Aneka Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Aneka Kerajinan Tangan dari Kain Perca

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Aneka Kerajinan Tangan dari Kain Perca

contoh karya seni rupa terapan dari kain perca – Siapa yang menyangka ternyata kain perca bisa diolah menjadi sebuah karya seni ataupun hiasan yang sangat indah loh. Kain perca bisa kam temukan di sekitar tempat tinggalmu. Sa;ah satunya bisa didapat di tempat konveksi dan tukang jahit atau juga dapat diperoleh dari bekas pakaian yang sudah tidak terpakai.
Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Perca


Adapun pembuatan kerajian tangan dari kain perca sendiri cukup mudah dan kamu sendiri bisa mempraktekannya di rumah. Bahkan orang-orang yang tidak terlalu mengerti tentang seni pun bisa melakukannya.

Yang perlu kamu pelajari dalam pembuatan kerajianan tangan dari kain perca adalah teknik yang akan digunakan untuk menjahitnya. Dalam prosesnya, kamu bisa melakukan dengan cara manual yakni dengan cara dijahit menggunakan tangan atau bisa juga menggunakan alat bantu yakni mesin jahit.
Teknik-teknik Menjahit Kain Perca

Sebelum kamu mencoba membuat sebuah kerajinan tangan dari kain perca, sebaiknya kamu memahami dan mempelajari terlebih dahulu beberapa teknik menjahit kain perca. Nah, berikut ini adalah beberapa teknik yang dapat kamu gunakan untuk membuat sebuah kerajinan dari kain perca.

Teknik Patcwork

Teknik menjahit patchwork merupakan salah satu teknik menjahit dalam menggabungkan beberapa kain perca dengan cara mengikuti potongan-potongan atau alur tersebut. Menjahit dengan teknik patchwork bukanlah sesuatu yang sulit, semua orang bisa melakukannya. Hanya dengan belajar serius menjahit lurus, kamu sudah dapat mengerjakan teknik patchwork. Selain itu, kamu juga perlu ketelitian, ketekunan dan kesabaran dalam menjalaninya.

Teknik Applique

Teknik applique merupakan sebuah teknik yang membentuk aneka motif dari kain perca. Hasil kreaji dari teknik applique ini akan ditempelkan pada sebuah helai kain utuh yang akan digunakan sebagai lapisan dasarnya. Dengan menggunakan teknik ini kamu dapat membuat banyak pilihan kreasi desain kain perca yang akan kamu buat. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan berbagai motif atau gambar agar kreasi yang kamu buat menjadi lebih menarik. Hasil akhir dari teknik ini sangat bergantung pada kreativitasmu.
Contoh Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Nah, di bawah ini contoh beberapa hasil kerajinan dari kain perca yang bisa kamu buat. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.


1
Boneka
 

Salah satu contoh  kerajinan dari kain perca adalah boneka. Nah, hasil kerajinan kain perca yang satu ini banyak dijadikan usaha oleh para pelaku UKM.
2


Kerajinan tangan dari kain perca bisa juga dibuat menjadi sebuah bantal tidur ataupun bantalan duduk. Lumayan kan jika kamu bisa mengkreasikannya menjadi sebuah bantal, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Selain itu, pasti ada kepuasan tersendiri ketika kamu bisa membuat bantal hasil usahamu sendiri.
3
Dompet
 hadisukirno.wordpress.com

Salah satu contoh kerajinan tangan dari kain perca yang lainnya adalah dompet. Jika kamu terampil membuatnya, kain perca yang sudah tidak terpakai bisa kamu jadikan sebuah dompet yang mempunyai nilai tinggi. Selain dijadikan koleksi barang pribadi, jika kamu membutuhkan penghasilan tambahan kamu juga bisa menjadikan keterampilanmu membuat dompet ini menjadi sebuah bisnis.
4
Selimut
 zhahab.blogspot.com

Selain bisa dijadikan dompet, kain perca juga bisa dijadikan selimut loh. Kamu hanya tinggal memilih kain perca yang mempunyai motif lumayan unik, kemudian jahitlah kain-kain perca tersebut menjadi satu. Nah, gambar di atas ini merupakan salah satu contoh kain perca yang dijadikan selimut.


5
Lukisan
 lukisan


Apabila kamu melihat lukisan diatas sekilas kamu gak percaya bahwa lukisan itu ditulis diatas kain percaya. Ya, itu wajar sih, karna kamu masih melihatnya belum menyentuhnya. Tahukah kamu bahwa ditangan orang-orang yang kreatif kain percaya dapat disulap menjadi lukisan.

Sebagaimana yang dicontohkan seperti gamabr diatas. Dengam teknik dan keahlian yang tinggi lukisna tersebut dapat menajdi nilai jual yang tinggi di pasar. Karena disamping unik dan tingkat kerumitannya pun bervariasi. Nah, setelah membaca ini apa kamu tertarik untuk membuatnya


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh karya seni rupa terapan dari kain perca

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pensil Merah-Biru 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.satujam.com/kerajinan-tangan-dari-kain-perca/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.