Jenis-Jenis Benang

Jenis-Jenis Benang

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Jenis-Jenis Benang


kegunaan benang obras - Benang, biasanya digunakan untuk menjahit baju. Tapi untuk benang tertentu, biasanya bisa digunakan sebagai pemanis baju tersebut. Begitu juga dengan pita. Pita biasa digunakan sebagai pemanis media apa saja. Karena pada dasarnya sifat pita adalah memang sebagai pemanis.
Ada beberapa jenis benang yang biasa digunakan. Tentunya sesuai dengan kebutuhan. Yaitu seperti tsb dibawah ini :
1. Benang Jahit
Untuk sebagian besar orang, pasti sudah mengenal benda tersebut. Hampir disetiap rumah pasti ada benang jahit. Karena benda tersebut berfungsi untuk menjahit bahan yang sobek seperti dalam keadaan darurat. Sebelum akhirnya memutuskan untuk pergi ke tukang jahit untuk merapikannya. Selain itu benang jahit juga mudah didapat. Cara penggunaannya juga sangatlah mudah. Tidak perlu ada pelajaran khusus untuk menggunakan benang tersebut.
2. Benang Bordir
Bahan dan tekstur benang bordir sebenarnya tidak jauh berbeda dengan benang jahit. Benang tersebut mempunyai nama yang berbeda karena fungsi dan ukurannya. Untuk melakukan bordir, memang perlu banyak bahan benang. Seperti yang biasa anda temukan. Oleh karena itu, benang tersebut biasanya di packing dalam ukuran yang besar. Agar tidak cepat habis saat membordir bahan. Warnanya pun macam-macam. Sama seperti benang jahit.
3. Benang Rajut
Benang rajut ini memang sedikit berbeda dengan kedua benda tersebut diatas. Karena selain volume benangnya yang lebih tebal, fungsinya pun berbeda. Biasanya benang rajut ini digunakan untuk membuat sesuatu. Seperti lukisan, pakaian, topi, sepatu, dll. Warnanya pun lebih beragam. Bahkan seperti contoh pada gambar ini, dalam satu gulungan, ada lebih dari satu warna yang berbeda-beda. Unik bukan🙂
Untuk memanfaatkan benang ini, perlu ada latihan khusus. Yaitu cara merajut. Karena merajut tidaklah semudah kelihatannya. Meskipun menurut saya sendiri, merajut terlihat sangat susah.
4. Benang Wol
Benang wool ini juga memiliki fungsi yang sama seperti benang rajut. Yaitu untuk merajut. Hanya saja tekstur nya sedikit berbeda dengan benang rajut. Benang ini lebih berbulu. Volume benangnya juga agak renggang. Namun alternatif warna yang tersedia, tidak se-unik benang rajut. Benang ini biasanya hanya ada satu warna ditiap gulungannya. Namun bisa beraneka ragam seperti benang jahit.
Memanfaatkan benang wool juga sama seperti benang rajut. Karena memang bentuknya yang hampir sama dengan benang rajut.
5. Benang Sulam
Jenis benang ini biasanya bukan digunakan untuk menjahit baju atau menyambung bahan. Benang ini biasanya digunakan sebagai penghias bahan. Yang biasa ada pada pakaian, kerudung, taplak meja, mukena, dll. Volume benang sulam sedikit tidak lebih tebal dari benang rajut. Warnanya pun beraneka ragam. Biasanya dalam satu gulungan terdapat satu warna. Dan warnanya pun bisa bermacam-macam. Untuk memanfaatkan benang sulam ini, yaitu menyulam dengan membentuk suatu gambar, juga memerlukan keterampilan khusus. Sama seperti menggunakan benanang rajut, untuk merajut. Tapi bisa dipelajari secara otodidak, selama ada kemauan.
Benang jahit adalah sarana produksi yang harus diperhatikan kualitasnya. Benang jahit yang berkualitas, tidak mudah putus, kuat, elastis, akan menghasilkan jahitan yang awet. Ada beraneka macam jenis benang. Ada benang khusus untuk menjahit, menyulam, membordir, dan benang khusus mesin-mesin jahit konveksi. Mesin jahit overdeck, mesin bordir, mesin obras memiliki jenis benang yang berbeda. Tiap mesin jahit memiliki jenis benangnya sendiri. Perbedaan benang terletak pada tekstur, bahan dasar benang, kegunaan, dan fungsinya. Pada benang jahit untuk mesin yang memiliki aneka warna, diberi nomor yang menunjukkan nomor seri warnanya. Pada beberapa jenis benang, selain menunjukkan nomor seri warna, kode nomor seri juga digunakan untuk menunjukkan tingkat ketebalan benang. Secara umum, menurut bahan dasarnya, benang jahit dibedakan menjadi empat macam, antara lain:

Benang jahit

Benang jahit berasal dari berbagai macam serat, baik serat alami maupun serat imitasi. benang yang terbuat dari serat alam misalnya benang sutra dan benang katun. Benang yang terbuat dari serat imitasi misalnya benang polyster dan benang nilon. Benang jahit ini secara luas digunakan pada usaha konveksi. Benang jahit memiliki tekstur yang halus dan lembut.



Benang kasur

Benang kasur disebut juga benang jagung. Benang ini bertekstur kasar, diameter besar, dan kuat. Selain untuk menjahit kasur, benang dari serat selulosa ini juga digunakan untuk aplikasi hiasan pada pakaian.



Benang stainless

Benang stainless disebut juga benang logam. Bahan dasar benang ini terbuat dari logam. Benang stainless bertekstur lembut, tipis, namun kuat. Benang ini berwarna gold atau silver yang mengkilap. Benang stainless digunakan untuk menghias pakaian, baik secara manual maupun dengan mesin. Benang ini dapat  digunakan pada mesin bordir untuk menghasilkan efek mengkilat yang mewah.

Benang karet

Benang karet dibuat dengan material dasar karet. Benang karet ini bersifat lentur. Benang karet digunakan pada mesin-mesin jahit konveksi, seperti pada mesin obras dan mesin bordir.

Selain jenis benang di atas, dikenal juga jenis benang berdasarkan kegunaannya. Benang wol digunakan untuk merajut, benang bordir yang halus dan mengkilap digunakan untuk menyulam dengan mesin, benang sulam digunakan untuk menyulam dengan tangan, benang mouline digunakan untuk menghias, benang obras digunakan khusus untuk mesin obras dan lain sebagainya.

Di pasaran terdapat aneka merk benang. Benang yang berkualitas baik biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal. Ciri utama benang berkualitas baik adalah benang yang tidak mudah kusut. Benang berkualitas baik akan kuat dan tidak mudah putus, sehingga jahitan yang dihasilkan pun akan awet. Pemilihan benang yang berkualitas baik akan memaksimalkan hasil produk konveksi. Jadi, ketelitian diperlukan untuk memilih benang yang bagus.
Mungkin masih banyak lagi jenis benang, selain yang saya sebutkan diatas. Tapi untuk saat ini cukup saya berikan alternatif benang yang memang biasa atau banyak digunakan disekitar kita.
Semoga memberi manfaat untuk teman-teman semua yang membacanya



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  kegunaan benang obras

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang DESAIN HIASAN X TATA BUSANA SMK 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://butikkaffah.wordpress.com/2013/12/14/jenis-jenis-benang/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.