Cara Memasang Benang pada Mesin Jahit

Cara Memasang Benang pada Mesin Jahit

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Cara Memasang Benang pada Mesin Jahit


cara pasang benang di mesin jahit - 2 Metode : Menggulung Benang pada Sepul - Memasang Benang pada Mesin Jahit
Anda sudah tahu mau menjahit apa dan sudah mengeluarkan mesin jahit tua kesayangan nenek Anda, lalu apa lagi yang harus Anda lakukan? Bagi mereka yang baru mulai menggunakan mesin jahit, memasang benang pada mesin jahit bisa menjadi pekerjaan yang sangat sulit, bahkan mungkin akan menunda niat mereka untuk seterusnya. Alih-alih membiarkan mesin jahit Anda menganggur dan makin berdebu, ikutilah langkah-langkah mudah berikut agar Anda bisa memasang benang pada mesin jahit dan menggunakannya. Anda bisa berkarya dengan membuat taplak meja dari sambungan kain perca atau menjahit baju kapan saja!


Langkah

Metode 1 dari 2: Menggulung Benang pada Sepul

[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-1-Version-2.jpg]
    Nonaktifkan jarum jahit pada mesin. Menonaktifkan jarum jahit bisa dilakukan dengan memutar roda atas di bagian samping mesin. Jarum jahit harus dinonaktifkan agar tidak ikut bergerak naik turun pada saat Anda menggulung benang pada sepul.


[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-2-Version-2.jpg]
Keluarkan sepul dari rumah sepul. Sepul adalah gulungan kecil yang ada di bawah jarum jahit pada mesin Anda. Sepul berfungsi sebagai pemasok benang untuk setik mesin sisi bawah, tetapi sepul yang masih baru biasanya belum terisi benang. Bukalah pintu rumah sepul lalu tariklah sepul ke luar dan Anda akan mendapatkan sepul yang masih kosong.

[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-3-Version-2.jpg]
lsilah benang pada sepul. Pasanglah benang jahit di bagian atas mesin pada tiang dudukan benang. Gulungan benang jahit harus dipasang sedemikian rupa agar pada waktu benang ditarik, arah putarannya berlawanan dengan arah jarum jam.

[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-4-Version-2.jpg]
Tariklah benang dari gulungan benang. Tariklah benang agar terurai dari gulungannya lalu kaitkan pada pengatur ketegangan benang di bagian atas mesin jahit. Jika mesin jahit Anda masih baru, biasanya ada panduan di bagian atas mesin sebagai petunjuk pemasangan benang sepul ini.
[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-5-Version-2.jpg]
Mulailah menggulung benang pada sepul. Peganglah sepul lalu lingkarkan benang pada sepul 2-3 kali.

[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-6-Version-2.jpg]
Pasanglah sepul pada tiang sepul. Tiang sepul adalah tongkat kecil yang biasanya ada di bagian atas mesin jahit. Geserkan tiang sepul agar terkunci sebelum penggulungan benang dimulai.

[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-7-Version-2.jpg]
Mulailah menggulung benang pada sepul. Sambil memegang benang yang sudah tergulung pada sepul, mulailah memutar sepul selama beberapa detik dengan mengijak pedal mesin jahit di lantai atau menekan tombol penggulung benang. Dengan cara ini, Anda bisa memastikan bahwa benang sudah tergulung dengan baik pada sepul. Setelah itu, potonglah kelebihan benang yang keluar dari sepul.

 [Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-8-Version-2.jpg]
Selesaikan penggulungan benang sepul. Injak lagi pedal mesin jahit atau tekan lagi tombol penggulung agar sepul terisi benang sampai penuh. Mungkin saja, mesin akan berhenti menggulung dengan sendirinya jika sepul sudah penuh. Ada juga mesin yang tidak otomatis berhenti, tetapi sepul tidak bisa berputar lagi jika sudah penuh.
[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-9-Version-2.jpg]
Lepaskan sepul dari mesin. Geserkan lagi tiang sepul lalu lepaskan sepulnya. Benang yang masih tersambung dengan sepul harus Anda gunting. Sisakan benang 5-7 cm dari sepul. Sekarang, Anda sudah siap memasang benang pada mesin jahit![1]




Metode 2 dari 2: Memasang Benang pada Mesin Jahit
[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-10-Version-2.jpg]
    Aktifkan lagi jarum jahit pada mesin. Sekarang, Anda sudah bisa menyiapkan mesin ini untuk menjahit. Biarkan gulungan benang di tempat yang sama di atas mesin. Rumah sepul ada yang letaknya di balik pintu kecil tepat di bawah jarum jahit atau ada juga yang posisinya menyamping di depan jarum jahit. Temukan rumah sepul ini lalu buka pintunya.


