Alat Dan Bahan Serta Cara Membuat Batik Tulis Secara Sederhana

Alat Dan Bahan Serta Cara Membuat Batik Tulis Secara Sederhana

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Alat Dan Bahan Serta Cara Membuat Batik Tulis Secara Sederhana


buat batik bahan 2 meter untuk ukuran - Membatik bagi yang belum paham mengenai proses atau cara membatik khususnya batik tulis mungkin akan merasa sulit. Proses membuat batik bukan saja membutuhkan skill khusus akan tetapi juga intuisi dari pembatik  ( pengrajin batik ). Intuisi ini yang barangkali belum banyak di miliki oleh setiap orang. Cara membatik sederhana bisa kita lakukan dalam lembar kain ukuran mini. Terutama bagi mereka yang ingin belajar tentang bagaimana cara membatik.

Disini kami akan sedikit mengulas beberapa hal berkaitan dengan cara membatik sederhana. Adapun tujuan kami adalah sedikit memberikan gambaran cara membuat batik utamanya adalah batik tulis. Batik tulis merupakan salah satu jenis batik berdasarkan tekhnik pembuatannya. Selain batik tulis, ada yang disebut dengan batik cap atau batik sablon ( printing ). Pengrajin batik menyebut batik sablon bukan merupakan jenis batik, akan tetapi lebih kepada kain yang bermotifkan batik.

Langsung saja kepada pembahasan mengenai cara membatik tulis. Ada beberapa bahan dan alat yang harus kita siapkan. Bahan dan alat membatik tersebut antara lain sebagai berikut :
Alat Dan Bahan Untuk Membuat Batik Tulis

Adapun alat dan bahan untuk membuat batik tulis adalah sebagai berikut :

    Kain Mori

Kain mori merupakan bahan kain putih hasil pintalan kapas yang di proses menjadi lembaran kain untuk media pembatikan. Kain yang biasa digunakan untuk proses pembatikan berbahan dasar katun. Bahan katun mempunyai kelebihan antara lain jika dipakai adem, tidak panas dan menyerap keringat. Media kain tersebut juga mudah kita dapatkan di pasaran. Ukuran kain biasanya mempunyai panjang 2 meter untuk potongan kain batik, sedangkan lebarnya berkisar 115 cm, 120 cm atau 125 cm. Namun panjang kain 2 meter ini tidak mutlak, tergantung plangkan sebagai sandaran kain yang kita buat sebelumnya. Jika kita ingin membatik dengan panjang kain 3 meter, artinya plangkan yang kita siapkan juga mempunyai panjang kurang lebih sekitar 3 meteran.

    Malam ( lilin )

Lilin batik di sebut dengan malam. Fungsi dari lilin ini adalah untuk merintangi warna, sehingga dalam proses pewarnaan di kain warna tersebut tidak bercampur menjadi satu. Motif yang kita buat nantinya harus di beri lilin tersebut dengan menggunakan alat batik yang disebut dengan canthing.

    Canthing

Canthing merupakan salah satu alat untuk membuat batik. Canting berbentuk wadah yang di ujungnya lancip sebagai tempat mengalirkan lilin ke media kain. Kepala canthing berfungsi sebagai wadah lilin panas sebelum kita torehkan ke kain. Penggunaan canthing tidak mutlak ada, artinya kita bisa menggunakan alat batik lain yang kita inginkan agar motif sesuai dengan apa yang akan kita gambar. Kita bisa menggunakan kuas atau model alat lain yang muara penggunaannya sebagai media transfer lilin ke kain.

    Pewarna

Proses pewarnaan dalam pembuatan batik bisa dilakukan dengan tekhnik tertentu. Dalam hal ini cara mewarnai batik yang dilakukan pengrajin satu dengan lainnya tidak sama. Ide serta kreatifitas masing – masing tidak sama. Selain faktor tersebut, agar menghasilkan warna batik yang cantik seorang pengrajin yang handal membutuhkan jam terbang yang cukup. Namun bagi anda pemula jangan khawatir, semakin anda sering membuat batik maka akan semakin terampil nantinya.

    Frame atau Plangkan

Alat ini gunanya adalah untuk meletakkan kain agar bisa kita gambari dengan lilin tadi. Untuk ukuran plangkan terserah dari kita. Sebaiknya disesuaikan dengan panjang kain yang kita buat. Plangkan berbentuk segi empat terbuat dari bahan bambu, kayu atau besi. Mengenai bahan plangkan menyesuaikan kondisi yang anda inginkan.

    Kompor

Alat untuk membatik lainnya adalah kompor. Kompor berfungsi memanaskan lilin agar tetap dalam kondisi cair. Saat ini sudah tersedia kompor listrik sebagai pengganti kompor minyak. Kompor listrik menjadi salah satu pilihan alat membatik yang lebih efektif walaupun dari segi harga mungkin cukup mahal kisaran 300 sampai 400 ribuan. Kompor listirk tidak menimbulkan asap, dan hanya membutuhkan energi listrik sebagai alat pemanasnya. Tentunya saat kita kesulitan mencari minyak tanah atau solar sebagai bahan bakar, kompor listrik menjadi alternatif pengganti alat membatik tersebut. Baca Juga : Motif Batik Abstrak Mendobrak Pakem Batik
Persiapan Membuat Batik Tulis

Setelah kita melengkapi alat dan bahan membatik di atas, proses selanjutnya adalah menyiapkan sarana lain sebagai pendukungnya. Siapkan tempat yang nyaman, misalkan dalam ruangan dan tidak banyak angin yang masuk. Tentunya jika membatik di luar ruangan dengan kondisi angin berhembus cukup kencang kita akan kesulitan mengkondisikan kain serta lilin yang nantinya kita torehkan di kain tersebut. Ini merupakan pengalaman kami yang bisa dijadikan referensi untuk anda.

