, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Membandingkan Teks “Soekarno dengan Teks “John F. Kennedy”

 Membandingkan Teks “Soekarno dengan Teks “John F. Kennedy”

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Membandingkan Teks “Soekarno dengan Teks “John F. Kennedy”

 Fungsi sosial teks cerita ulang biografi antara lain membangkitkan dan menghidupkan pengalaman nyata para tokoh dunia pada masa silam.  Dengan merekonstruksi nilai-nilai dan tujuan sosial melalui pemberdayaan kaidah bahasa sesuai dengan tahapan struktur teks, diharapkan dapat membangun sebuah cerita ulang biografi. Teks cerita ulang pada tulisan ini adalah dua orang tokoh dunia yang sangat terkenal yaitu Sukarno dan John F. Kennedy, dua orang yang berbeda bangsa namun memiliki pemikiran yang sangat mengagumkan.

Soekarno, sebagai orang Indonesia, telah memberi pengaruh besar terhadap perjalanan sejarah dunia. Oleh sebat itu, Soekarno bisa disebut sebagai salah satu tokoh dunia. Sukarno merupakan Proklamator Kemerdekaan RI bersama dengan Moh. Hattta. John F. Kennedy-terkenal dengan sebutan JFK-adalah orang Amerika termuda yang terpilih sebagai presiden. Presiden Amerika yang tewas terbu*h sebelum genap tiga tahun menjadi presiden ini memberikan pengaruh yang luar biasa dalam sejarah dunia. Ia berhasil mencegah dunia memasuki perang nuklir dalam Krisis Rudal Kuba.

Struktur Teks Soekarno: Bapak Bangsa Indonesia
Struktur Teks    Kalimat
Orientasi    Soekarno, yang akrab dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar pada 6 Juni 1901. Dia anak seorang guru sekolah rakyat, Raden Soekami dan wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu Rai. Sebagai anak priyayi yang memang pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (kini ITB) pada 1925. Sebagai mahasiswa teknik, Soekarno terbilang pandai. Akan tetapi, ide-ide nasionalisme rupanya telah membuat dirinya terpikat. Tiga bulan setelah lulus, pada 1926, lelaki yang dikenal sebagai orator ulung ini memuatkan ide-ide politiknya di media massa dalam artikel yang berjudul “Nasionalisme, Islam, dan Marxisme”. Tulisan ini sangat menekankan ide persatuan antarkelompok yang kemudian menandai pemikiran politiknya sepanjang kariernya
Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh    Perjuangan politik merebut kemerdekaan berlanjut dengan dibentuknya Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927. Soekarno menerapkan sikap nonkooperasi dengan Belanda yang membuatnya beberapa kali masuk tahanan. Pada 1929 dia ditahan oleh Belanda di penjara Sukamiskin, Bandung, karena aktivitas politiknya, tetapi dibebaskan dua tahun kemudian. Dia ditahan lagi pada 1933, diasingkan ke Ende, kemudian ke Bengkulu, sampai dia dibebaskan oleh Jepang pada 1942. Pada masa pendudukan Jepang, Soekarno mendapat kesempatan lebih besar untuk mempromosikan cita-cita nasional Indonesia yang bekerja sama dengan Jepang melawan Sekutu. Sikap mau bekerja sama dengan Jepang ini tidak pelak mengundang kritik keras dari pelbagai kalangan “garis keras” yang menginginkan sikap nonkooperasi dengan Jepang.

Pada 17 Agustus 1945, tak lama setelah Jepang takluk pada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang sempat menculik Soekarno ke Rengas Dengklok, Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia. Mereka segera terlibat dalam perjuangan melawan pendudukan kembali oleh Belanda. Pada masa itu Soekarno-Hatta sempat dibuang kembali ke Parapat dan Bangka. Namun, ketika secara resmi Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada 1949, kedudukan Soekarno sebagai presiden kembali dipulihkan.

Ketika sistem pemerintahan parlemen terbukti tidak berjalan efektif, Soekarno pada akhir 1956 menyerukan pembubaran semua partai politik. Dia kemudian membentuk Demokrasi Terpimpin pada 1959, dan pada tahun berikutnya membubarkan parlemen terpilih. Soekarno mencoba menerapkan gagasannya akan tiga pilar kekuatan bangsa, yaitu Nasakom (Nasionalis, Agama, dan Komunis). Namun, kondisi krisis ekonomi dan politik dalam negeri terus bertambah runyam.