[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-11-Version-2.jpg]
Tariklah benang dari sepul sepanjang 10-15 cm.

[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-12-Version-2.jpg]
Masukkan sepul ke dalam sekoci. Anda akan melihat celah pada sekoci yang berfungsi sebagai jalan benang. Pada mesin jahit tertentu, ada bulatan berbentuk huruf C dengan pisau di ujungnya untuk memotong benang. Aturlah posisi sepul agar jika Anda menarik benangnya, sepul akan berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Anda harus bisa menarik kelebihan benang ke kanan dan sepul harus bisa berputar dengan mudah. Tutuplah pintu rumah sepul jika sekoci sudah terpasang dengan baik.

[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-13-Version-2.jpg]
Mulailah memasang benang pada mesin. Tariklah benang dari gulungan benang di atas mesin jahit. Kaitkan benang pada pemandu benang yang terbuat dari logam untuk menahan benang di bagian atas mesin. Ada mesin jahit yang mencetak diagram di bagian atas sebagai petunjuk pemasangan benang.
[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-14-Version-2.jpg]
Tariklah benang ke bawah. Ikuti tanda panah sesuai petunjuk pada mesin (jika ada) dengan menarik benang ke bawah di depan Anda. Setelah itu, gulunglah benang pada pengatur ketegangan benang di bagian bawah, lalu tarik lagi benang ke atas mengikuti petunjuk arah benang yang kedua. Sampai di sini, Anda akan melihat huruf “U” yang sempit dari benang yang baru saja Anda pasang.[2]

[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-15.jpg]
Kaitkan benang pada tuas pengangkat benang. Setelah Anda membuat huruf “U”, Anda harus mengaitkan benang pada tuas pengangkat benang di bagian atas mesin lalu tarik lagi benang ke bawah ke arah jarum. Tuas pengangkat benang berbentuk lempengan logam untuk menahan benang. Di bagian atas lempengan logam pengangkat benang ada lubang untuk memasukkan benang. Dengan memasukkan benang ke dalam lubang ini, Anda akan melihat huruf “S” yang sempit dari benang yang baru saja Anda pasang.

[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-16.jpg]
Tariklah benang ke arah jarum. Tariklah benang ke bawah mendekati jarum. Masukkan benang melalui lubang kecil yang ada di bagian bawah jarum. Setelah itu, tariklah benang melewati bagian bawah sepatu penekan jahitan.

[Image: 670px-Thread-a-Sewing-Machine-Step-17.jpg]
Tariklah benang sepul ke atas. Pada saat ini benang sepul masih tersembunyi di bawah permukaan dasar mesin. Untuk mengeluarkan benang sepul, peganglah roda atas di bagian kanan mesin. Putarlah roda atas ke arah Anda beberapa kali sampai ujung benang sepul muncul dari bawah. Peganglah benang sepul ini lalu tariklah ke atas sepanjang 10-15 cm.[3]



Tips

    Cara pemasangan benang pada berbagai mesin jahit pada umumnya sama. Jika mesin jahit Anda tidak sama dengan mesin yang digunakan di sini, carilah petunjuk pemasangan benang untuk mesin yang sama atau Anda bisa mereka-reka.
    Carilah petunjuk pemasangan benang yang tercetak di mesin jahit Anda. Banyak mesin jahit yang lebih baru menyediakan panduan dengan garis dan panah yang bisa membantu.
    Bacalah manual mesin jahit Anda, jika ada. Saat ini, ada perusahaan pembuat mesin jahit yang memberikan informasi daring tentang cara memasang benang. Anda bisa mencari model dan nomor seri mesin Anda di situs web mereka.

[*]

Peringatan

    Cabut dulu kabel listrik mesin jahit pada saat memasukkan benang ke jarum. Anda bisa melukai diri sendiri jika tidak sengaja menginjak pedal, sementara jari Anda masih memasang benang pada mesin.

[*]

Hal yang Anda Butuhkan

    Benang jahit yang masih tergulung
    Sepul (plastik bening atau logam berbentuk seperti roda)
    Mesin jahit


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara pasang benang di mesin jahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang TUTORIAL CARA MEMBUAT POLA KERAH KEMEJA 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.infoskep.com/subject-cara-memasang-benang-pada-mesin-jahit.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.