MACAM MACAM BATIK DI INDONESIA BESERTA MOTIF BATIK

 MACAM MACAM BATIK DI INDONESIA BESERTA MOTIF BATIK

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 MACAM MACAM BATIK DI INDONESIA BESERTA MOTIF BATIK



macam macam motif batik di indonesia beserta fungsi nya - (Apa Pengertian Ahli) Pengertian Batik adalah metode perwarnaan kain menggunakan bahan lilin “malam”. Batik juga dapat diartikan sebagai pakaian atau bahan kain yang dibuat dengan teknik perwarnaan dengan “malam”.
Batik berasal dari kata ambatik dalam bahasa jawa, dari kata amba yang artinya adalah menulis dan tik yang berarti titik kecil, tetean ataupun membuat titik. Sehingga batik dapat didefinisikan sebagai menulis atau melukis titik. Secara umum pengertian membatik adalah sebuah cara dalam menahan warna menggunakan lilin malam secara berulang ulang di atas kain. Lilin malam yang dipakai sebagai penahan untuk menghindarkan warna agar tidak menyerap ke serat kain yang tidak dikehendaki.
Batik dalam pengertian lebih lanjut adalah lukisan di atas kain yang dipakai sebagai bahan dasar pembuatan pakaian. Dalam dunia internasional, batik atau cara ini dikenal dengan nama wax-resist dyeing.
Batik awal mulanya berasal bukan dari daerah Jawa akan tetapi di daerah timur Toraja, Halmahera dan Papua. Kini batik telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.
Setelah sedikit membahas tentang batik, mari masuk ke pembahasan tentang macam macam batik yang ada berdasarkan beberapa poin yaitu cara pembuatan batik, berdasarkan motif, serta macam macam batik berdasarkan daerah asalnya.

1. Macam macam batik berdasarkan cara pembuatan batik
– Batik tulis adalah teknik atau cara dalam membatasi warna yang membubuhkan tulisan diatas kain batik (mirip menulis) menggunakan canting. Proses pembuatan batik tulis memerlukan waktu yang cukup lama yang mengakibatkan harga batik tulis juga cukup mahal di pasaran.
– Batik Cap, merupakan cara
engan dengan melukis diatas kain putih. Tetap menggunakan canting dan malam. Akan tetapi, kreasi yang ada pada batik lukis adalah menggunakan kuas dalam membuat motif tertentu sehingga lebih kreatif dan inovatif dan tetap mempertahankan kesederhanaan.
Macam macam batik di Indonesia beserta motif batik
Contoh Macam Batik di Indonesia



2. Macam macam batik berdasarkan Motif atau Corak


– Batik Keraton
Batik Keraton merupakan batik yang dikhususkan motif tertentu yang hanya boleh digunakan oleh anggota kerajaan tertentu seperti raja maupun keluarganya. Batik ini seringkali mengandung makna dan filosofi hidup.
– Batik Sudagaran
Batik sudagaran adalah batik yang muncul sebagai perlawanan dan penentangan terhadap motif keraton yang terkesan ekslusif. Oleh karena itu, seniman membuat batik yang memiliki kesamaan motif dengan batik keraton sehingga dapat digunakan oleh orang banyak. Dahulunya, batik Sudagaran biasanya merupakan batik keraton yang ditambahkan motif tertentu diatasnya sehingga terkesan lebih rumit dan lebih indah dari batik keraton.
– Batik Cuwiri
Batik ini terkesan mistis karena dipercaya mampu membantu orang yang sakit dalam proses penyembuhan orang sakit dengan cara menyelimuti orang yang sakit.
-Batik sekar jagad
Batik ini merupakan batik yang paling umum di Indonesia. Makna motif ini adalah kecantikan atau orang yang membuat orang melihat menjadi terpesona
-Batik Kawung
Batik kawung merupakan batik yang berpola seperti buah kawung yaitu sejenis kelapa atau kolang kaling.
Macam macam batik: Batik Kawung
Macam macam batik: Batik Kawung

-Batik Sido Mukti
Batik ini merupakan batik yang sering digunakan oleh warga solo dalam upacara perkawinan. Memberikan makna harapan kebahagiaan lahir batin.

-Batik sido luhur
Batik ini adalah salah satu macam batik yang berasal dari kraton surakarta. Batik ini merupakan batik yang sering dikenakan oleh pengantin wanita di malam pengantin di daerah solo.
Macam macam batik: Batik Parangkusomo
Macam macam batik: Batik Parangkusomo

– Batik Sido Asih
Batik yang juga berasal dari Keraton Surakarta yang juga digunakan oleh pengantin wanita. Memiliki arti kasih sayang antar sesama.
Macam macam batik: Batik Sido Asih
Macam macam batik: Batik Sido Asih

Selain yang dijelaskan diatas, masih terdapat beberapa macam batik di Indonesia seperti Batik Pesisir dan batik berdasarkan daerah kemunculan batik tersebut
Macam macam batik: Batik Pamiluto

Macam macam batik pesisir adalah batik yang berkembang pada daerah yang berada di pesisir pantai pada zaman dahulu. Salah satu contohnya adalah batik pekalongan, Batik cirebon, Batik Lasem, Batik Tuban, dan batik madura.
Macam macam batik: Batik Madura
Macam macam batik: Batik Madura

Macam macam batik: Batik Garut
Macam macam batik: Batik Garut        
Macam macam batik:Batik Semarang
Macam macam batik:Batik Semarang

Macam macam batik di Indonesia memang masing kurang terdata dengan bagus, kami hanya bisa memberikan beberapa macam batik berdasarkan wilayahnya cukup sedikit seperti:

1. Jawa
-Batik Priangan (Batik Sunda) merupakan batik yang kental akan kebudayaan Cirebon dan baduy sehingga memunculkan corak khas tanamana menjulur, kupu-kupu atau burung merak. Beberapa penghasil batik membuat di daerah Jawa membuat macam macam batik di jawa berdasarkan motif bertambah. Seperti batik ciamis, batik garut yang khas dengan warna gading kekuningan. Batik tasikmalaya yang sering dijumpai dengan motif payungnya. Batik Baduy yang sangat dikenali dengan warna tarum atau indigo.
Macam macam batik: Batik Semarang
Macam macam batik: Batik Semarang
Macam macam batik:Batik Truntum
Macam macam batik:Batik Truntum

– Macam macam Batik Jawa Pengaruh Jepang
Batik jawa yang dipengaruhi oleh kebudayaan Jepang disebut sebagai batik jawa hokokai. Batik ini memiliki motif bunga sakura, seruni ataupun bunga krisan dengan tambahan motif kupu-kupu. Batik ini sering disebut dengan motif Pagi-Sore.
2. Bali
Batik Bali adalah batik yang dipengaruhi oleh budaya Bali yang telah kental akan ukiran dan patung sehingga corak yang dihasilkan tidak terlalu menonjol.
3. Sumatera
Di Sumatera terdapat beberapa penghasil batik yang membuat tambahan terhadap beberapa macam batik yang ada di Indonesia.
Seperti Batik jambi, batik minangkabau, batik aceh, batik palembang, dan batik Riau.
Cek Video Pembuatan Batik dibawah ini untuk menambah pengetahuan kalian tentang berbagai macam batik di Indonesia dan teknik pembuatannya

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  macam macam motif batik di indonesia beserta fungsi nya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Soal PKK kelas IX 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://hariannetral.com/2014/07/macam-macam-batik-di-indonesia-beserta-motif-batik.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.