Dalam bidang politik luar negeri, Soekarno bersikap curiga terhadap AS dan kekuatan Barat. Untuk mengimbagi kekuatan Barat, dia berperan sebagai pemimpin nengara-negara baru melawan kekuatan kolonial dan “neokolonial”. Dia berhasil “memaksa” Belanda untuk menyerahkan Irian Barat (kemudian pada 1963 disebut Irian Jaya, kini Papua). Soekarno mempermaklumkan “konfrontasi” dengan Federasi Malaysia yang baru dibentuk pada 1963. Pada 1965 Indonesia keluar dari PBB dan Soekarno semakin aktif sebagai tokoh negara-negara “new emerging forces”. Kharismanya yang hebat tidak hanya memengaruhi rakyat Indonesia, tetapi juga bangsa-bangsa yang baru merdeka di Asia-Afrika. Dia juga dikenal sebagai salah satu pemimpin negara Nonblok yang paling terkemuka.

Situasi politik Indonesia memuncak dengan perebutan kekuasaan yang gagal pada 30 September 1965. Kejadian ini kemudian berlanjut dengan pembun*han besar-besaran, pembubaran Partai Komunis, dan buntutnya Soekarno tersingkir. Pemimpin militer Mayjen Soeharto meminta Soekarno untuk menyerahkan kekuasaan efektifnya melalui Supersemar pada Maret 1966. Soeharto kemudian menjadi presiden menggantikan Soekarno pada 1968. Sampai kematian Soekarno di Jakarta pada 21 Juni 1970, dia masih berada dalam status tahanan rumah. Namun, pemerintah menganugerahinya Pahlawan Proklamasi.
Reorientasi    Sebagai Founding Father atau Bapak Bangsa Indonesia, Bung Karno telah mengantarkan bangsa Indonesia kepada kemerdekaan. Dengan perjuangan yang tanpa pamrih, Bung Karno telah membangun tatanan keadilan yang menyejahterakan rakyat Indonesia serta berhasil menyejajarkan Indonesia
dengan negara lainnya. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang.
(Diadaptasi dari Ready Susanto, 2008, 100 Tokoh Abad Ke-20 Paling Berpengaruh, Cetakan II, Bandung: Penerbit Nuansa, hm. 301—303)

Bung Karno telah mengantarkan Bangsa Indonesia kepada Kemerdekaan. Dengan perjuangan yang tanpa pamrih, Bung Karno telah membangun tatanan keadilan yang menyejahterakan rakyat Indonesia serta berhasil menyejajarkan Indonesia dengan negara lain. Soekarno telah memberi pengaruh besar terhadap perjalanan sejarah dunia dan dia disebut sebagai salah satu tokoh dunia. Sebagai seorang anak bangsa tentunya ingin meneruskan cita-cita sang proklamator. Pada tahun 1929 dia ditahan oleh Belanda di penjara Sukamiskin, Bandung, karena aktivitas plitiknya, tetapi dibebaskan 2 tahun kemudian. Dia ditahan lagi pada tahun 1933 diasingkan ke Ende, kemudian ke Bengkulu, sampai dia dibebaskan oleh Jepang pada tahun 1942.
sukarno dan JFK
Struktur Teks John F. Kennedy:
Jangan Tanyakan Apa yang Negerimu Berikan Padamu
Struktur Teks    Kalimat
Orientasi    John F. Kennedy (JFK) adalah anak kedua dari sembilan bersaudara pasangan Joseph Patrick Kennedy dan Rose Fitzgerald. Keluarga ini adalah keluarga Amerika yang terpandang dan kaya. Ayah JFK telah mengumpulkan kekayaan melalui bisnisnya yang mencakup bidang perfilman, galangan kapal, real estate, dan spekulasi di pasar bursa.
Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh    Sejarah politik keluarga Kennedy sudah sangat panjang. JFK mewarisi darah politik dari kedua orang tuanya. Rose Fitzgerald adalah putri John F. Fitzgerald,
mantan Wali Kota Boston, yang akrab dipanggil “Honey Fitz” ketika menjabat.
Sementara Joseph Kennedy adalah putra Patrick Kennedy, seorang usahawan sukses dan politisi Boston yang ternama.

