CARA MUDAH MEMBUAT DESAIN KRIYA TEKSTIL DENGAN TEKNIK MELIPAT

 CARA MUDAH MEMBUAT DESAIN KRIYA TEKSTIL DENGAN TEKNIK MELIPAT

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 CARA MUDAH MEMBUAT DESAIN KRIYA TEKSTIL DENGAN TEKNIK MELIPAT
bunga flanel untuk di kantong jas - Melipat adalah membentuk bahan tekstil menjadi bentuk geometris. Bahan yang sudah menjadi lipatan dirangkapkan atau disusun menjadi suatu motif tertentu sehingga membentuk suatu benda yang memiliki nilai estetis, nilai fungsional dan nilai jual yang tinggi.

Teknik melipat merupakan seni yang berasal dari negeri Sakura yaitu Jepang yang bermula dari seni melipat kertas yang disebut dengan origami tapi seiring dengan berjalannya waktu, sekarang kerajinan melipat tidak hanya menggunakan kertas tetapi juga menggunakan kain. Orang Jepang menyebutnya dengan furoshiki. Furoshiki merupakan potongan-potongan kain bentuk persegi yang digunakan untuk membungkus.
Pada awalnya perkembangan teknik melipat terbuat dari lipatan kain yang dibuat menjadi sebuah bungkusan sebagai pengganti tas ataupun ransel sebagai pembungkus barang, kemudian digunakan untuk dekorasi perayaan hari raya dan tahun baru.
Teknik melipat kain berkembang juga di Inggris, penggunaan teknik melipat di Inggris, bermula dari penggunaan sapu tangan yang digunakan oleh kaum pria sebagai hiasan pada jas yang disisipkan di bagian saku jas, dan teknik ini juga digunakan oleh restoran-restoran di Inggris untuk dijadikan sebagai dekorasi meja makan.
Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan produk dengan teknik melipat yaitu kain yang memiliki karakteristik tidak licin, dapat membantuk sudut dan tidak tebal, serta kain pelapis/vislin yang berfungsi untuk mengkakukan kain sehingga kain dapat dilipat dengan baik.
Teknik melipat dengan bahan tekstil dapat diterapkan dalam pembuatan berbagai produk kerajinan tekstil antara lain: hiasan dinding, sarung bantal kursi, sarung bantal duduk, alas vas, keset, dan sebagainya
Berbagai produk kriya tekstil dengan teknik melipat, sebagai berikut :





Macam-macam cara melipat, yaitu :

1. Cara melipat bentuk Segitiga

2. Cara melipat bentuk pentagon

3. Cara melipat bentuk belah ketupat


Desain dan Prinsip Teknik Melipat Beberapa prinsip desain yang harus dipertimbangkan dalam membuat produk kriya tekstil dengan teknik melipat, yaitu :
1. Buat desain pola hias yang akan dibuat dan juga benda yang akan dibuat, apakah benda tersebut memiliki fungsi sebagai benda hias atau sebagai benda pakai (atau memiliki fungsi keduanya).
2. Pilih bahan tekstil dari katun, karena bahan tersebut selain menyerap air juga sangat mudah dibentuk.
3. Masing-masing kain, baik untuk bagian atas maupun untuk teknik melipat sebaiknya dilapisi dengan kain pengeras (viseline) dan kemudian diseterika supaya bentuk lipatannya rapih dan bagus.
4. Pada saat menyusun atau merangkai hasil lipatan, perhatikan urutan/susunan dari lipatan tersebut dengan memperhatikan corak dan warnanya. Sehingga bentuk pola hias yang dibuat tampil indah dan menarik, misalnya memadukan kain polos dengan kain bercorak yang kemudian disusun berselang seling.
Jenis Alat dan Bahan Pada Pembuatan Produk Kriya Dengan Teknik Melipat
Bahan yang digunakan untuk teknik melipat ini dapat berupa kain polos atau bercorak dengan karakteristik kain yang tidak melangsai agar memudahkan dalam membentuk lipatan seperti kain katun. Setelah lipatan dirangkapkan atau disusun lalu dibentuk dan disesuaikan dengan motif hias yang dikehendaki dengan cara dijahit.
Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan produk kriya tekstil dengan teknik melipat antara lain:
a. kain yang tidak melangsai sebagai bahan utama atau bahan dasar untuk pembuatan produk seperti : kain katun.
b. kain pelapis Alat yang digunakan dalam pembuatan produk kriya tekstil dengan teknik melipat antara lain:
a. jarum jahit tangan
b. benang jahit
c. jarum pentul
d. gunting

e. setrika Untuk pembuatan produk kriya tekstil dengan teknik melipat ini bahan dan alat yang digunakan disesuaikan dengan jenis produk yang akan dibuat.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  bunga flanel untuk di kantong jas

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang cara membuat pola gaun pengantin 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit :http://tusuksatebamboe.blogspot.co.id/2015/10/desain-kriya-tekstil-dengan-teknik.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.