakan dengan tenaga listrik.        1. Membuat perencanaan prosedur kerja pembuatan alat yang berputar dengan tenaga listrik

1. Membuat alat yang dapat berputar digerakan dengan tenaga listrik.
   
13. Mengapresiasi karya budidaya ikan hias air tawar    13.1. Mengenal berbagai jenis ikan hias air tawar.










13..2.Mengapre-siasikan kete rampilan teknis pembu didayaan ikan hias air tawar.         1. Menjelaskan pengertian budidaya ikan hias air tawar.
2. Mengidentifikasi jenis ikan hias air tawar.
 3. Menentukan tempat pembudidayaan ikan hias air tawar.
  4..Mendiskripsikan letak keindahan ikan hias

1. Membuat urutan  proses dan hasil kerja pembudidayaan ikan hias air tawar.
   
14. Menerapkan teknologi budidaya ikan hias air tawar    14.1. Merenca-nakan prosedur kerja produk budidaya ikan hias air tawar di dalam kolam.


14..2.Membudi-dayakan  ikan hias air tawar di dalam kolam.        1. Membuat rencana kerja dan biaya secara kelompok
2. Membuat  tempat pembudidayaan ikan hias air tawar

1. Melakukan pemeliharaan dan pembibitan ikan hias air tawar di dalam kolam.
   
15. Mengapresiasikan karya teknologi pengolahan    15.1.Mengenal berbagai hasil pengewetan bahan hewani yang dikeringkan.






15.2. Mengapre-siasi keterampilan teknik pengawetan bahan hewani yang dikeringkan.        1. Mendeskripsikan pengertian pengawetan  bahan hewani dengan cara pengeringan.    
2. Memilih bahan dan alat yang di-gunakan dalam proses pengeringan.
 
1. Mendeskripsikan jenis produk pengeringan ba-han hewani tradisional dan modern.
2. Mendeskripsikan pengawetan dengan pengeringan.   
16 Menerapkan teknologi pengolahan    16.1.Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah hewani dengan cara dikeringkan.

16..2. Melakukan proses  pengawetan bahan mentah hewani dengan cara dikeringkan.

16.3. membuat kemasan hasil pengawetan bahan mentah hewani yang dikeringkan sehingga siap dipamerkan dan dijual.        1. Membuat perencanaa pengawetan bahan makanan hewani dengan pengeringan.

1. Melakukan proses pengawetan bahan mentah hewani dengan cara dikeringkan.

1. Membuat kemasan hasil dan siap dipamerkan dan dijual.   
Jumlah           





Mengetahui,
Kepala SMP/MTs…………………



(__________________________)
NIP :        …….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Keterampilan.



(_______________________)
NIP :



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pengertian ragam hias murni

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang LAUNDRY EQUIPMENT 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://zulmasri.files.wordpress.com/2010/08/2-pemetaan-sk-sbk

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.