Pada usia 13 tahun JFK masuk ke sebuah sekolah swasta, Canterbury School,
di New Milford, Connecticut, tetapi kemudian keluar karena sakit. Dia meneruskan studinya ke Choate Prepatory School di Wallingford pada 1935, kemudian masuk ke Universitas Princeton. Lagi-lagi penyakit menyebabkan dia meninggalkan sekolah. Akan tetapi, pada tahun berikutnya ia melanjutkan studinya di Universitas Harvard.

Meskipun sering sakit, JFK termasuk atlet yang baik. Ketika di Harvard, dia menekuni olahraga renang dan bersama saudaranya, Joe, pernah memenangi suatu kejuaraan layar. Ia lulus dari Harvard pada 1940, bahkan karya tulisnya kemudian menjadi dasar penulisan buku Why England Slept mendapat perhatian di AS dan Inggris. Selang beberapa bulan berikutnya, dia masuk ke sekolah bisnis Universitas Stanford, kemudian pergi ke Amerika Selatan.

Perang dunia meletus pada 1939, dan AS mulai terlibat ketika Jepang mulai menyerah pada Pearl Harbor, Hawaii, pada Desember 1941. JFK yang ditolak bergabung dengan Angkatan Darat AS karena pernah cedera semasa kuliah, akhirya bisa masuk Angkatan Laut. Pada awal 1943 JFK berdinas sebagai komandan PT Boat 109 di Pasifik Selatan.

Pada Agustus 1943 kapal yang dipimpinnya dihantam destroyer Jepang di perairan New Georgia, Kepulauan Solomon. Kapal terbelah dua dan dua belas orang awaknya tewas. JFK dan awak kapal yang selamat selama satu jam menantikan pertolongan. Namun, bantuan tidak kunjung datang sehingga mereka harus berenang ke sebuah pulau kecil yang berjarak lima kilometer dari situ. Di sinilah JFK melakukan tindakan heroik menyelamatkan jiwa seorang kru yang terluka dengan cara menjepit jaket kru itu di antara giginya.

Selama empat hari berikutnya JFK berenang sepanjang rute yang biasa digunakan oleh kapal-kapal AS. Dia dan krunya akhirnya selamat setelah ditemukan oleh penduduk asli di Cross Island. Untuk “keberanian, daya tahan, dan kepemimpinannya yang luar biasa”, JFK menerima Medali Angkatan Laut dan Korps Marinir AS.

JFK terjun ke dunia politik setelah kakak tertuanya, Joseph, tewas dalam sebuah
misi pengeboman di Belgia pada 1944. Ia tercatat menjadi anggota House of Representatives selama tiga kali masa jabatan dan pernah juga menjadi anggota Kongres dan Senat. JFK mencalonkan diri sebagai presiden AS pada 1960. Para pemimpin partai menganggap dirinya terlalu muda dan tidak cukup pengalaman sebagai seorang kandidat presiden. JFK yang beragama Katolik Roma juga diragukan bisa menang di negeri yang mayoritas Protestan. Namun, terbukti kemudian, dari penampilan pertamanya dalam debat televisi, JFK bisa mengatasi usia dan kekurangan pengalamannya. Ia akhirnya mengalahkan
calon dari Partai Republik, Richard Nixon.

JFK dilantik pada 20 Januari 1961. Ia menyampaikan pidatonya yang memesona, menyerukan “penerapan hukum yang baru, di mana yang kuat berlaku adil, yang lemah dilindungi, dan perdamaian dijaga.” Ia menyadari kesulitan yang akan dihadapinya. “Semua ini tidak akan selesai dalam 100 hari pertama,” katanya. “Tidak akan selesai dalam 1.000 hari, tidak juga selama pemerintahan ini, bahkan mungkin tidak sepanjang masa hidup kita di planet ini. Akan tetapi, mari kita mulai.” Dalam pidato inilah dia mengucapkan kata-katanya yang terkenal dan sering dikutip: “Jangan tanya apa yang dapat diberikan oleh negerimu-tanyalah apa yang dapat kauberikan kepada negerimu.”

Kabinet JFK dipenuhi oleh para akademisi dan intelektual. Ia juga menjadikan Gedung Putih sebagai sebuah pusat kebudayaan. Ia mengundang para penulis, artis, penyair, ilmuwan, dan musisi sebagai tamu makan malam. Ia juga dikenal sebagai presiden yang selalu memiliki sense or humour, bahkan dalam menghadapi hal-hal terburuk sekalipun.