Usahakan tempat juga senyaman mungkin, tidak terkendala saat turun hujan. Sehingga anda pun bisa dengan tenang membuat batik tulis serta bisa menghasilkan karya yang bagus.

alat dan bahan serta cara membuat batik
Tahapan Membuat Batik Tulis

Setelah semua siap maka tahapan selanjutnya yaitu membuat batik yang anda inginkan. Adapun tahapan yang kami jelaskan disini pun tidak mutlak sama dengan tahapan membatik lainnya. Artinya kami memberikan informasi tersebut berdasarkan pengalaman kami dalam proses pembuatan batik tulis dengan produk batik proboparon.  Batik proboparon mengusun konsep batik tulis abstrak. Sehingga bisa jadi tahapan membuat batik dengan motif ini berbeda dengan pembuatan batik tulis tradisional. Baca Juga : Memahami Definisi Serta Arti Kata Batik

Langkah – langkah pembuatan batik tersebut adalah sebagai berikut :

    Kain mori yang telah siap di gunakan sebagai media pembatikan kita pasang di plangkan. Usahakan kain ini tidak terlalu kendor kondisinya. Posisikan kain membentang dengan cukup kencang agar mempermudah kita melukiskan gambar dengan canthing batik.
    Jika anda terbiasa dengan membuat pola terlebih dahulu upayakan sebelum kain di pancangkan di plangkan pola tersebut sudah tergambarkan di kain. Menggambar pola bisa menggunakan pensil dengan arsiran yang tidak terlalu tebal. Fungsi gambar awal adalah mempermudah pembentukan gambar yang kita inginkan kemudian pola tersebut kita buat dengan lilin malam.
    Setelah tergambar pola dengan lilin malam, kita bisa melakukan proses pewarnaan awal. Proses pewarnaan tidak hanya sekali saja. Ini bisa kita lakukan beberapa kali pewarnaan tergantung berapa jumlah serta kombinasi warna yang kita inginkan.
    Ketika pewarnaan awal selesai, anda bisa menutupi warna yang kita inginkan. Caranya adalah menutupi warna dengan mencanthing kembali pola gambar dengan warna yang sudah terbentuk. Fungsi lilin adalah merintangi warna. Artinya ketika lilin kita torehkan di atas pola gambar dengan warna yang kita inginkan, maka saat proses pewarnaan selanjutnya warna tersebut tidak tercampur menjadi satu.
    Kemudian warnai kembali batik tadi dengan warna yang lainnya. Lilin yang menutupi warna dalam kain tidak akan terkena warna selanjutnya. Jadi dalam membuat pola batik tulis, kita bisa kondisikan berapa warna yang kita buat, kombinasi terserah kita. Arsiran pola juga terserah bagaimana mengkombinasikannya. Ulangi langkah tersebut beberapa kali supaya menghasilkan motif batik dengan warna yang unik.
    Jika kita sudah menganggap proses pembatikan selesai, biarkan warna di kain mengering. Upayakan kain di letakkan atau dijemur dalam kondisi panas matahari tidak terlalu panas. Sebab jika panas matahari mengenai lilin, dan suhu sangat panas lilin bisa mencair di kain tersebut. Ini akan mengurangi kesempurnaan hasil dari batik yang kita buat tadi. Proses pengeringan yang kita lakukan selama ini adalah dengan mengangin – anginkan saja kain tersebut.
    Setelah kain batik sudah kering, siapkan air mendidih. Istilahnya kain tersbut kita godog dengan suhu air kurang lebih 100 derajat celcius. Proses ini dinamakan dengan pelorodan. Melorod artinya menghilangkan lilin malam yang menempel di kain, hingga hanya tersisa warna dan akhirnya pola batik terbentuk dengan unik.
    Setelah proses lorod selesai jemur kain batik di bawah sinar matahari sampai kering. Pengeringan upayakan tidak dengan menyetrika saat kain masih basah. Pada awalnya, kain batik yang sudah kering akan luntur saat pencucian pertama kali. Selanjutnya warna akan terkunci dan kain siap di pasarkan.

Teknik pembuatan batik tulis ini pun tidak baku seperti tahapan di atas. Jika anda ingin belajar membuat batik, anda bisa berkunjung ke tempat – tempat sentra pembuatan batik. Sentra pembuatan batik bisa anda kunjungi antara lain di Pekalongan, Jogjakarta dan Solo

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  buat batik bahan 2 meter untuk ukuran

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Macam-macam tusuk sulam benang


. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.proboparon.com/blog/alat-dan-bahan-serta-cara-membuat-batik-tulis-secara-sederhana/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.