cara merubah mesin obras menjadi mesin neci

cara merubah mesin obras menjadi mesin neci

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
cara merubah mesin obras menjadi mesin neci


fungsi obras - Sebuah mesin neci berguna untuk menjahit dengan sangat kecil dan rapat bagian pinggir kain sekaligus memperindah bagian tersebut, bagian kain yang biasanya di neci adalah bagian lajur kerut dan pinggiran selendang.


Harga dari sebuah mesin neci ini terbilang cukup mahal yaitu di kisaran 4 jutaan itupun untuk yang bekas,  harga ini relatif dan bisa naik atau turun tergantung situasi ekonomi. Hal ini tentu saja cukup memberatkan bagi penjahit atau pengusaha dengan modal kecil untuk pengayaan mesin neci tersebut.

Jika penjahit rumahan, tailor atau butik yang tidak mempunyai mesin neci tersebut, biasanya menggunakan jasa neci yang di tawarkan oleh toko alat-alat menjahit dengan di hitung harga permeter dari hasil necian

Tapi tahukah Anda kalau sebenarnya kita bisa merubah atau memodifikasi mesin obras biasa sehingga bisa di fungsi kan menjadi sebuah mesin neci. Bagi penjahit yang sudah lama malang melintang di dunia menjahit hal ini sudah tidak aneh. Untuk merubah mesin obras ini pun terbilang mudah dan hanya mengeluarkan biaya sedikit.

Mesin obras yang bisa di modif ini bisa mesin obras kecil maupun besar, dan sebenarnya banyak konveksi dan pengusaha pembuatan baju atau selendang yang melakukan modifikasi tersebut untuk keperluan neci tersebut. Bahkan banyak juga toko peralatan menjahit yang menggunakan mesin obras rubahan ini untuk menjalankan usaha jasa neci ini.

Memang dari hasil akhir antara mesin neci asli dan mesin obras yang di modif ini terdapat perbedaan, tapi perbedaan ini hanya bisa di ketahui oleh tukang jahit yang sudah berpengalaman, kalau orang awam sih sepertinya tidak akan tahu bedanya.

 Perbedaan dari mesin neci asli adalah hasil neci nya lebih rapat dan membulat dan terlihat sangat bagus, sementara mesin obras rubahan hasil neci nya gepeng dan kurang rapat. Tapi sekali lagi ini tidak akan berpengaruh kepada pelanggan jahit kita karena toh mereka tidak akan keberatan karena tidak tahu beda nya. Karena dari hasil nya sekitar 80 persen sama dengan hasil mesin neci asli.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara untuk merubah mesin obras ini sehingga bisa berfungsi juga menjadi mesin neci semoga dengan tutorial ini setidaknya bisa menekan biaya produksi dari pakaian yang sedang kita jahit, karena untuk necian bisa kita lakukan sendiri.

Disini saya mempunyai mesin obras kecil merk butterfly yang akan di rubah. Mengenai merk tidak berpengaruh karena selama bentuk mesinnya sama, pengerjaannya pun pasti sama. Untuk perlatan penjunjang pengerjaan kita membutuhkan obeng, kunci mesin obras dan sebuah kikir kecil yang biasa di gunakan menajamkan gergaji. Anda bisa membeli kikir tersebut di toko matrial terdekat.

Untuk lebih jelas bagaimana proses pengerjaannya silahkan di simak langkah-langkah pengerjaannya sebagai berikut:


•    Yang pertama harus kita lakukan adalah mencopot sepatu mesin obras dengan menggunakan kunci mesin obras, kunci ini biasa di berikan satu paket saat membeli mesin tersebut, jika  tidak ada Anda bisa membelinya di toko alat menjahit.






•    Selanjutnya copot bagian ujung lancip yang berfungsi untuk mengaitnya benang obras saat mesin di jalankan. Dengan obeng kecil. Pencopotan ini karena kita akan mengalihkan proses mengait nya benang obras ke tutup runner (gerigi) obrasan






•    Jika sudah di copot selanjutnya buka tutup runner (gerigi) obrasan dan perhatikan bagian yang saya beri tanda merah


 



•    Selanjutnya bagian dengan tanda merah tersebut kita kikir sehingga menjadi kecil seperti pada gambar






•    Setelah semua pengerjaan selesai selanjutnya pasang kembali tutup runner dan sepatu obrasan






•    Kemudian tempatkan dua buah benang obras serabut dan satu benang katun, benang katun untuk yang masuk ke jarum mesin obras sementar yang benang serabut untuk bagian dibawah, jika menggunakan benang serabut semua hasilnya jadi kurang bagus dan mudah putus. Kemudian masukan semua benang tersebut ke jarumnya masing-masing. Jika Anda belum tahu susunan benang obras silahkan membaca artikel saya yang lalu




 

•    Selanjutnya lakukan penyetelan mesin, pertama putar congcot mesin bagian atas sehingga lebih kencang dalam menjepit benang.


 



•    Kemudian congcot yang ada di bawahnya di kencangkan juga






•    Selanjutnya kencangkan congcot yang berada di bawah tutup mesin


 



•    Di bagian belakang, geser pengatur kerapatan langkah mesin obras ke posisi paling rapat dengan menggunakan kunci






•    Penyetelan selesai selanjutnya kita lakukan pengetesan pada jalannya mesin tersebut apa sudah sesuai dengan keinginan.






•    Jika sudah benar maka hasil akhir akan terlihat seperti ini, yaitu hasil obrasan menjadi rapat dan sangat kecil seperti hasil neci.


 


Untuk merubah kembali fungsi mesin tersebut menjadi  mesin obras, Anda tinggal melonggarkan semua congcot mesin dan mengatur kerapatan jalannya mesin.

Apabila Anda bingung dengan cara yang sudah saya jelaskan di atas, sebaiknya proses untuk merubah mesin obras ini tidak di kerjakan sendiri, tetapi Anda bisa menggunakan jasa tukang servis mesin jahit untuk mengerjakannya. Untuk ongkosnya sendiri tidak terlalu mahal, dan sangat sebanding dengan hasil yang akan kita dapatkan nantinya.

Sedangkan jika ada pelanggan menjahit yang tidak mau jahitannya di neci dengan alasan kurang kuat maka Anda bisa menggunakan cara alternatif  dengan menjahit kelim kecil ujung kain tersebut untuk caranya bisa di baca pada artikel saya sebelumnya



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  fungsi obras

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang DRAPING 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://penjahitgoblog.blogspot.co.id/2016/08/cara-merubah-mesin-obras-menjadi-mesin_7.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.