Momen terbaik JFK sebagai presiden terjadi dalam suatu peristiwa yang dikenal
dengan nama Krisis Rudal Kuba. Saat itu dunia hampir masuk ke perang nuklir,
ketika pemimpin Soviet (Khrushchev) menyuplai Kuba dengan misil nuklir yang dapat menjangkau AS. Pesawat pengintai AS berhasil memergoki kegiatan tersebut.Setelah berunding dengan para penasihatnya selama tujuh hari, JFK meminta Uni Soviet memindahkan rudal itu, dan menyatakan perairan Kuba sebagai daerah karantina. JFK meminta Khrushchev untuk menghentikan operasi rahasia dan memperingatkan bahwa serangan Kuba atas setiap negara Barat akan dianggap sebagai serangan Soviet atas AS.

Pada saat yang sama tentara AS dikirim ke Florida, bersiap-siap untuk melakukan serangan ke Kuba. Pasukan udara juga siaga penuh. Kapal-kapal AS memblokade Kuba dengan perintah untuk mencari kapal-kapal Soviet yang mencurigakan. Setelah beberapa hari perundingan yang tegang, Khrushchev yang menyadari posisinya yang lemah setuju memindahkan misil itu dari Kuba. Sebagai imbalan, JFK berjanji tidak akan menyerang Kuba dan menarik sebuah rudal tua AS yang ada di Turki.
Reorientasi    JFK tewas dalam suatu pembun*han pada 22 Novenber 1963. Saat itu ia bersama istrinya berada dalam sebuah mobil berkap terbuka mengikuti suatu parade di Dallas, Texas. Dua peluru ditembakkan kepadanya, yang satu menyerempet bahu dan yang kedua tepat mengenai kepala JFK. Ia jatuh dan tidak sempat sadar hingga dinyatakan meninggal beberapa jam kemudian. 15

Pembunu*han JFK sampai kini masih menimbulkan kontroversi. Pembun*hnya, Lee Harvey Oswald, memang dapat ditangkap hari itu juga. Namun, dua hari kemudian, saat ia akan dipindahkan ke penjara yang lain, Oswald tewas ditembak oleh Jack Ruby, seorang pemilik klub malam.
(Sumber: Ready Susanto, 2008, 100 Tokoh Abad Ke-20 Paling Berpengaruh,
Cetakan II, Bandung: Penerbit Nuansa, hlm. 177—181)

Teks tersebut menginspirasi kita semua karna JFK memiliki sifat yang tidak mudah putus asa dalam hal apapun. Contohnya meskipun sakit dia tetap menekuni olahraga renang dan ia merupakan atlet yang baik. Kepribadian John F. Kennedy tidak mudah putus asa, penolong, penuh semangat, pemberani, dan bijaksana. “Jangan tanya apa yang dapat diberikan oleh negerimu – tanyalah apa yang dapat kau berikan kepada negerimu” Sebagai seorang pelajar harus belajar dengan sungguh- sungguh.

Perjalanan Hidup
Perjalanan hidup Soekarno dan JFK, mulai mereka lahir hingga wafat, mengalami pasang-surut. Begitu banyak peristiwa yang mereka alami. Untuk lebih memahami lika-liku kehidupan kedua tokoh dunia ini, cobalah kalian perhatikan urutan tiap peristiwa yang mereka alami. Tentu saja rentetan peristiwa tersebut disertai keterangan waktu dan tempat. Kolom dalam tabel berikut ini memuat peristiwa yang serta waktu dan tempat kejadian yang dialami oleh Soekarno dan JFK sepanjang hidup mereka.

Perjalanan Hidup Sukarno
No    Waktu    Peristiwa    Tempat
1    6 Juni 1901    Lahir    Blitar
2    1925    Mengecappendidikan tinggi dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi    Bandung
3    1926    Memuat idi-ide politiknya dalm artikel yang berjudul “Nasioalisme, Islam, dan Marxisme”    Bandung
4    1927    Perjuangampolitik merebut kemerdekaan berlanjut dengan dibentuknya Partai NasionalIndonesia (PNI)     Bandung
5    1929    Ditahan karena aktivitas politiknya, tapi dibebaskan 2 tahun kemudian    Penjara Sukamiskin
6    17 Agustus 1945    Soekarno danHatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia    Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta Pusat
7    18 Agustus1945    Soekarno dan Hatta diangkat sebagai presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia     -
8    Akhir 1956    Menyerukan pembubaran semua partai politik    -
9    1959    MenerapkanNasakom    -
10    30 September1965    Situasi politik Indonesia memuncak denga perebutan kekuasaan yang gagal    -

Perjalanan hidup John F. Kennedy
No.    Waktu    Peristiwa    Tempat
1    Usia 13 tahun    Masuk Canterbury School    New Milford, Connecticut
2    1935    Meneruskan Study    Choate Prepatory School di Willingford,Universitas Princeton
3    1940    Lulus pendidikan    Harvard
4    1943    Dinas sebagai komandan PT Boat 109    Pasifik Selatan
5    Agustus 1943    Kapal yang dipimpinnya dihantam destroyer Jepang    New Georgia
6    Empat hari berikutnya    Berenang sepanjang rute yang biasa digunakan kapal-kapal AS    Cross Island
7    1944    Terjun ke dunia polotik    Belgia
8    20 Januari 1960    Menyampaikan pidato yang mempesona    AS
9    Saat krisis Rudal Kuba terjadi    Momen terbaik JFK sebagai Presiden AS    AS
10    22 November 1963    JFK tewas dalam suatu pembun*han    Dallas, Texas

Sesudah urutan peristiwa tentang kedua tokoh dibuat, tentu dapat mengetahui bagaimana riwayat hidup Soekarno dan John F. Kennedy. Informasi tentang mereka ini sudah lengkap atau belum dapat dilihat dari perbandingan kedua teks tersebut.
No    Perbedaan Informasi Tokoh
Informasi tentang soekarno    Informasi tentang John F.Kennedy
1.    Soekarno lahir di Blitar ,6 juni 1901    Tidak ada informasi tentang kelahiran JFK
2.    Soekarno anak dari Raden dari raden Soekami dan Ida ayu Rai    John F.Kennedy anak dari pasangan Joseph Patrick kennedy dan Rose Fitzgerald
3.    Dari keluarga yang berketurunan Darah Bangsawan    Dari keluarga dari Amerika yang terkenal kaya dan terpandang
4.    Menempuh Pendidikan tinggi dan lulus dari sekolah Teknik Tinggi di Bandung Tahun 1925    Menempuh Pendidikan di Canterbury School, kemudian keluar,lalu pindah di Choate Prepatory School Di Wallingford tahun 1935
5.    Sebagai mahasiswa di bidang teknik dan terbilang pintar    Sebagai seorang Atlet yang baik dan pintar
6.    Lulua tahun 1926 Soekarno memuatkan ide-ide dalam artikel yang berjudul Nasionalisme ,islam,dan marxisme yang berarti ide persatuan antar kelompok yang kemudian menandai pemikiran politiknya sepanjang kariernya    Lulus tahun1940 John F.Kennedy memuatkan karya tulisan dalam buku Why england slept mendapat perhatian di AS dan Inggris
7.    Pada tahun 1927 di bentuklah Partai Nasional Indonesia (PNI)dengan menerapkan sikap nonkooperasi dengan Belanda yang membuatnya keluar masuk tahanan    Pada awal tahun 1943 JFK berdinas sebagai komandan PT Boat 109 di Pasifik Selatan
8    Tahun 1929 Soekarno di tahan oleh Belanda di penjara Sukamiskin ,Bandung karena aktifitas politiknya    Pada Agustus 1943 kapal yang dipimpin John F.kennedy dihantam destroyer Jepang di perairan New Georgia, Kepulauan Soloman dan akhirnya kapal terbelah 2 dan 12 orang awaknya tewas
9.    Pada 17 Agustus 1945 ,Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan indonesia    Tahun 1944 JFK terjun ke dunia politik dan ia tercatat menjadi anggota House of Representatives dan menjadi
anggota Kongres dan Senat
10.    Sehari memproklamasikan kemerdekaan indonesia Soekarno –Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama di indonesia    -
10.    Pada akhir tahun 1956 Soekarno membubarkan semua partai politik ,dia kemudian membentuk Demokrasi Terpimpin tahun 1959    Tahun 1960 JFK mencalonkan diri sebagai presiden AS. Semua partai menganggap JFK tidak terlalu berpengalaman sebagai seorang kandidat presiden.dan ia akhirnya mengalahkan calon dari Partai Politik Republik

Konjungsi
Konjungsi intrakalimat, antara lain, digunakan untuk merangkaikan klausa yang satu dengan klausa yang lain dalam sebuah kalimat. Konjungsi antarkalimat digunakan untuk merangkaikan kalimat yang satu dengan kalimat berikutnya. Konjungsi intrakalimat dan antarkalimat pada teks “Soekarno : Bapak Bangsa Indonesia” dan pada teks”Jhond F. Kennedy : Jangan Tanyakan Apa yang Negerimu Berikan Padamu” antara lain sebagai berikut.
No.    Konjungsi Dalam Kalimat
Konjungsi Intrakalimat    Konjungsi Antarkalimat
1.    Ketika sistem pemerintahan parlemen tidak berjalan efektif, Soekarno pada akhir 1956 menyerukan pembubaran semua partai politik.    Dia meneruskan studinya ke Choate Prepatory School di Wallingford pada 1935, kemudian masuk ke Universitas Princeton. Lagi-lagi penyakit menyebabkan dia meninggalkan sekolah. Akan tetapi pada tahun berikutnya ia melanjutkan studinya di Universitas Harvard.
2.    Jhond F. Kennedy (JFK) adalah anak kedua dari sembilan bersaudara pasangan Jhoseph Patrick dan Rose Fitzgerald.    Pada usia 13 tahun JFK masuk ke sebuah sekolah swasta, Canterbury School, di New Milford, Connecticut, tetapi kemudian keluar karena sakit.
3.    Keluarga ini adalah keluarga Amerika yang terpandang dan kaya .    Ia lulus dari Harvard pada 1940, bahkan karya tulisnya kemudian menjadi dasar penulisan buku Why England Slept mendapat perhatian di AS dan Inggris.
4.    Ayah JFK telah mengumpulkan kekayaan melalui bisnisnya yang mencakup bidang perfilman, galangan kapal, real estate, dan spekulasi di pasar bursa.    Selang beberapa bulan berikutnya, dia masuk ke sekolah bisnis Universitas Stanford, kemudian pergi ke Amerika Selatan.
5.    Sementara Joseph Kennedy adalah putra Patrick Kennedy, seorang usahawan sukses dan politisi Boston yang ternama.    Dia meneruskan studinya ke Choate Prepatory School di Wallingford pada 1935, kemudian masuk ke Universitas Princeton.
6    ketika Jepang mulai menyerah pada Pearl Harbor, Hawaii, pada Desember 1941.    Meskipun sering sakit, JFK termasuk atlet yang baik. Ketika di Harvard, dia menekuni olahraga renang dan bersama saudaranya, Joe, pernah memenangi suatu kejuaraan layar.
7    Perang dunia meletus pada 1939, dan AS mulai terlibat ketikaJepang mulai menyerah pada Pearl Harbor, Hawaii, pada Desember 1941.    Ia lulus dari Harvard pada 1940, bahkan karya tulisnya kemudian menjadi dasar penulisan buku Why England Slept mendapat perhatian di AS dan Inggris.
8    Pada Agustus 1943 kapal yang dipimpinnya dihantam destroyer Jepang di perairan New Georgia, Kepulauan Solomon. Kapal terbelah dua dan dua belas orang awaknya tewas.    JFK dan awak kapal yang selamat selama satu jam menantikan pertolongan. Namun, bantuan tidak kunjung datang sehingga mereka harus berenang ke sebuah pulau kecil yang berjarak lima kilometer dari situ.
9.    Para pemimpin partai menganggap dirinya terlalu muda dan tidak cukup pengalaman sebagai seorang kandidat presiden.    ” Ia menyadari kesulitan yang akan dihadapinya. “Semua ini tidak akan selesai dalam 100 hari pertama,” katanya. “Tidak akan selesai dalam 1.000 hari, tidak juga selama pemerintahan ini, bahkanmungkin tidak sepanjang masa hidup kita di planet ini. Akan tetapi, mari kita mulai.”
10    Setelah berunding dengan para penasihatnya selama tujuh hari, JFK meminta Uni Soviet memindahkan rudal itu, danmenyatakan perairan Kuba sebagai daerah karantina.    Pembun*han JFK sampai kini masih menimbulkan kontroversi. Pembun*hnya, Lee Harvey Oswald, memang dapat ditangkap hari itu juga. Namun, dua hari kemudian, saat ia akan dipindahkan ke penjara yang lain, Oswald tewas ditembak oleh Jack Ruby, seorang pemilik klub malam.

buka mesin jahit : http://www.mikirbae.com/2015/10/membandingkan-teks-soekarno-dengan-teks.html

0 komentar:

Post a Comment